course-net
Search
Close this search box.

Home >

ChatGPT OpenAI untuk SEO: Begini Cara Memanfaatkannya!

Thursday, 21 September 2023 3:06 PM

chatgpt openai untuk seo

Penggunaan AI sebagai media kerja saat ini sudah semakin marak, salah satunya melalui Chat GPT. Bahkan kini, pemanfaatan ChatGPT OpenAI untuk SEO sudah sering dilakukan, tentu saja dengan berbagai tujuan internal hingga publikasi eksternal.

Apakah ChatGPT Aman untuk Aktivitas SEO?

Chat GPT menjadi salah satu teknologi AI yang banyak dibicarakan akhir-akhir ini. Teknologi ini digunakan layaknya mesin pencarian namun berbentuk layaknya chatbot. Anda sebagai pengguna bahkan seperti diajak berinteraksi dengan layanan chatbot tersebut.

Teknologi yang dikembangkan oleh perusahaan OpenAI pada tahun 2022 ini memiliki jawaban yang cenderung lengkap jika dibandingkan dengan mesin pencari kebanyakan. Akan tetapi, apakah penggunaannya di bidang SEO terbilang aman?

Jawabannya, relatif. Tentu saja asalkan Anda tahu cara penggunaannya dan dapat memanfaatkan teknologi ChatGPT secara bijak. Apabila terlalu banyak konten atau artikel yang dibuat menggunakan tools ini, maka konten tersebut akan terdeteksi sebagai auto generated content.

Oleh karena itu, ada baiknya mengoptimalkan manfaat yang ChatGPT miliki dengan menggabungkan berbagai elemen SEO sesuai kaidah. Dengan begitu, konten yang Anda buat tetap unik dan efisien meskipun memanfaatkan ChatGPT OpenAI untuk SEO.

Baca Juga : PBN untuk SEO: Definisi, Keunggulan, dan Pembuatannya

Pemanfaatan ChatGPT untuk SEO

Banyak orang kini mulai menyadari bahwa ChatGPT sejatinya memiliki banyak kegunaan, termasuk pada SEO. Anda mungkin juga sudah mulai mencari cara bagaimana memanfaatkan tools tersebut. Berikut beberapa referensi pemanfaatan ChatGPT untuk bidang SEO.

1. Menemukan keyword dengan topik tertentu

ChatGPT dapat digunakan untuk keperluan riset kata kunci dalam penulisan artikel SEO. Mulai dari long-tail keyword, LSI, bahkan mengelompokkan keyword. Anda dapat memasukkan perintah sesuai kebutuhan, lalu ChatGPT akan memprosesnya dalam waktu singkat.

Selain itu, penggunaan OpenAI adalah hal yang akan sangat memudahkan jika Anda ingin mengklasifikasikan beberapa kata kunci berdasarkan search intent berbentuk tabel. Dengan demikian, Anda dapat menyesuaikan kembali penggunaan kata kunci sesuai tujuannya.

2. Merekomendasikan judul yang menarik

Anda sering merasa kesulitan membuat judul atau headline artikel SEO yang menarik? ChatGPT dapat menjadi salah satu solusi yang bisa Anda manfaatkan. Adapun caranya yakni dengan menginput perintah agar ChatGPT membuatkan contoh-contoh judul untuk topik tertentu.

Dengan menggunakan ChatGPT OpenAI untuk SEO ini, Anda akan langsung mendapat beberapa judul artikel yang disesuaikan dengan kaidah SEO. Dengan demikian, penulisan headline akan lebih menarik dan proses pembuatan artikel secara keseluruhan akan menjadi lebih efisien.

3. Pembuatan brief konten

Content brief menjadi salah satu dokumen informasi yang sangat dibutuhkan apabila ingin membuat suatu konten. Anda dapat memanfaatkan OpenAI Chat untuk membuat brief yang tidak hanya menarik, namun dapat disesuaikan dengan topik yang akan dibuat.

Hasilnya, brief yang disarankan oleh chat GPT akan muncul secara rinci dengan menyertakan beberapa elemen seperti judul, tujuan, target audiens, hingga key points artikel. Tidak jarang, Anda akan mendapatkan sumber-sumber artikel yang recommended. Sangat efektif, bukan?

4. Menyunting tata bahasa pada artikel

Tidak jarang, ChatGPT juga digunakan dalam hal revisi atau penyuntingan isi suatu artikel. Anda dapat memasukkan perintah revisi untuk artikel yang dinilai terlalu bertele-tele atau memiliki tata bahasa yang kurang rapi. Hasilnya juga akan lebih efektif dan menarik.

