Coding Adalah : Pengertian, Contoh dan Tips Belajar Coding Untuk Pemula

Mau tanya Soal Kursus IT ? ? Atau Mau Tanya Soal Biaya ? Yuk Tanya Via Whatsapp ?

Coding Adalah : Pengertian, Contoh dan Tips Belajar Bagi Coding Untuk Pemula – Mungkin saja Anda tidak asing dengan istilah coding karena sangat berhubungan di dalam dunia teknologi. Apalagi Anda bekerja di dalam industri dunia teknologi sehingga bisa saja berkaitan dengan hal ini. Saat ini banyak profesi IT yang membutuhkan skill coding, seperti web developer, software enginer, data scientist dan yang lainnya.

Banyak perusahaan yang membutuhkan seorang IT dengan memberikan gaji yang cukup besar. Hal ini akan membuat profesor IT banyak diminati oleh masyarakat. Menjadi seorang IT tidak mudah karena harus belajar coding.

Nah, bagi Anda yang ingin tahu lebih lengkapnya mengenai coding, contoh, tips belajar dan rekomendasi aplikasi bagi pemula harus simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Coding Adalah ? Yuk Belajar Coding Untuk Pemula

Apa Itu Coding?

Apa itu coding? Coding yaitu cara berkomunikasi dengan komputer dengan menggunakan kode kepada komputer agar apa yang dilakukan sesuai dengan instruksinya. Saat belajar menulis kode, Anda bisa memberi tahu kepada komputer apa yang harus dilalukan dan bagaimana cara mengerjakan suatu hal lebih cepat. Anda bisa memakai skill coding yang dimiliki untuk membuat situs web, aplikasi dan juga memproses serta melakukan banyak hal lainnya yang lebih keren.

apa itu coding

Coding atau bahas pemrograman ini memiliki fungsi untuk menjalin komunikasi antara manusia dengan komputer lebih mudah. Belajar bahasa pemrograman ini memang cukup sulit dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Nah, di bawah ini ada beberapa tips belajar bahasa pemrograman yang bisa dilakukan oleh pemula.

Baca Juga : Cara Belajar Coding Ketika Anda Tidak Tahu Harus Mulai Darimana

Tips Belajar Coding Bagi Pemula

Tips-tips dalam belajar coding khusus bagi pemula adalah:

  1. Pahami dasar coding

Tips dalam belajar bahasa pemrograman atau coding yang pertama adalah Anda harus memahami dasar-dasar coding. Mempelajari dasar coding adalah salah satu kunci utama untuk bisa tahu lebih jauh di dunia coding dan juga developer.

  1. Mengetahui perbedaan jenis developer

Tips yang kedua adalah mengetahui perbedaan jenis developer secara umum. Sudah ada banyak jenis developer yang ada di seluruh dunia, seperti front end developer yang memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan sebuah situs, back end developer yang memiliki tanggung jawab untuk mengatur situs atau aplikasi dan jenis yang lainnya.

  1. Mencari tempat belajar terbaik

Tips ketiga adalah usahakan mencari tempat belajar yang terbaik untuk menguasai bahasa pemrograman atau coding. Saat ini banyak tempat untuk belajar bahasa pemrograman atau coding yang bisa Anda manfaatkan. Bahkan Anda bisa memilih tempat belajar gratis atau berbayar sesuai dengan keinginan dan ada banyak sekali tempat belajar online yang tersedia.

  1. Terus berlatih

Tips keempat adalah Anda harus terus berlatih untuk bisa menguasai bahasa pemrograman atau coding dengan baik. Terus berlatih adalah salah satu kunci untuk menjadikan Anda programer yang handal. Apalagi Anda sudah serius untuk mempelajarinya sejak awal sehingga harus lebih banyak berlatih.

Itulah dia beberapa tips belajar bahasa pemrograman atau coding bagi pemula yang bisa Anda coba.

Manfaat Belajar Coding Adalah

Manfaat Belajar Coding Bagi Pemula

Manfaat-manfaat mempelajari coding adalah:

  1. Memulai karier jadi IT

Manfaat yang akan Anda dapatkan dengan mempelajari coding adalah bisa memulai karir di bidang IT. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa IT adalah salah satu profesi yang semakin banyak diminati seiring dengan perkembangan teknologi. Tidak ada salahnya Anda mulai mempelajari coding untuk bisa jadi IT.

  1. Membuat website maupun aplikasi

Manfaat yang kedua adalah Anda bisa membuat website atau aplikasi dengan mempelajari coding atau kode bahasa pemrograman seperti ini. Anda bisa membangun aplikasi sesuai dengan keinginan Anda lebih mudah.

  1. Mengembangkan pola berkikir dan kemampuan problem solving

Manfaat ketiga adalah dapat mengembangkan pola pikir dan kemampuan problem solving karena selama mempelajari coding Anda akan terbiasa dengan pemecahan masalah.

Nah, setelah tahu seperti apa manfaat mempelajari coding sekarang waktunya Anda untuk mulai belajar.

