course-net
Search
Close this search box.

LMS Adalah Digitalisasi Pendidikan, Simak Penjelasannya

Minet

January 29, 2024

lms adalah

Era digital telah membantu perkembangan dunia pendidikan terutama pendidikan dan juga pelatihan online yang memungkinkan orang belajar secara online. LMS adalah salah satu bukti adopsi teknologi dalam dunia pendidikan yang sangat membantu pembelajaran yang dilakukan secara online. Berikut ini kami akan menjelaskan mengenai LMS mulai dari pengertian, fitur sampai dengan fungsinya secara lengkap.

Pengertian LMS

LMS adalah singkatan dari Learning Management System dan merupakan sebuah perangkat lunak untuk mendukung dan memfasilitasi pembelajaran online. Perangkat lunak ini akan menyediakan tools dan fitur untuk institusi pendidikan menyampaikan materi, mengelola konten, sampai evaluasi peserta. LMS sendiri mencakup manajemen pengguna, penjadwalan, evaluasi sampai dengan pelaporan dari pembelajaran online yang saat ini banyak dilakukan institusi pendidikan.

Ide awal LMS ini berasal dari E-learning yang dikembangkan dari kebutuhan pendidikan yang murah dan mudah untuk diakses kapan pun. Dalam perkembangannya LMS ini bukan hanya menyajikan kebutuhan pendidikan saja akan tetapi termasuk rencana pembelajaran dan evaluasi. Jadi dari awal pendidikan sampai dengan akhir evaluasi peserta didik akan masuk dalam program LMS ini.

Jadi pengguna LMS ini akan bisa lebih mudah dalam menyajikan materi yang lebih terstruktur dan tertata kepada peserta didik. Hal menarik berikutnya dari LMS adalah pengguna bisa memberikan penugasan dan ujian untuk memantau perkembangan peserta didik. Semua data mulai dari informasi pribadi, hasil tugas dan ujian bisa langsung dilihat secara real time melalui LMS ini.

Fungsi LMS

LMS adalah kepanjangan dari Learning Management System yang tentunya memiliki fungsi yang besar terhadap dunia pendidikan online. Berikut ini beberapa fungsi penting dari LMS yang bisa dimanfaatkan dalam pembelajaran secara online.

1. Manajemen Kursus

LMS berfungsi untuk membantu pengajar atau instruktur untuk membuat materi pembelajaran yang lebih menarik dan terstruktur. Pengajar akan bisa membuat, mengatur dan menyajikan konten pembelajaran kepada peserta didik dengan lebih baik. Nantinya materi pembelajaran bisa dibuat, diurutkan dan bahkan pengajar pun bisa membuat penugasan dan juga ujian dari setiap materi yang disampaikan.

2. Evaluasi dan Pelaporan

Fungsi Learning Management System (LMS) yang Anda ketahui adalah evaluasi dan pelaporan dengan adanya fitur penugasan dan ujian. Pengajar bisa membuat evaluasi pembelajaran melalui LMS baik dalam bentuk kuis, tugas, sampai dengan ujian. LMS pun akan membuat laporan untuk setiap tenaga pendidikan berdasarkan hasil evaluasi pembelajaran yang sudah dilakukan.

3. Manajemen Pengguna

LMS juga bisa dipakai untuk manajemen data pengguna atau peserta didik mulai dari informasi pribadi sampai kemajuan dalam pembelajaran. Pengguna bisa mengatur setiap peserta didik atau karyawan dan memberikan akses yang tepat terhadap konten pembelajaran yang relevan. Jadi LMS adalah software yang benar-benar mampu mengatur segala yang dibutuhkan dalam pendidikan atau pengajaran terutama secara online.

4. Kolaborasi dan Interaksi

LMS juga berfungsi sebagai kolaborasi dan interaksi dengan adanya semacam ruang diskusi atau ruang pembelajaran bersama secara virtual. Ruang diskusi virtual yang termasuk fitur LMS adalah alat penting untuk menciptakan kolaborasi dan interaksi antara pendidik dengan peserta didik. Jadi meskipun pengajaran secara online namun tetap bisa mendapatkan interaksi yang kuat dalam pembelajaran.

