course-net
Search
Close this search box.

Home >

FYP Adalah? Berikut Penjelasan Lengkapnya!

Thursday, 23 November 2023 11:25 AM

fyp adalah

Sebagai seorang kreator konten, FYP adalah hal yang sangat dinantikan di media sosial seperti TikTok hingga Instagram. Sayangnya tidak jarang konten yang sudah susah-susah dibuat ternyata tidak ada yang masuk FYP dan kurang memiliki banyak viewer.

Memahami Apa itu FYP

memahami apa itu fyp

FYP atau For You Page menjadi istilah yang kerap digunakan pada media sosial. Jika diterjemahkan, istilah FYP sama saja dengan “halaman untuk Anda (pengguna media sosial)”. Istilah ini pertama kali muncul pada media sosial TikTok.

Penggunaan istilah FYP mengacu pada halaman pertama yang dibuka oleh pengguna pada saat mengakses media sosial. Bahkan bisa dibilang, FYP adalah halaman awal yang langsung tertera di suatu aplikasi sosial media.

Di dalam FYP, terdapat video atau konten yang dibuat oleh pengguna lain media sosial, jadi tidak terbatas pada following (akun yang Anda ikuti). Dengan kata lain, konten yang masuk ke FYP umumnya terbilang random namun tetap mengikuti algoritma dari media sosial.

Sayangnya, tidak semua orang mengetahui secara detail bagaimana pengaturan algoritma media sosial sehingga memunculkan video atau konten FYP tersebut. Meski demikian, FYP dapat saja muncul dari konten-konten paling favorit dan memiliki banyak penayangan.

Baca juga : Mengoptimalkan Tiktok Dengan Snaptik : Aplikasi Pengunduh Konten yang Mengagumkan

Cara Kerja FYP

cara supaya fyp

Pada dasarnya, cara kerja atau penggunaan FYP adalah menyesuaikan dengan algoritma dari media sosial, terutama TikTok. Meskipun tidak ada yang mengetahui persis bagaimana penghitungannya, namun secara umum terdapat beberapa hal yang digunakan untuk menilai konten video masuk dalam FYP, di antaranya:

1. Interaksi pengguna dalam satu video

Meskipun belum dapat dipastikan, interaksi yang terjadi sering kali menjadi salah satu tolak ukur suatu konten tampil di FYP. Adapun interaksi yang dimaksud adalah aktivitas pengguna media sosial mengenai konten yang disukai hingga akun yang diikuti.

Interaksi ini juga berkaitan dengan komentar yang ditinggalkan pada konten atau video postingan tersebut. Semakin banyak interaksi yang terjadi, media sosial seperti TikTok bisa saja menganggapnya sebagai salah satu konten terkenal yang wajib muncul di FYP.

2. Kelengkapan informasi video

Selain itu, cara kerja FYP TikTok adalah berkaitan juga dengan informasi yang ada pada setiap konten atau video yang diunggah. Informasi yang dimaksud mencakup kelengkapan seperti audio-visual, caption, hingga tagar (hashtag) pada postingan tersebut.

Informasi yang semakin lengkap diyakini dapat membantu suatu video atau konten masuk ke dalam FYP. Semua informasi yang sudah dituliskan secara detail sering kali juga akan disesuaikan dengan pengaturan handphone maupun akun penggunanya.

3. Akun dengan banyak likes dan followers

Beberapa pengguna juga menganggap bahwa algoritma pada media sosial seperti TikTok dapat memunculkan konten pada FYP apabila terdapat interaksi sesuai dengan jumlah likes hingga berapa banyak pengikut akun tersebut.

Meski demikian, video yang muncul di FYP adalah tidak selalu video trending atau viral saja. Video-video dengan jenis atau kategori yang tengah Anda suka juga dapat muncul di halaman depan TikTok. TYP pada satu pengguna dengan pengguna lain sering kali tidak sama.

Baca Juga : TikTok Affiliate Adalah : Syarat, Cara Daftar & Cara Cek Komisinya

Tips Supaya FYP di Sosmed

Bagi para kreator TikTok, FYP merupakan salah satu target yang paling diinginkan. Tidak mengherankan jika semakin banyak kreator menggunakan berbagai cara agar kontennya masuk ke dalam FYP. Berikut beberapa tips yang bisa membantu:

1. Pakai audio yang sedang viral

Penggunaan audio pada sebuah konten video TikTok menjadi daya tarik tersendiri. Akan tetapi, supaya kemungkinan video tersebut bisa masuk FYP, tidak ada salahnya kalau video Anda tersebut menggunakan audio yang sedang menjadi viral.

