course-net
Search
Close this search box.

TikTok Affiliate Adalah : Syarat, Cara Daftar & Cara Cek Komisinya

Minet

March 18, 2024

Cek Jumlah Komisi TikTok Affiliate

TikTok Affiliate Adalah : Syarat, Cara Daftar & Cara Cek Komisinya –  Di era yang modern ini, teknologi digital semakin dimanfaatkan di segala sektor kehidupan. Menariknya saat ini Anda bisa mendapatkan uang dengan cara yang mudah loh salah satunya dengan TikTok Affiliate. Tahukah Anda apa itu TikTok Affiliate?

Bagi Anda yang sering menggunakan tiktok mungkin sudah tidak asing lagi dengan fitur yang satu ini atau bagi Anda yang memiliki followers dengan jumlah yang banyak mungkin juga sudah menjadi salah satu Affiliate TikTok ads. Nah bagi Anda yang penasaran dengan fitur yang ada pada TikTok yang satu ini atau penasaran juga bagaimana cara daftar TikTok Affiliate adalah, informasi yang ada pada artikel ini wajib sekali untuk Anda ikuti.

TikTok Affiliate Adalah : Syarat, Cara Daftar & Cara Cek Komisinya

Bagaimana Cara Daftar Affiliate Tiktok?

TikTok Affiliate Adalah : Syarat, Cara Daftar & Cara Cek Komisinya

Bagi Anda yang memiliki jumlah followers yang banyak, Anda bisa berkesempatan untuk menjadi TikTok Affiliate. Nah namun tahukah Anda ternyata untuk mendaftar menjadi affiliate ini terdiri dari dua cara loh, untuk seller dan konten kreator memiliki cara yang berbeda untuk daftar TikTok Affiliate.

– Cara daftar untuk seller

Pertama Anda bisa mengakses akun seller TikTok terlebih dahulu. Anda bisa mengunjungi situs seller-id.tiktok.com lalu log in menggunakan akun seller Anda. Setelah itu Anda bisa masuk ke website dari TikTok Shop Affiliate tersebut dan pilih menu program.

Pada menu ini Anda bisa memilih “program toko” lalu Anda bisa membuat sebuah program dan memilih jenis komisi yang akan diberikan pada kreator. Anda juga bisa menentukan presentasi dari komisi yang akan dikirimkan ke kreator tersebut. Jika sudah yakin Anda bisa klik kirim untuk memvalidasi bahwa toko Anda telah membuka kesempatan untuk afiliasi.

Demikian cara yang bisa dilakukan oleh TikTok Shop Affiliate, informasi selanjutnya jika Anda ingin menghentikan program afiliasi ini Anda bisa langsung mengklik hentikan program sebagai TikTok Seller Center Affiliate. Cara selanjutnya di bawah ini merupakan cara untuk daftar TikTok Affiliate adalah yang bisa Anda lakukan untuk konten kreator.

– Cara daftar untuk konten kreator

pertama masih sama seperti cara daftar untuk seller, Anda bisa mengunjungi situs seller-id.tiktok.com terlebih dahulu melalui browser. Selanjutnya Anda bisa log in menggunakan akun kreator TikTok yang telah Anda miliki. Jika sudah log in Anda bisa menyimak beberapa persyaratan dan ketentuan yang telah ditulis di sana, Anda bisa klik setujui apabila sudah setuju tentang TikTok Affiliate daftar.

Anda bisa klik authorized sebagai tanda setuju lalu mengisi semua data yang telah tertulis di sana seperti ada email, nomor HP, alamat serta data lengkap lainnya. Jika sudah terisi Anda bisa klik lanjutkan serta centang untuk pernyataan terakhir yang ada di halaman informasi dasar. Setelah itu Anda bisa melanjutkan verifikasi data KTP serta melakukan selfie menggunakan KTP dan lengkapi data yang telah diminat.

Anda bisa klik simpan lalu tunggu email jawaban dari TikTok sebagai tanda bukti registrasi. Jika telah memperoleh bukti registrasi, Anda bisa klik menu pengaturan serta menu privasi untuk mengaturnya dan TikTok Affiliate login selesai.

Step Selanjutnya

Klik menu tiktok shop lalu Anda bisa menambahkan produk yang bisa dijadikan sebagai produk afiliasi. Lalu Anda bisa memilih produk yang akan dipromosikan dengan menggunakan link dari akun TikTok shop itu sendiri atau bisa juga menghubungkan link yang berasal dari ecommerce. Setelah itu Anda bisa melihat berapa komisi yang dapat diperoleh saat mempromosikan produk tersebut.

