course-net
Search
Close this search box.

Home >

Online Marketing: Pengertian, Kelebihan, dan Contohnya

Wednesday, 22 November 2023 1:35 PM

online marketing

Pemasaran online atau online marketing merupakan strategi pemasaran produk atau jasa secara online menggunakan internet. Sejalan dengan perkembangan internet yang pesat, pemasaran online juga semakin populer.

Tidak dipungkiri memang strategi pemasaran seperti ini menjadi penting agar bisa bersaing di era digital. Lantas, apa yang membedakan pemasaran online dengan teknik pemasaran konvensional? Berikut penjelasan selengkapnya.

Apa Itu Online Marketing?

online marketing

Online marketing atau pemasaran online dapat diartikan sebagai praktik memanfaatkan platform online untuk menjual dan mempromosikan brand, produk atau layanan kepada pelanggan potensial maupun pelanggan yang sudah ada.

Dalam beberapa tahun belakang, pemasaran online semakin banyak dilakukan oleh para pelaku bisnis. Mulai dari UMKM hingga perusahaan besar memanfaatkan pemasaran melalui internet untuk menawarkan produk atau jasa kepada konsumen.

Pemasaran online termasuk bagian dari pemasaran digital (digital marketing). Pada pemasaran online mengharuskan pengguna menggunakan jaringan internet untuk bisa menjalankan tugas pemasarannya.

Kelebihan Online Marketing

Di era digital seperti sekarang, marketing online menjadi salah satu strategi yang efektif untuk mendukung bisnis dan meningkatkan penjualan. Lalu, apa kelebihan menggunakan pemasaran online?

1. Akses yang luas

Salah satu keunggulan yang ditawarkan dari pemasaran online adalah akses yang lebih luas dan tidak terbatas. Anda bisa mempromosikan produk atau jasa tanpa terkendala batas geografis maupun transportasi.

Hanya melalui perangkat gadget yang Anda miliki, Anda bisa menawarkan bisnis Anda ke konsumen yang ada di seluruh Indonesia dan bahkan seluruh dunia. Tidak perlu membeli tiket pesawat atau mendatangi kota tertentu untuk promosi bisnis.

2. Mendapatkan feedback instan

Kenapa perlu online marketing? Pemasaran ini dapat membantu perusahaan Anda mendapatkan feedback langsung dari konsumen. Biasanya feedback instan diberikan melalui review produk atau jasa di internet.

Anda bisa mengetahui seberapa puas konsumen dengan produk yang Anda tawarkan. Hal ini juga dapat membantu perusahaan untuk melakukan perbaikan terhadap bisnis agar ke depannya lebih baik sesuai harapan konsumen.

3. Tersedia 24 jam

Salah satu kelebihan pemasaran online adalah pemasaran yang tidak terbatas pada jam operasional saja. Jika Anda meletakan produk di platform online, maka calon konsumen dapat mengakses produk tersebut kapan saja tanpa ada batasan waktu.

Pemasaran produk Anda dapat dilihat setiap hari selama 24 jam. Hal tersebut dapat membantu meningkatkan penjualan dan keuntungan perusahaan.

4. Biaya yang murah

Secara umum, biaya pemasaran online lebih hemat dibanding pemasaran konvensional. Hal ini karena Anda bisa membuat satu iklan untuk banyak audiens. Bayangkan berapa biaya yang perlu dikeluarkan jika Anda ingin brosur iklan Anda dilihat banyak orang.

Bahkan pemasaran online memungkinkan Anda untuk membuat iklan secara gratis. Salah satu contoh marketing online adalah promosi melalui media sosial yang tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun.

5. Menghemat banyak waktu

Selain hemat dari segi biaya, keunggulan online marketing juga hemat dari segi waktu. Ketika iklan Anda sudah dipublikasikan di internet, maka saat itu juga konsumen dapat memperoleh informasi terkait produk yang Anda tawarkan.

Konsumen dapat mengakses produk Anda kapan saja dan di mana saja. Sebagai penjual, Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk menawarkan produk ke banyak konsumen karena dengan sekali klik, otomatis iklan Anda langsung disebarkan di internet.

6. Pemasaran yang lebih terukur

Salah satu kelebihan dari pemasaran online adalah performa iklan yang lebih terukur. Anda dapat mengetahui seberapa banyak orang yang melihat produk Anda, melakukan klik, dan lain sebagainya.

