course-net
Search
Close this search box.

Home > ,

Mengenal Framework Laravel, Serta Kelebihan dan Fiturnya

Wednesday, 11 October 2023 1:44 PM

Framework Laravel

Laravel adalah kerangka kerja pengembangan web yang ditulis dalam bahasa pemrograman PHP. Framework ini merupakan salah satu framework PHP yang populer dan paling banyak digunakan. Laravel memiliki berbagai fitur dan alat yang dapat mempermudah pengembangan aplikasi atau web menjadi lebih efisien.

Laravel diluncurkan pada tahun 2011 oleh Taylor Otwell. Perkembangannya relatif sangat cepat. Pada tahun 2013, Laravel termasuk kedalam kerangka kerja PHP terpopuler, dan bahkan berada di atas kerangka kerja PHP lainnya.

Framework ini dikenal sebagai kerangka kerja yang mudah digunakan untuk proyek besar maupun kecil. Dengan pola arsitektur MVC (model-view-controller), Laravel bisa mempercepat proses pembuatan aplikasi. Developer bisa fokus ke salah satu bagian seperti modelview, dan controller sehingga development bisa dilakukan dengan lebih cepat.

Kelebihan Framework Laravel

Framework Laravel memiliki sejumlah kelebihan yang menjadikannya pilihan yang menarik untuk mengembangkan situs web. Berikut penjelasan mengenai beberapa kelebihan Laravel :

1. Kemudahan Penggunaan

Laravel dapat memudahkan pengembang dalam melakukan tugas seperti routing, database migration, dan autentikasi. Dengan menggunakan fungsi built-in dari Laravel, Anda juga dapat lebih sedikit menggunakan kode original.

2. Bersifat Open Source

Framework ini bersifat open source, banyak developer yang menggunakannya untuk dikembangkan lagi.

3. Lebih Aman

Laravel memiliki beberapa fitur keamanan yang terintegrasi. Sistem keamanan yang dimiliki Laravel yaitu PDO, autentikasi, dan otorisasi bawaan. Aplikasi yang dibangun oleh Laravel akan aman dari CSRF, script dan SQL injection

4. Memiliki Komunitas yang Kuat

Laravel memiliki komunitas yang besar dan aktif. Anda dapat dengan mudah menemukan dukungan ataupun mendapatkan resolusi yang tepat dari masalah yang dihadapi.

5. Kinerja yang Baik

Laravel sudah melewati tes kualitas dan terus meningkatkan kinerjanya dengan menyediakan berbagai cara untuk mengoptimalkan aplikasi. Contohnya seoerti caching, query building yang efisien, dan mekanisme perutean yang cepat. Hal itu membuat aplikasi yang dibangun dengan Laravel dapat memiliki performa yang lebih cepat.

Baca juga : Apa Itu Framework: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contohnya

Fitur Framework Laravel

Framework Laravel memiliki beberapa fitur yang kuat untuk mempermudah pengembangan aplikasi web. Berikut contoh beberapa fitur utama dari Laravel : 

1. Eloquent ORM

Eloquent adalah sistem Object-Relational Mapping (ORM) untuk Laravel. Fitur ini memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan basis data menggunakan model dan object PHP. Dengan Eloquent, pengembangan dengan Laravel dapat menjadi lebih efisien.

2. Routing

Laravel memiliki sistem routing yang kuat dan fleksibel untuk mendefinisikan rute URL, serta menghubungkannya dengan fungsi-fungsi yang ada dalam aplikasi Anda. Hal ini dapat membuat kode lebih terstruktur dan mudah dipelihara.

3. Artisan Command-Line Tool

Artisan adalah  command line interface atau alat baris perintah yang disertakan dengan Laravel. Anda dapat menggunakannya untuk berbagai tugas seperti membuat model, controller, migrasi, database, menjalankan pengujian, dan sebagainya. Dengan Artisan, Anda bisa terhubung langsung dengan database dengan Laravel Tinker tanpa harus menginstal klien database.

4. Blade Template Engine

Blade merupakan mesin template yang digunakan dalam Laravel untuk membuat tampilan HTML yang dinamis dengan mudah. Anda dapat menggunakan sintaks Blade untuk memudahkan pemisahan logikasi aplikasi dari tampilan dan memungkinkan Anda untuk membuat tampilan yang dinamis.

5. Middleware

Middleware merupakan lapisan perantara antara permintaan masuk dan tindakan yang dijalankan. Fitur ini memungkinkan Anda untuk melakukan tugas sebelum atau setelah permintaan HTTP mencapai aplikasi Anda. Hal ini berguna untuk autentikasi dan juga manipulasi permintaan.

6. Authentication and Authorization

Laravel memiliki sistem autentikasi bawaan dan otorisasi yang terintegrasi dengan baik. Anda dapat mengonfigurasi autentikasi pengguna hanya dengan beberapa baris kode. Anda dapat menambahkan fitur-fitur autentikasi ke aplikasi Anda dengan mudah.

Baca juga : Alasan Mengapa Banyak Orang Beralih ke PHP Laravel Framework

Itulah ulasan mengenai Framework Laravel. Dengan menggunakan Laravel, Anda akan memberikan efisiensi dalam pembuatan situs web. Pengembangan situs web dengan menggunakan Laravel sangat populer dan digandrungi oleh para programmer di seluruh dunia.

Jika Anda ingin mempelajari Laravel lebih dalam lagi, Anda dapat ikut kursus Laravel di Course-Net. Dengan mengikuti kursus ini, Anda mempelajari dasar perancangan web menggunakan HTML CSS, Bahasa pemrograman PHP untuk Back End Web, koneksi serta perancangan database, hingga optimasi website dengan framework Laravel dengan bimbingan Coach kelas dunia.

Anda juga akan mendapatkan sertifikat yang memungkinkan Anda untuk membangun karier sebagai Laravel Back End Web Developer dengan gaji puluhan juta rupiah. Yang pasti, materi yang diajarkan merupakan materi yang terstruktur dan berkualitas.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!