Fitur LMS

Pada beberapa aplikasi LMS biasanya terdapat banyak fitur yang tentunya akan menunjang kegiatan pembelajaran secara online ini. Berikut adalah yang termasuk pada fitur LMS adalah.

1. Kelas Online

Fitur kelas online jelas menjadi fitur yang paling mendasar, di mana materi bisa diberikan tanpa harus melalui kontak fisik atau bertemu. Bentuk dari kelas online itu menyajikan materi pembelajaran digital seperti menggunakan video, animasi, sampai kepada dokumen pembelajaran. Kelas online ini bisa diakses oleh setiap peserta didik kapan saja sesuai dengan jadwal yang diikuti oleh peserta didik.

2. Video Conference

Video conference merupakan fitur LMS adalah sebuah video call tatap muka antara peserta didik dengan pengajar atau pendidik. Jadi penyampaian materi pembelajaran bisa dilakukan secara langsung kepada peserta didik dengan adanya interaksi yang lebih baik.

3. Forum Diskusi

LMS adalah software pembelajaran yang lengkap dengan adanya forum diskusi yang memungkinkan beberapa peserta didik dan tenaga pendidik untuk berdiskusi. Forum ini akan sangat berguna untuk membantu membahas lebih detail mengenai satu topik, satu data, atau satu materi tertentu.

4. Kuis dan Ujian Online

Sebagai proses evaluasi pembelajaran tentunya LMS juga menyediakan fitur kuis dan ujian online yang harus dikerjakan oleh peserta didik. Nantinya masing-masing peserta bisa mengerjakan secara online dan kemudian akan bisa langsung diketahui hasilnya secara realtime.

5. Pelaporan

Terakhir ada pelaporan yang akan menampilkan data dari setiap peserta didik untuk bisa memantau perkembangan dari pembelajarannya. Jadi mulai dari materi yang sudah diterima sampai kepada hasil kuis atau ujian akan ditampilkan pada fitur laporan ini.

Kelebihan LMS

LMS merupakan perangkat lunak yang sangat membantu dalam proses pembelajaran online pada setiap institusi pendidikan baik universitas atau kursus. Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki oleh LMS.

  1. Waktu pembelajaran lebih efisien karena pembelajaran online bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.
  2. Memudahkan tenaga pendidik untuk mendapatkan dan menganalisa data hasil pendidikan dari para peserta didik.
  3. Materi pembelajaran lebih menarik dengan menggabungkan berbagai unsur, sehingga lebih mudah dipahami peserta didik.
  4. Memudahkan interaksi pendidik dengan peserta didik dengan berbagai fitur yang tersedia di LMS.
  5. LMS adalah salah satu program yang bisa mendorong peserta didik untuk bisa belajar dan mengembangkan diri secara mandiri.

Perbedaan LMS dan LCMS 

Banyak orang yang bingung perbedaan antara LMS dan LCMS, terlihat sama namun sebenarnya ada perbedaan dari keduanya. Ada beberapa perbedaan salah satunya adalah dari sisi konsepnya di mana LMS mengatur, mengelola dan mengevaluasi pembelajaran. Sementara LCMS lebih kepada platform untuk kreasi dan hosting untuk materi pembelajaran.

Perbedaan juga terlihat dari sisi tujuannya di mana tujuan dari LCMS itu adalah untuk mengembangkan konten pembelajaran digital. LMS memiliki tujuan lebih luas mulai dari pengelolaan konten LCMS sampai ke evaluasi dan pelaporan, jadi jelas lebih luas.

Perbedaan LMS dan LCMS adalah sisi penggunanya di mana LCMS itu digunakan oleh tenaga pendidik dalam membuat konten materi pembelajaran. Sementara untuk LMS itu lebih kepada korporat atau institusi pendidikan jadi bukan hanya terbatas pada kursus tapi juga bisa oleh universitas.

Untuk bisa memanfaatkan LMS dengan baik tentunya perlu memiliki skill komputerisasi dan juga skill software LMS yang cukup baik. Kursus LMS adalah salah satu solusinya untuk bisa mempelajarinya dan salah satu yang terbaik itu adalah CourseNet. Kalian bisa mendapatkan materi yang lengkap dengan metode pembelajaran yang baik dan terstruktur.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print