course-net
Search
Close this search box.

Home > , ,

8 Panduan Berkarir Di Bidang Cyber Security Dimulai Dari 0

Friday, 17 May 2024 11:20 PM

8 Panduan Berkarir Di Bidang Cyber Security Dimulai Dari 0

Seiring berkembangnya waktu, saat ini cyber security menjadi pekerjaan yang berkembang pesat pada era teknologi yang canggih. Hal tersebut karena pekerjaan yang satu ini diketahui mempunyai potensi yang cukup besar.

Maka dari itu banyak orang tertarik dengan pekerjaan ini, bagi yang ingin mengetahui panduan membangun karier di bidang cyber security simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Panduan Berkarir Di Bidang Cyber Security Dimulai Dari 0
Source BPPTIK

Tips Sukses Panduan Berkarir di Bidang Cyber Security Dari 0

Keberadaan industri digital yang semakin berkembang memperlihatkan kecanggihan teknologi serta data yang terus meluas. Semakin berkembangnya teknologi juga tidak terlepas dari kerentanan data dari ancaman penjahat yang ada di dunia maya atau yang sering disebut dengan cyber crime.

Dengan banyaknya cyber crime yang terjadi ini mengakibatkan perusahaan memerlukan sosok yang dapat melindungi data ataupun aset perusahaan. Profesi yang memegang peranan penting serta tanggung jawab akan hal ini disebut dengan cyber security. Berikut ini adalah panduan membangun karier di bidang cyber security bagi yang tertarik dengan profesi yang satu ini.

1. Mengetahui pengetahuan dasar cyber security

Cara pertama yang harus dilakukan yaitu memahami pengetahuan dasar tentang cyber security yang terdiri dari software, hardware serta sistem operasi yang biasa digunakan. Seperti yang diketahui ketika bekerja di industri IT ketiga komponen dasar ini wajib diketahui dengan baik. Selain itu kamu juga boleh mengikuti kursus cyber security sebagai tempat kamu untuk belajar dari 0.

Pada profesi ini, software yang digunakan diantaranya perangkat lunak seperti office, adobe, antivirus serta software lainnya yang ada pada perangkat. Sementara untuk hardware atau perangkat keras yang wajib diketahui yaitu perangkat keras berupa komputer serta jaringan komputer yang menunjang proses analisis cyber crime. lalu untuk OS yang digunakan akan berfungsi dalam mengatur sumber daya yang ada pada hardware dan juga software.

Belajar pemrograman dasar Coding
Source : CPO Magazine

2. Belajar pemrograman dasar

Selain pengetahuan dasar yang berkaitan dengan perangkat lunak, keras dan OS yang digunakan, hal yang wajib dipelajari selanjutnya berkaitan dengan bahasa pemrograman yang sudah tidak asing lagi bagi programmer. Dengan memahami pemrograman seseorang dapat memeriksa perangkat lunak.

Fungsi lainnya yaitu mendeteksi adanya kode berbahaya, mengetahui adanya kerentanan keamanan serta membantu dalam menjalankan tugas yang berkaitan dengan keterampilan analitis serta cyber security. Namun bahasa pemrograman yang dipelajari juga harus sesuai dengan konsentrasi karier yang dipilih.

Salah satu contohnya yaitu terdapat bahasa forensik komputer, analisis malware, keamanan aplikasi web dan masih banyak lagi. Selain itu terdapat beberapa bahasa pemrograman lain yang umum harus dikuasai seperti C dan C++ yaitu untuk mengakses infrastruktur teknologi informasi level rendah contohnya RAM serta proses sistem.

Bahasa selanjutnya yang wajib dikuasai yaitu Phyton yang digunakan untuk membantu mengirim TCP pada mesin, mengidentifikasi kerentanan pada digital security serta membuat sistem deteksi jika terjadi penyusupan. Bahasa ketiga yaitu JavaScript yang berguna untuk memahami konsep cara kerja sebuah situs web serta aplikasi lainnya yang dapat membantu menangkal hacker.

Bahasa keempat ada PHP yang menerapkan solusi kuat dalam mengamankan aplikasi web dan menerapkan cyber security yang ada pada web. Bahasa yang terakhir yaitu SQL yang memelihara serta mengambil data.

Resiko Serangan Hacker
Source : Microsoft

3. Menguasai cara menganalisa serta mengantisipasi risiko

Tips yang ketiga yaitu Anda harus bisa menguasai cara analisa dan antisipasi risiko yang benar. Dalam hal ini Anda harus bisa menguasai berbagai proses maupun kebijakan perusahaan supaya tidak terdapat pelanggaran data ataupun keamanan konsumen.

