course-net
Search
Close this search box.

Facebook Ads Adalah : Rahasia Marketing Dijamin Sukses!

Minet

October 17, 2022

Facebook Ads Adalah : Rahasia Marketing Dijamin Sukses!

Facebook Ads Adalah : Rahasia Marketing Dijamin Sukses! – Mayoritas orang Indonesia pasti mempunyai akun Facebook, bahkan salah satunya Anda yang sedang membaca artikel ini. Facebook merupakan salah satu tempat yang sering diakses setiap harinya. Kondisi ini bisa Anda jadikan kesempatan untuk melakukan promosi bisnis dengan Facebook Ads.

Facebook Inc saat ini sudah menyediakan sebuah layanan iklan yang dinamakan Facebook ads untuk digunakan para pelaku usaha yang gunakan Facebook. Sarana ini bisa Anda jadikan sebagai senjata untuk bisa raup keuntungan dalam media sosial raksasa.

Facebook Ads Adalah : Rahasia Marketing Dijamin Sukses!

Terlebih melihat historinya dari tahun 2018, pengguna Facebook di seluruh dunia mencapai 2.17 miliar. Jumlah ini bisa diartikan sekitar 15% dari jumlah pengguna di tahun sebelumnya. Dengan memanfaatkan peluang inilah, Anda bisa raup keuntungan yang besar dengan hanya melakukan promosi saja.

Belajar Facebook Ads Adalah Strategy Digital Marketing Terbaik

Kenali Facebook Ads Terlebih Dahulu

Kenali Facebook Ads Terlebih Dahulu

Facebook ads adalah sebuah fitur yang memang dirancang secara khusus dengan tujuan mengiklankan sebuah fans page yang sudah Anda buat sendiri. Fans page merupakan halaman yang bisa membuat pengguna Facebook menjadi pengikut di halaman tersebut atau bisa memberikan respon seperti Like.

Adanya fitur ini juga bisa memberikan sebuah kemudahan untuk orang yang melakukan pengiklanan dalam merancang iklan sesuai kebutuhan masing-masing. Fitur ini juga mampu mengatur target konsumen atau pasar yang berdasarkan dengan:

  • Jenis kelamin
  • Usia atau umur
  • Status pernikahan
  • Wilayah geografis
  • Pendidikan
  • Hobi dan lain sebagainya.

Secara garis umumnya, ada beberapa tiga tahapan utama untuk cara membuat Facebook ads, yaitu:

1. Pilih Model Iklan

Tahap pertama. Anda harus pastikan dan pilih bagaimana model iklan yang akan Anda gunakan. Model iklan sendiri terdiri dari beberapa bentuk yaitu:

  • Promote Page Posts, model ini mempromosikan satu postingan terbaru di halaman fans page
  • Get More Page Likes, sediakan model iklan yang bisa dibuat dari pembuatan judul, teks, hingga gambar.
  • Advanced Options, model yang bisa memberikan kebebasan untuk pemilih dalam memilih sendiri iklan yang akan dipromosikan dan bisa memilih harga yang harus dibayarkan.

2. Pilih Target Iklan

Jangan sembarangan memilih target iklan, pastikan kembali kategori-kategori target iklan Anda. Hal ini dilakukan dengan tujuan iklan bisa lebih tepat sasaran. Kategori yang disediakan juga bermacam-macam yaitu umur, hobi. Pendidikan, wilayah, dan lain sebagainya.

3. Harga dan Jadwal Penayangan Iklan

Selanjutnya Anda harus memberikan nama iklan yang akan Anda tayangan. Selain itu. Anda juga perlu melakukan perhitungan biaya iklan yang ada di Facebook. Untuk kondisi ini biasanya terdapat 2 model yaitu CPC dan CPM.

Sama halnya dengan SEM, Facebook Ads juga menerapkan dua metode ini dalam pembayaran, yaitu:

  1. Cost Per Click atau CPC, model ini jika digunakan akan dikenakan biaya setiap kali iklan di klik oleh user atau pengguna Facebook yang sedang menontonnya. Untuk metode ini, biasanya akan dikenakan pemasangan biaya yang dikeluarkan kisaran Rp 650 sampai dengan 1.550 saja.
  2. Cost Per Mile atau CPM, Model CPM ini akan dikenakan biaya setiap 1000 kali penayangan. Pengguna ini akan sama dengan model iklan CPS yaitu target pasar. Biaya pasang jasa ini untuk dijadikan target pasar, bidang bisnis dan masih banyak lainnya.

Penentuan harga iklan ini akan berada pada kisaran biaya antara 650 hingga 1550 rupiah.

