course-net
Search
Close this search box.

Home >

Cek Backlink Kompetitor Dengan Backlink Checker Untuk Menaikkan Rating Google

Tuesday, 16 January 2024 3:34 PM

Cek Backlink Kompetitor Dengan Backlink Checker Untuk Menaikkan Rating Google

Cek Backlink Kompetitor dengan Backlink Checker Untuk Menaikkan Rating Google – Backlink adalah link yang terdapat pada konten website yang mengarahkan pengunjung untuk menuju halaman web atau website lainnya. Biasanya packing yang digunakan oleh pemilik website untuk meningkatkan traffic reputasi, dan kredibilitas website dan kontennya. Link ini serupa dengan hyperlink, tetapi bisa digunakan untuk mengoptimalkan SEO website, jadi tidak sekadar untuk tautan resource.

Cek Backlink Kompetitor dengan Backlink Checker Untuk Menaikkan Rating Google

Pengaruh Backlink Untuk Seo Website

Cek Backlink Kompetitor Dengan Backlink Checker Untuk Menaikkan Rating Google

Banyak peluang bisnis yang bisa diperoleh jika dapat mencapai posisi pertama di mesin pencarian Google. Jika website Anda berada di halaman pertama Google maka konten atau website Anda mempunyai relevansi dan kualitas yang bagus.

Artinya, user lain menjadikan website Anda sebagai referensi untuk website mereka, atau membagikan melalui media sosial dengan cara mengarahkan backlink langsung ke domain Anda.

Semakin banyak orang yang mereferensikan dan membagikan konten Anda, mereka tentu akan terbantu. Di sinilah backlink memiliki peran dan pengaruh yang sangat besar terhadap SEO, karena sebagai salah satu faktor penentu ranking website.

Banyaknya backlink yang masuk pada website Anda dari domain lain merupakan indikator yang diperhatikan oleh search engine sebagai bukti website Anda kredibel. Semakin banyak domain yang menambahkan backlink pada website Anda maka semakin cepat juga website Anda naik rangking.

Menggunakan Backlink Checker Dari Ahrefs

Ahrefs merupakan software backlink checker yang bisa digunakan secara gratis. Selain itu, Anda juga tidak harus mempunyai akun untuk dapat menggunakan tools ini. Ahrefs dapat digunakan untuk mengetahui backlink situs sendiri maupun backlink situs milik orang lain.

Tidak perlu panjang lebar, yuk simak mengenai Ahrefs Backlink Checker.

Sebenarnya, Ahrefs merupakan tools seo yang rilis pada tahun 2010 yang digunakan untuk menganalisis performa SEO seperti kata kunci, traffic, analisis website dan cek backlink. Dengan begitu maka bisa menganalisa performa SEO kompetitor maupun milik pribadi dengan mudah.

Ahrefs sering menjadi tool SEO andalan bagi para profesional untuk menganalisa performa SEO pada website. Dibandingkan tools SEO lain, Ahrefs mempunyai database lengkap dan lebih cepat update. Dengan begitu para data analiyst lebih mudah untuk menganalisa suatu data. Data yang dihasilkan pun jauh lebih akurat dan tidak banyak kesalahan.

Manfaat Menggunakan Cek Backlink Checker Untuk Kompetitor

Anda bisa menggunakan Ahref Backlink Checker karena memberikan beberapa manfaat sebagai berikut.

Antisipasi Penurunan Keyword

Posisi keyword atau kata kunci di mesin pencari Google bersifat tidak abadi, sehingga bisa berubah sewaktu-waktu. Sebaik apa pun matriks website serta strategi SEO yang dilakukan, suatu saat bisa tergusur dari mesin pencari apabila terdapat kompetitor lain yang melakukan optimasi lebih baik.