Hal tersebut dapat meminimalisisr kerusakan yang terjadi saat nanti terjadi cyber crime. Jadi dengan mempunyai skill ini Anda dapat menjadi ahli cyber security yang dapat diandalkan perusahaan.

cyber attack
Source : Aspire

4. Melatih kemampuan dalam mendeteksi adanya cyber attack

Tugas utama seorang cyber security yaitu mendeteksi adanya potensi serangan cyber crime. Maka dari itu dalam hal ini untuk menjadi cyber security Anda harus dapat melatih kemampuan supaya bisa mendeteksi adanya berbagai ancaman serangan yang diperoleh dari hacker jahat.

penetration testing
Source : Imperva

5. Melatih penetration testing

Penetration testing merupakan percobaan simulasi terhadap serangan yang dapat dilakukan pada jaringan perusahaan maupun organisasi dalam menemukan kelemahan pada sistem jaringan tersebut. Umumnya orang yang melakukan tugas ini disebut dengan penetration tester.

Adapun tujuan dari testing ini yaitu untuk menentukan serta mengetahui adanya serangan yang dapat terjadi dari kerentanan yang ada di sistem. Selain itu juga untuk mengetahui dampak bisnis yang disebabkan dari hasil eksploitasi oleh hacker.

Berminat untuk upgrade skill di bidang Penetration tester, Anda bisa upgrade skill untuk mengikuti kursus cpent di Course-Net.

Portfolio
Source : Devpost

6. Membangun portofolio, mendapatkan sertifikat, mencari lowongan pekerjaan

selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menyusun portofolio. Portofolio adalah sekumpulan dokumen yang berisi kumpulan proyek yang pernah dikerjakan yang nantinya ditunjukkan pada perusahaan untuk bukti terhadap performa, pencapaian serta hasil kerja yang ditekuni. Adapun isi portofolio cyber security umumnya berisi bug bounty report, Pwn-machine dan lainnya.

Tidak hanya portofolio saja namun untuk memperkuat skills yang dimiliki Anda juga harus mempunyai sertifikat di bidang IT ini. Salah satu contoh sertifikat yang sering dicari perusahaan yaitu CompTIA PenTest + certification. Kemudian langkah terakhir yang dapat dilakukan setelah menyiapkan semua hal Anda bisa lanjut untuk mencari lowongan pekerjaan di bidang ini.

Tentukan jenis karir yang diinginkan
Source : Mindmajix

7. Tentukan jenis karir yang diinginkan

Setelah menyusun portofolio dan mencari berbagai lowongan pekerjaan yang ada jangan lupa juga saat mencari pekerjaan ini Anda telah memutuskan jenis karier yang akan dituju contohnya memilih antara analisis risiko atau manajemen keamanan.

Hal ini dinilai menguntungkan sebab menjadi langkah awal yang krusial. Dengan mempunyai pemahaman yang jelas tentang fokus yang diinginkan maka Anda bisa merancang langkah-langkah karier dengan lebih terarah.

Certified Hacker
Source : Ec-council

8. Jalan pintas panduan membangun karier di bidang cyber security

Selain mengikuti panduan di atas atau mempelajari cyber security dengan cara otodidak, selanjutnya Anda juga dapat mengikuti pelatihan di CourseNet secara online. Dengan mengikuti pelatihan ini akan memberikan Anda jalan pintas sebab dari pelatihan ini Anda akan mendapatkan berbagai fasilitas.

Contoh fasilitas yang akan didapat diantaranya job connector, mini project, career coaching, report portofolio hingga sertifikasi yang bisa Anda dapatkan sekaligus dengan mengikuti pelatihan ini. Jadi dengan mengikuti pelatihan ini Anda sudah tak perlu lagi susah-susah dalam mencari lowongan pekerjaan. Hal tersebut karena hal ini sudah langsung difasilitasi oleh pihak pelatihan.

Selain itu tak lupa juga Anda akan mendapatkan interaktif review yang dilakukan langsung oleh tutor terpercaya. Dengan mengikuti pelatihan ini Anda bisa memahami langkah-langkah serta best practice untuk menjadi cyber security pemula yang profesional dan juga baik.

Itulah beberapa panduan membangun karier di bidang cyber security yang bisa Anda lakukan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda dan selamat mencoba.

Mau Berkarir Di Bidang Cyber Security ?

Saatnya kamu ambil kesempatan untuk berkarir menjadi cyber security dengan gaji 2 digit. Di Course-Net kamu akan dibimbing langsung oleh Coach praktisi aktif yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun.Course-Net juga sudah di percaya lebih dari 469 Corporate client. Untuk cyber security sendiri, di Course-Net ada 3 pilihan program yaitu kursus CEH, kursus CHFI ( Digital Forensic Hacking ) & Kursus CPENT ( Penetration Testing).

Artikel Terkait

Tags

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!

Mau Berkarir Di Bidang Digital Forensic? Tapi Ga Punya Basic IT

Kursus di Course-Net, Anda akan didampingi langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. 100.000++ ORANG DARI LEVEL MAHASISWA, STAFF, MANAGER, HINGGA BUSINESS OWNER TELAH BERGABUNG BERSAMA DI COURSE-NET INDONESIA DAN TERUS BERTAMBAH! Jadi Kapan giliran Anda ikut kursus di Course-Net?