course-net
Search
Close this search box.

Belajar WordPress untuk Pemula? Ikuti Tips Berikut!

Minet

February 3, 2023

Belajar Wordpress untuk Pemula? Ikuti Tips Berikut!

Belajar WordPress untuk Pemula? Ikuti Tips Berikut! – Ada banyak hal yang bisa dibuat menggunakan WordPress, seperti membuat blog, website, hingga toko online. Tidak mengherankan kalau semakin banyak saja orang yang belajar WordPress untuk kepentingan bisnis maupun pembuatan portofolio.

Bagi yang baru mulai mengenai WordPress, mungkin ada beberapa hal yang cukup sulit dilakukan sebagai penyesuaian diri. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda menerapkan beberapa cara penting untuk bisa mempelajari WordPress secara lebih maksimal.

Belajar WordPress Untuk Pemula, Daftar Sekarang

Mengenal Dulu Apa Itu WordPress

Belajar WordPress untuk Pemula? Ikuti Tips Berikut!

Secara mudahnya, WordPress merupakan suatu platform software yang bersifat open-source gratis. Platform ini dipakai dalam pembuatan website maupun manajemen konten. Salah satu fitur menarik yang dimilikinya yakni pemilihan dan kustomisasi tema yang bebas dan mudah.

Hal inilah yang membuat WordPress kerap digunakan untuk membuat website, karena sifatnya lebih fleksibel dan dapat digunakan untuk berbagai kepentingan, termasuk personal maupun profesional. Penggunanya juga tersebar di seluruh dunia, bahkan lebih dari 450 juta pengguna.

Secara detail, fungsi WordPress tidak hanya sebagai platform untuk membuat atau memposting berbagai tulisan sederhana pada sebuah website. Berikut beberapa fungsi dan kegunaan platform WordPress yang kerap dimanfaatkan.

1. Pembuatan web pribadi alias blog

Siapa nih yang ingin membuat web sendiri untuk diri pribadi? Nah, supaya terlihat lebih eye-catching, menggunakan WordPress bisa menjadi salah satu pilihan untuk membuat web atau blog pribadi untuk berbagai kepentingan.

Jika Anda ingin mencurahkan ide cerita fiksi maupun non-fiksi, penggunaan web blog pribadi bisa menjadi salah satu platform yang penting digunakan. Terlebih, sudah banyak penulis terkenal yang berawal dari blog web pribadi.

2. Membuat web perusahaan

Hal yang sama jika Anda ingin bekerja di suatu perusahaan sehingga belajar WordPress bisa menjadi hal yang penting. Anda dapat menggunakan platform ini untuk support sejumlah tema dan berbagai fitur guna membuat landing page perusahaan yang resmi dan profesional.

3. Sebagai website portofolio

Anda juga dapat membuat website sendiri untuk memuat berbagai hasil karya atau portofolio online. Dengan demikian, website tersebut dapat dipakai untuk memperkenalkan diri sendiri kepada publik sehingga Anda akan lebih mudah dikenal.

Portofolio ini juga dapat digunakan untuk berbagai kepentingan, termasuk untuk mendaftar kerja atau membuat blog bisnis. Dengan begitu, Anda dapat mengisinya dengan berbagai penjelasan mengenai perusahaan Anda, produk yang dijual, dan sebagainya.

4. Membuat toko online (e-commerce)

Tidak jauh berbeda dengan poin sebelumnya, penggunaan WordPress juga dapat dilakukan untuk membuat website toko online. Terlebih saat ini, tren belanja online sudah semakin berkembang sehingga tidak mengherankan jika pembuatan website toko menjadi hal yang penting.

Untuk memaksimalkan toko online yang Anda buat, tidak perlu segan untuk belajar SEO WordPress. Materi tersebut akan membantu toko atau web yang Anda jalankan dapat muncul di laman pertama pencarian Google sehingga akan semakin banyak dikenal publik.

5. Pembuatan forum online

Anda juga dapat membuat suatu komunitas atau forum menggunakan WordPress. Forum tersebut dapat diisi dengan berbagai diskusi online yang interaktif untuk berbagai keperluan. Anda juga tidak perlu khawatir melengkapi website dengan berbagai fitur untuk mendukung forum tersebut, termasuk fitur Chat, Reply, Thread, dan sebagainya.

Tips Belajar SEO WordPress untuk Pemula

Tips Belajar SEO WordPress untuk Pemula

Bagi Anda yang ingin mempelajari WordPress, sudah pasti harus mengetahui berbagai hal mendasar seputar platform tersebut. Berikut beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk mempelajari SEO WordPress, termasuk bagi para pemula sekalipun.

