course-net
Search
Close this search box.

Home > ,

Perhatikan Hal Ini Sebelum Memilih Jurusan Digital Marketing

Tuesday, 10 October 2023 3:05 PM

Jurusan Digital Marketing

Digital Marketing sudah sangat umum digunakan dalam dunia bisnis. Jurusan digital marketing menjadi salah satu jurusan yang populer dan diminati oleh banyak orang karena banyak yang ingin menjadi digital marketing specialist.

Di era digital seperti sekarang ini, hampir semua orang telah menggunakan internet. Perusahaan sudah mulai beralih untuk melakukan pemasaran dari konvensional ke digital. Digital marketing dianggap lebih efektif untuk memperkenalkan dan mempromosikan suatu produk kepada konsumen.

Mengenal Digital Marketing

Digital Marketing merupakan kegiatan promosi atau pemasaran sebuah produk menggunakan media digital untuk menarik audiens. Untuk menjangkau audiens, biasanya menggunakan media digital seperti media sosial, situs web, dan hal berbasil digital lainnya. Metode ini bertujuan untuk meningkatkan brand awareness, mencari pelanggan atau calon pelanggan, serta meningkatkan penjualan.

Metode ini memiliki banyak potensial dan terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi dan perubahan perilaku konsumen. Perusahaan juga dapat mencapai audiens secara luas daripada metode pemasaran konvensional.

Kunci keberhasilan digital marketing yaitu memahami audiens, mengikuti tren yang sedang ada, dan beradaptasi dengan perubahan yang berlangsung dalam lingkungan digital.

Baca juga : Cara Kerja Digital Marketing yang Efektif demi Meraih Kesuksesan

Mengapa Pilih Jurusan Digital Marketing

Jurusan digital marketing merupakan salah satu jurusan yang sedang diminati banyak orang. Seiring dengan perkembangan teknologi dan digital, peluang karir di bidang ini pun juga banyak. Banyak perusahaan yang membutuhkan Digital Marketer untuk membantu mengelola digital marketing untuk brand mereka.

Anda juga dapat mengembangkan kreativitas. Dalam melakukan digital marketing, Anda akan terlibat dengan pembuatan konten seperti video atau penulisan, perencanaan kampanye kreatif, dan lainnya. Yang menariknya, pekerjaan ini dapat dilakukan dimana saja. Ada yang menjadi freelancer, di kantor, ataupun juga WFA.

Mempelajari digital marketing memang tidak mudah, namun tidak sulit juga. Yang terpenting adalah kreativitas dan ketekunan. Anda juga harus bisa tetap mengikuti update perkembangan tren, karena tren dapat menjadi salah satu faktor keberhasilan kampanye yang Anda lakukan.

Prospek Karier

Prospek karier di bidang digital marketing semakin banyak dikarenakan hampir semua orang menggunakan internet. Perusahaan telah beralih dari pemasaran konvensional menjadi digital, sehingga peluang karier di bidang ini pun semakin bertambah.

Sertifikasi seperti Google Ads atau HubSpot Inbound Marketing juga dapat meningkatkan prospek karir Anda dalam digital marketing.

Berikut beberapa contoh profesi di bidang digital marketing yang dapat Anda pilih :

  • SEO Specialist
  • SEM Specialist
  • Content Specialist
  • Copywriter
  • Digital Marketing Lead
  • Digital Marketing Manager
  • Digital Marketing Consultant

Baca juga : Jobdesk Digital Marketing dan Salarynya: Menelusuri Tugas dan Gaji Digital Marketing

Skill Digital Marketing yang Harus Dimiliki

Digital marketer memiliki peran yang penting dalam mempromosikan bisnis kepada calon pelanggan secara digital. Promosi merupakan hal yang penting bagi perusahaan untuk meningkatkan penjualan. Karena itu digital marketer wajib memiliki skill untuk melakukan pemasaran secara efektif.

Skill ini dapat Anda peroleh jika masuk ke jurusan digital marketing. Berikut beberapa contoh skill yang harus dimiliki oleh digital marketer :

1. Analisis Data

Sebagai seorang Digital Marketer, Anda wajib untuk mampu dalam menganalisis suatu data. Anda dapat menganalisis strategi pemasaran yang akan berhasil atau tidak, serta membuat strategi berdasarkan data dan fakta yang ada. Selain itu Anda juga dapat memantau dampak dari kampanye yang telah dilakukan dan mengukur hasilnya.

