Javascript Adalah : Pengertian, Fungsi, dan Kelebihan

Mau tanya Soal Kursus IT ? ? Atau Mau Tanya Soal Biaya ? Yuk Tanya Via Whatsapp ?

Javascript Adalah : Pengertian, Fungsi, dan Kelebihan – Dalam dunia digital terutama di berbagai situs memang perlu adanya Javascript supaya bisa membuat situs yang lebih dinamis. Mempelajari bahasa pemrograman ini memang sangat dibutuhkan apabila kalian berkecimpung dalam dunia program baik itu aplikasi atau situs. Apabila kalian bisa menguasai bahasa pemrograman ini, maka kalian akan bisa membuat tampilan situs yang lebih menarik.

Pembelajaran mengenai Javascript sendiri memang tidak bisa instan, ada proses yang harus dilalui sampai bisa benar-benar menguasai. Kalian harus paham dulu mulai dari pengertiannya dan juga kemudian kelebihannya untuk bisa tertarik mempergunakan bahasa pemrograman tersebut. Berikut ini kami akan coba jelaskan mengenai Javascript dan juga beberapa kelebihan yang membuat kalian perlu belajar.

Mengenal JavaScript Adalah, Jenis & Kelebihannya

Apa Itu Javascript ?

Apabila kalian menginginkan untuk mempelajarinya, maka kalian harus tahu dulu apa itu Javascript sebagai pondasi kalian belajar. Pemahaman akan bahasa pemrograman ini memang menjadi salah satu faktor penting supaya nantinya kalian bisa mempelajarinya dengan lebih mudah. Javascript adalah sebuah bahasa pemrograman yang memang lebih populer digunakan pada pembuatan situs atau website.

Javascript ini memang biasanya dikolaborasikan dengan HTML dan juga CSS untuk bisa membuat situs yang menarik. HTML dipakai untuk membuat struktur dari website, sementara CSS itu dipakai untuk style dari halaman untuk bisa membuat situs lebih menarik. Javascript ini nantinya akan bisa menambahkan elemen interaktif untuk meningkatkan engagement dari pengguna.

Baca Juga : Perbedaan PHP dan HTML yang Wajib Anda Ketahui

Javascript ini memang digunakan untuk membuat situs memiliki konten yang dinamis sehingga akan lebih menarik bagi banyak orang. Konten dinamis itu adalah konten yang bisa bergerak dan atau berubah di depan layar tanpa harus reload halaman tersebut. Beberapa contoh konten dinamis itu adalah gambar animasi, pengisian poling, slideshow foto, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Fungsi JavaScript Adalah

Sebelum kalian memutuskan untuk belajar Javascript, kalian itu harus tahu dulu apa saja sih fungsi dari Javascript tersebut. Berikut ini kami akan coba menjelaskan secara detail apa saja sih fungsi dari bahasa pemrograman ini supaya kalian tahu penggunaannya bagaimana.

1. Menciptakan Aplikasi Mobile

Salah satu fungsi dari bahasa pemrograman ini adalah untuk bisa menciptakan sebuah aplikasi mobile yang sekarang ini memang sangat marak. Dulu aplikasi mobile hanya mempergunakan Java saja, tapi sekarang bahasa pemrograman ini sudah bisa dipakai dalam mobil API. Ditambah lagi adanya framework khusus dari Javascript untuk aplikasi mobile sehingga bisa membuat aplikasi untuk android atau IOS.

2. Membuat Situs Lebih Menarik

Fungsi berikutnya berhubungan dengan website development, di mana bahasa pemrograman ini akan membuat web jadi lebih interaktif. Bahasa pemrograman ini akan mengubah tampilan website jadi lebih dinamis dan tentunya akan jadi lebih menarik. Semua konten yang ada di website akan bisa bergerak dan diperbarui secara real time tanpa perlu adanya reload berkali-kali.

Sebagai contoh adalah aplikasi dari Google yakni Maps yang bisa secara realtime melakukan perubahan pada posisi kalian. Hal ini tidak akan bisa dilakukan tanpa adanya Javascript di dalam halaman situs tersebut lho. Dengan fitur ini tentunya akan membuat orang akan lebih nyaman dan juga betah mencari informasi di website kalian.

3. Menjalan Web Server

Perkembangan dari bahasa pemrograman Javascript sendiri membuatnya tidak hanya bisa bekerja di sisi browser saja lho. Sekarang sudah bisa dipakai juga di sisi server dengan mempergunakan Node.js yang akan mengeksekusi Javascript di server. Node.js ini pun bisa menjalankan beberapa proses bersamaan, jadi semua proses akan bisa diselesaikan dengan lebih cepat.

