PHP : Apa Itu PHP ? Pengertian, Sejarah & Keunggulannya

Mau tanya Soal Kursus IT ? ? Atau Mau Tanya Soal Biaya ? Yuk Tanya Via Whatsapp ?

PHP : Apa Itu PHP ? Pengertian, Sejarah & Keunggulannya – Berbicara tentang perkembangan zaman, maka kita akan berbicara tentang teknologi yang semakin hari semakin canggih. Salah satu kecanggihan dari teknologi ialah adanya bahasa pemrograman yang biasanya digunakan untuk mempermudah suatu program yang berkaitan dengan teknologi canggih. Salah satu bahasa pemrograman yang cukup terkenal dan fenomenal ialah PHP. Berikut penjelasan secara detailnya.

PHP : Apa Itu PHP ? Pengertian, Sejarah & Keunggulannya

Apa Itu PHP ? PHP Adalah

Apa itu PHP? Merupakan salah satu pertanyaan yang sering di lemparkan oleh orang-orang awam yang masih belum melek teknologi. PHP adalah salah satu bahasa pemrograman yang mana cara kerjanya hampir mirip dengan Python dan juga JavaScript. Hanya saja ada beberapa hal yang membedakannya.

Hal yang membedakannya ialah bahasa pemrograman ini seringnya digunakan untuk komunikasi sedangkan untuk JavaScript biasanya digunakan untuk depan dan belakang server, sementara untuk Python juga hanya digunakan untuk Backend atau sisi server.

PHP singkatan dari Hypertext Preprocessor, yang mana dasar-dasar untuk mempelajarinya ialah mengenai bahasa penulisan atau biasa disebut dengan scripting language. Bahasa penulisan sendiri merupakan bahasa yang digunakan untuk mengotomatiskan sebuah tugas yang mencangkup halaman statis yang digunakan untuk melakukan sebuah tindakan dengan sebuah aturan yang sebelumnya telah ditetapkan.

Sejarah Lengkapnya

PHP yang merupakan singkatan dari Hypertext Preprocessor ini awal diciptakannya oleh Rasmus Lerdof yang awalnya digunakan untuk memantau orang yang mengunjungi home page milik pribadinya.

Kemudian seiring berjalannya waktu bahasa yang diciptakan oleh Rasmus ini semakin terkenal dan akhirnya dirilis sebagai proyek open source yang membuat para pengembang lainnya menggunakan, memperbaiki serta menyempurnakan kode yang digunakan sehingga terbentuklah sebuah bahasa penulisan skrip yang pada saat ini banyak dimanfaatkan dan digunakan.

Bahasa penulisan skrip ini sering dipandang tidak memiliki tujuan yang pasti, akan tetapi memiliki sebuah fitur yang sangat berguna yaitu memiliki kemampuan untuk dapat disematkan ke dalam file HTML, oleh karena itu bahasa penulisan ini sering juga digunakan untuk pengembangan sebuah web yang efektif.

Baca Juga : Perbedaan PHP & Golang

Beberapa Keunggulan dan Fungsi Dari PHP

Seperti yang kit ketahui sebelumnya bahwa PHP ini memiliki beberapa fungsi dan kelebihan. Adapun beberapa keunggulannya yang bisa kita manfaatkan diantaranya ialah sebagai berikut :

  • Mudah untuk dipelajari

Salah satu keunggulan dari bahasa penulisan ini ialah mudah untuk dipelajari karena memiliki dokumentasi yang lengkap yang berisi tentang fungsi dan juga contoh-contohnya sehingga bagi para pemula akan mudah dan cepat untuk mempelajarinya.

  • Paling banyak digunakan

Kelebihan lainnya ialah sudah banyak digunakan yang mana biasanya digunakan untuk membuat beberapa platform seperti halnya e-commerce, media sosial, blog, dan masih banyak yang lainnya. Dimana berdasarkan survey yang ada menyatakan bahwa 79% website ialah menggunakan bahasa penulisan skrip ini. Sangat luar biasa bukan?

  • Menghemat biaya

Selain mudah dipelajari dan populer digunakan, keunggulan lainnya ialah dapat menghemat biaya. Sifat dari bahasa penulisan ini ialah open-source sehingga kita bisa menggunakannya dengan gratis tanpa harus mengeluarkan uang sedikit pun.

  • Terintegrasi dengan database

Sebagai contoh terintegrasi dengan database ialah seperti Oracle, Sybase dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • Banyak komunitas nya

Keunggulan lainnya ialah banyak komunitas yang membahas mengenai Hypertext Preprocessor, sehingga akan memudahkan kita ketika menjumpai masalah yang terjadi, karena kita tidak perlu khawatir tinggal membuka blog komunitas yang mana secara spesifik membahas berbagai masalah dan solusinya.

