course-net
Search
Close this search box.

Google Search Console Adalah : Pengertian, Fungsi, Cara Menggunakan

Minet

February 20, 2023

Google Search Console Adalah : Pengertian, Fungsi, Cara Menggunakan

Google Search Console Adalah : Pengertian, Fungsi, Cara Menggunakan – Website saat ini menjadi salah satu komponen penting bagi perusahaan, dan pengelolaannya pun harus dilakukan dengan baik. Google Search Console merupakan salah satu tools dari sekian banyak tools yang tersedia untuk bisa mengelola website dengan baik. Bagi pengelola website tentunya perlu mengetahui dan memahami semua tools untuk mengelola website, supaya bisa membantu mereka.

Tools untuk mengetahui performa website itu memang penting bagi pengelola website, supaya bisa mengambil langkah yang tepat dalam pengelolaan. Beberapa tools bahkan bukan hanya bisa mengecek performa dari website, tapi juga bisa melakukan perbaikan untuk performa website yang lebih baik. Berikut kami akan jelaskan informasi mengenai Google Search Console.

Google Search Console Adalah : Pengertian, Fungsi, Cara Menggunakan

Apa Itu Console Google Search?

Google Search Console Adalah : Pengertian, Fungsi, Cara Menggunakan

Pertama-tama kita perlu kenali dulu Console Google Search terlebih dahulu supaya bisa memanfaatkannya dengan baik. Google Search Console adalah salah satu fasilitas dari Google yang bisa membantu para blogger atau pengelola web untuk mengoptimalkan proses tracking. Selain itu tools ini pun bisa membantu juga dalam hubungan dengan web crawl dalam pengelolaan website.

Fitur dari Tools yang disediakan oleh Google ini sudah sangat lengkap untuk menunjang berbagai kebutuhan dalam pengelolaan website. Tapi yang menarik adalah kalian bisa mempergunakan tools dari Google ini secara gratis tanpa harus membayar sepeser pun. Fitur Google Search Console mulai dari melihat backlink, kinerja website di laman pencari, daftar kata kunci, sampai sumber trafik tertinggi.

Fungsi Tools Console Google Search Secara Umum

Fungsi Tools Console Google Search Secara Umum

Poin kedua yakni kalian perlu tahu apa saja sih manfaat dari Search Google Console ini secara umum dalam pengelolaan website. Berikut ini kami akan coba jelaskan apa saja sih manfaat yang bisa didapatkan bila menggunakan tools tersebut secara umum.

  1. Mengidentifikasi Performa Dari Website

Manfaat yang paling utama yakni untuk mengidentifikasi performa dari website yang sedang dikelola oleh para webmaster. Tools ini memiliki menu untuk mengidentifikasi performa website dengan detail performa yang memang sangat lengkap. Ada detail informasi seperti jumlah trafik, keyword terpopuler, broken link dan juga berbagai matriks.

  1. Mengetahui Internal Dan Eksternal Link

Manfaat yang kedua yakni tools tersebut bisa membantu kita mengetahui internal dan juga eksternal link dari website kalian. Kalian pun jadi tahu juga backlink yang tersambung ke website, bisa membantu dalam pengelolaan link di website kalian. Fitur dari Google Search Console Tools ini membantu kalian mengelola backlink supaya tidak ada backlink spam.

Situs dengan backlink spam itu sudah pasti akan memiliki performa yang buruk, sehingga memang perlu dikelola. Tools ini bisa memantau backlink yang terhubung ke website, jadi bisa memastikan performa dari web tetap baik.

  1. Inspeksi URL

Manfaat yang berikutnya yakni inspeksi URL untuk postingan terbaru yang ada di website kalian, supaya lebih cepat terindex. Jadi bila kalian memiliki posting baru dan lama terindex oleh Google, maka kalian bisa menggunakan tools ini. Sebenarnya sudah ada sitemap untuk inspeksi URL, tapi terkadang terjadi eror yang membuatnya tidak bisa inspeksi.

Kalian bisa mempergunakan Google Search Console ini untuk melakukan inspeksi URL pada postingan baru kalian dengan cepat.

