course-net
Search
Close this search box.

Home >

Apa Itu Zero-Day Attack? Pengertian, Cara Kerja & Mengatasinya

Thursday, 6 June 2024 1:48 PM

Apa Itu Zero Day Attack? Pengertian, Cara Kerja & Mengatasinya

Perlu diketahui bahwa serangan siber yang kerap kali dialami software dapat beraneka ragam. Salah satunya adalah Zero-Day Attack: apa itu dan bagaimana cara mengatasinya? Untuk mengetahui lebih lanjut tentang hal ini yuk simak penjelasan lengkapnya yang sudah dirangkum pada artikel di bawah ini.

Apa Itu Zero-Day Attack?

Apa Itu Zero Day Attack?
Source: Akamai

Zero day attack biasanya akan bekerja dengan menyerang keamanan pada sistem perangkat lunak. Adapun tujuannya yaitu untuk mencuri data penting yang nantinya akan dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Zero day attack merupakan jenis serangan siber dilakukan dengan menggunakan celah keamanan di suatu perangkat lunak tanpa si developer mengetahuinya. Jadi hacker yang memanfaatkan metode ini akan mengeksploitasi kerentanan itu sebelum diperbaiki pihak developer.

Lalu mengapa nama metode ini disebut zero day attack? Istilah ini meruujuk pada waktu penyerangan dilakukan. Dengan demikian developer atau korbannya hanya mempunyai waktu nol hari atau artinya tidak mempunyai waktu untuk mengatasinya.

Bahkan untuk beberapa kasus, biasanya hacker juga akan mengetahui lebih dahulu jika si developer akan melakukan perbaikan. Sebelum itu terjadi maka hacker akan melakukan eksploitasi lebih dulu. Terdapat banyak kasus atau faktor yang membuat kejahatan siber ini bisa terjadi.

Salah satunya yaitu saat developer mendalami apa saja kekurangan yang dimiliki aplikasi yang dibuat atau ketika developer memang tidak menyadari adanya celah keamanan dari software yang membuat hacker menjadi lebih mudah untuk melakukan eksploitasi. Di samping itu semua penyebab umum terjadinya kejahatan siber ini yaitu data yang tidak terenkripsi atau algoritma yang rusak serta password yang tidak kuat.

Cara Kerja yang Zero Day Attack

Berdasarkan pengertian di atas, dapat diketahui bahwa kejahatan siber ini menjadi salah satu jenis serangan yang sangat berbahaya. Hal tersebut karena para developer kerap kali akan kalah cepat daripada di hacker sehingga jika mendapat serangan ini cukup sulit untuk di atasi.

Namun Anda tak perlu khawatir pasalnya pada artikel ini akan dibahas bagaimana cara tepat untuk mengatasi kejahatan siber yang satu ini. Sebelum itu Anda juga perlu mengetahui cara kerja zero day attack supaya Anda bisa menganalisanya terlebih dahulu.

Cara kerja yang pertama, hacker akan mencari celah keamanan pada perangkat pengembang. Selanjutnya hacker akan membuat maupun menggunakan kode yang sudah dibeli dari dark web dengan tujuan untuk mencuri data.

Kemudian untuk menyukseskan hal tersebut, hacker akan menggunakan teknik phishing maupun social egineering yang dapat membuat korban mengakses file berisi malware. Untuk mengetahui lebih lanjut, kenali istilah tentang zero day.

Zero day vulnerability merupakan kelemahan yang terdapat di software peretas serta belum disadari developer. Umumnya serangan ini mempunyai peluang besar supaya dapat sukses sebab pengembang belum siap dan belum mengetahui cara mengatasinya.

Istilah selanjutnya ada zero day exploit yaitu serangan yang dilakukan hacker pada sebuah software tanpa mengetahui kelemahan yang dimiliki. Kemudian ada zero day attack yang dibahas pada artikel ini yaitu kondisi di mana hacker akan meretas software karena kelemahan yang dimiliki namun tidak disadari developer.

Bukan hal yang mudah untuk developer atau korban mengetahui serta mengidentifikasi jika mendapat serangan zero day dari peretas. Apalagi kejahatan siber ini mempunyai banyak pemicu sehingga serangan ini penting untuk diwaspadai.

Salah satu hal yang bisa menunjukkan bahwa perangkat Anda terkena zero day attack yaitu enkripsi data hilang, masalah terhadap kata sandi hingga otorisasi yang hilang. Umumnya kejahatan siber ini juga bisa terdeteksi selama 312 hari sehingga hal ini memungkinkan korban dapat mengetahui tujuan dari kejahatan ini.