Contoh Coding Bahasa Pemrograman JavaScript

Contoh coding pemrograman Javascript yang bisa dipelajari adalah:

1. Contoh Output dengan innerHTML

<!DOCTYPE html>

<html>
    <body>
        <h2>My First Web Page</h2>
        <p>My First Paragraph.</p>
        <p id="demo"></p>
        <script>
        document.getElementById("demo").innerHTML = 5 + 6;
        </script>
    </body>
</html>

2. Operator

<!DOCTYPE html>
<html> 
    <body> 
        <h2>JavaScript Operators</h2> 
        <p>x = 5, y = 2, calculate z = x + y, and display z:</p> 
        <p id="demo"></p> 
        
    <script> var x = 5; var y = 2; var z = x + y; document.getElementById("demo").innerHTML = z; </script> 
</body> 
</html>

3. Variabel

<!DOCTYPE html>
<html>
  <body>
    <h2>JavaScript Variables</h2>
    <p>In this example, x, y, and z are variables.</p>
    <p id="demo"></p>
    <script>
      var x = 5;
      var y = 6;
      var z = x + y;
      document.getElementById("demo").innerHTML = "The value of z is: " + z;
    </script>
  </body>
</html>

Aplikasi Coding Adalah

Rekomendasi aplikasi coding di smartphone yang paling cocok untuk pemula adalah:

1. Programming Hub

Programming Hub merupakan salah satu aplikasi untuk belajar pemrograman yang cocok untuk pemula. Kelebihannya adalah memiliki cara yang mudah, cepat dan menyenangkan. Aplikasi satu ini terbilang cukup lengkap dan menarik karena memberikan materi pembelajaran coding yang lebih beragam.

Ada sekitar 1.800 program yang disediakan di aplikasi ini, seperti Java, JavaScript, Python, C++ dan yang lainnya. Di aplikasi ini juga tersedia berbagai kursus tentang, ethical, app development, hacking, AI, SEO dan yang lainya. Semua ini tersedia dengan mudah di aplikasi Programming Hub yang bisa didapatkan di smartphone Anda.

2. SoloLearn

SoloLearn merupakan aplikasi untuk belajar pemrograman dengan menerapkan pembelajaran Learning and Practice. Aplikasi ini akan mengajak Anda untuk mempelajari dasar-dasar coding, namun ada juga kursus dan ratusan materi yang akan Anda lewati di setiap bab. Jika Anda lulus, maka Anda dapat melanjutkan ke bab berikutnya.

Aplikasi ini menawarkan materi pembelajaran JavaScript, Python, CSS, HTML, SQL dan yang lainnya. Amda bisa bergabung juga di forum atau platform sosial untuk membagikan hasil materi coding yang sudah dipelajari.

3. Grasshopper

Grasshopper merupakan aplikasi untuk belajar pemrograman juga yang bisa dicoba oleh pemula. Aplikasi ini khusus untuk pembelajaran JavaScript dan fokus pada belajar pemrograman, seperti loop, variabel dan function. Fitur yang tersedia di aplikasi ini juga tidak ribet digunakan oleh pemula.

4. Mimo

Mimo merupakan aplikasi untuk mempelajari coding di smartphone yang memiliki visual yang menarik dan lucu. Aplikasi ini memudahkan Anda belajar bahasa pemrograman atau coding dengan nyaman karena seperti sedang bermain game. Interface yang simpel dan juga user-friendly sehingga membuat aplikasi ini sangat cocok bagi pemula.

5. Encode

Encode juga aplikasi untuk mempelajari coding yang sangat cocok untuk pemula. Aplikasi ini memiliki bahasa pemrograman, seperti JavaScript, HTML, CSS dan Python. Tampilannya simpel sehingga Anda bisa belajar lebih mudah dan cepat.

Itulah sejumlah rekomendasi aplikasi yang bisa Anda coba untuk mempelajari coding. Nah, sekarang Anda telah cukup memahami pengertian coding, tips belajar, contoh coding dan juga rekomendasi aplikasi yang bisa dipakai di smartphone dengan mudah.

Mau Belajar Coding Dengan Cepat ?

Course-Net menyediakan pelatihan belajar coding yang bisa diikuti, Cukup dengan mengisi form dibawah ini. Tim marketing kami akan coba menghubungi anda segera.

Semoga informasi yang kami berikan memberikan kemudahan kepada anda dalam belajar coding.

Mau Ikut Kursus IT ? Harga MAHAL ? Tenang, Ambil DISKON Sekarang. Saatnya Amankan SEAT Anda Sekarang

PROMO VALENTINE
DISKON IDR 750.000

Days
Hours
Minutes
Seconds

*Promo Sampai 17 Februari 2023

Share This Post

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Thanks for submitting your rating!
    Please give a rating.

    Thanks for submitting your comment!
    Promo Valentine

    Artikel Rekomendasi

    GRATIS E-Book Algoritma

    Kami ingin membagikan E-BOOK INI SECARA GRATIS hanya untuk 100 ORANG PERTAMA. Buruan Download Sekarang !