course-net
Search
Close this search box.

Gerbang Logika Adalah ; Pengertian, Sejarah, Simbol dan Contoh Penggunaannya

Minet

January 30, 2023

Simbol Gerbang Logika Yang Benar

Gerbang Logika Adalah ; Pengertian, Sejarah, Simbol dan Contoh Penggunaannya – Gerbang logika adalah komponen elektronika yang digunakan untuk melakukan operasi logika. Sebuah logic gate menerima input dalam bentuk sinyal listrik dan menghasilkan output berdasarkan aturan logika yang ditentukan. Secara simpelnya, logic gate akan menerima sinyal listrik dan memprosesnya menjadi perintah output sederhana yang berupa perintah logika simpel.

Gerbang logika digunakan dalam berbagai aplikasi, seperti komputer, sistem kontrol, dan perangkat elektronik lainnya. Selain itu, juga logic gate digunakan oleh berbagai komponen elektronik, dan menjadi perangkat penting dalam dunia robotika.

Gerbang logika digunakan dalam sistem kontrol, komunikasi, komputer dan elektronika lainnya untuk mengontrol aliran data. Logic gate mengontrol aliran data dengan cara menjalankan operasi logika yang ditentukan pada input sinyal listrik. Logic gate juga digunakan dalam pembuatan sirkuit elektronik yang sederhana dan kompleks.

Gerbang Logika Adalah

Pengertian Detail Tentang Logic Gate

Logic gate adalah salah satu perkembangan teknologi yang sangat penting, karena komponen ini mendasari banyak sekali komponen elektronika lainnya, memungkinkan untuk insinyur elektronik, dan desainer untuk membuat berbagai macam peralatan elektronik, dan yang mendasari untuk dunia robotika juga. Perkembangan teknologi tidak terpisahkan dari sistem elektronika digital, terutama logic gate tersebut.

Seperti yang sudah kami sebutkan diatas, logic gate, adalah sebuah komponen elektronika yang melanjutkan sinyal, dari suatu komponen ke komponen lain, memprosesnya menjadi suatu sinyal dan operasi logika. Pada dasarnya, gerbang ini menerima sinyal listrik sebagai input, dan diproses menjadi sebuah output berupa perintah sederhana yang berupa perintah logika simpel.

Sistem elektronika ini didasari oleh aljabaor boolean, digunakan di banyak sekali perangkat. Sistem dari logic gate ini memiliki sifat terputus-putus dari sinyal digital elektronik, dilambangkan menjadi dua notasi angka aljabar 1 dan 0, yang menjadikan logic gate melambangkan bahasa biner. Bahasa biner itu sendiri sudah kami bahas di beberapa artikel, simpelnya berupa bahasa yang terdiri dari 1 dan 0.

Sejarah Ditemukannya Logic Gate Serta Tabel Kebenaran Gerbang Logika

Sejarah ditemukannya logic gate dimulai pada tahun 1937, ketika George Boole menulis buku “The Mathematical Analysis of Logic” yang menjelaskan tentang logika matematis. Boole mengembangkan sistem logika yang disebut logika Boolean.

Pada tahun 1940-an, John Atanasoff dan Clifford Berry mengembangkan komputer elektronik pertama yang menggunakan logika Boolean untuk mengontrol aliran data. Ini menjadi dasar dari komputer modern.

Pada tahun 1948, William Shockley, John Bardeen, dan Walter Brattain di Bell Labs mengembangkan logic gate transistor pertama, yang menggantikan gerbang logika elektronik tube yang digunakan sebelumnya. Transistor ini menjadi dasar dari gerbang logika yang digunakan saat ini.

Pada tahun 1958, Jack Kilby di Texas Instruments mengembangkan gerbang logika IC (integrated circuit) pertama, yang menggabungkan beberapa transistor dalam satu paket kecil yang dapat digunakan sebagai logic gate. IC ini menjadi dasar dari gerbang logika yang digunakan saat ini. Serta yang mendasari dari dibuatnya teknologi komputer.

Sejak itu, teknologi logic gate terus berkembang dan digunakan dalam berbagai aplikasi, seperti komputer, sistem kontrol, dan perangkat elektronik lainnya. Teknologi ini juga digunakan dalam pembuatan sirkuit elektronik yang sederhana dan kompleks.

Berikut ini kami berikan beberapa contoh gambar dari perkembangan logic gate dari setiap tahun ke-tahun, beserta dengan tabel kebenaran yang melambangkan gerbang elektronika logic, serta daftar prototipe, dan komponen elektronik dari logic gate.

Simbol Gerbang Logika Yang Benar

Simbol Gerbang Logika Yang Benar

gerbang logika dasar utama terdiri dari beberapa simbol atau lambang. Kombinasi dari gerbang logic inilah yang mendasari dari disusunnya komponen elektronika, dan biasanya komponen elektronik terdiri dari kombinasi dari berbagai logic gate. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihatnya pada gambar gerbang logika yang kami sediakan disini sebagai contoh untuk beberapa jenis, dan kombinasi dari logic gate.

  • Gerbang AND: &

    (Simbol ini memiliki dua input yang berbeda, dan memiliki output menjadi satu yang sama. Karakteristik dari gerbang ini, memiliki masukan yang tinggi, lalu keluaran yang akan tinggi juga.

  • Gerbang OR: |

    (Gerbang OR memiliki masukan jumlah dua masukan, dan keluaran jumlah satu, ciri khas gerbang ini menyesuaikan dengan input, dimana input rendah maka output juga rendah, dan sebaliknya.

  • Gerbang NOT: !

    (Pada gerbang yang satu ini, memiliki input jumlah satu, dan dengan output berjumlah satu, dan setiap input yang masuk akan mengeluarkan output dengan berbanding terbalik)

  • Gerbang NAND: !&

    (Gerbang ini memiliki input dua buah, dengan output satu buah, dan memiliki karakteristik logika output dan input yang rendah).

  • Gerbang XOR: ^

Contoh Penggunaan

Salah satu contoh penggunaan gerbang logika yang paling umum adalah pada sistem otomatisasi industri. Dalam sistem ini, logic gate digunakan untuk mengontrol aliran data antara berbagai perangkat seperti sensor, actuator, dan kontroler.

Contoh Gerbang Logika

Contoh lain adalah pada sistem keamanan rumah. Logic gate digunakan untuk mengontrol akses masuk ke rumah dengan menggabungkan input dari sensor pembuka pintu, sensor gerak, dan kartu akses. Jika semua input yang diterima benar, maka logic gate akan mengirimkan sinyal untuk membuka pintu dan menyalakan lampu di dalam rumah.

Namun, jika salah satu input tidak sesuai, maka gerbang logika akan memblokir akses dan mengirimkan sinyal alarm.

Mau Belajar  ?

Ingin paham lebih dalam mengenai Logic Gate dan tahu lebih lanjut tentang dunia IT? Anda bisa langsung kunjungi Course-Net. Ambil kursus yang Anda minati dan Anda akan dibimbing oleh coach kelas dunia!

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!