course-net
Search
Close this search box.

MailChimp Adalah : Pengertian dan Cara Penggunaannya

Minet

March 30, 2023

MailChimp Adalah : Pengertian dan Cara Penggunaannya

MailChimp Adalah : Pengertian dan Cara Penggunaannya – Tentu saja di era serba internet seperti saat ini seluruh bidang usaha memang dituntut untuk bisa memanfaatkan internet dengan maksimal. Hal ini dikarenakan proses marketing konvensional dianggap tidak lagi mampu memasarkan bisnis.

Salah satu yang dapat dimanfaatkan adalah MailChimp. Penggunaan platform tersebut merupakan salah satu dari strategi email marketing yang bisa diterapkan dengan mudah.

MailChimp Adalah ? Simak Penjelasan & Fiturnya

Mengenal MailChimp Serta Kegunaannya

MailChimp Adalah : Pengertian dan Cara Penggunaannya

MailChimp adalah layanan email pasaran otomatis. Ketika diartikan dengan sederhana layanan ini sangat memungkinkan pelaku usaha serta tim marketing dalam mengirimkan email kepada beberapa penerima sekaligus di dalam waktu bersamaan.

Layanan email marketing tersebut dibuat oleh perusahaan Amerika Serikat tahun 2001. Semenjak diperkenalkan secara umum sampai saat ini, aplikasi tersebut telah berhasil menjadi sebuah platform email marketing yang terbanyak dipakai di dunia dikarenakan prinsip pemakaiannya tergolong praktis serta fiturnya canggih.

Fitur-Fiturnya

Sebelum mengetahui bagaimana cara untuk menggunakannya, ada baiknya kalian mengetahui terlebih dahulu perihal fitur yang tersedia di sana.

Seperti yang kalian ketahui jika fungsi utama aplikasi ini memudahkan pengiriman email newsletter untuk subscriber website. Namun tersedia banyak fitur menarik dan memudahkan kalian dalam melakukan eksekusi strategi marketing seperti berikut.

1. Banyak pilihan campaign

Tersedia banyak model campaign seperti Google Remarketing Ads, signup form, postcard, landing page, email, hingga Facebook Ads.

2. Terintegrasi ke banyak aplikasi dan tools

Kalian bisa menambahkan banyak fungsi ke campaign yang akan dikirimkan. Beberapa tools tadi seperti tagihan langganan, rekomendasi produk, tombol order, dan lainnya.

3. Pengiriman email otomatis

Kalian tidak perlu kerepotan mengirimkan email secara manual saat pelanggan membuat akun baru, notifikasi pembelian, hingga pengingat transaksi pembelian.

4. Personalized marketing

Kalian dapat membeli subscriber berdasarkan pada minat serta mengirimkan email yang disesuaikan minat. Kalian juga dapat melihat mengenai bagaimana performa dari campaign serta melakukan testing campaign dalam melihat yang paling efektif.

5. Drag and drop editor

Fitur ini mempermudah di dalam proses desain newsletter.

Tentu saja dengan beragam fitur andalan tadi maka tidak mengherankan jika MailChimp merupakan platform email marketing paling laris yang sudah dipakai jutaan user di lebih 200 negara di dunia.

Cara Menggunakan MailChimp Adalah

Cara Menggunakan MailChimp Adalah

Setelah mengetahui berbagai fitur unggulannya maka sudah saatnya mengetahui cara pemakaiannya. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut.

1. Membuat akun

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah pembuatan akun maka langsung saja masuk ke website resminya.

Setelah masuk ke dalamnya maka tekan saja Sign Up Free lalu isikan kolom email, password, username, hingga alamat domisili. Setelahnya kalian diminta menghubungkan akun dengan berbagai media sosial seperti Twitter dan Facebook (langkah opsional).

Selanjutnya aplikasi akan meminta izin melakukan personalisasi layanan. Nantinya banyak pertanyaan seputar produk yang ditawarkan, alamat website, dan juga nama brand.

Nantinya aplikasi akan dapat menawarkan apps serta tools yang paling sesuai dengan usaha kalian selanjutnya kalian sudah bisa melakukan MailChimp login.

2. Membuat daftar email penerima

Tersedia beberapa pilihan di MailChimp dalam membuat daftar penerima email yang pastinya akan memudahkan di dalam list building. Tersedia tiga cara utama yang paling umum digunakan seperti berikut.

