Cara Install Laravel Di Windows

Mau tanya Soal Kursus IT ? ? Atau Mau Tanya Soal Biaya ? Yuk Tanya Via Whatsapp ?

Cara install laravel di Windows – Laravel adalah framework yang membantu anda untuk memaksimalkan PHP untuk proses pengembangan suatu website. Package yang tersedia di Laravel akan membuat PHP menjadi lebih powerfull, Cepat serta aman sehingga mudah untuk digunakan dalam pembuatan suatu website.

Disini kami coba untuk menjelaskan kepada anda tentang cara install Laravel di Windows. Sebelum melakukan instalasi Laravel pada Windows , Pastikan anda sudah menginstal beberapa Aplikasi pendukung yang digunakan dalam proses instalasi Laravel :

  • Aplikasi XAMPP
  • COMPOSER

Cara Install Laravel Di Windows

Apabila anda sudang menginstal XAMPP dan Composer , Anda bisa langsung melakukan instalasi Laravel di Windows. Berikut ini adalah cara install Laravel dengan menggunakan Composer yang bisa anda terapkan di Windows.

Cara instal Laravel Terdiri dari 4 Langkah yaitu :

  • Masuk Command Prompt
  • Masuk ke folder XAMPP
  • Mulai proses instalasi Laravel
  • Cek Instalasi Laravel Di Browser

Berikut ini adalah langkah langkah dalam penjelasannya yang bisa anda terapkan :

1. Masuk Command Prompt

Langkah pertama yang harus anda lakukan dengan masuk kedalam sistem Command Prompt. Anda bisa melakukannya dengan klik Win+R lalu anda bisa ketik cmd dan klik OK.

command prompt

2. Masuk Kedalam Folder Xampp

Sebelum melakukan instalasi Laravel, Arahkan Command Prompt atau terminal menuru direktori dari file server. Lokasi file server pada XAMPP secara default berada pada direktori xampp/htdocs. Masukan perintah ini berada pada jendela Command Prompt untuk dimasukan direktori htdocs.

cd \xampp\htdocs

xampp

3. Mulai Proses Install Laravel

Selanjutnya jika sudah masuk ke dalam direktori htdocs , Anda harus membuat request untuk mengambil (serta menginstall) file Laravel yang telah disediakan dalam repositori Github. Gunakan perintah ini untuk melakukan request :

composer create-project --prefer-dist laravel/laravel nama_projectmu

Jika perintah telah berhasil dimasukan, Composer akan mulai melakukan proses pengambilan data serta instalasi Laravel kedalam direktori yang telah anda tentukan. PAstikan bahwa koneksi internet dalam keadaan stabil dan tidak terjadi gangguan dalam pengambilan data Laravel.

cara install laravel di windows

4. Cek Instalasi Lawarvel Di Browser

Setelah proses file laravel selsai, Nantinya akan ada folder baru pada file direktori dengan nama yang sesuai project yang telah anda tentukan sebelumnya pada folder/xampp/htdocs

Cara Install Laravel Di Windows | Belajar Install Laravel Windows

Untuk bisa memastikan bahwa Laravel berhasil terinstall dan bisa untuk digunakan, Silahkan aragkan Command Prompt atau Terminal menuju direktori yang telah dibuat. Silahkan anda masukan perintah ke dalam Command Prompt atau Terminal Di Bawah Ini. :

Php artisan serve

belajar laravel

Jika muncul tulisan ” Laravel Development Server Started ” pada Command Prompt atau Terminal, Langkah selanjutnya adalah membuka link yang telah disediakan oleh Laravel. Secara default, Anda akan diarahkan menuju halaman server yaitu 127.0.0.1:8000 . Nantinya akan muncul tampilan homepage yang berhasil di buat.

Cara Install Laravel Di Windows

Jika muncul tampilan seperti ini , maka proses instalasi laravel selesai. Selamat mencoba dan menikmatinya.

Baca Juga : Alasan Mengapa Banyak Orang Beralih Ke Laravel

Mau Belajar Laravel Lebih Jelas ? Yuk Ikut Kursus Di Course-Net

Anda mau belajar laravel ? anda bisa mengikuti kursus yang telah kami sediakan. Cukup dengan mengisi form di bawah ini anda sudah bisa mengikuti kurus laravel.

Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat untuk anda. Dapatkan informasi dan berita seputar dunia IT hanya di Course-net.

Mau Ikut Kursus IT ? Harga MAHAL ? Tenang, Ambil DISKON Sekarang. Saatnya Amankan SEAT Anda Sekarang

PROMO VALENTINE
DISKON IDR 750.000

Days
Hours
Minutes
Seconds

*Promo Sampai 17 Februari 2023

Share This Post

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Thanks for submitting your rating!
    Please give a rating.

    Thanks for submitting your comment!
    Promo Valentine

    Artikel Rekomendasi

    GRATIS E-Book Algoritma

    Kami ingin membagikan E-BOOK INI SECARA GRATIS hanya untuk 100 ORANG PERTAMA. Buruan Download Sekarang !