course-net
Search
Close this search box.

Apa Itu Password : Password Adalah, Definisi, Fungsi, dan Jenis ?

Minet

October 26, 2022

Apa Itu Password : Password Adalah, Definisi, Fungsi, dan Jenis ?

Apa Itu Password : Password Adalah, Definisi, Fungsi, dan Jenis ? – Password mungkin merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dipersiapkan dan dibuat untuk berbagai macam akun di era digital ini. Mulai dari kebutuhan sosial media, kebutuhan akun perusahaan, kebutuhan email, dan lain sebagainya saat ini membutuhkan password. Hal ini dipakai untuk melindungi akun supaya tidak disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Password di masa sekarang memang sudah sangat familiar bagi banyak orang di Indonesia, meski tidak banyak yang tahu secara benar. Mungkin orang tahu apa itu password, tapi tidak begitu menyadari betapa pentingnya kata kunci tersebut untuk dipikirkan. Berikut ini kami akan jelaskan mengenai password secara detail mulai dari definisi, fungsi, dan jenis yang lainnya.

Daftar Isi

Apa Itu Password ? Mari Mengenal Password Lebih Dalam

Apa Itu Password ? Definisi Password

Apa Itu Password ? Definisi Password

Pertama-tama kita harus masuk ke definisi terlebih dahulu untuk supaya kita bisa lebih memahami mengenai password itu sebenarnya apa. Password adalah serangkaian karakter yang digunakan untuk autentikasi pada sistem atau program komputer atau juga aplikasi. Jadi untuk bisa mengakses mungkin sistem komputer, program, aplikasi, dan lain sebagainya itu diperlukan adanya password.

Password ini memang merupakan sebuah kode yang harus dirahasiakan, dan sebisa mungkin hanya kalian yang mengetahuinya. Ini supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan atau penyalahgunaan dari akun yang nantinya akan bisa merugikan kalian sendiri. Biasanya Password itu dipakai untuk menjaga data penting seperti data pribadi, file penting, jaringan, dan lain sebagainya.

Fungsi Dari Password

Setelah sudah tahu mengenai definisinya, maka kalian pun harus tahu juga fungsi dari password itu sebenarnya untuk apa saja. Fungsi dari password itu sebenarnya adalah meningkatkan keamanan soal data, aplikasi, dan juga jaringan yang memang ingin dilindungi. Di era digital seperti sekarang ini memang ada banyak sekali data yang harus dilindungi supaya tidak disalahgunakan oleh orang lain.

Ada beberapa poin penting yang bisa menjelaskan mengenai fungsi dari Password perlu diganti secara berkala. Berikut ini kami akan jelaskan beberapa poin tersebut supaya kalian bisa memahami fungsi dari penggunaan password yang harus diganti secara berkala.

  1. Meningkatkan keamanan informasi dan juga akun yang diproteksi

  2. Mencegah peretas untuk bisa mengakses akun kalian

  3. Membatasi akses yang dimiliki oleh Logger Keystroke.

Baca Juga : Belajar Hacker Secara Cepat dan Mudah, Hanya 2 Minggu!!

Jenis-Jenis Password

Dalam penerapan password sendiri sebenarnya membuat adanya beberapa jenis password yang saat ini banyak digunakan. Password sendiri sudah berkembang menjadi beberapa jenis yang memang dimaksudkan untuk semakin mengamankan data atau akses ke dalam jaringan. pada kesempatan kali ini kami akan jelaskan beberapa jenis dari password yang pada saat ini banyak digunakan.

  1. 2FA (2 Factor Authentication)

Ini adalah pengamanan tingkat lanjut setelah password itu digunakan, tujuannya supaya pengamanan itu jadi lebih baik. 2FA ini memiliki 2 tahap untuk bisa masuk atau login, yang pertama itu adalah dengan menuliskan password yang sudah dipasang sebelumnya. Langkah yang kedua adalah dengan mengirimkan kode khusus melalui perangkat lain yang nomornya sudah terdaftar.

Jadi meskipun sudah bisa meretas nama akun dan password, tetap harus ada konfirmasi ke perangkat lainnya lagi.

