course-net
Search
Close this search box.

Belajar Python Dengan Mudah dan Cepat

Minet

February 28, 2024

Cara Menggunakan Python

Belajar Python Dengan Mudah dan Cepat – Ingin belajar Python tapi masih belum tahu harus mulai dari mana? Atau, karena memang tidak ada yang ingin mengajarkannya kepada kalian? Kalau memang seperti itu, sebaiknya kalian belajar Python secara autodidak atau melalui Course-Net.

Secara umum, Python sendiri termasuk ke dalam salah satu bahasa pemrograman yang saat ini paling banyak digunakan. Bukan hanya saat ini saja, melainkan setiap tahun, Python pasti memasuki tiga besar bahasa pemrograman yang paling populer.

Untuk belajar bahasa pemrograman Python ini, sebenarnya sangat mudah dilakukan walaupun untuk para pemula sekalipun. Alasannya, tentu saja karena Python memiliki suatu syntax yang tidak terlalu rum IT dan mudah untuk dibaca.

Walaupun tergolong mudah, Python sendiri memiliki banyak fungsi statis dan juga matematis yang akan cocok apabila digunakan sebagai data mining, AI, machine learning, dan yang lainnya.

Mengapa Python Populer Digunakan untuk Data Analytics?

Python sangat populer di kalangan data analyst, data scientist, dan mereka yang baru mulai belajar coding.

Python sering digunakan karena bersifat open-source, yang artinya bisa dipakai secara gratis oleh siapapun sesuai kebutuhan pengguna. Selain itu, Python juga punya sintaks yang sederhana sehingga sangat beginner-friendly.

Python juga mudah digunakan dan dimengerti karena terstruktur (structured programming), dan sangat dinamis.

Banyak orang yang mencoba untuk membuat function (blok kode terorganisasi) sendiri dan banyak yang mempublikasikannya untuk dipakai ulang.

Dikarenakan Python adalah sebuah bahasa pemrograman, Python dituliskan melalui suatu aplikasi software bernama Integrated Development Environment (IDE).

IDE berfungsi sebagai perangkat terintegrasi yang memfasilitasi pengguna untuk membuat, mengedit, dan menguji kode dengan lebih efisien. Beberapa tools yang compatible dengan Python, di antaranya:

  • Jupyter Notebook
  • Google Colab
  • Spyder IDE (Anaconda)
  • Visual Studio Code (VS Code)

Cara Menggunakan Python

Cara Menggunakan Python

Dalam penggunaannya, Python termasuk bahasa pemrograman yang mudah. Tapi, ada beberapa langkah yang harus kalian ikuti agar aplikasi ini bisa berjalan dengan lancar dan bisa kalian pakai. Apa saja langkah – langkah cara penggunaan Python? Simak penjelasan berikut:

  1. Download dan Pasang Python

Supaya bahasa pemrograman yang kalian tulis menggunakan Python bisa diproses oleh komputer, maka yang pertama kali harus kalian lakukan adalah mencari sebuah Python Interpreter. Nantinya program ini yang akan membaca berbagai bahasa pemrograman Python dan memprosesnya menjadi berbagai kode.

Setelah itu, barulah kalian bisa mulai untuk menggunakannya. Ingat, ini adalah langkah yang harus kalian lakukan pertama kali ketika mempelajarinya. Walaupun belajar python untuk pemula dirasa menyusahkan, jangan menyerah dan coba terlebih dahulu ya.

  1. Mulai Jalankan Kode Program Python

Untuk menjalankannya, ada dua cara yang bisa kalian lakukan loh. Simak baik – baik ya, siapa tahu penjelasan kali ini bisa menjadi media belajar Python pemula yang bisa memberikan manfaat kepada kalian semua. Dua cara tersebut adalah:

  • Melalui CMD Windows

Cara yang pertama yaitu melalui CMD Windows atau command prompt. Untuk memasuki aplikasi ini, kalian hanya perlu masuk ke menu start, dan ketikan saja CMD. Setelah itu akan muncul aplikasinya dan tinggal kalian buka saja.