Seperti yang diketahui FYP adalah singkatan dari For You Page. Oleh karena itu, jika Anda menggunakan audio yang sedang banyak digunakan atau dicari banyak orang, hal inilah yang kemudian akan membantu video TikTok tersebut menjadi FYP.

2. Sertakan hastag yang sedang trending

Selain menggunakan audio, penulisan tagar atau hastag juga sedikit banyak berpengaruh terhadap munculnya video konten tersebut pada FYP. Memang tidak ada batasan tertentu berkaitan dengan tagar di suatu video, namun ada baiknya jika digunakan secara tepat.

Dikarenakan FYP adalah acuan untuk mengetahui video trending, penggunaan hastag seperti #fyp, #foryourpage, #bestvideo, dan sebagainya bisa menjadi pilihan tepat. Tentunya jangan gunakan hastag terlalu berlebihan dan sesuaikan dengan konten unggahan tersebut.

3. Buat konten yang sedang tren

Saat ini, sudah banyak konten dan video yang diunggah pada TikTok dan akan terus mengalami perkembangan. Sebagai seorang kreator, Anda sudah pasti harus melihat situasi tersebut dan memahami apa yang sedang disenangi pengguna TikTok.

Tidak mengherankan memang, arti FYP adalah sangat penting bagi para kreator konten. Jika Anda berhasil membaca situasi dan peluang, maka konten video yang Anda buat kemungkinan besar akan viral hingga masuk ke dalam FYP.

4. Pastikan kualitas video

Sebelum diposting, video TikTok maupun IG sebaiknya sudah diperiksa kembali apakah memiliki kualitas yang baik. Kualitas yang dimaksud tidak hanya berkaitan dengan audio saja, namun juga video pada konten-konten tersebut.

Untuk membuat video berkualitas agar masuk ke FYP IG adalah hal yang cukup mudah. Anda hanya memerlukan kamera yang tepat, suara yang jelas, hingga penggunaan aplikasi edit video yang tidak menurunkan kualitas video itu sendiri.

5. Upload video pada jam tertentu

Meskipun belum benar-benar terbukti kebenarannya, umumnya video yang diunggah pada jam-jam tertentu akan lebih mudah masuk ke FYP. Hanya saja, jam-jam ramai pada TikTok sering kali bervariatif dan berbeda satu sama lain.

Kendati begitu, Anda dapat mencoba memposting video pada hari Selasa hingga Kamis dengan jam posting antara pagi menjelang siang atau sore menjelang malam. Dengan demikian, video FYP adalah suatu hal yang tidak akan terlihat mustahil.

6. Berduet atau stitch dengan video lain

Sudah banyak video TikTok yang memiliki banyak penonton. Anda dapat memilih salah satunya untuk kemudian dilakukan duet atau stitch dengan video tersebut, Meski demikian, pastikan video tersebut memiliki kesamaan dengan video lain agar dapat terhubung.

Terlebih, dengan singkatan FYP adalah For Your Page dan muncul di halaman awal saat membuka TikTok, maka Anda perlu meningkatkan jumlah penonton pada video tersebut, menggunakan cara tersebut bisa menjadi salah satu solusi.

Meski demikian, ada baiknya tetap menjalankan kreasi video konten pada TikTok secara optimal. Hal ini dapat menjadi pendongkrak agar video Anda masuk ke dalam FYP karena besarnya jumlah penonton dan interaksi di dalamnya.

Itulah beberapa hal mengenai FYP dan bagaimana suatu konten dapat dikatakan sebagai FYP. Tentunya, FYP adalah suatu indikator mengenai bisa-tidaknya suatu konten video masuk ke dalam halaman awal akun orang lain.

Bagi Anda yang ingin belajar lebih jauh mengenai IT hingga digital marketing, memilih lembaga kursus terbaik adalah hal yang tidak boleh Anda lewatkan. Pilih CourseNet, lembaga IT terbaik dengan materi terlengkap dan biaya terjangkau. Segera daftarkan diri Anda!

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!