course-net
Search
Close this search box.

Home >

Marketing Plan Adalah : Definisi , Contoh Marketing Plan

Tuesday, 1 November 2022 1:21 PM

Marketing Plan Adalah : Definisi , Contoh Marketing Plan

Membuat sebuah marketing plan merupakan suatu hal yang tergolong sangat penting. Tentu saja tanpa adanya rencana pemasaran ini maka perusahaan akan kesulitan dalam mencapai berbagai target penjualannya. Jadi dengan kata lain tujuan tidak akan berhasil sesuai ekspektasi tanpa adanya sebuah rencana pemasaran yang bagus.

Terdapat beberapa unsur di dalam rencana pemasaran dan salah satunya berupa action plan marketing yang dipilih perusahaan guna memperoleh target pasar. Untuk mengetahui informasi lebih jauh mengenai rencana pemasaran simak informasinya berikut ini.

Membuat Marketing Plan Yang Baik Dan Benar

Apa Itu Marketing Plan ? Marketing Plan Adalah

Membuat Marketing Plan Yang Baik Dan Benar

Marketing plan adalah sebuah panduan menyeluruh yang dipergunakan untuk menggambarkan upaya pemasaran pada suatu perusahaan. Rencana tersebut berisikan informasi penting guna mengubah pembeli yang potensial untuk menjadi loyal customer nantinya.

Terdapat beberapa komponen di dalam rencana pemasaran yang akan digunakan dalam mencapai tujuan perusahaan seperti tujuan pemasaran, target demografi, dan strategi pemasaran.

Kendati prinsip dasar rencana pemasaran serupa akan tetapi dalam pengaplikasiannya tidaklah serupa diantara satu usaha dengan lainnya. Bahkan di dalam sua usaha pada bidang yang sama tidak dapat memakai marketing plan yang serupa.

Tentu saja pengaplikasian rencana pemasaran harus disesuaikan dengan kondisi dari masing-masing usaha secara internal maupun eksternal. Rencana pemasaran umumnya berisi mengenai:

  • Competition
  • Market research
  • Executive summary
  • Marketing goals
  • Marketing plan budget
  • Market plan strategies
  • Monitoring of the marketing plan result

Cara Membuat Rencana Pemasaran

Cara Membuat Rencana Pemasaran

Setelah mengetahui apa itu marketing plan tentu saja informasi selanjutnya perihal membuat sebuah rencana pemasaran. Adapun beberapa caranya sebagai berikut ini.

  1. Identifikasi misi usaha

Cara pertama yang bisa kalian lakukan yaitu menyelaraskan visi dan misi perusahaan. Nantinya kalian dapat mengetahui gambaran sifat usaha serta layanan ataupun produk yang hendak ditawarkan kepada customer.

  1. Ketahui kompetisi

Saat menjalankan sebuah usaha tentu saja kalian seperti masuk ke dalam lingkungan yang penuh kompetisi. Ada baiknya perusahaan menjelaskan layanan usahanya itu berharga dan berbeda dibandingkan kompetitornya.

  1. Tentukan kekuatan serta kelemahan

Pergunakanlah hasil analisis berupa SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats) yang harus kalian selesaikan selama periode untuk persiapan guna menentukan bagaimana cara terbaik dalam mendistribusikan sumber daya.

Analisis tersebut akan membantu perusahaan untuk memahami pencapaian dari bisnis serta growth perusahaan. Tujuan analisis tersebut membuat beberapa poin pada setiap bagian supaya lebih lengkap dan perspektif.

  1. Jelaskan target pembeli

Menentukan target pasar serta rencana pemasaran nyatanya dapat berdampak pada mengubah kesadaran pelanggan. Tentukan saja target pembeli kemudian dikembangkan pada pasar khusus lalu terfokus menentukan demografi pada target pasar. Hal tersebut akan lebih memudahkan dalam penentuan konten marketing yang akan dipergunakan.

  1. Tentukan pola siklus pembelian

Rencana pemasaran haruslah membahas mengenai pelanggan ideal yang mengikuti pola khas. Siklus tersebut akan mengantarkan konsumen pada produk yang akan dijual perusahaan. Jangan lupa terapkan strategy marketing plan supaya konsumen lebih tertarik.

  1. Identifikasikan proposisi penjualan unik

Marketing plan guna merinci layanan usaha terkait dengan pasar. Jangan lupa memakai riset pasar supaya lebih memahami preferensi pelanggan ideal serta perusahaan dapat memenuhi kebutuhan yang belum ditawarkan pada kompetitor lainnya.

  1. Susun strategi marketing berdasar AIDA

Konsep AIDA ini kependekan dari Awareness, Interest, Desire, dan Action. Melalui konsep tersebut kalian dapat merencanakan strategi pemasaran yang tentunya disesuaikan dengan empat unsur diatas.

Baca Juga : Market Share Adalah: Arti, Jenis, Cara Perhitungan & Tipsnya

Kelompokan dengan detail mengenai strategi yang dilakukan guna memunculkan awareness pada benar pelanggan dan mengajak pelanggan supaya mau mencari tahu lebih dalam mengenai produk yang ditawarkan, dan lainnya.

  1. Key Performance Indicator (KPI)

Sebelum sebuah perusahaan menerapkan marketing plan maka sebaiknya tentukan terlebih dahulu mengenai indikator keberhasilannya menggunakan Key Performance Indicator (KPI). KPI merupakan alat ukur yang dipergunakan untuk memonitor target melalui strategi yang telah disusun.

