course-net
Search
Close this search box.

Belajar Coding Pemula | Belajar Coding Dasar

Minet

August 29, 2022

Belajar Coding Pemula | Belajar Coding Dasar

Belajar coding pemula – Coding merupakan skill yang kini sedang banyak diminati. belajar coding kini tidak hanya sebatas pada bangku kuliah maupun pendidikan. Kini kamu bisa mempelajarinya. Perkembangan perusahaan mencari orang yang memiliki akhlian coding. Dimana skill ini berperan demi mengembangkan suatu perusahaan.

Belajar Coding Pemula & Cara Belajar Coding

Coding Untuk Web Development

Anda juga mungkin sudah mengetahui bahwa coding merupakan suatu layout dari web development. Web Development atau programming snediri adalah proses pembuatan sebuah website dan aplikasi dengan coding. Web development sendiri memang terbagi menjadi dua :

Back End Development

Back End artinya adalah bagian belakang yang merujuk pada sisi website yang tidak dapat dilihat oleh pengunjung atau pengguna.

Front End Development

Front End Development adalah istilah yang digunakan untuk membahas bagian interaksi yang terjadi di muka sebuah website seperti fungsionalitas tombol , scroll, interaksi pada klik dan sebagainya.

Web Design

Seperti namanya , Web Design merujuk pada proses pengembangan aset visual dari sebuah website. Web Designer seringkali bekerja sama dengan front end developer untuk memberikan ide desian yang mereka aplikasikan dengan tepat pada suatu website.

Tips Belajar Coding pemula Yang Bisa Diterapkan

Berikut ini adalah tips belajar coding untuk pemula yang ingin mengawali metode pembelajaran coding.

1. Pahami Konsep Belajar Coding Dasar

Sebelum mempelajari berbagai bahasa pemrograman, Kamu harus memhami dasar dari coding itu sendiri :

  • Variabel : ini adalah nilai angka, character string, maupun memory address yang memungkinkan programmer untuk membuat suatu program.
  • Control Structure : Merupakan serangkaian blok pemrograman yang menganalisa variabel dan menentukan arah selanjutnya
  • Struktur Data : ini merupakan faktor yang khusus untuk menganalisa dan menyimpan tujuan tertentu
  • Syntax : kode atau script yang dipahami oleh komputer guna untuk mencapai dari tujuan programmer.
  • Tools atau Serangkaian Program komputer yang diperlukan untuk menciptakan , memelihara , mendukung serta menjalankan debug terhadap program maupun aplikasi lainnya.

Baca Juga : Manfaat Belajar Coding Yang Harus Kamu Ketahui

2. Memilih Bahasa Pemrograman Dalam Belajar Coding

Dalam memilih bahasa pemrograman dalam belajar coding. Anda harus menentukan tujuan dari coding itu sendiri agar kamu bisa memilih bahsa pemrograman yang sesuai dengan keinginan anda.

Dimana bahasa pemrograman bisa digunakan untuk membuangun suatu situs tertentu yang dapat digunakan untukk perancangan mobile aplikasi. Untungnya  kebanyakan bahasa coding memiliki konsep dasar yang mirip sehingga bisa diterapkan untuk pemula. Ini pastinya sangat bermanfaat untuk belajar coding untuk pemula dan belajar coding untuk anak anak.

3. Pelajari Bahasa Pemrograman Satu Persatu

Dalam belajar coding untuk pemula , Sebaiknya anda belajar satu jenis bahasa pemrograman sebelum mempelajari yang lain. Ini bertujuan agar kamu tidak mencapurkan berbagai macam syntax. Beberapa pembelajaran bahasa yang bisa anda pelajari diantarnya seperti Python , HTML, PHP , Java Script dan Lain sebagainya.

Anda bisa mempelajari CSS dan HTML secara bersamaan jika anda mengembangkan suatu situs.

4. Belajar Coding Dasar Setiap Bahasa Pemrograman

Mempelajari bahasa pemrograman apapun harus dimulai dari dasar dasarnya. Beberaa contoh misalkan anda ingin mempelajari bahasa Python, anda bisa cari tahu melalui apa itu python dan berbagai macam jenisnya.

Anda bisa mempelajari dalam beberapa hari, Dan ini tidak salah pastinya untuk memulai mempelajarinya.

5. Mengikuti Kursus Coding

Beragam kurus coding kini tersedia untuk pengguna yang ingin belajar coding. Salah satunya anda bisa mengikuti kursus coding yang tersedia di Course-Net. Ini akan membuat anda lebih efektif dalam belajar flutter yang sedang anda pelajari.

6. Mempelajari Coding Yang Dibuat Orang Lain

Kamu bisa menemukan coding Yang dengan mudah, Karena coding dan programming merupakan open source bisa diakses ke semua orang. Cobalah temukan koding yang bisa anda pelajari dengan sangat sederhana.

Belajar Coding Otodidak ? Ikut Kursus Coding Saja

Mau belajar coding otodidak ? kenapa tidak ikut kursus coding aja di course-net. Beberapa kursus coding yang tersedia di course-net diantaranya seperti laravel , kursus golang, web design , java spring dan fullstack yang bisa anda ikuti. Isi form di bawah ini untuk mengikuti kursus coding laravel atau bisa kunjungi website kami www.Course-Net.com

Promo menarik kepada anda yang ingin mengikuti pembelajaran coding di Couse-Net untuk hari ini. Daftarkan diri anda sekarang juga.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!