course-net
Search
Close this search box.

Buka Toko Di Shopee: Syarat dan Beberapa Panduannya

Minet

March 27, 2023

Cara Untuk Buka Toko di Shopee

Buka Toko Di Shopee: Syarat dan Beberapa Panduannya – Shopee merupakan salah satu platform belanja online yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Selain untuk berbelanja, kita juga bisa berjualan di Shopee. Untuk berjualan di Shopee, maka kita perlu buka toko di Shopee terlebih dahulu. Bagaimana caranya? yuk kita simak berbagai cara dan penjelasan detailnya!

Buka Toko Di Shopee: Syarat dan Beberapa Panduannya

Keuntungan Berjualan di Shopee

Buka Toko Di Shopee: Syarat dan Beberapa Panduannya

Salah satu alasan seseorang buka toko di Shopee ialah karena berjualan di Shopee cukup menguntungkan. Berikut ini ialah beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan dari berjualan di Shopee, di antaranya yaitu:

1. Pasar yang luas

Keuntungan pertama yang bisa kita dapatkan dari berjualan di Shopee ialah target pasar yang lebih luas. Dengan target pasar yang luas, maka akan lebih mudah bagi kita menjual produk dan mendapatkan keuntungan. Hal ini karena para pembeli di Shopee tidak dibatasi oleh adanya wilayah, waktu serta batasan umur. Oleh karena itu, semua orang yang menggunakan aplikasi Shopee bisa membeli produk yang kita jual.

2. Program yang menarik baik untuk konsumen maupun seller

Selain memiliki pasar yang luas, keuntungan berjualan di Shopee ialah Shopee memiliki banyak program yang sangat menarik. adapun sebagian besar program tersebut diperuntukkan bagi para penjual dan pembeli. Salah satu program dari Shopee yang menguntungkan kedua belah pihak yaitu program gratis ongkir, hingga detik ini pun belum ada marketplace yang mampu menyaingi program gratis ongkir dari Shopee.

3. Transaksi yang efisien dan praktis

Keuntungan lainnya yang bisa kita dapatkan yaitu transaksinya yang praktis dan efisien. Hal ini dikarenakan jenis transaksi yang disediakan oleh Shopee sangat bermacam-macam, sehingga pengguna bisa memilih jenis transaksi yang sesuai dengan kebutuhan kita. Metode pembayaran yang bisa dilakukan di Shopee juga terhitung sangat banyak, mulai dari melalui minimarket, transfer bank sampai dengan fitur COD yang cukup memudahkan pembeli maupun penjualnya.

4. Modal minim

Siapa yang menyangka jika untuk dapat berjualan di Shopee, kita tidak perlu membayar uang untuk biaya sewa toko. Hal ini tentunya sangat membantu kita dalam meminimalisir modal usaha. Meskipun untuk bergabung menjadi seller di Shopee hanya membutuhkan modal minim, akan tetapi keuntungan yang bisa didapatkan dari berjualan di Shopee lebih menguntungkan.

Baca Juga : E-Commerce Adalah : Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

Cara Untuk Buka Toko di Shopee

Cara Untuk Buka Toko di Shopee

Sebelum menjadi seller atau penjual di Shopee, maka terlebih dahulu kita perlu untuk buka toko di Shopee. Adapun beberapa cara buka toko di Shopee lewat HP di antaranya yaitu:

1. Membuat akun Shopee

Cara buka toko di Shopee yang perlu kita lakukan yang pertama ialah dengan membuat akun Shopee terlebih dahulu. Adapun untuk dapat membuat akun Shopee ada beberapa langkah yang perlu dilakukan, yaitu:

  • Download aplikasi Shopee terlebih dahulu
  • Klik pada daftar
  • Saat melakukan pendaftaran akun, pengguna akan diminta untuk menambahkan nomor telepon serta email untuk melakukan verifikasi akun
  • Akun Shopee berhasil didaftarkan

2. Mengakses seller center

Untuk bisa buka toko di Shopee, selain membuat akun Shopee, kita juga perlu untuk mengakses seller center. Adapun untuk dapat mengakses seller center bisa dengan klik pada bagian profil toko, di situ pengguna bisa melengkapi tampilan toko.

