course-net
Search
Close this search box.

Kata Sandi Adalah: Pengertian , Dan Cara Penggunaanya

Minet

October 26, 2022

Kata Sandi Adalah: Pengertian , Dan Cara Penggunaanya

Kata sandi atau password merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh seseorang jika ingin membuat email, media sosial, blog dan yang lainnya. Adanya kata sandi adalah untuk menjaga keamanan akun dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Biasanya, kata sandi wajib dipakai saat dengan sejumlah karakter, yaitu huruf, angka simbol dan tidak dengan spasi.

Ada juga beberapa akun yang mewajibkan penggunanya harus memakai kombinasi huruf dan angka, besar dan kecil. Meski terlihat mudah dalam pembuatan kata sandi, namun tidak boleh sembarangan membuat supaya keamanan akun tetap terjaga. Supaya Anda lebih paham lagi dengan kata sandi, simak penjelasan mengenai pengertian, contoh dan cara menggantinya di bawah ini.

Kata Sandi Adalah ? Trik Cara Pengguannya Di Social Media

Apa Itu Kata Sandi?

Kata sandi adalah serangkaikan karakter yang dipakai untuk mengautentikasi pengguna di sistem komputer. Contoh yang paling sederhana adalah Anda memiliki akun di media sosial dan untuk dapat mengaksesnya harus memasukkan password yang valid. Kata sandi juga berguna untuk melindungi data pribadi, sistem, jaringan, file dan yang lainnya.

Penggunaan password atau kata sandi ini bisa mengakses ke dalam data, file, server jaringan, dan sistem dengan aman. Pembuatan kata sandi tidak boleh sembarangan sehingga mudah diretas oleh orang lain. Nah, di bawah ini adalah beberapa contoh pembuatan kata sandi yang aman.

Contoh Kata Sandi yang Aman

Contoh Kata Sandi yang Aman

Contoh kata sandi yang aman dibuat supaya akun tidak diretas oleh orang tidak bertanggungjawab adalah:

  • Menggunakan Kombinasi Huruf dan Angka

Salah satu contoh pembuatan kata sandi yang aman adalah gunakan kombinasi huruf dan angka. Supaya kata sandi Anda tidak mudah diketahui oleh orang lain pastinya harus membuat yang cukup rumit dan salah satu tipsnya dengan mengkombinasikan huruf dan angka.

Contohnya adalah Ju4ra1. Dengan begitu orang lain tidak dapat menebak kata sandi Anda untuk bisa masuk ke dalam akun atau akses komputer Anda dengan mudah.

  • Melebihi Jumlah Minimum

Contoh yang kedua adalah usahakan membuat kata sandi melebihi dari jumlah minimum. Biasanya dalam pembuatan kata sandi ada minimalnya mulai dari 6 hingga 8 yang paling umum. Nah, Anda bisa membuat kata sandi lebih dari jumlah minimum yang diminta supaya lebih kuat lagi.

Anda boleh membuat kata sandi lebih panjang dan akan lebih aman dibandingkan penggunaan yang sedikit karena lebih mudah ditebak.

  • Menambahkan Tanda Baca

Cobalah menambahkan tanda baca supaya kata sandi lebih rumit lagi. Namun Anda juga perlu memperhatikan sebab di beberapa pembuatan akun tidak boleh menggunakan tanda baca. Nah, jika Anda bisa menggunakan tanda baca tidak ada salahnya untuk mengombinasikan kata sandi agar lebih aman.

Anda juga bisa mengombinasikan dengan angka sehingga kata sandi yang Anda buat lebih panjang dan rumit. Pastikan juga Anda tidak asal membuat kata sandi supaya mudah diingat dan ditulis saat login atau masuk ke dalam akun Anda nantinya.

  • Hindari Penggunaan Elemen Mudah Ditebak

Sebaiknya hindari penggunaan elemen yang mudah ditebak, seperti nama sendiri, tanggal lahir, nama hewan dan yang lainnya. Hindari juga menggunakan 2 kata atau huruf yang sama secara berurutan. Hal semacam ini akan membuat kata sandi Anda masuk dalam kategori lemah sehingga bisa diretas oleh orang lain.

  • Hindari Penggunaan Kata Sandi yang Sama

Anda juga harus menghindari menggunakan kata sandi yang sama untuk beberapa akun. Terkadang banyak pengguna yang memakai kata sandi yang sama di beberapa akun supaya tidak mudah lupa.