  • Input manual

Cara ini tergolong rumit karena harus dilakukan satu per satu. Masuk ke Manage Audience dan Add a Subscriber. Isikanlah data subscriber setelah itu tinggal minta persetujuan guna melakukan update data agar subscribe nya tidak double.

  • CSV

Kalian hanya memerlukan dokumen Microsoft Excel dan disimpan melalui format CSV.

  • Import data memakai layanan pendukung

Tersedia banyak layanan penghubung yang dapat dipergunakan. Untuk cara termudahnya yakni memakai Google Contacts.

Hal yang perlu diingat di sini adalah saat kalian mengimpor kontak memakai Google Contacts pastikan jumlahnya tidak lebih dari 2000. Jika lebih dari itu maka terdapat biaya tambahan yang perlu untuk dibayarkan.

3. Membuat signup forms

Langkah selanjutnya ketika memakai MailChimp yakni membuat sign up form. Formulir tersebut dapat dipasang pada website, selanjutnya pengunjung website yang berminat dapat mengisikan data diri guna memperoleh kiriman email berkala.

Pembuatannya masuk saja ke Audience – Manage Audience – Signup forms. Nantinya akan tersedia banyak pilihan desain forms yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

4. Membuat campaign

Campaign merupakan fitur yang berguna dalam pembuatan banyak konten guna keperluan marketing campaign. Cara pembuatannya yaitu klik Campaigns – Create Campaign. Selanjutnya pilih salah satu dari campaign yang tersedia di MailChimp.

5. Mengecek reports campaign

Setelah selesai mengirimkan email pastinya kalian ingin mengetahui informasi terkait performa email atau mengevaluasi email. Caranya klik Reports nantinya akan keluar berbagai rangkuman konten yang sudah pernah dibuat pada MailChimp.

Untuk versi gratis laporan yang akan di dapat berupa landing page, automation, dan campaign. Sedangkan versi berbayar kalian akan mendapatkan statistik berbentuk perbandingan.

Melalui rangkuman tadi kalian dapat melihat grafik performa konten. Melalui grafik yang serupa kalian dapat membandingkan presentasi audiens di dalam membuka campaign dengan audiens yang mengklik kontennya.

Supaya lebih paham di dalam membaca grafik perform konten. Untuk lebih jelasnya berikut adalah item-item yang terdapat di dalamnya.

  • Recipients

Jumlah dari penerima email campaign

  • Delivered

Jumlah dari penerima campaign

  • Open rate

Persentase campaign dibuka oleh penerima

  • Click rate

Persentase campaign yang mana kontennya diklik penerima

  • List average for opens and clicks

presentasi dari rata-rata camping yang sebelumnya telah dibuka serta diklik penerima email.

  • Industry average for opens and clicks

Persentase dari rata-rata campaign yang telah dibuka serta diklik lalu dibandingkan industri serupa.

  • Opened

Penerima yang telah membuka campaign.

  • Clicked

Dari penerima yang sudah mengklik URL di campaign.

  • Bounced

penerima yang mana emailnya tidak dapat dikirim secara permanen (kesalahan server memblokir layanan email atau ketik) maupun alasan temporer (inbox email penuh atau ukuran file terlalu besar).

  • Unsubscribed

Penerima email yang sudah memilih untuk tidak berlangganan lagi.

  • Total opens

Jumlah campaign yang dibuka oleh penerima.

  • Successful deliveries

Jumlah campaign yang telah berhasil dikirimkan dengan sukses.

  • Click per unique page open

Data dihitung untuk satu kali buka.

  • Total clicks

Data tersebut juga ikut menghitung URL yang telah di klik berulang kali.

  • Forwarded

Jumlah campaign yang telah diteruskan menggunakan Forward to a Friend.

Selain item di atas masih banyak item lain yang bisa kalian temukan pada overview di MailChimp. Jika kalian tertarik mendalami dunia digital marketing secara lebih luas maka upgrade pengetahuan dengan mengikuti kursus digital marketing di Course-Net.

Berbicara mengenai kualitas sudah tidak perlu diragukan lagi karena sudah berhasil mendapatkan penghargaan internasional selama 3 tahun berturut-turut.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print