Baca Juga : Perbedaan SEO Dan SEM : Pengertian, Manfaat & Keuntungannya

Jenis-Jenis dari Facebook Ads

Selanjutnya terdapat bagaimana fitur ini memberikan jenis-jenis cara iklan yang mana setiap jenisnya mempunyai mekanisme yang berbeda namun satu tujuan yaitu iklan Anda bisa tersampaikan pada masyarakat luas. Inilah jenis Facebook ads yang harus Anda ketahui:

  1. Jenis Facebook photo

Jenis ini dalam penggunaannya cukup memilih foto yang ingin Anda sampaikan. Kemudian link yang Anda sematkan nantinya akan tersambung langsung dengan website milik Anda. Ini cocok banget buat Anda yang ingin mempromosikan produk-produk jualan.

  1. Jenis Facebook video ads

Selanjutnya, jenis ini selangkah lebih menarik untuk membuat pelanggan lebih tertarik dengan iklan Anda. Anda diperlukan mengunggah video maksimal 240 menit untuk menjelaskan detail produk yang Anda jual.

  1. Jenis Slideshow

Sama seperti presentasi, Anda bisa gunakan fitur slideshow untuk bisa mengkombinasi teks, foto, suara bahkan efek menarik dalam iklan Anda. Biasanya yang menggunakan jenis ini akan menggunakan kesempatan 3 hingga 10 halaman dalam menjelaskan informasi iklannya.

  1. Jenis Carousel

Selanjutnya terdapat jenis carousel yang mirip dengan slideshow. Namun ada perbedaan yang bisa Anda temukan yaitu pada jenis ini Anda bisa menentukan sendiri jenis yang tepat untuk iklan Anda.

  1. Jenis Instant Experience

Selanjutnya terdapat instant experience dimana model iklannya seperti Instagram stories. Pengguna nantinya bisa klik, geser gambar, hingga menonton video iklan Anda. Fitur ini memang lebih berfokus pada promosi untuk pengguna seluler di Facebook

  1. Jenis koleksi

Jenis Facebook ads terakhir adalah koleksi dimana fiturnya masih berhubungan dengan instant experience yang bisa menampilkan katalog Anda bersamaan dengan foto atau video. Pengguna akan lebih mudah untuk mengenal penawaran produk yang Anda tampilkan nantinya.

Itulah jenis yang bisa Anda pilih dalam kebutuhan Anda sendiri. Jenis tersebut mempunyai tujuan yang sama yaitu melakukan promosi untuk produk yang Anda jual.

Kenali Facebook Ads, Facebook Ads Library, dan Manager

Seharusnya sekarang Anda sudah bisa menjawab pertanyaan, apa itu Facebook ads? Kenyataannya terdapat pertanyaan terkait Facebook ads library yaitu sebuah fitur gratis dari Facebook yang bisa menampilkan semua iklan yang nantinya tayang di Facebook, Instagram, Messenger, dan Audience Network.

Untuk Facebook ads Manager sendiri merupakan alat yang bisa membantu bisnis dalam pengelolaan akun ads dan aplikasi Facebook lain di dalam satu tempat sekaligus. Dengan begitu, kontrol pemasaran akan jauh lebih mudah.

Baca Juga : Google Ads: Pengertian dan Panduan Menggunakannya

Tips Rahasia

Semua cara tentunya mempunyai tips rahasia agar bisa berjalan lancar dan sukses. Cara belajar Facebook ads agar bisa sukses, yaitu:

  1. Buat iklan yang menarik perhatian konsumen atau pengguna Facebook lainnya
  2. Kuasai ranah karakter konsumen yang Anda targetkan
  3. Selalu optimalkan penggunaan fitur Facebook ads
  4. Berikan kualitas terbaik, contoh Facebook ads yang memberikan pelayanan terbaik adalah dengan memberikan respon cepat dan tepat
  5. Selalu lakukan evaluasi

Dengan poin-poin di atas, Anda bisa pelajari kembali dan meraup kesuksesan hanya dengan melakukan promosi melalui aplikasi Facebook. Tidak ada salahnya menggunakan layanan Facebook ads dalam mempermudah melakukan promosi produk Anda, sebab peluang untuk menarik konsumen sangat tinggi.

Perlu diingat pengguna Facebook sudah semakin banyak dan intensitas penggunaannya semakin meningkat. Jadi, ini sebuah peluang untuk Anda melakukan promosi yang mudah dan gratis. Selamat mencoba melakukan promosi produk jual atau website Anda dengan Facebook ads.

Belajar Facebook Ads Dan Media Iklan Lainnya

Kamu Mau Belajar Facebook Ads ? Ikuti Segera kursus digital marketing di Course-Net, Promo tersedia setiap bulannya. Daftakan diri anda sekarang juga dan ikuti promonya.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!