Baca Juga: Jenis – Jenis Ancaman Serangan Siber Yang Umum Dilakukan

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Setelah mengetahui pengertian dan cara kerja zero day attack lalu bagaimana cara yang harus dilakukan untuk menghindari atau mengatasi kejahatan siber ini? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Penetration testing

Penetration testing merupakan aktivitas di mana seseorang melakukan simulasi serangan yang dapat dilakukan pada jaringan organisasi ataupun perusahaan tertentu dengan tujuan menemukan kelemahan yang dimiliki sistem jaringan tersebut. Jadi dengan melakukan hal ini Anda dapat menemukan sekaligus mencari kelemahan yang ada pada sistem perangkat. Dengan demikian Anda dapat memperbaiki hal ini sesegera mungkin.

2.Rutin mengupdate software

Langkah selanjutnya Anda juga bisa selalu memperbarui perangkat lunak untuk menghindari adanya zero day attack ini. Selain itu sistem operasi yang digunakan juga penting untuk rutin dilakukan perbaruan. Dengan begitu tingkat keamanan pada perangkat yang Anda miliki dapat terus meningkat.

3. Menggunakan aplikasi sesuai dengan kebutuhan

Tidak dapat dipungkiri kebanyakan orang seringkali menggunakan aplikasi secara mubazir. Maksudnya banyak yang mengunduh aplikasi-aplikasi yang dinilai tidak penting hingga akhirnya jarang digunakan.
Ternyata kondisi ini dapat memicu terjadinya serangan siber zero day attack. Maka dari itu coba pilah aplikasi dengan baik dan unduh aplikasi sesuai dengan kebutuhan saja. Dengan begitu risiko keamanan supaya terhindar zero day attack bisa berkurang.

4. Menggunakan firewall serta antivirus

Zero-Day Attack: apa itu dan bagaimana cara mengatasinya? Cara selanjutnya yaitu menggunakan firewall seperti WAF (Web Application Firewall) yang bisa melindungi perangkat dari berbagai serangan siber yang terjadi.

Namun dengan menggunakan firewall seperti WAF akan melindungi perangkat pada setiap kegiatan yang dilakukan selama 24 jam penuh. Jadi nanti WAF akan membatasi hingga menolak akses saat menemukan trafik yang dinilai mempunyai indikasi sebagai ancaman di suatu keamanan website.

5. Menggunakan aplikasi keamanan

Cara lainnya bisa dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi keamanan yang mempunyai fitur maupun kemampuan perlindungan antimalware serta vulnerability scanning. Kedua hal ini penting digunakan karena sangat penting dalam melindungi perangkat Anda terhadap serangan siber.

Perlindungan antimalware adalah fitur yang bisa mendeteksi maupun menghapus ancaman malware contohnya virus, worm, trojan, adware, ransomware, dan lainnya. Sementara vulnerability scanning merupakan fitur yang mencari kerentanan maupun kelemahan pada suatu sistem.

6. Menghindari website yang tidak aman

Cara selanjutnya adalah dengan menghindari berbagai situs yang dinilai tidak aman. Hal ini tidak hanya bermanfaat supaya terhindar dari kejahatan siber zero day attack namun juga dapat terhindar dari berbagai jenis serangan siber yang lain.

Lalu untuk memastikan situs tersebut bisa diakses dengan aman atau tidak Anda dapat menandainya dengan mengetahui SSL yang ada pada situs tersebut. Jadi ada baiknya bagi Anda untuk memperhatikan logo gembok pada sudut kiri atas yang ada pada kolom URL.

Baca Juga: 3 Ancaman Serangan Hacker Pada Dunia Game Online

Itulah sedikit penjelasan mengenai apa itu Zero-Day Attack dan bagaimana cara mengatasinya? Untuk lebih memahami cyber security terutama mengenai Zero-Day Attack, Anda juga bisa mengikuti pelatihan di kursus cyber security Course- Net secara online. Semoga informasi pada artikel ini dapat memberikan Anda pengetahuan untuk mendeteksi serta mengatasinya.

Artikel Terkait

Tags

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!

Mau Berkarir Di Bidang Hacking? Tapi Ga Punya Basic IT

Kursus di Course-Net, Anda akan didampingi langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. 100.000++ ORANG DARI LEVEL MAHASISWA, STAFF, MANAGER, HINGGA BUSINESS OWNER TELAH BERGABUNG BERSAMA DI COURSE-NET INDONESIA DAN TERUS BERTAMBAH! Jadi Kapan giliran Anda ikut kursus di Course-Net?