Setelah aplikasi CMD terbuka, kalian hanya perlu mengetikan ‘Python’ saja saat ingin menguji cobanya. Kalau Python kalian sudah terpasang dengan benar, nanti akan muncul status mengenai Python tersebut di dalam CMD yang kalian buka.

Dengan begitu, maka Python kalian juga sudah sukses untuk berjalan melalui CMD.

Berikutnya, saatnya kalian mulai belajar bahasa Python yang simpel – simpel saja dengan memasukkan beberapa perintah umum. Contohnya seperti: print(“Hello Semuanya”), lalu tekan enter. Hasil dari perintah yang kalian masukkan tersebut, adalah menampilkan teks dengan tulisan ‘Hello Semuanya’.

Untuk berbagai perintah sederhana lainnya, sudah bisa kalian temukan dengan sangat mudah melalui internet. Atau, kalau kalian memang benar – benar ingin menguasainya, kunjungi saja Course-Net sebagai salah satu tempat belajar berbagai masalah IT terpercaya yang sudah mendapatkan banyak penghargaan.

Untuk mengetahui apakah kalian masih berada di dalam Python, kalian hanya perlu melihat di bagian kiri dari CMD kalian. Saat di bagian kiri masih terdapat tanda seperti tutuk kurung dengan ujung yang tajam sebanyak tiga kali, maka kalian masih berada di dalam Python tersebut.

Untuk keluar, kalian hanya perlu memasukkan perintah seperti ‘quit’ atau ‘exit’.

  • Melalui Menu Windows

Cara selanjutnya adalah menjalankan Python melalui menu Windows. Yang perlu kalian lakukan hanyalah mencari aplikasi Python melalui menu start dan ketikan Python. Lalu pilih aplikasi tersebut.

Tampilannya sama saja ketika kalian membukanya melalui CMD tadi dan tidak ada bedanya sama sekali. Selanjutnya, kalian sudah bisa mencoba perintah yang tadi kami contohkan untuk kalian coba di dalam Python yang kalian miliki.

Aturan Dasar Penulisan Kode dalam Program Belajar Python

Aturan Dasar Penulisan Kode dalam Program Belajar Python

Pembahasan belajar Python selanjutnya, adalah memahami berbagai aturan dasar penulisan kodenya. Aturan dasar tersebut adalah:

  1. Struktur Kode Python

Untuk struktur kodenya sendiri, Python merupakan yang paling minimalis. Jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya, belajar bahasa Python akan sangat mudah dan cepat untuk dilakukan. Bahkan berbagai bahasa perintah juga sangatlah sederhana dan tidak sesulit bahasa pemrograman yang lainnya.

  1. Statement Terminator

Apabila bahasa pemrograman lain membutuhkan tanda titik koma dalam setiap akhir perintah yang dibuat, dalam Python kalian tidak perlu hal itu loh. Karena, Python menggunakan baris baru sebagai pemisah antara perintah yang kalian buat.

Dengan kata lain, kalian hanya perlu menekan enter saat akan mengakhiri perintah.

  1. Perbedaan Huruf Besar dan Huruf Kecil dalam Bahasa Pemrograman Python

Apabila kalian ingin menggunakan Python untuk menulis bahasa pemrograman, pastikan untuk memperhatikan besar dan kecilnya huruf yang kalian gunakan ya. Sebab, Python menggunakan aturan penulisan case sensitif, yang mana huruf yang kecil dan besar dianggap berbeda.

  1. Identations

Identasi sendiri adalah menggeser beberapa baris dari bahasa atau kode program yang kalian buat ke arah bagian dalam. Biasanya hal ini akan digunakan untuk memudahkan pembacaan program yang dibuat. Namun, dalam Python, memiliki fungsi sebagai penanda suatu blok kode program yang ada.