1. Instal plugin SEO WordPress

Langkah pertama ketika Anda ingin meningkatkan SEO WordPress yakni dengan menginstal plugin SEO. Salah satu platform yang bisa digunakan yakni SEO by Yoast atau All in One SEO Pack. Pilihlah yang menurut Anda mudah dan simple terutama untuk seorang pemula.

Ketika sudah belajar WordPress, jangan lupa memastikan Anda sudah memiliki domain hosting yang dapat dibeli pada berbagai hosting terbaik. Pastikan juga Anda sudah menginstal dan menggunakan CMS WordPress untuk memudahkan proses optimasi web guna keperluan SEO.

2. Setting title dan tagline

Pada WordPress, terdapat tiga hal yang bisa dioptimasi, yakni pada bagian homepage, kategori, dan pada artikelnya. Untuk memaksimalkan SEO WordPress, pastikan di bagian Homepage sudah diatur Site Title maupun Tagline website.

Untuk memaksimalkan Title, langsung masukkan kata kunci target di bagian Site Title. Begitu pula pada bagian Tagline, masukkan turunan dari kata kunci target tersebut. Misalnya pada bagian Title ditulis Pembicara Digital Marketing, maka pada bagian tagline dapat diisi pelatihan, training, ahli, dan sebagainya.

3. Optimasi permalink

Secara default, permalink bawaan WordPress bukanlah link SEO friendly karena masih terlalu panjang dan terbilang rumit. Bahkan pada bagian URL tidak jarang malah dicantumkan hal yang tidak terlalu penting seperti tanggal, bulan, hingga tahun seperti:

https://contohwebsite.com/2023/01/22/judul-artikel

Padahal, Google lebih menyukai permalink yang lebih simpel, mengandung keyword, kata kunci target, serta tidak bertele-tele. Dengan begitu, ada baiknya Anda menggunakan permalink yang lebih singkat, seperti:

https://contohwebsite.com/judul-artikel

Oleh karena itu, Anda yang sedang belajar SEO WordPress perlu menghasilkan permalink yang bagus melalui menu Settings > Permalink > Custom Structure lalu menuliskan domain Anda beserta dengan “%postname%?.html”. Adapun contohnya menjadi:

https://contohwebsite.com/%postname%?.html

4. Gunakan meta description

Meta description merupakan tag HTML yang digunakan untuk menggambarkan suatu konten dalam halaman website. Deskripsi ini umumnya akan dimunculkan pada bagian bawah judul dan URL halaman sebuah situs pada mesin pencari.

Bagian ini dipakai untuk memengaruhi para pengujung supaya dapat masuk ke dalam halaman website untuk melihat konten yang diberikan. Anda juga dapat menggunakan meta description untuk menaikkan peringkat konten pada hasil pencarian.

Umumnya, meta description terdiri dari 155-160 kata yang berisi rangkuman konten. Supaya lebih baik, pastikan deskripsi tersebut mengandung frasa kata kunci yang sesuai dengan pencarian namun tetap mengacu pada isi konten yang diterbitkan dalam sebuah website.

5. Menggunakan kata kunci

Dalam sebuah SEO, kata kunci merupakan sumber kesuksesan. Jika Anda mendapati kata kunci yang berat, cobalah untuk mencari kata kunci yang lebih mudah, terlebih Anda merupakan pemula yang belum memiliki jam terbang tinggi.

Kata kunci dapat diletakkan pada setiap postingan atau artikel WordPress, namun juga dapat diselipkan pada gambar. Hal ini terbilang penting supaya gambar yang Anda masukkan juga dapat muncul di pencarian Google sehingga gunakanlah kata kunci target.

Mau Belajar SEO ? Daftar Kursus SEO Di Course-Net, Klik Disini

Itulah beberapa hal yang bisa menjadi referensi ketika Anda ingin belajar WordPress untuk berbagai kebutuhan. Guna meningkatkan pemahaman dan praktik yang lebih baik, tidak ada salahnya jika Anda mengikuti kursus online atau bootcamp.

Course-Net menjadi salah satu lembaga kursus IT terkemuka yang bisa Anda pilih untuk banyak kebutuhan, termasuk belajar mengenai WordPress, SEO, dan sebagainya. Segera registrasikan diri Anda ke Course-Net dan nikmati materi terbaiknya!

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!