course-net
Search
Close this search box.

Keyword Adalah : Definisi, Fungsi, Jenis hingga Contohnya

Minet

October 14, 2022

Keyword Adalah : Definisi, Fungsi, Jenis hingga Contohnya

Keyword Adalah : Definisi, Fungsi, Jenis hingga Contohnya – Jika saat ini Anda seorang blogger, pasti Anda sudah mengenal keyword atau kata kunci. Setiap kita membuat artikel pasti akan membutuhkan kata kunci yang keberadaannya sangat penting dan berguna untuk memenangkan serta meningkatkan SEO pada mesin pencari.

Namun demikian, meskipun Anda sudah mengenal keyword di keseharian dalam membuat artikel. Alangkah baiknya Anda juga mengenalnya jauh lebih dalam. Informasi inilah yang akan membantu Anda dalam mempelajari kata kunci dari mulai definisi, fungsi, jenis, dan contoh yang ada di dunia teknologi.

Keyword Adalah ? Mari Mengenal Keyword Dan Fungsinya

Definisi Keyword

Keyword

Pasti akan ada pertanyaan terkait “Apa itu keyword?”, sebagian orang mungkin sudah terbiasa dan bisa menjawabnya. Lalu bagaimana yang baru mengenalnya? Di sinilah, akan dibahas dengan detail terkait definisi dari kata kunci tersebut.

Keyword adalah susunan kata yang diketikan oleh seorang saat sedang melakukan pencarian data ataupun informasi yang akan mereka temukan dengan mesin pencari. Kata kunci inilah yang nantinya disimpan dan dipakai mesin pencari untuk melakukan analisis kebutuhan dari usernya.

Kata kunci yang dipakai biasanya merupakan kata-kata yang bersifat umum dan dipikirkan oleh manusia saat mereka membutuhkan sesuatu. Jika disimpulkan, kata kunci adalah sebuah kata yang tidak sembarangan dan bisa menaikkan popularitas dalam pencarian.

Fungsi dari Penggunaan Keyword

Anda perlu melatih kemampuan dalam memilih kata kunci yang tepat saat menulis artikel. Tujuannya dari penggunaan kata kunci inilah yang bisa memberikan efek dahsyat untuk menaikkan traffic di mesin pencari. Oleh karena itu, penting sekali melakukan riset keyword untuk mendapatkan yang tepat.

Tidak hanya konten yang berkualitas saja yang bisa membuat sukses, Anda juga perlu menyiapkan dan memadukan dengan strategi SEO yang tepat. Kehadiran kata kunci ini juga memberikan beberapa fungsi, yaitu:

  1. Fungsi untuk mesin, Mesin pencari nantinya akan jauh lebih mudah menemukan dan menampilkan beberapa informasi yang relevan dan tepat dengan yang dibutuhkan oleh user
  2. Fungsi untuk blogger, untuk blogger sendiri sebagai ajang persaingan kata kunci untuk menempati di halaman pertama mesin pencari. Jika ini bisa terjadi, maka bisa dijadikan sebuah pencapaian yang hebat dan memberikan kepuasan dalam kinerja serta meningkatkan semangat.
  3. Fungsi untuk blog, saat blog dikelola dengan baik oleh blogger yang sudah berpengalaman maka bisa dijamin blog tersebut memiliki peringkat teratas yang besar. Blog juga bisa terus meningkatkan kualitas dengan kata kunci yang targetnya bisa bertahan.

Jika Anda mampu menempatkan blog Anda pada halaman pertama dalam pencarian dan terus mempertahankannya, maka blog yang Anda miliki akan semakin terkenal untuk dikunjungi oleh user. Oleh karena itu, peran kata kunci inilah yang sangat penting dan harus dibuat sesuai target.

Pendapatan dalam mengelola blog nantinya juga akan semakin meningkat karena mendapatkan kunjungan oleh user dalam jumlah yang banyak. Jadi, mulai dari sekarang jangan asal menuliskan target keyword, namun Anda harus lakukan survey yang bisa dimenangkan oleh Anda.

Jenis-Jenis Penggunaan Keyword

Keyword saat ini mempunyai bermacam-macam jenis tergantung dari strategi atau penggunaannya. Umumnya, seorang blogger atau penulis sudah seharusnya memahami letak dari kata kunci yang penting. Penulis juga harus menggunakan kata yang tepat sehingga bisa memenangkan persaingan.

Berdasarkan jenis kata kunci yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan strategi optimasi konten, dibagi menjadi beberapa jenis antara lain:

1. Berdasarkan kata, Jenis ini akan dibagi kembali menjadi 2 yaitu:

  • Short Tail Keyword yaitu kata kunci pendek, karena jumlah maksimal kata kunci hanya 2 buah saja. Contohnya adalah Tips Kecantikan, Cek website, Google keyword, dan lain sebagainya.

