course-net
Search
Close this search box.

Home >

Marketing Mix Adalah : Manfaat dan Fungsinya

Thursday, 2 November 2023 4:32 PM

Marketing Mix Adalah

Setiap perusahaan memiliki tujuan pemasaran yang berbeda berdasarkan pasar dan strategi bisnis masing-masing. Marketing mix adalah alat yang penting dalam dunia pemasaran untuk membantu perusahaan dalam melaksanakan strategi pemasaran secara efektif.

Dengan adanya perencanaan marketing mix yang baik, perusahaan dapat lebih memahami dan memenuhi kebutuhan konsumen. Simak ulasan berikut untuk mengetahui lebih lanjut mengenai marketing mix.

Marketing Mix Adalah

Marketing mix adalah serangkaian elemen pemasaran yang digunakan oleh perusahaan untuk merencanakan dan menjalankan strategi pemasaran produk atau layanan. Tujuannya yaitu untuk mempengaruhi dan memenuhi kebutuhan target audiens dengan cara yang efektif.

Marketing mix adalah alat yang berguna bagi marketer untuk mengevaluasi strategi pemasaran dan kampanye yang telah dijalankan. Dengan ini, mereka dapat memahami faktor yang mempengaruhi keberhasilan produk atau layanan di pasar. Dari situlah marketing dapat mengidentifikasi strategi terbaik dan efektif untuk melakukan promosi.

Ada 2 konsep marketing mix, yaitu 4P dan 7P. 4P meliputi product, price, place, promotion.

Setelah itu, 4P telah berkembang dan mencakup elemen-elemen tambahan seperti people, process, dan physical evidence. Konsep itulah yang disebut dengan 7P.

Manfaat Marketing Mix

Marketing mix memiliki beragam manfaat dan keuntungan dalam pemasaran. Berikut beberapa manfaat utama dari penerapan marketing mix :

1. Mengembangkan Produk yang Tepat

Perusahaan dapat merancang produk atau layanan yang dapat memenuhi keinginan dan sesuai dengan kebutuhan konsumen. Hal ini dapat membantu dalam pengembangan produk agar lebih menarik dan laku di pasaran.

2. Menentukan Harga yang Sesuai

Harga produk dapat ditentukan berdasarkan berbagai faktor. Contohnya yaitu seperti permintaan pasar, biaya produk, dan harga yang kompetitif namun menguntungkan.

3. Menjangkau Pelanggan dengan Efektif

Perusahaan dapat menentukan strategi efektif yang dapat menjangkau pelanggan atau target audiens. Melalui elemen ‘place‘, perusahaan memutuskan di mana dan bagaimana produk akan tersedia bagi pelanggan.

4. Mengevaluasi Kinerja

Adanya kerangka kerja marketing mix dapat membantu perusahaan untuk mengukur dan menganalisis kinerja pemasaran. Hal itu dapat membantu perusahaan untuk mengevaluasi apakah strategi yang dijalankan berhasil atau tidak.

Dengan begitu, perusahaan dapat membuat perubahan strategi berdasarkan hasil evaluasi jika diperlukan.

5. Merencankan Strategi Pemasaran yang Efisien

Berdasarkan elemen ‘promotion’, perusahaan dapat merancang dan melaksanakan strategi promosi yang efisien. Dengan strategi yang matang, maka dapat tercipta pesan yang efektif untuk mempromosikan produk atau layanan kepada audiens.

Fungsi Marketing Mix

Ada beberapa fungsi utama yang dimiliki marketing mix, terutama dalam hal perencanaan dan pengelolaan strategi pemasaran. Berikut beberapa fungsi utama marketing mix :

1. Memenuhi Kebutuhan Konsumen

Salah satu fungsi utama marketing mix adalah memastikan produk yang ditawarkan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen. Hal ini melibatkan pengembangan produk yang relevan sesuai dengan pengelolaan elemen.

2. Meningkatkan Brand Awareness dan Citra Perusahaan

Marketing mix dirancang untuk meningkatkan brand awareness serta menaikkan reputasi perusahaan. Diambil dari elemen “promotion”, perusahaan dapat membuat merek mereka lebih dikenal dan menjangkau pasar.

Namun sebelum itu perlu juga untuk mengidentifikasi peluang dan tantangan yang ada di pasar. Dengan memanfaatkan peluang, mereka dapat meningkatkan kepuasan pelanggan sehingga perusahaan dapat memiliki reputasi yang sangat baik.

3. Meningkatkan Penjualan

Marketing mix dapat bermanfaat untuk meningkatkan penjualan produk atau layanan. Namun semua itu diperlukan strategi pemasaran yang tepat.

Untuk mencapai penjualan yang lebih tinggi, perusahaan harus menentukan harga, pemasaran, serta distribusi yang tepat dan efektif.

4. Membantu dalam Pengambilan Keputusan

Untuk mengembangkan strategi pemasaran yang efektif, perusahaan harus mempertimbangkan semua elemen yang relevan. Karena itulah marketing mix dapat berfungsi untuk membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan untuk hasil yang lebih baik.

Dengan mempertimbangkan berbagai elemen, mereka dapat merencanakan strategi pemasaran sehingga dapat menjalankan kampanye yang efektif dan konsisten.

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan diatas, Anda dapat memahami bahwa marketing mix adalah alat penting yang dapat membantu perusahaan untuk merencanakan dan menerapkan strategi pemasaran mereka secara efektif. Dengan adanya elemen-elemen tersebut, perusahaan memiliki patokan untuk mencapai tujuan dan memberi kepuasan kepada pelanggan.

Untuk memperdalam ilmu marketing, Anda dapat mengikuti kursus Digital Marketing hanya di Course-Net. Dengan materi yang berkualitas dari Coach kelas dunia, Anda dapat dengan cepat menguasai strategi pemasaran dan menjadi Digital Marketer Profesional.

Artikel Terkait

Tags

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!

Mau Berkarir Di Bidang Digital Marketing? Tapi Ga punya Basic IT

Kursus di Course-Net, Anda akan didampingi langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. 100.000++ ORANG DARI LEVEL MAHASISWA, STAFF, MANAGER, HINGGA BUSINESS OWNER TELAH BERGABUNG BERSAMA DI COURSE-NET INDONESIA DAN TERUS BERTAMBAH! Jadi Kapan giliran Anda ikut kursus di Course-Net?