Nah, itulah beberapa contoh pembuatan kata sandi yang aman untuk akun Anda sehingga tidak bisa diakses oleh orang lain dengan mudah.

Cara Mengganti IG

Cara Mengganti Kata Sandi IG

Bagi Anda yang ingin mengganti kata sandi akun Instagram, simak cara mengganti kata sandi IG di bawah ini:

  1. Login ke Aplikasi Instagram

Cara mengganti kata sandi baru di akun Instagram dengan mudah adalah Anda tinggal masuk ke dalam aplikasi dan login dengan akun yang sudah dimiliki.

  1. Masuk ke Profil

Masuk ke profil dengan cara klik gambar profil Anda yang ada di bagian pojok kanan bawah untuk bisa mengganti kata sandi.

  1. Masuk ke Pengaturan

Setelah Anda berada di profil masuk ke pengaturan dengan cara klik menu titik 3 di pojok kana atas dan kemudian tinggal memilih menu Security. Pilih menu password dan akan muncul pilihan mengganti password.

  1. Masukkan Kata Sandi Lama

Sebelum Anda membuat kata sandi baru harus memasukkan kata sandi yang lama.

  1. Buat Kata Sandi Baru

Nah, sekarang Anda tinggal membuat kata sandi baru dan masukkan lagi dua kali pada kolom yang berbeda. Sekarang Anda sudah berhasil mengganti kata sandi di akun IG yang baru.

Seperti itulah cara mengganti kata sandi baru di IG dan di bawah ini adalah cara mengganti di akun Google.

Cara Mengganti di Google

Cara Mengganti Kata Sandi di Google

Cara mengganti kata sandi di Google dengan mudah adalah:

  • Membuka Akun Google

Bagi Anda yang ingin mengganti kata sandi di Google caranya juga tidak jauh berbeda. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka akun Google Anda melalui website atau di aplikasi.

  • Memilih Menu Keamanan dan Pilih Login ke Google

Kemudian Anda memilih menu Keamanan dan memilih Login ke Google untuk menemukan pengaturan akun Anda termasuk kata sandi. Anda akan diminta untuk login lagi dengan memasukkan kata sandi.

  • Memilih Menu Kata Sandi

Pilih menu kata sandi yang sudah tersedia untuk menggantinya dengan yang baru.

  • Memasukkan Kata Sandi Baru

Silahkan memasukkan kata sandi baru dan terakhir klik ubah kata sandi untuk proses penggantiannya.

  • Selesai

Sekarang Anda sudah berhasil mengganti kata sandi baru dan bagi Anda yang menggantinya melalui website biasanya saat membuka aplikasi Gmail akan diminta untuk memasukkan kata sandi yang baru. Termasuk juga dengan kata di aplikasi Google Play Store terkadang akan diminta memasukkan yang baru saat Anda mengaksesnya.

Itulah dia cara mengganti kata sandi baru di akun Google dengan mudah.

Cara Mengganti di FB

facebook

Cara mengganti kata sandi di FB dengan mudah adalah:

  1. Ketuk Garis 3 di Kanan Atas

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah masuk atau login ke dalam akun Facebook melalui aplikasi atau web. Nah, kemudian Anda ketuk garis 3 yang berada di pojok kanan atas untuk menuju ke menu pengaturan.

  1. Pilih Menu Pengaturan

Scroll ke bagian bawah untuk menemukan Pengaturan Facebook.

  1. Pilih Menu Kata Sandi dan Keamanan

Memilih menu Kata Sandi dan Keamanan, kemudian baru memilih Ubah Kata Sandi.

  1. Memasukkan Kata Sandi Lama dan Baru

Masukkan kata sandi lama dan kata sandi baru sebanyak 2 kali di kolom yang berbeda. Pastikan Anda membuat kata sandi baru yang berbeda dengan sebelumnya sehingga penggantian kata sandi akan berhasil.

Itulah pengertian kata sandi, contoh membuatnya dan menggantinya di sejumlah akun dengan mudah.

Mau Belajar Menjaga Keamanan Kata Sandi ?

Nah buat kami yang penasaran tentang kata sandi, kamu bisa memperdalam skillnya tentang cara bagaimana mengamankan kata sandi , serta bagaiman menjadi hacker yang bisa masuk kedalam kata sandi.

Kamu bisa mengikuti kelas Cyber Security yang ada di Course-Net. Info lebih jelasnya anda bisa mengunjungi website course-net di course-net.com

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!