course-net
Search
Close this search box.

Home >

Cara Membuat Blog di WordPress, Mudah dan Praktis!

Monday, 13 November 2023 5:30 PM

Cara Membuat Blog

Saat ini, cara membuat blog sudah praktis dan mudah. Orang membuat blog bisa untuk berbagai macam tujuan. Ada yang menjadikannya sebagai media untuk menuliskan jurnal, informasi mengenai segala hal, dan juga sebagai soft selling bisnis.

Ada berbagai macam platform yang dapat Anda gunakan untuk membuat blog, salah satunya yaitu WordPress. WordPress adalah tools yang digunakan jika ingin menerbitkan website atau blog tanpa harus memiliki basic skill dalam programming.

Di artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara membuat blog di WordPress yang mudah untuk Anda yang masih pemula.

Cara Membuat Blog di WordPress

Untuk Anda yang masih pemula, jangan khawatir! Berikut cara membuat blog di WordPress yang praktis dan mudah :

1. Daftar Akun WordPress

Berikut langkah-langkah untuk daftar akun WordPress :

  • Pertama, buka situs WordPress yaitu https://wordpress.com/. Jika belum memiliki akun, daftar akun terlebih dahulu.

Registrasi Akun

  • Terdapat pilihan pendaftaran seperti menggunakan akun Google, Apple, atau Email.

2. Pilih Nama Domain

Setelah berhasil melakukan registrasi atau daftar akun, selanjutnya Anda akan menentukan nama domain.

Pilih Nama Domain di WordPress

Terdapat beberapa pilihan baik yang berbayar maupun gratis. Untuk Anda yang masih pemula, Anda bisa pilih yang gratis dengan domain berakhiran “.wordpress.com”.

Setelah menentukan kategori blog, Anda dapat mulai membuat blog Anda.

3. Membuat Blog

Anda dapat mengisi judul website, tagline website, dan juga ganti ikon. Bukan hanya itu, Anda juga dapat mengatur bahasa serta timezone pada website tersebut.

Saat mulai membuat blog, Anda dapat memulainya dengan memilih design website yang Anda inginkan. Tenang saja, ada banyak design website yang gratis dan dapat Anda gunakan.

Pilih Desain WordPress

Setelah selesai dengan pengaturan tampilan website, Anda dapat mulai membuat penulisan untuk blog Anda dan juga meng-edit website sesuai dengan keinginan.

Jika Anda masih bingung dengan fitur yang ada di WordPress, berikut penjelasannya :

  • My Home : Di menu ini, terdapat pembaruan WordPress, tema, dan plugin.
  • Upgrades : Menu ini digunakan jika Anda ingin updgrade domain menjadi yang berbayar.
  • Stats : Anda dapat melihat analitik pengunjung blog di bagian menu ini.
  • Post : Menu ini digunakan jika Anda ingin mengelola konten yang sudah ada atau menambahkan tulisan baru seperti artikel untuk konten dalam blog tersebut.
  • Media : Menu untuk mengunggah konten visual seperti gambar.
  • Pages : Jika Anda ingin mengelola atau membuat halaman baru di blog, gunakan menu ini.
  • Comments : Menu untuk memfilter komentar. Anda bisa menampilkan, membalas, hingga menghapus komentar.
  • Appearance : Menu untuk penyesuaian tema yang Anda gunakan.
  • Plugins : Anda dapat menambahkan fitur tambahan atau plugin baru dengan cara menginstallnya di menu ini.
  • Settings : Menu pengaturan digunakan untuk melakukan pengaturan blog sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. Menambahkan Postingan Baru

Untuk membuat konten dalam blog tersebut, Anda dapat mengklik menu ‘Post’ pada dashboard, lalu klik ‘Add New Post’.

Menambahkan Postingan Baru

Setelah menuliskan judul dan isi konten, jangan lupa untuk memilih kategori, menambahkan Tags, dan juga Feature Image. Hal-hal tersebut berperan untuk perkembangan dan peningkatan traffic blog Anda. Tags dapat memudahkan pengunjung untuk menemukan blog Anda.

Featured image adalah gambar yang mendeskripsikan postingan yang Anda buat. Sebaiknya Anda membuat thumbnail yang menarik agar pengunjung tertarik untuk mengunjungi blog Anda dan membaca konten yang ada didalamnya.

Jika sudah selesai, Anda dapat klik tombol ‘Publish’. Konten Anda sudah berhasil terunggah di blog.

5. Membuat dan Mengatur Halaman

Anda dapat mengatur halaman blog sendiri sesuai dengan keinginan untuk membuat tampilannya menjadi lebih menarik. Klik menu ‘Pages’ pada dashboard, lalu klik lambang titik tiga di sebelah ‘Homepage’ dan klik edit.