Penggunaan short tail ini mempunyai kelebihan yaitu jumlah pencariannya akan berpotensi sangat besar. Namun kelemahannya adalah persaingannya jelas sangat ketat dan peluang untuk bisa tampil di halaman pertama sangat kecil.

  • Long Tail Keyword yaitu kata kunci yang sudah disempurnakan dari short tail keyword. Biasanya akan ditambahkan beberapa kata kunci yang berkaitan dan masih nyaman saat dibaca. Contohnya adalah Cara Kerja SEO Untuk Tingkatkan Performa

Penggunaan long tail ini juga mempunyai kelebihan yaitu bisa lebih membidik beberapa keyword sekaligus, peluang lebih besar. Namun kelemahannya adalah jenis ini terkesan aneh jika digunakan.

Baca Juga : Perbedaan SEO Dan SEM : Pengertian, Manfaat & Keuntungannya

2. Berdasarkan Waktu, Kata kunci ini mempunyai dampak terhadap traffic dari blog dengan berdasarkan batas waktu. Jenis ini juga dibagi menjadi 2 macam, yaitu:

  • Abadi, jenis ini tidak akan habis dan usang dengan berkembangnya waktu. Jenis ini juga akan selalu eksis dan tetap bisa mendatangkan pengunjung walaupun sudah lama diunggah. Contoh dari penggunaannya adalah Tips atasi jerawat, Tips Diet Sehat, dan lain sebagainya.
  • Musiman, ada juga jenis yang musiman. Jenis ini bisa Anda gunakan dan akan mendapatkan ledakan pengunjung tetapi hanya dalam waktu yang singkat. Kata kunci ini memang digunakan saat sedang trending saja seperti Juara Timnas Indonesia 2022 dan lain sebagainya.

3. Berdasarkan Pemirsa, kata kunci ini digolongkan berdasarkan manfaat dan tingkat kebutuhan dari user. Jenis ini dibagi lagi menjadi 2 yaitu:

  • Umum, jenis yang bisa dijangkau oleh semua orang dan semua golongan, misalnya Cara Cepat Atasi Diare, Cara Membuat Keyword Planner, dan lain sebagainya.
  • Khusus, jenis ini sudah memiliki target user secara khusus. Jadi informasi yang diberikan memang hanya yang dibutuhkan user Contohnya adalah Cara Tingkatkan Penghasilan Adsense, Cara Gunakan SEO, dan lain sebagainya.

semrush

Setelah mengenal jenis-jenis keyword yang tersedia dan sering digunakan, saat ini Anda juga perlu mengetahui daftar keyword tool yang bisa Anda gunakan sehingga bisa tingkatkan SEO Anda dan tentunya ini gratis sehingga bisa Anda manfaatkan, antara lain:

  • Google Trends,
  • Google Search Console
  • Google Keyword Planner
  • Google Search
  • io
  • Ahrefs Keyword Generator
  • SEMrush Keyword Magic Tool
  • Ubersuggest
  • MOZ Keyword Explorer
  • Keyword Sheeter

Masih banyak jenis tools lainnya yang bisa Anda gunakan secara gratis. Tentunya diantaranya juga mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tidak hanya kelebihan dan kekurangannya, setiap tool akan mempunyai cara kerja yang berbeda sesuai dengan sistem yang sudah dibuat.

Kesimpulan

Dengan begitu, bisa disimpulkan bahwa keberadaan kata kunci untuk bisa memenangkan persaingan konten artikel dalam sebuah website di mesin pencari memang sangat berdampak. Anda bisa gunakan dengan mengoptimasi penggunaan SEO juga.

Setelahnya Anda bisa lakukan riset yang sangat mendalam terkait isi konten dan juga kata kunci yang ingin digunakan. Nantinya Anda bisa menentukan poin penting kepada user untuk mendapatkan informasi di website atau blog Anda.

Demikian ulasan terkait keyword yang seharusnya menjadi kebutuhan utama untuk dipikirkan kembali dengan seksama. Keberhasilan website Anda juga bisa bergantung dari keberadaan kata kunci ini. Semoga informasi terkait dunia IT terlebih kata kunci bisa membantu Anda.

Mau Belajar SEO ? Yuk Kursus SEO Di Course-Net

Mau jago SEO ? Ikuti pelatihan SEO di Course-Net. Anda bisa mengisi form pendaftaran diri anda di kursus digital marketing yang tersedia di Course-Net.

Daftarkan diri anda sekarang juga di kursus digital marketing, Promo terbatas untuk bulan ini. Tunggu apalagi , Kunjungi situs kami www.Course-Net.com

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print