SEM (Search Engine Marketing): Pengenalan Apa Itu SEM & Jenis SEM

SEM Adalah : Pengenalan Apa Itu SEM, Perbedaan & Jenis SEM – Anda pasti menginginkan website yang Anda miliki bisa menjadi saran pertama yang muncul di halaman pencarian. Semua itu bisa Anda lakukan dengan cara menggunakan SEM. Cara inilah yang akan membantu website Anda menjadi halaman yang muncul di awal-awal halaman.

Search Engine Marketing atau SEM adalah bentuk dari pemasaran yang ada di internet dengan tujuan untuk meningkatkan visibilitas website pada halaman mesin pencarian. Nantinya kata kunci yang dituliskan oleh user langsung akan terdeteksi cocok dengan halaman yang Anda miliki.

SEM Adalah : Pengenalan Apa Itu SEM, Perbedaan & Jenis SEM

Pentingnya Gunakan SEM Untuk Bisnis

Masih banyak yang mempertanyakan terkait apa itu SEM? SEM sendiri sudah banyak digunakan sebagai sebuah strategi pemasaran sehingga banyak konsumen yang mengunjungi website bisnis. Bisa kita anggap cara ini berlangsung dengan membeli traffic, dimana kita membayar mesin pencari.

SEM sangat penting dan termasuk cara yang efektif digunakan sebagai media promosi dan mengarahkan calon konsumen untuk datang mengunjungi website. Hal ini terjadi karena Search Engine Marketing mampu menempatkan website Anda pada halaman pertama pencarian.

Mekanisme Kerja Search Engine Marketing atau SEM

Anda pasti penasaran bagaimana cara kerja Search Engine Marketing bekerja sehingga bisa menampilkan website pada halaman pertama pencarian. Sebelum masuk ke dalam cara kerjanya, Anda juga harus melakukan hal-hal berikut ini terlebih dahulu :

  • Lakukan riset keyword yang strategis untuk digunakan
  • Buat struktur kampanye dengan pengelompokan keyword dalam beberapa kategori
  • Buat kategori berdasarkan jenis produk Anda
  • Adopsi layanan search engine marketing

Mulai dari sinilah, search engine marketing yang akan membantu website Anda bisa tampil di halaman pertama di mesin pencari. Tentunya semua akan bergantung dari riset keyword dan pengelompokan keyword.

Search Engine Marketing akan melakukan mekanisme kerjanya, dengan cara berikut ini :

  1. Setelah Anda melakukan registrasi pada penyedia layanan, maka data Anda akan masuk
  2. Sebelumnya Anda juga diminta untuk menentukan dengan detail terkait iklan yang diinginkan seperti lokasi, kata kunci, dan hal lainnya.
  3. Setelah itu search engine yang akan mengadakan pelelangan antara pengiklan-pengiklan yang lainnya yang mempunyai keyword yang sama.
  4. Ketika pelelangan selesai, search engine kemudian memperlihatkan pemenang lelang di halaman hasil telusur.
  5. Akhirnya Anda akan memperoleh laporan kinerja iklan.
  6. Selanjutnya Anda akan diminta pembayaran dengan ketentuan sejumlah klik yang Anda dapatkan.

Oleh karena itu, Anda penting melakukan riset keyword yang memang sering digunakan oleh konsumen dan mudah diingat konsumen.

Jenis dan Keuntungan Gunakan SEM

Saat mengutip SearchEngineland, diketahui Search Engine Marketing ini mempunyai beberapa jenis SEM terkait pengoperasiannya, antara lain:

  • Jenis Paid search ads

  • Jenis Paid search advertising

  • Jenis PPC atau Pay Per Click

  • Jenis PPC atau Pay Per Call

  • Jenis CPC atau Cost Per Click

  • Jenis CPM atau Cost Per thousand impressions

Tentunya jenis-jenis inilah yang nantinya akan berpengaruh dalam proses pembayaran saat gunakan jasa SEM.

Keuntungan SEM yang bisa Anda dapatkan saat memutuskan bergabung dengan pelayanan yang diberikan adalah :

  • Gunakan iklan berbayar untuk dapatkan konsumen baru. Anda bisa pastikan website yang Anda miliki sudah tampil di tempat yang tepat.
  • Penggunaan yang mudah dikontrol dan disesuaikan dengan biaya dan waktu
  • Anda bisa mendapatkan pencapaian target yang lebih mudah, karena jasa ini akan berfokus dalam target pemasaran.
  • Anda bisa lakukan control secara menyeluruh, jasa ini akan bertugas sebagai sarana promosi.
  • Percakapan yang meningkat karena sudah miliki target pemasaran dengan konsumen yang relevan.

Dengan keuntungan itulah sudah banyak orang yang mempertimbangkan hingga menggunakan search engine marketing untuk urusan promosi website.

perbedaan seo dan sem

Mana Lebih Bagus, SEM atau SEO?

