Apa itu Phising : Pengertian, Jenis dan Bahaya Phising

Mau tanya Soal Kursus IT ? ? Atau Mau Tanya Soal Biaya ? Yuk Tanya Via Whatsapp ?

Apa itu Phising: Pengertian, Jenis dan Bahaya Phising – Saat ini kehidupan kita sudah memasuki kehidupan era digital, dimana teknologi sangat berkembang pesat. Sebagian hidup kita sekarang berada di dunia digital dan social media.

Dalam dunia digital kita juga harus berhati–hati dengan penipuan, perampokan dan kejahatan lain yang mirip di kehidupan nyata tapi terjadi di kehidupan digital. Salah satunya adalah phising yang merupakan salah satu kejahatan yang marak terjadi di dunia digital.

Apa itu phising? Phising secara sederhana adalah tindak kejahatan online untuk mencuri informasi data pribadi korban. Banyaknya kejahatan online ini marak karena sekarang sebagian kehidupan masyarakat telah berada di dunia digital.

Apa Itu Phising ? Phising Adalah

Berhati Hati Terhadap Phising

Pengertian Phising

Phising adalah kejahatan digital yang tujuan utamanya adalah data pribadi atau informasi sensitif lainnya yang ada dalam diri korban melalui social media, pesan, atau email. Istilah phising berasal dari kata Bahasa inggris yaitu Fishing, yang artinya memancing. Bagi orang awam mungkin penipuan ini dapat memancing korban dengan iming – iming mendapatkan hadiah atau hal lainnya yang bersifat memancing korban untuk membagikan data pribadi mereka.

Sesuai dengan katanya phising artinya memancing sang korban untuk menyerahkan data sensitive atau data pribadi korban dengan sukarela karena ada tujuannya yaitu entah mendapat diskon berlebih atau mendapat hadiah, atau ada juga yang berupa lowongan pekerjaan dan itu tanpa disadari oleh korban.

Dengan makna lain arti phising adalah memancing korban untuk menge-klik link atau tautan segala macam tautan untuk memancing korban yang nantinya diminta untuk menuliskan data pribadi atau mengisi semacam formulir yang berisikan tentang data pribadi. Tautan yang dikirim atau link phising sendiri merupakan link yang sangat berbeda apabila dibandingkan dengan link-link resmi yang ada di internet.

Berhati Hati Terhadap Phising

Apa itu Phising : Pengertian, Jenis dan Bahaya Phising

Phising terjadi dimana – mana, banyak terjadi di website, phising web, terjadi di Facebook, bisa juga terjadi di WhatsApp dengan mengirimkan pesan dan menggunakan tautan untuk situs penipuannya. Maka itu kita perlu berhati – hati terhadap social media dan dunia digital lainnya.

Pelaku dari phising biasanya mengaku sebagai pihak dari perusahaan atau institusi berwenang yang dimaksud dalam link tautan tersebut. Mereka menyisipkan link tautan dengan menggunakan pesan yang disebarkan lalu menggiring para korban untuk mengakses link tersebut yang isinya hanya untuk menyerahkan data saja.

Data yang menjadi sasaran pelaku phising diantaranya seperti data pribadi ( nama, tempat tanggal lahir, alamat ) data akun social media (username/id dan password) atau data finansial seperti nomor rekening atau informasi kartu bank lainnya.

Informasi yang telah didapatkan oleh pelaku dapat digunakan sebagai penipuan lainnya, atau bisa juga dijual untuk menyalahgunakan seperti penyalahgunaan akun social media ataupun meminjam uang online dan lain sebagainya.

Cara Menghindari Kejahatan Phising

Berikut adalah cara untuk menghindari berbagai kejahatan phising diantaranya sebagai berikut:

  • Jangan menerima permintaan pertemanan dengan orang asing

Pelaku phishing biasanya akan menyamar menjadi orang lain untuk menipu dan mulai dengan berteman dengan korban lalu menyebarkan link phising melalui pesan atau lainnya.

  • Ganti kata sandi secara berkala

Cara ini merupakan cara untuk mengamankan akun Anda dari pelaku penipuan dengan mencuri akun orang lain untuk menipu teman maupun kerabat. Dengan mengganti kata sandi atau password secara berkala, akun Anda akan terjaga dari pelaku pencurian akun atau hack.

Perlu diingat password yang kalian gunakan jangan yang membuat kalian lupa-lupa ingat karena itu juga berdampak pada diri kalian sendiri apabila kalian lupa password yang nantinya tidak dapat membuka akun.

  • Tinjau aktivitas akun dan hapus spam

Kalian dapat mengecek aktivitas login Anda apabila ada aktivitas yang mencurigakan kalian dapat menghapusnya dan kalian perlu mengakses aplikasi yang tersambung ke akun Anda dan menghapus aplikasi yang sudah tidak dipakai lalu menghapus aktivitas loginnya.

  • Cek fitur keamanan

Apabila kalian ragu terhadap pembaruan atau update yang tiba-tiba muncul dan itu terlihat meragukan, kalian bisa memeriksa fitur keamanan. Aplikasi platform besar seperti WhatsApp, Facebook dan lain sebagainya menyediakan fitur keamanan bahkan keamanan lebih yang dapat kalian atur dalam perlindungan akun.