Contoh Strategi Online Marketing yang Efektif

Sebagian besar masyarakat saat ini menggunakan internet untuk mencari informasi. Oleh sebab itu, promosi melalui platform online menjadi langkah efektif agar bisnis Anda lebih mudah dikenal luas oleh masyarakat. Adapun strategi pemasaran online yang bisa dilakukan antara lain:

1. SEO (Search Engine Optimization)

SEO adalah salah satu strategi pemasaran digital yang sudah banyak diterapkan berbagai bisnis. Tujuan SEO yaitu meningkatkan traffic organik ke website bisnis agar produk Anda bisa dilihat oleh banyak orang.

Manfaat SEO sebagai strategi online marketing adalah pemasaran yang lebih tertarget. Hal ini dapat membantu meningkatkan konversi dan penjualan.

2. SEM (Search Engine Marketing)

Seperti SEO, strategi pemasaran menggunakan SEM memiliki keunggulan pada target pasar yang jauh lebih spesifik. Target audiens dapat ditentukan agar lebih relevan dengan produk atau jasa yang ingin ditawarkan.

Jika SEO memungkinkan website Anda berada di halaman pertama pencarian Google, SEM memungkinkan website Anda menduduki peringkat paling atas di hasil pencarian. Namun, strategi online marketing menggunakan SEM mengharuskan Anda mengeluarkan biaya.

3. SMM (Social Media Marketing)

Social Media atau media sosial memiliki kekuatan yang cukup besar untuk menyebarkan suatu pengaruh pada masyarakat. Anda bisa memanfaatkan tren media sosial untuk promosi di platform online seperti Instagram, Facebook, YouTube, TikTok dan lain-lain.

Cara marketing online melalui media sosial yaitu dengan membuat konten yang menarik dan relevan dengan produk yang ditawarkan. Anda juga bisa menggunakan jasa influencer untuk promosi produk di media sosial.

4. Email Marketing

Contoh pemasaran online yang bisa dicoba adalah email marketing. Strategi pemasaran ini cocok untuk bisnis yang sudah memiliki database pelanggan. Biasanya melalui subscribe email di website yang kemudian dapat dimanfaatkan perusahaan untuk menawarkan produk-produk terbaru.

Selain itu, email marketing juga bisa berupa ads yang nantinya muncul di kotak masuk email dengan label promosi. Untuk melakukan pemasaran seperti ini, Anda membutuhkan biaya tertentu.

5. WhatsApp Marketing

Anda dapat memanfaatkan aplikasi WhatsApp untuk menerapkan online marketing yang lebih simple, mudah, dan cepat. Caranya dengan membagikan Story WA atau melalui chat. Anda bisa mulai promosi ke teman, keluarga, maupun rekan-rekan yang dikenal.

Pada perusahaan besar, biasanya WhatsApp marketing dilakukan kepada konsumen yang pernah memberikan informasi nomor telepon. Pastikan Anda hanya mengirimkan promosi produk ke pelanggan yang memang pernah menghubungi Anda. Jangan spam atau membuat calon konsumen Anda merasa risih dan terganggu.

6. Pay Per Click

PPC atau Pay Per Click termasuk salah satu teknik marketing online yang efektif untuk memperkenalkan suatu produk ke konsumen. Anda bisa memanfaatkan Google Ads, Facebook Ads, dan sejenisnya untuk keperluan pemasaran online ini.

Nantinya produk atau layanan Anda akan ditautkan ke situs tertentu yang relevan. Misalnya, produk Anda adalah jasa travel, maka iklan akan ditampilkan pada website info wisata.

Jika Anda menggunakan PPC, maka Anda perlu membayar sejumlah biaya setiap kali ada pengguna yang klik iklan tersebut. Meski demikian, strategi pemasaran online ini cukup efektif karena iklan yang muncul lebih relevan dengan informasi yang sedang dicari calon konsumen.

Pemasaran online atau pemasaran digital memang penting untuk menghadapi era industri 4.0. Yuk, tingkatkan kemampuan digital marketing Anda bersama CourseNet di kelas digital marketing.

Demikian pembahasan mengenai online marketing beserta keunggulan dan contohnya. Anda dapat memilih alat pemasaran online sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang dimiliki.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!