Untuk itu, cekling website kompetitor dapat menjadi alarm atau penanda Apakah kompetitor sedang melakukan optimasi yang lebih baik lagi atau masih tetap di posisi saat ini. Jadi, backlink checker kompetitor bisa digunakan untuk mengantisipasi penurunan keyword.

Melakukan Out-Ranking Web Lain

Tidak hanya untuk antisipasi ancaman dari website lain Anda juga dapat membuat strategi untuk menggeser posisi web lainnya di halaman pertama mesin pencari Google.

Jika sudah melakukan cek backlink dan mendapati bahwa website kompetitor menempati posisi pertama dengan dukungan 10 backlink, segeralah menyusun strategi. Misalnya Anda bisa membuat suntikan backlink lebih banyak, atau setidaknya sama dengan kompetitor apabila ingin merebut posisi tersebut.

Strategi ATM (Amati, Tiru Modifikasi)

Strategi ATM sering digunakan dalam dunia bisnis, baik bisnis digital maupun bisnis langsung. Dengan Amati, tiru, dan Modifikasi, maka Anda bisa lebih mudah untuk membuat strategi bersaing dengan kompetitor. Strategi ini merupakan trik paling lumrah untuk persaingan bisnis online dan offline.

Anda dapat menggunakan cara ini untuk optimasi website di mesin pencari. Caranya yaitu ketahui terlebih dahulu tipe-tipe backlink milik website orang lain yang menduduki peringkat pertama di mesin pencari.

Hal yang Perlu Diketahui dari Backlink Kompetitor

Hal yang Perlu Diketahui dari Backlink Kompetitor

Bagi Anda yang memiliki website dan menjalankan bisnis digital, maka penting untuk memetakan pola kekuatan kompetitor. Pasalnya, di dunia maya tidak terdapat batasan untuk melakukan optimalisasi selama masih di lingkaran aturan yang sudah ditentukan.

Untuk itu, Anda perlu memperhatikan gerak kompetitor dan pilihan cara yang digunakan oleh mereka. Ada beberapa hal yang penting untuk Anda ketahui seputar backlink kompetitor yaitu sebagai berikut.

Jumlah Backlink

Apakah benar bahwa semakin banyak backlink artinya semakin bagus? Jawabannya bisa saja benar bisa saja tidak.

Namun Untuk mengetahui jumlah backlink kompetitor merupakan hal yang penting. Yang jelas Anda perlu mengetahui jumlah tackling yang kompetitor bangun sehingga bisa menganalisis seberapa kuat mereka.

Kualitas Backlink

Melalui backlink checker, Anda juga bisa melihat bagaimana kualitas packing yang dipakai oleh kompetitor. Selain itu juga bisa mengetahui di mana kompetitor menambahkan packing sehingga Anda bisa meniru gaya tersebut di situs sendiri dalam membuat backlink.

Pemilihan Keyword

Jika Anda sudah memperoleh beberapa backlink dari kompetitor melalui backlink checker, maka Anda dapat menganalisa kata kunci yang mereka pakai. Jangan sampai keyword yang Anda pilih kalah pasaran dengan mereka.

Jika kompetitor menggunakan keyword yang sama dengan Anda maka artinya mereka merupakan kompetitor yang sebenarnya. Jadi Anda harus melakukan berbagai upaya untuk dapat mengalahkan mereka di SERP.

Pencarian Peluang Lain

Terdapat beberapa fungsi lain dalam tools backlink checker seperti mengecek anchor dan keyword yang sering muncul. Anda tidak perlu bersaing untuk merebut traffic dengan satu kata kunci.

Caranya yaitu dengan menggunakan kata kunci alternatif. Misalnya jika kompetitor menggunakan keyword sewa mobil Bali, Anda bisa menggunakan kata kunci rental mobil Bali atau frasa lainnya.

Untuk melihat kekuatan dari kompetitor tidak berarti harus mengalahkan kompetitor di SERP. Anda dapat mengambil celah yang tidak digunakan oleh mereka dan mengoptimalkan yang ada untuk menghemat sumber daya.

