Cara Membuat Website, Tutorial Lengkapnya

January 18, 2023

Cara Membuat Website, Tutorial Lengkapnya

Cara Membuat Website, Tutorial Lengkapnya – Apakah Anda ingin mencoba untuk membuat website? Ingin membuat website yang bisa digunakan untuk memasarkan produk Anda di toko online, membuat website pengantar untuk kantor Anda, atau sekedar ingin membuat website yang berisikan tulisan Anda atau blogging? Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan memberitahukan kepada Anda mengenai Cara membuat website dengan mudah, dan lengkap.

Jika Anda suka artikel teknologi dan informatika seperti ini, jangan sampai lewatkan berbagai artikel lengkap kami lainnya disini. Segala Infotainment, serta berbagai macam informasi terbaru dan paling up-to-date ada disini, serta berbagai tutorial dan pengetahuan teknologi dan informatika. Ikuti juga berbagai media sosial kami disini untuk tidak ketinggalan berita paling baru.

Mau Belajar Cara Membuat Website ? Gabung Di Course-Net Sekarang

Keuntungan

Mau Belajar Cara Membuat Website ? Gabung Di Course-Net Sekarang

Sebelum kita terjun langsung ke Cara membuat website, pertama mengapa Anda ingin membuat website? Apakah Anda ingin membuat website untuk memasarkan barang dagangan Anda? Ingin membuat website untuk menulis blog Anda dan menyebar luaskannya, atau ingin membuat website untuk undangan pernikahan Anda?

Website adalah sebuah kumpulan halaman dari web itu sendiri yang bisa diakses secara publik, saling berkaitan dengan nama suatu domain. Website itu sendiri akan dikelola oleh individu, atau sekelompok individu, serta digunakan untuk mengakomodasikan berbagai tujuan,

Ini sangat berguna untuk berbagai hal, dan sekarang sudah banyak Cara membuat website gratis yang bisa Anda ikuti, dan buat. Tidak hanya berguna untuk menjadi sekedar media menulis saja, tetapi juga berguna untuk berbagai hal, mulai dari pembuatan profil perusahaan, atau lembaga, membuat undangan nikah, dan masih banyak lagi.

Tutorial Cara Membuat Website

Tutorial Cara Membuat Website

Mungkin sebagian besar masyarakat awam, membuat website adalah sebuah pekerjaan yang sulit, sukar untuk dilakukan, Namun nyatanya, membuat website itu sebenarnya sangatlah mudah, terutama jika Anda memahami langkah pembuatannya, atau menggunakan aplikasi pembuat website. Nah, berikut ini akan kami berikan langkah mudah untuk Cara membuat website html dari nol sampai jadi.

  • Install WordPress

Salah satu alat untuk membuat website dengan mudah adalah melalui WordPress. WordPress adalah sebuah alat untuk publikasi tulisan, artikel, dan konten ke internet, sehingga Anda bisa melakukan upload konten website, manage konten Anda, dan mengembangkan apa yang ingin Anda tuliskan di konten.

Install WordPress agar Anda bisa mulai untuk membangun dan mengelola website Anda. Selain itu, WordPress adalah alat gratis yang bisa digunakan untuk membuat website, dan bisa membantu Anda mengembangkan, dan mengatur back end atau bagian belakang website Anda.

  • Atau Anda bisa juga menggunakan Aplikasi Pembuat Website

Selain wordpress, ada juga berbagai aplikasi pembuat website lainnya yang bisa Anda coba, salah satu contohnya adalah Wix, dan Blogspot. Beberapa aplikasi pembuat website ada yang gratis, namun juga ada yang berbayar, sehingga Anda perlu memilih dan memilah mana aplikasi pembuat website yang cocok untuk Anda.

  • Kustomisasikan Website Anda

Kustomisasikan isi website Anda, Jika Anda menggunakan WordPress, maka ada berbagai tema gratis yang disediakan untuk menjadi tema kostum pada website Anda, namun ada juga tema premium atau berbayar. Selain kustomisasi untuk mempercantik tampilan website Anda, kustomisasi juga dilakukan untuk menambah fungsi, dan fitur dari website Anda.

Sesuaikan tema Anda dengan artikel atau konten yang ingin Anda buat di dalam website, cek apa yang ingin Anda bangun, dan sesuaikan juga dengan link referensi. Jika Anda ingin tahu tentang Cara membuat website menjadi lebih cantik, dan rapih, Anda bisa ikuti tutorial kami disini.

