course-net
Search
Close this search box.

Home >

Apa Itu React.js? Pengertian, Fitur & Manfaat Menggunakan React.js

Wednesday, 19 June 2024 2:05 PM

Apa Itu React.js? Pengertian, Fitur & Manfaat Menggunakan React.js

Salah satu perkembangan teknologi yang tidak boleh Anda lewatkan adalah mengenai bagaimana React.js mengubah dunia frontend development. Seiring berjalannya waktu, bidang teknologi digital dan komputer dinilai menjadi salah satu hal yang cukup krusial dan penting untuk Anda ikuti perkembangannya. Hal ini dikarenakan penerapan teknologi digital dan komputer marak dilakukan di berbagai bidang yang ada hingga saat ini.

Sebagai informasi, keberadaan React.js diketahui mampu mengubah dan memberi pengaruh yang cukup besar terhadap pengembangan terutama dalam dunia frontend development. Untuk memahami dan mempelajari lebih jauh bagaimana pustaka JavaScript tersebut mengevolusi dunia frontend development, tidak ada salahnya jika Anda mengikuti pembahasan artikel di bawah ini.

Apa Itu React.js?

Apa Itu React.js?
Source: Onextrapixel

Sebelum penelusuran yang lebih mendalam terhadap cara-cara React.js memberikan perubahan yang cukup mendasar pada pengembangan web dan software atau perangkat lunak, penting bagi Anda mengetahui apa itu React.js. React.js umumnya didefinisikan sebagai salah satu JavaScript Library atau pustaka JavaScript yang berfungsi untuk menciptakan antarmuka atau user interface pada aplikasi-aplikasi yang sering digunakan oleh banyak orang.

Sebagai informasi, React.JS merupakan salah satu open-source framework yang dibuat dan dikembangkan langsung oleh perusahaan Facebook atau yang saat ini dikenal dengan nama Meta. Kehadiran perpustakaan JavaScript yang satu ini tentunya sangat membantu dalam upaya mengembangkan berbagai aplikasi yang kompatibel untuk mobile maupun web.

Bagaimana React.js mengubah dunia frontend development ini juga diketahui sangat mumpuni dalam menyokong pengembang dalam menciptakan antarmuka pengguna menggunakan komponen-komponen yang bisa digunakan kembali. Tak hanya itu saja, React.js juga dikenal mudah untuk digunakan dan cocok dipakai untuk antarmuka yang memiliki proses rendering yang cukup rumit dan kompleks.

Kemudahan ini juga dapat dirasakan dengan basis open-source framework di mana para pengembang dapat dengan mudah mengakses hingga memodifikasinya tanpa perlu membuat yang baru karena konsep sumber terbuka pada framework tersebut. Hal inilah yang membuat Reacts.js menjadi salah satu framework yang bisa digunakan ulang.

Visit React.js: Disini

Fitur Utama dalam React.js

Untuk membantu pengguna agar lebih mudah dalam mengembangkan sebuah aplikasi atau perangkat lunak, tentu dibutuhkan berbagai macam fitur-fitur. Dalam konteks React.js, terdapat beberapa fitur utama yang tersedia dan dinilai dapat memberikan kemudahan bagi para pengembang dalam menciptakan antarmuka yang intuitif, efisien serta interaktif pada sebuah aplikasi atau perangkat lunak seperti yang dapat Anda simak berikut ini.

1. JavaScript XML

JavaScript XML menjadi salah satu fitur utama yang bisa Anda temukan pada React.js. Jika dilihat dari fungsinya, JavaScript umumnya digunakan oleh para pengembang agar kode HTML dapat ditambahkan pada obyek JavaScript. Dengan kombinasi obyek JavaScript dan kode HTML yang sesuai, pengembang dapat menciptakan antarmuka yang jauh lebih intuitif dan interaktif.

2. Document Object Model Virtual atau DOM Virtual

Document Object Model Virtual atau biasa disingkat menjadi DOM Virtual menjadi fitur berikutnya yang bisa Anda temukan dalam bagaimana React.js mengubah dunia frontend development. Dengan menggunakan fitur yang satu ini, struktur data yang berupa pohon dalam halaman web yang Anda kembangkan dapat Anda tampilkan. Struktur data DOM Virtual ini akan otomatis tersimpan dalam React.js, sehingga Anda tidak perlu me-render ulang seluruh datanya jika ingin mengubahnya.

3. Arsitektur yang memiliki basis komponen

Selain itu, framework yang satu ini juga memiliki fitur yang dapat membagi antarmuka pengguna atau user interface yang dikembangkan menjadi berbagai komponen. Dengan arsitektur yang berbasis komponen seperti ini, pengguna atau pengembang dapat dengan mudah menggunakan kembali setiap komponen yang ada dengan lebih praktis dan mudah.