  • Laporkan kepada pihak berwenang

Apabila ada hal yang mencurigakan atau adanya phising yang tersebar maka laporlah kepada pihak berwenang sesuai platformnya. Screenshot bila perlu untuk menunjukkan bukti bahwa ada hal mencurigakan entah phising atau kejahatan lainnya.

  • Beri tahu Kerabat atau teman

Jika kalian mengalami peretasan akun, beritahulah teman kalian atau kerabat keluarga untuk mencegah penyalahgunaan akun. Biasanya akun yang diretas akan melakukan permintaan kepada korban selanjutnya untuk meminjam uang atau yang lainnya.

Apa itu Jenis-jenis Phising

Jenis serangan kejahatan phising ada beberapa, yang paling umum digunakan ada 7 diantaranya yaitu sebagai berikut.

  • Email Phising

Phising paling sering tersebar pada email, tidak untuk mengejar target secara spesifik melainkan email phising ini tersebar kepada semua kalangan dari muda sampai tua. Pelaku penyebar phising biasanya menggunakan akun palsu yang menyerupai Lembaga atau instansi tertentu.

Untuk meyakinkan para korban, pelaku biasanya menggunakan logo serta desain karangan yang menyerupai Lembaga atau instansi tersebut agar korban dapat lebih percaya terhadap itu.

  • Spear Phising

Jenis dari phising ini mirip dengan email phising, yang lain dari jenis ini adalah pelaku mengejar target secara spesifik. Pelaku phising ini biasanya sudah mempunyai bekal informasi tentang korban.

  • Whaling

Whaling merupakan phising yang bertargetkan orang – orang tinggi atau orang yang menjabat sebagai eksekutif tinggi dalam suatu Lembaga. Pelaku biasanya menyasar dengan masuk ke akun login korbannya.

Pengembalian pajak menjadi modus dari phising whaling yang terjadi saat ini. Formulir pajak menjadi hal berharga bagi pelaku phising.

  • Smishing

Jenis ini berbeda dengan jenis yang sudah disebutkan, phising ini menargetkan korban melalui telepon dengan mengirim text atau pesan singkat. Pelaku biasanya akan mengirimkan pesan singkat seperti yang ada di email dengan mencantumkan link atau tautan palsu kepada korban.

  • Vishing

Jenis ini pelaku menggunakan cara menelepon target langsung dengan memberitahu bahwa akun atau hal yang dimiliki korban sudah dibobol. Dan pelaku akan berpura pura untuk menjadi penyelidik dan pada akhirnya akan mengetahui informasi data pribadi korban.

  • Angler Phising

Saat ini media sosial menjadi perantara baru bagi para pelaku penjahat phising. Dengan sosial media pelaku akan menyamar biasanya menjadi customer service suatu lembaga atau perusahaan dan apabila korban ada keluhan, pelaku akan berpura – pura untuk menyelesaikan masalahnya dengan meminta data korban sebagai target utamanya.

  • Web Phising

Web Phising ini adalah serangan kejahatan siber yang paling umum digunakan. Web phising akan mendesain web semirip mungkin seperti web yang disamari dan menggunakan domain palsu yang mirip dengan aslinya.

Pada jenis phising diatas, email phising, sosial media, pesan singkat, akan mencantumkan link atau tautan menuju web phising ini.

Dari contoh jenis Phising diatas, kalian dapat mempelajari mana yang asli dari pihak berwenang dan mana yang palsu atau phising. Kalian akan paham jika sudah mengenali jenis – jenis phising dan dapat mencegahnya.

Karena, seseorang akan mudah percaya apabila link phising berupa hadiah mendadak atau hal lain yang lebih menggiurkan. Perlu kita ketahui, phising biasanya berupa permintaan sesuatu yang modusnya akan menguntungkan bagi korban.

Meskipun menggiurkan, perlu kita sadari bahwa tidak semua hal dapat didapatkan dengan cara tiba – tiba. Dan apabila kita mendapatkan hadiah atau hal lain yang sangat menggiurkan pun kita tak perlu repot untuk mengisi data pribadi.

Jadi berhati – hatilah dalam menggunakan aplikasi digital atau media digital lainnya, sosial media dan jaringan telepon. Karena modus kejahatan saat ini banyak dilakukan di kehidupan digital yang saat ini kita gunakan setiap harinya.

Dengan berkembangnya teknologi, Adapun aktivitas lain yang menjadi berkembang contohnya seperti kejahatan ini. Nah buat kamu yang ingin handal di bidang cyber security, kamu harus mengikuti kelas cyber security yang ada di Course-Net.

Mau Ikut Kursus IT ? Harga MAHAL ? Tenang, Ambil DISKON Sekarang. Saatnya Amankan SEAT Anda Sekarang

PROMO VALENTINE
DISKON IDR 750.000

Days
Hours
Minutes
Seconds

*Promo Sampai 17 Februari 2023

Share This Post

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Thanks for submitting your rating!
    Please give a rating.

    Thanks for submitting your comment!
    Promo Valentine

    Artikel Rekomendasi

    GRATIS E-Book Algoritma

    Kami ingin membagikan E-BOOK INI SECARA GRATIS hanya untuk 100 ORANG PERTAMA. Buruan Download Sekarang !