course-net
Search
Close this search box.

4 Pendekatan Machine Learning untuk Bisnis Anda

Minet

November 22, 2023

Tips Mempelajari Machine Learning 

Machine learning merupakan pendekatan untuk kecerdasan buatan atau yang lebih dikenal dengan artificial intelligence (AI) yang muncul dari kolaborasi ilmu komputer dan statistika untuk mencari relasi dalam data.

Tahukah Anda, Machine learning tidak seperti sistem artificial intelligence pada umumnya yang lebih banyak menyaring data berdasarkan pengetahuan manusia ke dalam sebuah aturan seperti dalam expert systems.

Machine learning ini menginstruksikan sebuah algoritma untuk menganalisis data. Banyaknya data yang diproses oleh machine learning, maka machine learning semakin cerdas mengolah data-data tersebut. Lantas, apa saja sih pendekatan machine learning untuk sektor bisnis yang perlu Anda ketahui?

Supervised learning

Anda perlu tahu metrik yang akan diprediksi dan memiliki contoh telah sesuai dengan label metrik, machine learning dengan pengawasan (supervised learning) adalah sebuah pendekatan terbaik. AI satu ini bisa digunakan oleh para pemain e-commerce untuk memprediksi banyaknya uang yang akan dibelanjakan setiap pelanggan. Dengan dasar itulah, pelanggan dengan nominal belanja tinggi dapat dijadikan target penawaran promosi tertentu.

Unsupervised learning

Pendekatan ini digunakan ketika data yang tersedia tidak memiliki label khusus untuk memprediksi algoritma tertentu. Algoritma machine learning bertugas untuk mengelompokkan data serta menemukan pola/solusi baru. Sehingga, data-data yang ada bisa terdeteksi. Contohnya saja Anda bisa memanfaatkan pendekatan unsupervised learning untuk menandai potensi penipuan credit card. Selain itu, dengan pendekatan ini juga  dapat digunakan untuk mencari kesamaan antar pelanggan Anda.

Baca Juga : Implementasi Machine Learning Kredit Scoring pada Fintech

Semisupervised learning

Pendekatan satu ini tentu berbeda dari unsupervised learning, semisupervised learning lebih memanfaatkan data tanpa label untuk memahami struktur serta distribusi populasi data. Pendekatan semisupervised learning dapat digunakan oleh pihak bank sebelum menawarkan kredit rumah, untuk mengidentifikasi pelanggan yang membutuhkan pinjaman tersebut, tapi belum mendapatkan informasi yang cukup.

Reinforcement learning

Pada pendekatan ini, komputer akan melakukan interaksi dengan lingkungan sekitar. Feedback yang didapat akan menjadi bahan utama yang akan diolah dalam reinforcement learning. Algoritma pendekatan satu ini akan mempelajari urutan tindakan dan mencari solusi terbaik.

Setiap pendekatan machine learning telah menunjukkan kesuksesan yang cukup berarti dalam dunia bisnis. Dengan adanya machine learning, Anda dapat mengolah data dengan sangat cepat guna mendapatkan solusi atau peluang terbaik. 

Baca Juga : Langkah Jitu Menjadi Data Scientist Andal

Seiring berkembangnya waktu serta teknologi dan machine learning untuk bisnis, ilmu data science pun turut berkembang. Saat ini, para data scientist telah banyak dilirik oleh banyak perusahaan besar untuk mengelola big data yang mereka miliki. Penghasilan untuk para data scientist pun tidak tanggung-tanggung. Anda dapat lihat grafiknya dibawah ini.

Untuk level junior saja sudah bisa mendapatkan dua digit, tentunya peluang ini masih terbuka lebar untuk Anda. Karena masih banyak yang belum mengetahui ladang satu ini. Tertarik memiliki skill spesifik data science? Konsultasikan dengan Tim Kami.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!