Cara Cek Backlink Dengan Ahrefs

Berikut ini merupakan beberapa langkah cara cek backlink menggunakan Ahrefs.

  • Kunjungi halaman backlink checker by Ahrefs terlebih dahulu.
  • Input nama situs atau domain yang ingin dicek backlink-nya pada kolom “Enter domain or URL”, lalu klik “Check Backlink”.
  • Selanjutnya, centang bagian tulisan “Im not a robot”.
  • Selanjutnya, akan ditampilkan informasi tentang packing domain yang diinput. Beberapa informasi yang ditampilkan antara lain domain rating, revering domain dan backlink.

Anda bisa melakukan cek backlink domain dengan menggunakan Ahrefs backlink checker free. Namun untuk versi gratis hanya sebatas itu, tidak ada tools tambahan lainnya. Jika Anda butuh tools lainnya dari Ahrefs, maka perlu menggunakan akun berbayar atau Ahrefs Pro.

Cara Cek Backlink Dengan Ubersuggest

Untuk melihat backlink kompetitor, ada beberapa tools yang bisa kamu gunakan. Tetapi akan lebih baik jika kamu menggunakan Ubersuggest, karena tools ini dapat digunakan secara gratis, sehingga bisa digunakan kapan saja. Selain itu, informasi yang ditampilkan juga lebih lengkap dan mudah dimengerti.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk melihat backlink kompetitor melalui Ubersuggest:

1. Buka Ubersuggest.

2. Masukkan domain kompetitor kamu dan klik “search”.

cara cek backlink

3. Pilih bagian backlink.

4. Dan lihat beberapa hasil yang ditampilkan seperti domain score, page score, link type, anchor text, first seen, dan last seen.

Nah dari informasi tersebut kamu bisa mengumpulkan berbagai informasi yang bermanfaat untuk membangun strategi backlink di website kamu.

Ada beberapa informasi yang bisa kamu dapatkan, contohnya:

  • Dari forum mana kompetitor bisa mendapatkan backlink?
  • Diarahkan ke page mana backlink tersebut?
  • Link type apa yang paling dominan digunakan?
  • Anchor text seperti apa yang paling sering digunakan? Apakah keyword, nama brand, dan lain-lain?
  • Mayoritas backlink berasal dari website yang memiliki DA/PA berapa?

Setelah semua pertanyaan di atas terjawab, selanjutnya kamu bisa menyimpulkan strategi backlink seperti apa yang digunakan oleh kompetitor kamu. Dan selanjutnya terapkan secara langsung ke website kamu.

Contohnya jika sebelumnya kamu hanya menggunakan 1 jenis anchor text yaitu keyword, ternyata kompetitor kamu menggunakan kombinasi antara keyword dan brand anchor text. Dan apa yang kompetitor kamu lakukan terbukti sukses, maka kamu bisa meniru strategi tersebut.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis digital melalui situs atau blog, penting untuk memahami SEO, terutama melakukan analisis data backlink website sendiri maupun kompetitor.

Untuk bisa melakukannya, kamu perlu belajar tentang backlink dan strategi analisis data. Silakan bergabung dengan kelas kursus digital marketing di Course-Net untuk mengenal apa itu backlink hingga melakukan analisa data website. Dengan begitu, Anda lebih mudah mendongkrak rating website untuk tampil di halaman pertama Google.

Artikel Terkait

Tags

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!

Mau Berkarir Di Bidang Digital Marketing? Tapi Ga punya Basic IT

Kursus di Course-Net, Anda akan didampingi langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. 100.000++ ORANG DARI LEVEL MAHASISWA, STAFF, MANAGER, HINGGA BUSINESS OWNER TELAH BERGABUNG BERSAMA DI COURSE-NET INDONESIA DAN TERUS BERTAMBAH! Jadi Kapan giliran Anda ikut kursus di Course-Net?