  1. MFA (Multi Factor Authentication)

MFA merupakan tingkat lanjut yang jauh lebih aman dibandingkan dengan 2FA yang memang bisa mencegah peretas untuk meretas akun kalian. Autentikasi dari MFA ini akan sangat sulit dilakukan, karena harus memiliki 2 informasi yang memang hanya pemilik akun yang tahu.

Tips Dalam Membuat Password

Tips Dalam Membuat Password

Password itu adalah sebuah rangkaian karakter untuk melindungi sesuatu supaya hanya pemilik saja yang akan bisa mengaksesnya. Kuat atau tidaknya password itu sudah pasti ditentukan dari bagaimana orang membuat password tersebut seperti apa. Jadi sebisa mungkin kalian itu harus membuat password yang mudah diingat hanya oleh kalian dan tidak mudah tertebak orang.

Dalam pembuatan password itu sendiri sebenarnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar supaya password yang kalian pasang itu cukup kuat. Banyak orang yang masih membuat password itu secara asal, padahal password sendiri sangatlah penting sekali dan tidak boleh sembarangan.

Berikut ini kami akan bagikan beberapa tips untuk supaya bisa membangun sebuah password yang cukup kuat.

  • Tips yang pertama adalah pastikan password yang kalian pasang itu memiliki minimal 8 karakter dan maksimal itu 16 karakter saja. Bila terlalu pendek mudah diretas, namun bila terlalu panjang akan sulit sekali untuk diingat.

  • Tips yang kedua adalah sertakan juga di dalamnya huruf besar dan juga huruf kecil dalam password. Ini akan meningkatkan variabel yang ada di dalam password kalian.

  • Pergunakan paling tidak itu ada 1 angka dan juga 1 simbol supaya bisa meningkatkan keamanan dari password.

  • Hindari elemen-elemen yang mudah ditebak seperti misalnya nama, tanggal lahir, dan lain sebagainya. Penggunaan informasi pribadi pun sebisa mungkin jangan dipergunakan untuk password, karena sangat mudah ditebak. Misalnya penggunaan nama sendiri, nama suami atau istri, nama anak, dan lain sebagainya itu sebaiknya dihindari saja.

  • Sebisa mungkin jangan gunakan angka atau juga huruf yang berurutan, karena ini sangat mudah sekali untuk ditebak. Sangat besar kemungkinan nantinya password tersebut akan dibobol dan kalian akan kehilangan data yang sangat penting.

  • Hindari menggunakan frasa atau 2 kata yang berhubungan, ini pun akan sangat memperbesar kemungkinan password akan bisa dibobol. Jadi sebaiknya hindari penggunaan frasa itu supaya password kalian nanti pun akan jadi lebih kuat.

  • Tips yang terakhir adalah sebisa mungkin kalian tidak menggunakan username dan juga password yang sama, ini sangat berbahaya. Ini jelas akan sangat mudah untuk diretas dan kemungkinan data penting dan pribadi kalian akan bisa diambil dan disalahgunakan lho. Jadi pembuatan password itu memang tidak bisa sembarangan.

Dengan memperhatikan beberapa tips di atas, maka kalian akan bisa membuat password yang cukup kuat dan juga lebih aman. Kalian pun mungkin bisa memperhatikan beberapa contoh password yang aman dan juga cukup kuat sebagai panduan. Bukan meniru persis, akan tetapi kalian bisa cari tahu konsepnya dan poinnya untuk bisa membuat password yang sama kuatnya.

Kesimpulan

Pada dasarnya pembuatan password itu memang sederhana akan tetapi menjadi kunci penting untuk melindungi berbagai hal penting. Di era digital sekarang ini ada banyak sekali penyerangan Cyber yang mungkin akan bisa menyebabkan kalian mendapatkan kerugian. Password ini pada dasarnya untuk melindungi, dan supaya selamat dari serangan tentunya harus membuat sebuah password yang kuat.

Kalian pun mungkin harus melakukan pergantian password secara berkala, supaya bisa jauh lebih aman dan tidak mudah diretas. Selain itu juga bila kalian mencatat password dalam catatan, maka dengan rutin menggantinya orang tidak akan bisa memanfaatkan catatan tersebut.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!