3. Lengkapi profil dari toko serta masukkan produk

Cara buka toko online di Shopee selanjutnya yaitu dengan melengkapi profil toko serta memasukkan produk yang akan dipasarkan. Adapun beberapa hal yang perlu untuk dilengkapi, di antaranya yaitu:

  • Nama toko, dengan memilih nama toko yang unik serta mudah diingat pelanggan
  • Upload gambar, kita bisa mengunggah media berupa video atau gambar untuk memberikan penjelasan mengenai produk yang dijual
  • Deskripsi toko, kita juga bisa membuat deskripsi toko secara singkat dan jelas untuk menarik perhatian para pembeli
  • Unggah produk, caranya yaitu dengan masuk ke Seller center lalu klik Add new product
  • Mencantumkan jumlah stok, harga, serta variasi dari produk yang dijual
  • Isi nama produk, kita perlu memasukkan deskripsi dari nama produk beserta atribut yang relevan dengan nama produk
  • Mengunggah foto produk dengan resolusi yang tinggi
  • Memperbaharui pengaturan seperti pengiriman, dimensi atau ukuran paket, berat produk serta biaya pengiriman
  • Dan lain sebagainya

Baca Juga : Marketplace Adalah : Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

Strategi Berjualan di Shopee Agar Laris Manis

Setelah resmi menjadi seller di Shopee, langkah berikutnya yang perlu kita lakukan ialah mengetahui berbagai strategi yang digunakan untuk berjualan di Shopee agar ramai pembeli. Adapun berbagai strategi yang perlu kita terapkan, yaitu:

1. Pastikan produk yang dijual menarik dan beragam

Setelah buka toko di Shopee, agar jualan kita lancar dan laris, maka kita perlu memastikan terlebih dahulu bahwa produk yang dijual menarik dan bermacam-macam. Semakin banyak produk yang ada di etalase toko, maka akan semakin besar juga peluang mendapatkan pembeli lebih banyak. Hal ini karena biasanya pembeli akan memilih toko yang komplit agar kebutuhannya bisa tercukupi hanya dengan berbelanja di satu toko.

2. Pasang fitur ajakan untuk mengikuti toko

Salah satu kunci kesuksesan berjualan online ialah kita perlu mendapatkan banyak kepercayaan. Biasanya pada marketplace Shopee yang menjadi tolak ukur dijadikan pertimbangan ialah dengan melihat jumlah followers nya. Semakin banyak jumlah followers nya maka akan semakin tinggi tingkat kepercayaan dari pembeli. Oleh karena itu, untuk mendapatkan banyak followers kita bisa memasang fitur ajakan untuk mengikuti.

3. Pasang fitur gratis ongkir

Selain memasang fitur ajakan untuk mengikuti toko, kita juga perlu memasang fitur gratis ongkir. Gratis ongkir merupakan salah satu strategi jitu yang dimiliki oleh Shopee, banyak orang yang tertarik membeli barang di Shopee karena ada program gratis ongkir. Untuk dapat mengaktifkan fitur ini, kita perlu mengajukan pengaktifan fitur terlebih dahulu. Apabila toko kita dilengkapi dengan fitur gratis ongkir, maka akan semakin menarik pembeli untuk membeli produk di toko kita.

4. Ikuti berbagai program promo di Shopee

Selain beberapa cara di atas, cara lain yang cukup jitu agar dagangan kita laris di Shopee ialah dengan mengikuti berbagai program promo di Shopee. Kita juga perlu update mengenai berbagai program, jangan sampai tertinggal. Semakin sering kita mengadakan program maka akan semakin mudah toko kita dikenal banyak orang.

5. Buatlah hasil rekapitulasi penjualan

Rajin membuat rekapitulasi penjualan juga merupakan salah satu strategi berdagang di Shopee. Hal ini dilakukan untuk dapat memudahkan kita dalam mengetahui penghasilan yang didapatkan dari transaksi di Shopee.

Ya, itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk buka toko di Shopee dengan mudah. Agar berhasil menjadi seller, maka kita perlu sebuah strategi berdagang online. bagi kita yang ingin lebih mendalami berbagai platform media online, maka bisa langsung mengikuti kursusnya di Course-Net. Dapatkan berbagai ilmu baru untuk perkembangan bisnis online kita ke depannya. Yuk lakukan pendaftaran sekarang juga!

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print