  1. Menghapus Indeks Google

Manfaat yang berikutnya yakni untuk bisa menghapus indeks Google pada postingan yang kalian hapus pada website. Kalau kalian mengalami masalah postingan masih muncul dalam hasil pencarian meski sudah dihapus, maka tools ini solusinya. Masalah ini mengakibatkan hasil pencarian itu saat di klik not found, jadi sebisa mungkin indeks tersebut kalian hapus.

  1. Submit Sitemap Website

Manfaat berikutnya yakni untuk submit sitemap supaya bisa melakukan inspeksi secara otomatis yang membuat URL akan terindeks secara otomatis. Untuk bisa melakukan inspeksi otomatis tersebut, maka sitemap yang dibuat dari situs itu perlu subm IT terlebih dahulu. Jadi kalian bisa melakukan subm IT sitemap tersebut dengan mudah di Google Search Console Tool.

Fungsi Tools Console Google Search Untuk SEO Website

Salah satu fungsi Google Search Console itu untuk memaksimalkan SEO pada Website yang memang sangat penting dalam digital marketing. Berikut ini beberapa fungsi dari Google Search Console untuk dimanfaatkan menjalankan SEO.

  1. Memudahkan artikel terindeks Google
  2. Membantu mencari keyword yang populer
  3. Memberikan notifikasi bila terjadi eror
  4. Subm IT sitemap
  5. Menentukan negara target pembaca
  6. Mengetahui asal pengunjung
  7. Memberi laporan halaman yang eror dan yang tidak terindeks Google
  8. Bida dipakai untuk memeriksa adanya broken link
  9. Google Search Console URL bisa dipakai Sebagai identifikasi masalah keamanan situs
  10. Membantu disavow backlink negatif.

Cara Menambahkan Website Di Web Master Tools

Berikutnya kalian pun perlu tahu dan paham betul mengenai bagaimana cara daftar Google Search Console untuk bisa menggunakannya. Langkah berikut ini mempergunakan metode kode HTML Tag untuk verifikasi kepemilikan website dalam rangka untuk menambahkan website. Berikut ini tutorial untuk menambahkan website pada Search Console dari Google ini.

  1. Menambahkan Domain Ke Google Search

Langkah pertama tentunya masuk dulu ke link dari Google Search Console Adalah yang dibuat Google tersebut dan kemudian klik add properti. Nanti kemudian kalian masukkan URL website kalian ke kotak yang sudah disediakan dan kemudian klik continue. Berikutnya kalian pilih metode verifikasi menggunakan kode HTML Tag dan copy kode untuk mendaftar Google Search Console.

  1. Memasukkan Kode HTML Tag

Langkah selanjutnya memasukkan kode yang sudah kalian copy sebelumnya ke website kalian, caranya ada 2. Bila kalian sudah install Yoast SEO, maka kalian tinggal paste saja ke kode kolom yang sudah disediakan oleh plugin Yoast ini. Bila belum install kalian bisa paste kode di HTML Tag antara <head> dan </head>

  1. Subm IT Sitemap

Langkah terakhir yakni kalian perlu untuk subm IT sitemap, dan kalian bisa membuat sitemap itu sendiri. Cara membuatnya pun cukup mudah bila kalian mempergunakan Yoast SEO, tinggal masuk ke tab Sitemap. Setelah itu add new sitemap dan biarkan beberapa hari. Biarkan nanti Google akan Crawl ke website kalian.

Cara Menggunakan Untuk Subm IT URL

Informasi terakhir yakni kalian perlu tahu juga cara menggunakan Google Search Console dengan baik terutama untuk subm IT URL. Caranya sebenarnya sih cukup mudah saja ya, kalian hanya tinggal paste saja link URL yang ingin kalian subm IT di dashboard Search Console. Setelah itu kalian tinggal tekan enter dan kemudian tunggu proses loading sampai muncul tulisan request indexing.

Tahap terakhir kalian tinggal klik request indexing tersebut untuk supaya Google melakukan Crawl pada website dan URL yang kalian masukkan.

Penggunaan Google Search Console ini bisa kalian pelajari di Course-Net dengan materi yang jelas dan mudah dipahami.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print