Penggunaan OpenAI ChatGPT untuk aktivitas penyuntingan ini tentu menjadi salah satu cara untuk membuat artikel yang dihasilkan semakin sempurna. Selain itu, konten yang dibuat juga akan lebih cepat selesai dengan koreksi yang tepat sesuai kaidah tata bahasa dan SEO.

5. Penulisan CTA yang efektif

CTA alias Call-to-action menjadi salah satu elemen penting dalam suatu artikel yang berkaitan dengan SEO dan content marketing. Dengan memanfaatkan ChatGPT, Anda dapat memasukkan perintah pembuatan CTA yang menarik serta disesuaikan dengan nama produk.

Jangan lupa untuk memasukkan perintah detail audiens yang dituju sehingga CTA yang dibuat akan semakin menarik dan dapat dimasukkan pada artikel. Dengan memanfaatkan perintah ChatGPT OpenAI untuk SEO ini, artikel dan produk Anda akan memiliki daya jual yang tinggi!

6. Improvisasi konten artikel

Anda juga dapat memanfaatkan Chat GPT untuk meningkatkan kualitas artikel sesuai dengan kaidah SEO. Caranya dengan memasukkan perintah improvisasi teks seperti humor atau quotes sehingga artikel yang Anda buat dapat lebih menarik untuk dibaca.

Tentunya, penting untuk memahami bahwa Chat GPT bukanlah tools pembuat artikel. Meskipun bisa saja digunakan, namun sifatnya menjadi tidak unik. Ada baiknya Anda tetap menyeimbangkan penggunaan ChatGPT OpenAI untuk SEO serta ide dari diri sendiri.

7. Penyusunan FAQ

FAQ atau daftar pertanyaan yang sering diajukan dapat diselipkan pada artikel untuk membuatnya semakin menarik. Jika Anda ingin mengetahui pertanyaan apa saja yang biasa diajukan, coba saja OpenAI GPT untuk memperkirakan pertanyaan dan jawabannya.

Anda juga hanya perlu memasukkan perintah untuk mencari pertanyaan apa yang biasa dicari mengenai suatu produk serta bagaimana jawaban dari pertanyaan tersebut. Hal ini sudah pasti juga akan sangat membantu Anda dalam membuat konten artikel yang efektif.

8. Membantu pembuatan outline

Pemanfaatan Chat GPT OpenAI pada artikel SEO juga dapat dilakukan melalui pembuatan kerangka artikel (outline) yang detail. Dengan memasukkan topik dan perintah yang sesuai, tools ChatGPT akan memberikan outline yang lengkap dari pembuka sampai penutup.

Bila perlu, Anda dapat meminta tools tersebut untuk menyusun outline sesuai dengan format tertentu atau menjelaskannya secara lebih rinci. Dengan demikian, kualitas artikel yang Anda buat akan lebih baik dan konsisten dari awal sampai dengan akhir.

9. Menemukan potensi link building

Link building dalam SEO merupakan situs web lain yang memberi tautan pada situs web yang Anda miliki. Dengan demikian, rangking dan trafik website pada mesin pencarian akan dapat ditingkatkan. Penggunaan ChatGPT OpenAI bisa menjadi salah satu cara untuk menemukan website populer yang sesuai dengan niche website Anda.

Meski demikian, bagaimanapun juga Anda harus tetap aktif mencari cara mendapatkan backlink yang berkualitas. Dengan kata lain, ChatGPT hanya sebatas memberikan saran namun tetap harus Anda eksekusi secara langsung.

10. Meningkatkan aspek teknikal dan strategi SEO

Penggunaan Chat OpenAI sejatinya dapat mengoptimalkan kembali proses dan aspek SEO yang berkaitan dengan crawling, indexing, rendering, serta ranking. Gunakan saja ChatGPT dengan cara memasukkan perintah analisis link website dan rekomendasi peningkatan aspek teknikal.

Selain itu, tools ini juga dapat dipakai untuk mengembangkan strategi SEO sesuai kebutuhan perusahaan. Tentunya, cara ini sangat penting dan mudah dilakukan, terutama buat Anda yang masih pemula di bidang SEO.

Itulah beberapa hal terkait pemanfaatan Chat GPT untuk kepentingan SEO. Adanya tools tersebut memang akan mempermudah kinerja SEO, namun pastikan Anda sudah benar-benar siap saat akan menggunakannya.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya berlatih dengan coach terbaik dari Course-Net, pelatihan IT bersertifikasi yang akan membantu Anda memanfaatkan ChatGPT OpenAI untuk SEO. Bahkan meski tanpa background IT, Anda tidak perlu khawatir akan ketinggalan. Segera hubungi Course-Net dan dapatkan penawaran harga spesial!

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!