Berbagai tools analisis dapat Anda gunakan untuk memantau dampak aktivitas pemasaran. Salah satunya yaitu Google Analytics, tools yang dapat menganalisis lalu lintas situs web dan melihat perilaku pengunjung saat mengunjungi situs web. Hasil dari situ dapat digunakan sebagai evaluasi untuk strategi pemasaran selanjutnya.

2. SEO

SEO atau Search Engine Optimization merupakan skill yang wajib dimiliki oleh seorang Digital Marketer. Skill ini bertujuan agar membuat peringkat situs web Anda lebih tinggi di mesin pencarian seperti Google.

Memanfaatkan SEO bisa sangat membantu untuk menjalankan digital marketing. Optimisasi pada konten dapat membuat ramai traffic situs web Anda.

Anda dapat membuat tautan internal antar halaman di situs web Anda, memastikan situs web Anda memiliki kata kunci yang relevan dan dapat menarik audiens, dan menulis judul serta deskripsi SEO yang menarik.

3. Copywriting

Dalam melakukan pemasaran, tulisan merupakan salah satu hal yang paling penting. Penulisan yang menarik dapat menarik audiens. Seorang Digital Marketer harus membuat tulisan yang dapat menarik pelanggan, membangun relasi dan kepercayaan dengan pelanggan, serta membesarkan brand bisnis.

Dalam membuat konten, perlu membuat penulisan menarik untuk mencapai tujuan tertentu. Dengan membuat iklan yang persuasif, Anda dapat mendorong audiens untuk membeli suatu produk. Selain melakukan pembelian, Anda juga dapat mendorong audiens untuk terus membaca artikel di situs web Anda, mengikuti akun Anda, mendaftar, dan lain-lain.

4. Membuat Konten

Banyaknya pengguna internet dan media sosial dapat menjadi peluang untuk memasarkan produk Anda melalui konten di media sosial. Konten yang relevan dan menarik dapat membuat audiens tertarik, terlebih jika viral.

Anda haurs bisa melakukan riset, merencanakan ide, dan membuat konten tersebut. Contohnya, Anda dapat menggunakan lagu yang sedang terkenal, atau menyambungkan dengan topik yang sedang tren. Jika konten Anda viral, hal tersebut dapat berdampak pada traffic media sosial brand Anda dan dapat menciptakan brand awareness.

5. Social Media Marketing

Digital Marketer harus bisa menjaga hubungan dengan audiens di media sosial Anda. Media sosial merupakan platform yang pas untuk berinteraksi dan mendorong audiens untuk membeli suatu produk dari Anda. Namun, setiap media sosial memiliki segmentasi pasar yang berbeda, sebaiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu.

Selain itu, media sosial menawarkan iklan berbayar untuk platformnya. Membuat iklan media sosial dapat menguntungkan dengan adanya faktor pengguna media sosial yang sangat banyak.

6. Email Marketing

Email marketing merupakan pengiriman email kepada orang atau pelanggan potensial dengan tujuan berkomunikasi, mempromosikan produk, membangun relasi dengan pelanggan, dan tujuan pemasaran lainnya. Skill digital marketing ini harus Anda kuasai karena efektif dan umum digunakan dalam bisnis untuk membantu menaikkan traffic, meningkatkan penjualan, dan memperkuat relasi dengan pelanggan.

Anda harus bisa menulis email yang persuasif ataupun informatif. Metode digital marketing ini sangat fleksibel dan dapat disesuaikan dengan tujuan atau kebutuhan bisnis Anda. Dengan menguasai skill ini, Anda dapat mengembangkan bisnis dan berinteraksi dengan pelanggan.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari digital marketing, Anda harus memilih tempat yang terpercaya dan berkualitas. Salah satu tempat kursus bersertifikasi yaitu Course-Net. Anda akan mempelajari materi yang terstruktur dan dibimbing oleh Coach berpengalaman.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!