course-net
Search
Close this search box.

Home >

CSS Adalah: Pengertian, Jenis, Fungsi, serta Cara Kerja CSS

Thursday, 15 February 2024 1:37 PM

css adalah

CSS Adalah: Pengertian, Jenis, Fungsi, serta Cara Kerja CSS

Pada sebuah website sangat penting untuk memberikan tampilan visual yang menarik baik itu gambar, font, warna, gaya tulisan yang mempengaruhi pengunjung suka atau  tidak dengan rumah yang dibangun perusahaan.

Pengertian CSS

css adalah

CSS adalah singkatan dari Cascading Style Sheets, sebuah bahasa yang digunakan untuk menentukan tampilan dan format halaman web. Dengan CSS Anda dapat mengatur font, warna teks, dan latar belakang halaman. CSS digunakan dengan bahasa markup seperti HTML dan XML untuk membuat website yang menarik dan fungsional. Juga berguna untuk mengatasi keterbatasan HTML saat memformat halaman web. Untuk apa?Jika Anda hanya menggunakan HTML saat membuat situs web multi halaman, Anda perlu menulis tag elemen HTML di semua halaman tersebut.

Cascading Style Sheets adalah alat yang dapat membantu desainer web membuat tampilan web yang lebih baik. Jadi, dengan Cascading Style Sheets, web designer bisa mengubah tampilan teks, menambahkan gambar, dan mengubah background halaman HTML. Jadi jika Anda melihat adanya perubahan yang tidak biasa pada tampilan teks di website, itu tandanya CSS sudah muncul di website.

Fungsi CSS

Fitur “CSS” sering disebut sebagai “Cascading Style Sheets” dalam konteks pengembangan web. CSS adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengatur tampilan dan format elemen HTML pada halaman web.

CSS digunakan untuk mengkonfigurasi tata letak halaman web, termasuk posisi, ukuran, dan jarak antar elemen. memungkinkan pengembang web menentukan gaya visual elemen seperti warna teks, latar belakang, font, dan lainnya. membuat desain responsif yang dapat menyesuaikan tampilan halaman web dengan berbagai perangkat dan ukuran layar, seperti komputer desktop, tablet, dan ponsel. Juga dapat digunakan untuk membuat animasi dan transisi yang menarik pada elemen halaman web, seperti merubah posisi dan perubahan ukuran.

CSS dapat menambahkan efek interaktif seperti pengguliran, klik, dan animasi saat pengguna berinteraksi dengan elemen halaman web. Menyesuaikan pada tampilan halaman web, memungkinkan pengembang membuat tata letak yang memenuhi kebutuhan dan preferensi spesifik. Dengan menggunakan CSS yang efisien, Anda dapat mempercepat waktu muat halaman web dan meningkatkan kinerja situs web secara keseluruhan dengan meminimalkan ukuran file dan jumlah permintaan server. Fitur-fitur ini, bersama dengan fitur CSS lainnya, memberi pengembang web banyak kendali atas tampilan dan perilaku halaman web mereka.

CSS juga memungkinkan Anda membuat tata letak responsif, di mana tampilan halaman web dapat disesuaikan dengan ukuran layar dan perangkat berbeda menggunakan kueri media dan teknik lainnya. Dapat digunakan untuk menambah interaksi melalui penggunaan pseudo-class dan pseudo-elements, misalnya untuk mengubah tampilan suatu elemen ketika pengguna menempatkannya di atas kursor atau ketika elemen tersebut mendapat fokus.

Baca juga: Pengertian Pseudocode untuk Developer Pemula

Jenis – Jenis pada CSS

Embedded

Banyak orang mengira bahwa embedded style sheet secara konseptual hampir sama dengan inline style sheet. Hal ini dikarenakan program tersebut tetap berada pada satu halaman website meskipun digunakan secara berbeda. Biasanya, stylesheet bawaan ini digunakan untuk mengatur halaman web dengan tampilan yang unik.

External 

External style sheet eksternal yang perintah programnya tidak ada pada halaman atau website yang dimodifikasi. CSS jenis ini dapat menghemat lebih banyak ruang pada website dan juga dapat digunakan berulang kali untuk beberapa website berbeda. Metodenya adalah dengan menggunakan tag dan menghubungkan tag ini ke pengkodean terpisah pada style sheet eksternal.

Inline style

inline Jenis lembar gaya sebaris di mana perintah pemrograman ditambahkan atau ditempatkan pada objek. Jadi jika ingin mengubah teks, perlu ditambahkan ke elemen teks website. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menambahkan tag.

Cara kerja CSS

Dengan CSS mencoba memberitahukan browser pada sebuah website untuk ditampilkan dengan manfaat dari selector dan declaration. Selector adalah elemen HTML yang nantinya akan diubah stylenya. Sedangkan, declaration adalah perubahan yang diinginkan pada elemen HTML tersebut.

Cara kerja CSS melibatkan penggunaan aturan yang ditentukan untuk mengatur tampilan elemen HTML pada halaman web. Langkah pertama dalam menggunakan CSS adalah menentukan elemen HTML mana yang ingin Anda gaya atau format. Gunakan pemilih untuk menargetkan elemen ini. Penyeleksi dapat berupa nama elemen, kelas, ID, atau atribut khusus.

Setelah Anda memilih elemen yang ingin Anda format, langkah selanjutnya adalah menentukan properti mana yang ingin Anda ubah dan nilai apa yang ingin Anda tetapkan pada properti tersebut.Contoh properti meliputi warna, ukuran font, spasi, margin, dan lainnya. Setelah Anda menentukan penyeleksi dan nilai properti yang ingin Anda terapkan, tuliskan ke dalam aturan CSS. Aturan-aturan ini biasanya ditempatkan dalam tag “Setelah browser menemukan aturan yang berlaku untuk elemen di halaman web, browser akan menerapkan aturan tersebut secara menyeluruh dan mengatur tampilan serta tata letak elemen sesuai dengan properti yang ditentukan.

Perbedaan CSS dan HTML

Secara function digunakan untuk mengatur secara tampilan dan juga format yang ada pada website agar terlihat lebih menarik. Tugas  utama yang dijalankan yaitu dengan mengatur tampilan dan membuat gaya dengan elemen-elemen HTML. karena memiliki peran dalam mengotrol seluruh tampilan visual baik itu secara font, layout, maupun warna.

Sedangkan HTML, secara function hanya digunakan dalam membuat struktur dan sebuah konten halaman pada website. Tugas utama yang dijalankan yaitu untuk menyusun struktur dan menentukan elemen yang ada pada website seperti tulisan, membuat heading, dll. Dengan peran yang dimiliki oleh HTML untuk menentukan segala elemen pada website baik berupa gambar, teks, maupun link.

Kesimpulan 

CSS menyediakan cara yang ampuh untuk mengontrol tampilan dan tata letak elemen dalam halaman web, memungkinkan pengembang membuat tata letak yang menarik dan responsif. Anda juga dapat meningkatkan kemampuan CSS anda mulai dari dasar hingga advance hanya dengan mengikuti kelas pada Full Stack Javascript Developer, dengan anda mampu memiliki skill tersebut sangat mudah bagi anda untuk bisa berkarir pada industri IT.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!