Dengan mempergunakan Node.js jadi bisa menjalankan situs, aplikasi web, dan juga game berbasis browser.

4. Mengembangkan Game Berbasis Web Browser

Fungsi yang terakhir adalah untuk mengembangkan game online yang memiliki basis browser. Untuk bisa dipergunakan mengembangkan game browser yang menarik perlu memadukan Javascript online dengan HTML5 sebagai contoh ada game Flappy Bird. Pengembangan game ini sendiri didukung dengan framework khusus game yang sudah dibuat oleh Javascript yakni Playground.js, Panda.js, dan Quintus.

Kelebihan Dari Javascript Adalah

Kelebihan Dari Javascript

Setelah kalian sudah tahu fungsinya, maka saatnya kalian juga mengerti apa saja sih kelebihan yang dimiliki bahasa pemrograman ini. Kelebihan ini sebenarnya menjadi sebuah alasan yang cukup kuat untuk kalian bisa mempelajari Javascript ini untuk berbagai keperluan. Berikut ini kami akan jelaskan beberapa kelebihan yang dimiliki yang tentunya menjadi alasan kalian perlu mempelajarinya dengan baik.

1. Mudah Dipelajari Dan Dipahami

Salah satu kelebihan dari bahasa pemrograman ini adalah relatif mudah untuk dipahami dan juga tentunya mudah dipelajari. Penulisan kode yang digunakan pada bahasa pemrograman ini memang bisa dibilang sangat simpel dan juga ringkas lho. Jadi penulisan kode dari Javascript itu memang lebih sederhana, sehingga kalian akan bisa mempelajarinya dengan baik.

2. Beban Server Lebih Ringan

Kelebihan yang kedua adalah beban server itu akan lebih ringan karena proses dari menampilkan website yang cepat. Jadi ketika pengunjung mengakses website maka script akan didownload ke perangkat dari pengunjung tersebut. Script tersebut selanjutnya akan diproses di browser dan kemudian browser akan menampilkan halaman dari website.

Sistem kerjanya dari sisi server itu dinilai lebih efisien karena cara kerjanya yang non blocking Jadi bisa bekerja secara bersamaan dan tidak berhenti pada satu proses saja selama proses sebelumnya tidak membutuhkan output. Jadi dari sistem kerja seperti itu sudah pasti beban kerja dari server pun akan lebih ringan.

3. Lebih Fleksibel Digunakan

Berbeda dengan jaman dahulu, Javascript bisa membuat website dari sisi client yang sudah pasti lebih dinamis dan juga interaktif. Bahkan perkembangan dari bahasa pemrograman ini pun bisa dipakai untuk membuat website dari sisi server juga. Hal ini tentunya memunculkan kelebihan dari bahasa pemrograman ini yakni jauh lebih fleksibel untuk digunakan dalam membuat website.

4. Memiliki Komunitas Yang Aktif

Kelebihan yang berikutnya adalah bahasa pemrograman ini memiliki komunitas yang bisa dibilang cukup aktif. Adanya komunitas yang aktif ini akan sangat membantu kalian untuk bisa mempelajari dan juga menguasai bahasa pemrograman ini. Selain itu juga bila terjadi masalah yang mungkin cukup sulit pun akan bisa ditemukan cara yang mudah untuk mengatasinya.

Panduan Belajar Javascript

Panduan Belajar Javascript

Untuk mempelajarinya kalian itu perlu memiliki beberapa panduan dalam mempelajarinya, berikut ini kami akan berikan panduannya untuk kalian.

  1. Memahami aplikasi yang dibutuhkan untuk menjalankan bahasa pemrograman tersebut termasuk cara mengaktifkan
  2. Mengetahui penggunaan dari variabel bahasa pemrograman ini
  3. Memahami aturan penulisan kode script
  4. Memahami juga tipe data yang digunakan pada bahasa pemrograman ini

Kalian pun mungkin bisa mempergunakan kursus untuk mempelajari Javascript dengan baik dan bisa menguasainya untuk berbagai kebutuhan seperti aplikasi atau website.

Mau Ikut Kursus IT ? Harga MAHAL ? Tenang, Ambil DISKON Sekarang. Saatnya Amankan SEAT Anda Sekarang

PROMO VALENTINE
DISKON IDR 750.000

Days
Hours
Minutes
Seconds

*Promo Sampai 17 Februari 2023

Share This Post

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Thanks for submitting your rating!
    Please give a rating.

    Thanks for submitting your comment!
    Promo Valentine

    Artikel Rekomendasi

    GRATIS E-Book Algoritma

    Kami ingin membagikan E-BOOK INI SECARA GRATIS hanya untuk 100 ORANG PERTAMA. Buruan Download Sekarang !