Demikian cara-cara yang bisa dilakukan untuk mendaftar menjadi Affiliate dari TikTok . Sebelum membahas informasi selanjutnya bagi Anda yang masih bertanya-tanya apa yang dimaksud dari program affiliate dari TikTok ? TikTok Affiliate merupakan sebuah program dari TikTok yang digunakan sebagai bentuk strategi untuk menghubungkan antara seller dengan kreator yang bertujuan untuk mempromosikan sebuah produk.

Jadi dalam hal ini keduanya saling menguntungkan karena tidak hanya seller saja yang mendapat keuntungan dikenal oleh masyarakat luas karena telah dipromosikan oleh kreator. Nah namun dalam hal ini kreator juga akan memperoleh komisi dari kegiatan promosi tersebut.

Perlu diketahui juga bahwa untuk menjadi Affiliate, seorang kreator tidak dibatasi oleh jumlah followernya loh. Jadi berapa pun jumlah followers yang Anda miliki, Anda bisa berkesempatan untuk menjadi affiliate di TikTok, nah namun sayangnya beberapa seller ada yang memberikan peraturan minimal jumlah followers yang bisa menjadi affiliatenya.

Cek Jumlah Komisi

Cek Jumlah Komisi TikTok Affiliate

– Aktifkan TikTok Shop

Pertama Anda harus mengaktifkan TikTok Shop terlebih dahulu, setelah itu Anda bisa membuka aplikasi TikTok dan langsung log in dengan akun yang dimiliki. Kemudian Anda bisa klik ikon profil yang ada di bagian kanan pojok bawah pada halaman utama. Selanjutnya klik opsi profil dengan cara klik tombol tiga garis yang ada di bagian kanan atas.

– Klik alat kreator

Pada menu profil ini Anda bisa klik alat kreator yang bisa digunakan untuk melihat jumlah komisi. Selanjutnya klik TikTok Shop dan klik monetisasi, kemudian Anda bisa gulir pada bagian bawah dan klik menu komisi.

– Klik menu komisi

Selanjutnya setelah masuk ke menu komisi, Anda bisa langsung melihat jumlah saldo yang didapat. Anda bisa melihat berapa komisi yang sudah terkumpul dari aktivitas Affiliate tersebut.

Perlu diketahui juga bahwa komisi yang masuk ke akun Anda ini akan masuk ke saldo secara langsung setelah 7 hari dilakukannya order yang sudah selesai.

Jadi pesanan yang dilakukan ini harus diterima sendiri oleh pembeli dan tanpa refund maupun pembatalan. Jadi jika ditotal bisa mencapai waktu 2 minggu lamanya untuk menurunkan komisi. Selain berdasarkan pesanan yang diterima pembeli, penurunan komisi ini juga tergantung dari bank yang digunakan oleh Anda.

Cara Kerja TikTok Affiliate

Pada dasarnya, cara kerja TikTok Affiliate sangat mirip dengan platform affiliate marketing lainnya.

Setidaknya terdapat 4 pihak yang terlibat dalam Tiktok Affiliate, yaitu:

  • Merchant, yaitu pihak yang menyediakan produk untuk dijual.
  • Affiliate network, pihak yang menjembatani antara merchant dan affiliate marketer. Biasanya, beberapa merchant bekerja sama dengan pihak yang mau mengumpulkan katalog produk mereka untuk selanjutnya diberikan kepada kreator.
  • Affiliate marketer atau kreator, seseorang yang mempromosikan produk merchant melalui video Tiktoknya.
  • Consumer, pengguna yang membeli produk merchant dari kode atau link yang disediakan oleh affiliate marketer.

Merchant atau affiliate network akan memberikan kode unik kepada setiap affiliate marketer. Setelah itu, barulah mereka dapat mempromosikan kode tersebut melalui video TikTok-nya.

Umumnya, mereka langsung mencantumkan link produk terkait ke dalam video atau bio profil mereka. Setelah itu, merchant dapat melacak transaksi masing-masing affiliate marketer lalu memberikan komisi yang sesuai.

Kesimpulan

Umumnya kebanyakan bank bisa melakukan penarikan saldo 1 sampai 3 hari setelah saldo tersebut masuk. Informasi selanjutnya juga yang perlu diketahui adalah jumlah minimal saldo yang bisa ditarik yaitu 10 ribu ya.

Jika Anda masih kebingungan cara mendaftar atau log in TikTok, Anda bisa melakukan kursus di Course-Net untuk mengetahui cara-cara tersebut. Kamu bisa mengikuti kursus digital marketing, Karena kursus ini juga menjelaskan tentang tiktok affiliate.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print