Software Adalah : Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

Mau tanya Soal Kursus IT ? ? Atau Mau Tanya Soal Biaya ? Yuk Tanya Via Whatsapp ?

Software Adalah : Pengertian, Fungsi, dan Contohnya – Era digital yang telah memanfaatkan teknologi ke dalam segala aktivitas kehidupan tentu akan membangun masyarakat yang melek terhadap teknologi. Hal tersebut membuat masyarakat tidak akan asing dengan penggunaan istilah software. Pasalnya, hampir setiap hari masyarakat era digital telah berinteraksi dengan perangkat lunak dalam aktivitas kesehariannya.

Software atau perangkat lunak saat ini telah berkembang sedemikian rupa pesatnya. Segala macam perangkat lunak telah diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan manusia. Mulai dari software sederhana hingga yang rumit dan sulit tentunya sudah bisa dinikmati siapa saja.

Mengenal Lebih Dalam Software Sebagai Perangkat Lunak yang Selalu Digunakan

Apa Itu Software ? Software adalah ?

Software adalah suatu data atau informasi yang disetting dan diprogram dalam format digital sesuai dengan fungsi dan kegunaannya masing-masing. Berbeda dengan hardware yang kasat mata, perangkat lunak tidak dapat dicari keberadaannya secara fisik sehingga tidak akan dapat dilihat, dirasa, atau bahkan dipegang.

Meskipun wujud fisiknya tidak bisa dilihat, namun keberadaannya dapat dirasakan dari sejuta manfaat yang diberikan. Tanpa perangkat lunak suatu hardware tidak akan dapat bekerja sehingga tidak akan muncul segala perintah kerja atau bahkan output pada komputer dan laptop Anda.

Sebagai perangkat lunak, software dibuat menggunakan sekumpulan Bahasa pemrograman oleh developer. Bahasa pemrograman tersebut kemudian dikombinasikan dengan berbagai macam aplikasi untuk dihasilkan berjuta-juta kode. Dari kode inilah kemudian dapat dikenali oleh hardware atau perangkat keras suatu komputer.

Jika hardware bisa disebut sebagai organ suatu komputer, maka perangkat lunak dikenal sebagai nyawanya. Tanpa perangkat lunak maka organ-organ tersebut tidak dapat menjalankan fungsinya. Mengingat perangkat lunak inilah yang akan memberikan instruksi atau perintah kepada hardware sesuai dengan fungsinya.

Karakteristik Software yang Berbeda Dengan Hardware

Ada beberapa ciri atau karakteristik yang dimiliki oleh perangkat lunak . Hal ini akan membantu Anda yang masih kesulitan dalam membedakan apa itu software dan apa itu hardware. Berikut karakteristik yang hanya dimiliki oleh software:

Sebagai Penunjang Kinerja Hardware

Ciri pertama software adalah fungsinya sebagai penunjang kinerja hardware. Adanya perangkat lunak inilah yang akan mengelola dan memproses setiap inputan data atau informasi dari hardware sehingga data tidak hanya berupa data mentah namun akan diproses menjadi data yang mudah dipahami dan dibaca oleh pengguna.

Sifatnya Beragam Tergantung Developer

Jika hardware dapat Anda beli dengan mudah dan menjadi milik Anda selamanya, tentu hal tersebut tidak terjadi pada software dimana software ini ada yang bersifat sementara saja sehingga jika masa keanggotaannya telah habis maka mengharuskan Anda untuk memperpanjang terlebih dahulu agar tetap dapat digunakan.

Berdasarkan jenisnya software dapat memiliki jenis beragam mulai dari open source alias gratis digunakan siapa saja, freeware, hingga commercial yang mengharuskan pengguna membayar terlebih dahulu. Ketentuan tersebut diserahkan kepada developer yang membuat software.

Membutuhkan Proses Penginstalan

Layaknya hardware yang harus disetting sebelum digunakan, hal ini juga terjadi pada perangkat lunak dimana Anda harus melakukan instalasi terlebih dahulu sebelum dapat menggunakan fitur yang ditawarkan oleh perangkat lunak . Untuk menginstalnya, maka Anda harus memiliki file installer baru kemudian dapat digunakan untuk membantu beberapa pekerjaan.