  1. Meningkatkan performa situs website

Tidak jarang bahwa situs resmi milik perusahaan adalah tempat pertama yang akan dikunjungi customer guna mengetahui lebih dalam perihal usaha dari perusahaan tersebut. Jangan lupa melakukan riset pada website kompetitor dan bandingkan apa yang perlu perbaikan dari website kalian.

  1. Tentukan saluran pemasaran

Cara ini mengenai memutuskan pemakaian cara berbeda guna menerapkan strategi pemasaran. Mempelajari mengenai kebutuhan pelanggan tentunya akan membantu dalam mengembangkan strategi pemasaran yang dilakukan.

  1. Tentukan strategi SEO 

Tentunya dengan menerapkan strategi SEO akan membantu dalam memposisikan perusahaan pada bagian atas mesin pencarian yang didasarkan pada keyword (kata kunci) yang berbeda. Pemakaian SEO akan bisa menghasilkan produk maupun layanan yang kalian jual pada posisi paling tinggi di mesin pencarian.

  1. Susun PIC (Person in Charge)

Pemasaran tentu saja tidak akan dapat dilakukan sendiri. Di dalam tim marketing akan terdapat beberapa anggota yang bertugas menanggung kewajiban. Tentunya dengan menyusun PIC bisa menjadi sebuah solusi supaya proses monitoring kegiatan akan lebih mudah dan tidak akan ada pekerjaan terlewat.

  1. Menentukan budget

Unsur lain yang harus diperhatikan ketika pembuatan marketing plan yaitu menetapkan besaran budget yang nantinya akan dipergunakan sehingga pekerjaan pemasaran bisa berjalan sesuai tujuan dan harapan yang diinginkan. Jadi tentukan budget marketing yang pas sesuai kebutuhan.

Contoh Marketing Plan

Setelah mengetahui informasi terkait cara pembuatan rencana pemasaran maka berikut ini adalah beberapa contoh yang dapat dipelajari.

  1. Contoh rencana pemasaran produk baru

Saat perusahaan baru merintis usaha maka pada umumnya produk yang dihasilkan tidak akan banyak diketahui oleh para pelanggan yang tidak mengetahui apapun mengenai produk tersebut.

Marketing plan merupakan solusi yang bisa dilakukan guna mengenalkan produk kepada konsumen melalui strategi pemasaran yang sudah disusun. Jadi fokus AIDA rencana pemasaran ini bertujuan ke arah brand awareness.

  1. Contoh rencana pemasaran perusahaan barang

Berikut adalah contoh yang bisa diterapkan oleh suatu perusahaan guna menawarkan barang yang hendak dijual.

  • Tipe: perusahaan mie sehat
  • Visi: menjadikan mie sebagai salah satu konsumsi makanan sehat
  • Misi: melakukan kerja sama dengan supplier bahan organik
  • Target pasar: kelas sosial menengah
  • Kompetitor: perusahaan mie lain
  • Konten dan Media: infografis di Instagram mengenai bahan mie sehat serta organik
  • Tujuan AIDA: menumbuhkan kepuasan pelanggan
  • KPI: target engagement untuk konten sebanyak 560 akun
  • Anggaran dan PIC: besaran anggaran 30 juta dan PIC yaitu social media expert dan content creator

Setelah melihat informasi diatas mengenai marketing plan tentunya kalian memahami dengan adanya perencanaan akan membuat suatu usaha bisa terus eksis berjalan. Pembuatan rencana pemasaran jangan hanya di awal perjalanan usaha saja namun terus dikembangkan sesuai kebutuhan.

Pengembangan bisa dilakukan dengan cara mempertimbangkan perihal tren pasar, kompetitor, dan kondisi ekonomi. Jika mampu maka jangan ragu menciptakan sebuah tren terbaru yang nantinya bisa diikuti para kompetitor. Melihat pentingnya pembuatan rencana pemasaran maka prosesnya jangan disepelekan dan harus benar-benar diperhatikan.

Dalami marketing plan dengan cara mengikuti kursus digital marketing di Course-Net, Promo terbatas khusu bulan ini.

Kursus Digital Marketing di Course-Net Di Jamin SAMPAI BISA!

Masih Ga percaya ? Nih Testimoni Alumni Course-Net Yang Udah Belajar Digital Marketing

Play Video about kursus digital marketing

Tertarik mau berkarir dibidang digital marketing? Saatnya kamu ambil keputusan ini. Klik  dibawah ini untuk informasi berkaitan tentang kursus digital marketing yang tersedia di Course-Net.

SAYA BERMINAT, SAYA MAU IKUT KURSUS DIGITAL MARKETING

Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat untuk anda. Simak terus berita IT seputar digital marketing. Demikianlah artikel hari ini, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang ingin mengetahui tentang digital marketing.

Artikel Terkait

Tags

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!

Mau Berkarir Di Bidang Digital Marketing? Tapi Ga punya Basic IT

Kursus di Course-Net, Anda akan didampingi langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. 100.000++ ORANG DARI LEVEL MAHASISWA, STAFF, MANAGER, HINGGA BUSINESS OWNER TELAH BERGABUNG BERSAMA DI COURSE-NET INDONESIA DAN TERUS BERTAMBAH! Jadi Kapan giliran Anda ikut kursus di Course-Net?