Jika sudah mengenal secara dasar terkait SEM, pasti Anda juga akan mendengar SEO. SEM dan SEO sejatinya tidak memiliki perbedaan yang sangat mendasar, namun tetap saja dari keduanya pasti ada keunggulan atau fungsi kerjanya masing-masing.

Baca Juga : Perbedaan SEO Dan SEM : Pengertian, Manfaat & Keuntungannya

Anda pasti penasaran dan bimbang, ingin memilih yang mana antara SEO atau SEM. Perbedaan SEM dan SEO yang biasanya dibandingkan tentunya dengan menggunakan perbandingan keunggulan dari keduanya, yaitu :

  1. Kelebihan dan Kekurangan dari SEM

Search Engine Marketing mempunyai kelebihan dalam urusan garansi. Garansi ini nantinya bisa digunakan masuk ke dalam halaman Google. Hanya saja dibalik kelebihan pasti ada juga kekurangannya yaitu Anda akan membutuhkan biaya untuk menggunakannya.

  1. Kelebihan dan Kekurangan dari SEO

SEO atau Search Engine Optimization mempunyai kelebihan saat melakukan optimasi, yaitu Anda tidak akan dibebankan mengeluarkan biaya alias gratis. Kekurangan dari SEO ini adalah banyak sekali saingan untuk bisa mencapai halaman utama dari mesin pencari.

Itulah perbedaan yang sering dilihat dari keduanya, meskipun dua-duanya mempunyai tugas yang sama. Namun ada yang mengatakan SEO mempunyai tugas hanya mengandalkan keywords agar website bisa dijangkau oleh pengguna dan SEM mempunyai tugas untuk memaksimalkan kinerja dari SEO.

Selain dari kelebihan dan kekurangan yang dibandingkan, ternyata masih ada aspek lain yang bisa dibandingkan, yaitu:

  1. Target audiens, dimana SEM memberikan kebebasan kepada klien untuk memilih target audiensnya. Untuk SEO, Anda tidak diajak untuk memilih targetnya. Anda harus bisa menaikkan konten pada website sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan lainnya.
  2. Segi kecepatan, SEM akan lebih terasa lebih cepat dibanding SEO.
  3. Segi jangka waktu, SEO akan memberikan dampak optimasi yang lama namun SEM hanya bisa bertahan sesuai dengan jangka waktu yang sudah ditentukan di awal.
  4. Segi Potensi CTR atau Click Trough Rate, SEO mempunyai potensi yang lebih besar dibandingkan dengan SEM.
  5. Segi anggaran atau biaya, tentunya SEM akan membutuhkan biaya guna membayar iklan. Untuk SEO sendiri bisa Anda gunakan tanpa harus mengeluarkan biaya karena memang gratis.

Contoh dari SEM Adalah

Setelah jauh mengenal dari pengertian hingga manfaatnya maka saat in Anda juga perlu mengenal contoh dari Search Engine Marketing. Saat ini sudah bermacam format yang digunakan dalam Search Engine Marketing diantaranya adalah ;

  • Format bentuk text
  • Format PLAs atau Product Listing Ads atau Shopping Ads
  • Format produk
  • Format harga
  • Format review
  • Format rating

Biasanya Search Engine Marketing akan digunakan di antaranya :

  1. Google Adswords atau Google Ads
  2. Bing
  3. Yahoo Gemini
  4. Dan Ask

Search Engine Marketing ini berbeda dengan iklan yang diadakan di televisi ataupun radio dan media social lainnya. Justru Teknik periklanan ini akan membutuhkan jaringan internet, sehingga konsumen dengan posisi yang jauh dan waktu yang tepat mereka bisa mendapatkan informasi baru dengan mudah dan terbuka.

Baca Juga : Pengertian Digital Marketing : Strategi, Manfaat Dan Jenisnya

Selesai sudah informasi yang bisa diberikan terkait SEM atau Search Engine Marketing. Sangat diharapkan informasi ini bisa membantu dan menambah pengetahuan untuk Anda yang sedang menggeluti bidang ini. Tidak lupa untuk selalu menambah pengetahuan Anda yang masih linear dengan hal ini.

Mau Jago SEO & SEM ? Ikuti Kelas Digital Marketing

Kamu mau handal SEO & SEM , kamu bisa ikuti kursus digital marketing yang tersedia di Course-Net. Untuk mengikuti kelas bisa langsung mengisi form dibawah ini :

Semoga artikel yang kami berikan berguna untuk anda, Dapatkan informasi IT lainnya hanya di Blog Course-Net.

Share This Post

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Thanks for submitting your rating!
    Please give a rating.

    Thanks for submitting your comment!
    coming soon

    Artikel Rekomendasi