4. React Router

Fitur berikutnya adalah React Router yang membuat sistem navigasi antarmuka yang lebih terprogram. Secara umum, dengan beberapa rangkaian kode yang menciptakan sebuah tindakan atau action yang mampu mengarahkan pengunjung atau pengguna ke halaman lain. Hal ini dapat terlihat saat Anda masuk atau mendaftarkan akun yang pasti akan langsung dialihkan ke halaman yang berbeda.

5. React DevTools

Di lain sisi, framework ini juga turut menyediakan fitur atau alat yang dapat digunakan untuk mengembangkan antarmuka yang diciptakan. Melalui React DevTools, terdapat berbagai macam peralatan dan perlengkapan pengembang yang dapat digunakan untuk debugging hingga membuat performa dari antarmuka pengguna menjadi lebih optimal dan maksimal.

Manfaat yang Diperoleh dengan Menggunakan React.js

Bagaimana React.js mengubah dunia frontend development secara tidak langsung memberikan pengaruh yang cukup besar di dunia frontend atau pengembangan aplikasi dan perangkat lunak, khususnya user interface atau antarmuka pengguna. Banyak sekali perusahaan-perusahaan ternama yang menggunakan framework yang satu ini karena beberapa manfaat yang bisa diperoleh seperti yang tertuang dalam pembahasan berikut.

1. Mudah dalam penggunaannya

Framework yang satu ini dikenal sebagai salah satu framework yang ramah karena dapat digunakan dengan mudah oleh siapa saja karena memiliki arsitektur dengan basis komponen yang dapat digunakan kembali. Jika Anda menguasai JavaScript, Anda akan semakin mudah dalam menguasai dan menggunakan framework ini tanpa perlu pusing mempelajari lebih dalam karena framework ini seutuhnya mengandalkan JavaScript.

2. Komponen yang reusable dan dapat digunakan kembali

Seperti yang sudah Anda ketahui bagaimana React.js mengubah dunia frontend development merupakan salah satu framework yang menggunakan basis komponen dalam pembuatannya. Selain pengguna atau pengembang dapat memisahkan tiap komponen penyusun antarmuka pengguna, komponen-komponen tersebut juga dapat digunakan kembali di masa yang akan datang jika dibutuhkan.

3. Praktis dalam menulis komponen

Berkat adanya fitur JavaScript XML, Anda dan para pengembang menjadi lebih mudah dan praktis dalam menulis komponen melalui kombinasi yang tepat antara kode HTML dengan obyek JavaScript. Fitur JavaScript diketahui memiliki kode HTML yang lebih sederhana dibanding jenis JavaScript yang lain dan memungkinkan Anda untuk mengembangkan antarmuka dengan lebih efisien.

4. Jaminan antarmuka dengan performa yang tinggi

Membuat antarmuka pengguna dengan performa yang tinggi bisa Anda lakukan dengan penggunaan React.js. Berkat fitur DOM Virtual yang bisa Anda simpan secara otomatis dalam React.js, membuat Anda tidak perlu melakukan rendering ulang yang diketahui dapat menurunkan performa antarmuka pengguna.

5. Meningkatkan SEO

Secara tidak langsung, performa tinggi antarmuka pengguna yang dibuat menggunakan React.js memungkinkan optimasi pada mesin pencarian. Secara tidak langsung, penggunaan framework yang satu ini membantu dalam meningkatkan SEO. Di sisi lain, framework ini juga memudahkan mesin pencari dalam memandu aplikasi atau perangkat lunak melalui fitur server-side rendering. Kau tertarik kursus seo? Daftar Di Course-Net.

Melalui pembahasan tersebut di atas, dapat disimpulkan bagaimana React.js mengubah dunia frontend development mampu membawa perubahan di dunia pengembangan aplikasi dan perangkat lunak.

Mengingat pentingnya pemahaman yang luas mengenai perkembangan teknologi komputer dan digital, mengikuti bimbingan belajar atau kursus Web Developer di CourseNet bisa menjadi pilihan dan alternatif terbaik bagi Anda untuk menambah wawasan dalam bidang IT.

Artikel Terkait

Tags

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!

Mau Berkarir Di Bidang Full Stack Web Developer ? Tapi Ga Punya Basic IT

Kursus di Course-Net, Anda akan didampingi langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. 100.000++ ORANG DARI LEVEL MAHASISWA, STAFF, MANAGER, HINGGA BUSINESS OWNER TELAH BERGABUNG BERSAMA DI COURSE-NET INDONESIA DAN TERUS BERTAMBAH! Jadi Kapan giliran Anda ikut kursus di Course-Net?