  1. Comments atau Baris Komentar

Dalam bahasa pemrograman, baris komentar merupakan suatu istilah untuk menyebut dari keterangan tambahan loh. Biasanya ketika nanti kalian sudah terbiasa menulis kode, ada beberapa catatan yang akan kalian buat supaya tidak mudah lupa dan mengingat kode apa yang sedang kalian kerjakan.

Tips Untuk Para Pemula

Bagi kalian yang baru saja mulai belajar Python, ada beberapa tips yang bisa kalian coba untuk mendapatkan hasil belajar yang lebih maksimal.

  1. Latihan Coding Setiap Hari

Saat belajar pemrograman Python, latihanlah untuk melakukan coding setiap harinya. Walaupun hanya kode sederhana juga tidak apa – apa.

  1. Jangan Malas Mencatat

Jangan malas untuk mencatat berbagai bahasa pemrograman baru yang kalian temukan. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk kalian kedepannya.

  1. Selesaikan Berbagai Bug atau Eror yang Ditemukan

Ketika kalian sudah sering melakukan coding, pasti ada beberapa bug atau eror yang muncul. Ketika hal itu terjadi, cari tahu cara menyelesaikannya dan perbaiki bug tersebut.

  1. Mempelajari Dasar Syntax

Saat ingin bersungguh – sungguh dalam belajar coding Python, maka kalian juga harus mau mempelajari berbagai dasar syntax. Jangan sampai melewatkan tips yang satu ini ya.

  1. Jangan Lupa Beristirahat

Biasanya, setelah fokus dengan pelajaran yang kalian lakukan, maka kalian akan lupa untuk istirahat. Tetap cukupi kebutuhan istirahat tubuh agar kalian tidak terkena berbagai gangguan kesehatan ya.

Kelebihan Python

Python memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan, berikut adalah kelebihan Python:

1 Mudah dipelajari 

Python mudah dipelajari pemula karena mendekati bahasa natural atau bahasa yang digunakan manusia sehari-hari. Karena itu pula Python tergolong bahasa pemrograman tingkat tinggi.

Bahasa Python juga punya logika yang sangat terstruktur.

2 Bersifat open-source

Python bisa digunakan secara gratis dan memiliki banyak fungsi dan library (kumpulan kode pemrograman). Komunitas yang besar dan mendunia juga membuat sesama pengguna bisa saling berbagi ilmu.

3 Bisa dipakai di berbagai OS

Python dapat dibuat di berbagai macam operating system, seperti Windows, MacOS, dan Linux.

4 Serbaguna

Python sangat serbaguna karena dapat diaplikasikan ke dalam penggunaan yang berbeda-beda. Tidak hanya data analytics, tapi juga game development, pengembangan aplikasi berbasis webmachine learning, dan lainnya.

Kekurangan Python

Selain kelebihannya, Python juga memiliki beberapa kekurangan dibandingkan bahasa pemrograman lainnya, seperti:

1 Performa komputasi yang lambat 

Komputer hanya mengerti bahasa biner atau yang biasa disebut dengan machine language, yang berupa 0 atau 1. Dengan adanya Python, maka ada jembatan antara programmer dan komputer.

Namun karena itu pula butuh waktu untuk menerjemahkan bahasa yang diinginkan oleh programmer dengan komputer.

2 Tidak bisa dipakai untuk mobile app development

Banyak startup di Indonesia yang ingin mengembangkan aplikasi berbasis mobile. Python tidak bisa membuat aplikasi ini, dan dibutuhkan bahasa pemrograman lain seperti Java ataupun Kotlin.

3 Memakan banyak memori penyimpanan komputer

Komputer memiliki random access memory (RAM) yang digunakan sebagai memori komputer sementara untuk memproses aplikasi atau program.

Apabila digunakan untuk memproses data ataupun proses yang berat, Python cenderung memakan banyak sekali memori pada RAM komputer, sehingga terkadang membuat aplikasi menjadi lambat.

Bagi yang ingin belajar Python lebih detail lagi, coba saja belajar di Course-Net dari sekarang. Anda akan dibimbing oleh pengajar bertaraf internasional lho!

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!