Jika ingin menambahkan halaman baru, Anda dapat memilih menu ‘Add New Page’. Pilihan page biasanya disesuaikan dengan template yang digunakan. Namun jika ingin membuat halaman kosong, Anda dapat memilih ‘Blank Page’.

6. Publish Blog

Jika blog Anda sudah jadi dan siap untuk dipublikasikan, di menu ‘My Home’ Anda dapat mengklik ‘Visit Site’. Setelah itu, klik ‘Launch Site’.

Selamat! Blog Anda sudah berhasil di publish.

Manfaat Membuat Blog

Blog bukanlah hanya sekedar media untuk menuliskan artikel. Ada berbagai manfaat yang didapat dari membuat blog. Berikut beberapa contohnya :

1. Menjual Produk

Jika Anda memiliki bisnis dan ingin memulainya secara online, Anda dapat menggunakan blog untuk mendapat banyak pelanggan sehingga bisa meningkatkan penjualan. Dengan menuliskan konten-konten yang relevan terhadap produk yang Anda jual, Anda dapat melakuka soft selling untuk mengarahkan pengunjung agar mereka mengunjungi toko online Anda.

Konten yang berkualitas dapat menarik perhatian pengunjung sehingga mereka mengunjungi website Anda dan terus membaca konten Anda. Dari situ mereka dapat tertarik untuk membeli produk Anda.

Jika Anda telah menguasai SEO, Anda dapat lebih meningkatkan traffic website Anda dan menaikkan jumlah pengunjung yang mengunjungi website Anda.

2. Menambah Networking

Blog dapat digunakan untuk menambah jaringan dan membuka gerbang networking. Kalau di offline, untuk menambah jaringan Anda harus mengikuti seminar, datang ke berbagai acara, dan sebagainya.

Namun seiring dengan perkembangan teknologi, Anda dapat melakukannya dengan menulis blog!

Blog dapat mengundang orang dengan minat yang sama untuk datang ke blog Anda sehingga dapat menjalin hubungan profesional. Di sinilah Anda dapat menunjukkan kemampuan dan pengetahuan Anda melalui tulisan yang Anda unggah melalui blog tersebut.

Jangan lupa untuk mencantumkan nama dan alamat email atau kontak lainnya agar orang dapat mudah untuk menghubungi Anda.

3. Media Pembelajaran

Blog dapat dijadikan sarana untuk Anda membagikan pengetahuan kepada target audiens. Anda dapat menentukan kategori apa saja, apakah ingin umum atau ingin membuat blog yang spesifik pada satu kategori saja.

Hampir semua orang menggunakan internet setiap harinya untuk berbagai hal. Jika Anda gemar untuk berbagi pengetahuan dan menuangkannya dalam tulisan, membuat blog sangat cocok untuk Anda dan juga dapat memberikan manfaat kepada orang lain.

Seperti contohnya jika Anda menyukai makeup, Anda dapat membuat blog mengenai tutorial makeup atau produk makeup rekomendasi.

4. Menambah Penghasilan

Ternyata, blogging juga dapat menghasilkan uang. Pertama, Anda harus menentukan tema blog yang akan Anda tetapkan. Hal tersebut dilakukan agar lebih mudah dalam menjangkau target audiens spesifik.

Jika konten Anda bagus dan blog tersebut sudah dikenal oleh banyak orang. Bisa saja akan ada brand yang mengajak kerja sama untuk membuat konten atau ingin menaruh iklan di blog Anda.

Dari situlah, Anda dapat menghasilkan uang.

Kesimpulan

Ternyata cara membuat blog di WordPress tidak sulit, bukan? Sekarang saatnya Anda untuk untuk mulai mencoba membuat blog Anda sendiri! Blog juga dapat digunakan sebagai salah satu strategi pemasaran digital yaitu SEO.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari pengaplikasian blog untuk strategi pemasaran digital, Anda dapat mengikuti kursus digital marketing di Course-Net. Tentunya Anda juga akan mempelajari berbagai macam materi lain seperti Ads, copywriting, SEM, dan sebagainya.

Kunjungi course-net.com untuk info lebih lanjut.

Artikel Terkait

Tags

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!

Mau Berkarir Di Bidang Digital Marketing? Tapi Ga punya Basic IT

Kursus di Course-Net, Anda akan didampingi langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. 100.000++ ORANG DARI LEVEL MAHASISWA, STAFF, MANAGER, HINGGA BUSINESS OWNER TELAH BERGABUNG BERSAMA DI COURSE-NET INDONESIA DAN TERUS BERTAMBAH! Jadi Kapan giliran Anda ikut kursus di Course-Net?