  • Isi website dengan konten

Tentu saja bagian paling penting dalam website adalah konten, dimana konten adalah isi dari website ini dan yang akan dicari dan dibaca oleh pengunjung website Anda. Apakah Anda ingin website Anda berisikan konten video, audio, atau Anda ingin mempublikasikan artikel yang Anda buat? Vlogging, atau ingin sekedar mempublikasikan diari, dan pendapat Anda?

Website bisa diisi dengan berbagai macam konten, sesuka hati Anda. Namun, jika Anda ingin mendapat keuntungan dari website, disarankan untuk mengisi dengan konten yang banyak dicari masyarakat, sebagai contoh konten artikel tentang makanan, tentang destinasi wisata, atau tentang entertainment.

  • Pilihlah Nama Domain atau URL

Nama domain atau URL, adalah nama yang akan menjadi merk, brand, atau nama yang dikenal dari website Anda. Nama ini, haruslah Anda pilih, dan nantinya akan bisa ditemukan pengunjung saat mengetik pada bilah mesin pencarian seperti Google. Anda juga harus melihat apakah nama domain yang ingin Anda pilih sudah ada, atau sudah di hak patenkan oleh orang lain.

Anda bisa membuat nama yang trendy, Anda sukai, serta bisa mencerminkan konten apa yang ingin Anda buat dalam website Anda. Selain itu, pastikan kalau nama juga mudah diingat, dan mudah diketik sehingga banyak orang yang akan dengan mudah mencari website Anda.

  • Daftarkan Nama Domain

Daftarkan nama domain Anda, sekarang adalah langkah yang perlu Anda lakukan jika Anda ingin website Anda layak dilihat secara komersil, dan bukan sekedar blog curahan hati. Dengan mendaftarkan domain Anda ke dalam berbagai penyedia nama domain, Anda bisa membeli nama domain khusus untuk website Anda, memudahkan mesin pencari untuk menemukan web Anda.

Beberapa akhiran nama domain yang dijual seperti .id, .com, .net, akan sangat membantu website Anda, selain menaikkan rating website, juga berguna untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung di website Anda, berkat domain yang lebih terpercaya, dan aman.

  • Pilihlah Layanan Hosting

Setelah mendaftarkan nama domain anda, Saatnya kini anda juga perlu mencari layanan hosting pada website anda. Ini sangat diperlukan dalam cara membuat website wordpress. Tanpa hal ini proses tidak akan berjalan dengan baik.

WordPress hosting adalah salah satu penyedia layanan website dengan basic wordpress. Selain itu anda bisa mendapatkan beberapa keuntungan dalam menggunakan layanan hosting ini.

Baca Juga : cPanel Adalah: Definisi, Pengertiannya, serta Kegunaannya

Hosting digunakan sebagai layanan penyimpanan data website, serta sebagai server website, menjadikan website lebih mudah dan cepat untuk diakses. Mudah dikelola, serta aman dari berbagai serangan hacker dan malware. Selain itu, aman pula dengan adanya tambahan keamanan, serta dengan back up otomatis.

Setelah itu hubungkan domain dan hosting yang anda miliki. Ini adalah hal yang perlu dilakukan agar website anda bisa dipublikasikan dan mudah ditemukan dimesin pencari.

Nah, itulah dia langkah dari Cara membuat website berbasis WordPress. Selain wordpress ada juga berbagai layanan pembuat website lainnya seperti Blogspot, namun tutorialnya akan kami berikan pada kesempatan berikutnya.

Mau Belajar Buat Website ?

Di Course-net tersedia pelatihan kursus website, Dengan menggunakan beberapa bahasa pemrograman seperti java , python, php dan lainnya. Kini anda bisa juga menikmati kursus laravel yang tersedia di Course-Net.

Mau tanya Soal Kursus IT ? ? Atau Mau Tanya Soal Biaya ? Yuk Tanya Via Whatsapp ?

Tempat Belajar Data Science Terbaik, Lebih Dari 75000 Alumni Mendapatkan Sertifikasi. #1 Practical IT Coaching  EC Council ATC Circle of Excellence 2021 The Most Impactful IT Coaching 2020

Share Artikel Ini

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Tags

Artikel Berkaitan

Artikel Terbaru

Gabung Newsletter
Course-Net

Dapatkan tips seputaran Teknologi dan Informasi secara up to date serta promo spesial menarik Course-Net.