Dapat Terserang Virus

Jika kita mengenal kerusakan pada hardware maka yang terjadi pada perangkat lunak berupa kerentanan terserang virus dari mana saja. Mengingat saat ini banyak terjadi kejahatan dunia maya yang memungkinkan Anda membawa virus dari sumber download tak terpercaya sehingga wajib untuk menginstal antivirus untuk dapat meningkatkan keamanan perangkat lunak yang Anda gunakan.

Fungsi Utama Software Dalam Kinerja System Komputer Adalah

Software memiliki fungsi vital dalam kinerja komputer. Sebab, tanpa perangkat lunak maka suatu komputer tidak dapat beroperasi untuk menjalankan pekerjaan. Berikut merupakan uraian fungsi utama suatu perangkat lunak:

Pelengkap Hardware

Fungsi pertama perangkat lunak yaitu sebagai pelengkap hardware agar dapat dioperasikan. Sebab, software inilah yang akan mengolah data atau informasi yang diberikan oleh hardware. Tanpa perangkat lunak maka hardware tidak dapat bekerja sesuai dengan fungsinya.

Mengontrol Hardware

Selain itu, perangkat lunak juga berfungsi untuk mengontrol kinerja hardware. Dengan perangkat lunak inilah suatu hardware dapat terdeteksi kondisinya untuk dapat bekerja sehingga tak heran jika perangkat lunak akan memberikan informasi mengenai masalah-masalah yang terjadi pada hardware Anda.

Penerjemah

Fungsi lainnya adalah sebagai penerjemah suatu instruksi. Hal ini berkaitan erat dengan Bahasa pemrograman yang sulit dimengerti oleh manusia pada umumnya. Tanpa perangkat lunak maka Anda tidak akan bisa mengerti jenis pekerjaan dan hasil yang muncul pada layar monitor Anda saat ini.

Jenis Software yang Harus Anda Ketahui

Jenis Software yang Harus Anda Ketahui

Perkembangan dunia teknologi tentu berpengaruh besar terhadap perkembangan jenis software. Tak heran jika saat ini telah tersedia beragam jenis perangkat lunak yang melengkapi kebutuhan Anda mulai dari yang gratis hingga memerlukan biaya. Berikut merupakan jenis software yang umum digunakan oleh masyarakat:

Operating System

Jenis pertama yang paling penting dan selalu digunakan oleh masyarakat adalah operating system. Bagaimana tidak, jenis ini berfungsi untuk mengelola segala jenis hardware, menerjemahkan segala macam aktivitas di dalam CPU, hingga menghubungkan antara hardware dengan perangkat lunak . Jenisnya dapat ditemui pada system operasi Linux, Windows, MacOS, hingga UNIX.

Bahasa Pemrograman

Jenis selanjutnya yang juga banyak digunakan adalah jenis programming language atau Bahasa pemrograman. Seperti namanya, jenis ini digunakan untuk menuliskan suatu program dalam rangka pembuatan aplikasi atau pun website. Jenisnya yang sering ditemukan adalah Java, HTML, Script, PHP, dan juga masih banyak lagi.

Program Aplikasi

Tidak hanya bersifat sebagai operating dan Bahasa pemrograman saja, karena perangkat lunak juga dapat bersifat sebagai aplikasi. Jenis ini adalah yang paling sering ditemukan dalam aktivitas penggunaan komputer. Jenis aplikasinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan di mana satu aplikasi dapat mengerjakan beberapa fungsi sekaligus contohnya adalah Microsoft Office, aplikasi pengolah data, hingga aplikasi pengedit gambar dan video.

Mau Belajar Networking ?

Segera manfaatkan program pelatihan prakerja yang tersedia di Course-Net. Kini akan bisa mengikuti kursus jaringan juga yang tersedia. Anda bisa lihat jadwal pelatihan.

Mau Ikut Kursus IT ? Harga MAHAL ? Tenang, Ambil DISKON Sekarang. Saatnya Amankan SEAT Anda Sekarang

PROMO VALENTINE
DISKON IDR 750.000

Days
Hours
Minutes
Seconds

*Promo Sampai 17 Februari 2023

Share This Post

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Thanks for submitting your rating!
    Please give a rating.

    Thanks for submitting your comment!
    Promo Valentine

    Artikel Rekomendasi

    GRATIS E-Book Algoritma

    Kami ingin membagikan E-BOOK INI SECARA GRATIS hanya untuk 100 ORANG PERTAMA. Buruan Download Sekarang !