Selain mengetahui keunggulan dari Hypertext Preprocessor, kita juga perlu mengetahui secara jelas fungsinya. Adapun beberapa fungsinya ialah sebagai berikut :

  1. Untuk dapat mengontrol adanya akses pada sebuah website
  2. Untuk melakukan enkripsi data
  3. Untuk membuat, membaca, menulis, membuka, menghapus, dan menutup file pada sebuah server
  4. Untuk dapat menggunakan dan mengumpulkan data
  5. Untuk menambahkan, menghapus, serta memodifikasi sebuah data yang terdapat pada database.

Beberapa Cara Belajar PHP Untuk Pemula yang Mudah

Seperti yang sebelumnya telah dijelaskan bahwa keunggulan dari Hypertext Preprocessor ialah mudah untuk dipelajari. Adapun beberapa cara untuk belajar bahasa penulisan ini dengan mudah untuk para pemula, diantaranya ialah sebagai berikut :

  • Mempelajari coding dasar

Hal yang perlu dilakukan untuk mempelajari bahasa penulisan ini ialah kita harus terlebih dahulu mempelajari dan memahami konsep pada html, selanjutnya meneruskan ke langkah selanjutnya. Untuk mempelajari coding dasar ini kita bisa mendapatkan banyak referensi pada beberapa website, salah satunya ialah pada w3school dan lain-lainnya.

  • Memahami HTML

Hal yang wajib kita ketahui sebelum mempelajari bahasa penulisan ialah dengan memahami HTML terlebih dahulu. Kita perlu memahami bahasa pemrograman yang terdapat pada HTML karena HTML tersebut bisa digunakan sebagai rangka dalam tampilan yang terdapat pada website kita.

  • Mempraktekkan pemrograman

Mempraktekkan pemrograman tentunya digunakan untuk mempelajari bahasa penulisan dengan cepat dan mudah. Dimana kita bisa mempraktekkan pemrograman tersebut dengan menggunakan sebuah text editor. Sebagai seorang pemula yang masih awam kita bisa memanfaatkan text editor bawaan yang bernama notepad untuk mempraktekkan nya. Setelah mempraktekkan nya kita perlu mempelajari juga setiap kode yang dipraktekkan tersebut.

  • Rajin membaca dan mempelajari dokumentasi

Setelah kita berhasil mempraktekkan sebuah pemrograman, kita juga disarankan untuk rajin membaca kembali dokumentasi hasil praktek tersebut, dengan begitu kita akan mudah mengerti inti dari pelatihan kita.

  • Mempelajari adanya koneksi database

Selain mempelajari dokumentasi, kita juga dianjurkan untuk mempelajari database pada situs-situs yang mana pada situs tersebut menyediakan sebuah tutorial nya.

  • Mempelajari database dengan mendetail

Selain mempelajari koneksi dari database nya, kita juga perlu mempelajari isi dari database tersebut. Kita bisa mempelajari berbagai fitur yang terdapat di database seperti fitur menambah, menghapus, dan juga mengedit sebuah data. Adanya perkembangan zaman dan teknologi yang semakin canggih, kita juga bisa menggunakan sebuah framework yang memiliki level lebih mudah seperti framework Laravel sehingga kita bisa mempelajarinya secara lengkap dan detail.

Itulah beberapa informasi yang berkaitan dengan Hypertext Preprocessor, serta berbagai hal lainnya yang berkaitan dengan bahasa pemrograman tersebut. Sebagai orang awam yang tertarik untuk mempelajari bidang ini, kita perlu rajin berlatih dan belajar, selain itu kita juga bisa langsung belajar pada ahli nya untuk bisa memahami bahasa pemrograman dengan mudah dan jelas.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan terkait dengan pengertian, keunggulan, fungsi serta cara mudah mempelajari PHP bagi pemula.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa membuka wawasan dan menambah khasanah ilmu pengetahuan mengenai teknologi yang sedang naik daun dan populer ini, sehingga kita bisa memanfaatkan teknologi yang ada dengan maksimal dan mengikuti perkembangan zaman yang maju dengan sangat pesat. Selamat mencoba semoga kita bisa di mudah kan mempelajari teknologi ini dengan sebaik mungkin!

Mau Ikut Kursus Website ? Daftar Sekarang

Kamu mau belajar web design ? Kamu bisa langsung mendaftarkan diri anda di Course-Net dengan cara mengisi form di bawah ini :

Semoga informasi yang kami berikan bisa membantu anda untuh ahli membuat website. Ikuti kursus web design bersama Course-Net.

Mau Ikut Kursus IT ? Harga MAHAL ? Tenang, Ambil DISKON Sekarang. Saatnya Amankan SEAT Anda Sekarang

PROMO VALENTINE
DISKON IDR 750.000

Days
Hours
Minutes
Seconds

*Promo Sampai 17 Februari 2023

Share This Post

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Thanks for submitting your rating!
    Please give a rating.

    Thanks for submitting your comment!

    GRATIS E-Book Algoritma

    Kami ingin membagikan E-BOOK INI SECARA GRATIS hanya untuk 100 ORANG PERTAMA. Buruan Download Sekarang !