March 2, 2023

Cara Mencegah dan Menghindari Kejahatan Digital

Mau tanya Soal Kursus IT ? ? Atau Mau Tanya Soal Biaya ? Yuk Tanya Via Whatsapp ?

Cyber Crime Adalah: Pengertian, Jenis, dan Cara Mencegahnya – Kehadiran internet di tengah masyarakat memang banyak memberikan kemudahan untuk melakukan berbagai aktivitas. Sayangnya, hal ini juga diiringi dengan semakin tingginya kejahatan di dunia maya atau yang dikenal dengan istilah cyber crime atau kejahatan siber. Oleh karena itu, kita harus tetap waspada dalam menggunakan internet agar bisa terhindar dari serangan penjahat siber.

Pemahaman mengenai kejahatan siber bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan akan pentingnya perlindungan terhadap informasi pribadi yang Anda miliki. Untuk itulah, kali ini kita akan membahas lebih jauh mengenai apa itu kejahatan siber, jenis-jenisnya, serta bagaimana cara mencegahnya. Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Pengertian Cyber Crime, Kejahatan Nyata di Dunia Maya

Apa Itu Cyber Crime

Cyber Crime Adalah: Pengertian, Jenis, dan Cara Mencegahnya

Cyber crime adalah istilah yang mengacu pada aktivitas kejahatan menggunakan komputer maupun jaringan komputer. Di Indonesia, istilah tersebut dikenal dengan nama kejahatan dunia maya atau kejahatan siber. Jenis kejahatan ini menggunakan peralatan teknologi sebagai alat, sasaran, dan tempat terjadinya kejahatan.

Menurut Organization of European Community Development (OECD), pengertian cyber crime merupakan semua bentuk akses yang ilegal terhadap sebuah data. Ini artinya, seluruh bentuk tindakan yang dilakukan dengan cara tidak sah menggunakan perangkat komputer termasuk untuk mengirimkan, mengakses, dan memanipulasi data adalah sebuah tindakan kejahatan siber.

Konsep kejahatan siber ini juga bisa dipahami sebagai tindakan kejahatan yang terjadi di dunia maya dengan memanfaatkan jaringan internet sebagai sasaran utamanya. Munculnya tindak kejahatan ini menjadi efek dari semakin digitalnya kehidupan masyarakat di era kekinian seperti sekarang, sehingga semakin banyak urusan yang diselesaikan dengan cara online yang memiliki nilai besar.

Bentuk Tindakan Cyber Crime yang Mengancam Pengguna Internet

Segala bentuk tindak kejahatan yang menggunakan teknologi komputer serta jaringan internet termasuk sebagai kejahatan siber. Tentunya ada banyak sekali jenis kejahatan siber yang dapat terjadi dan mengancam para pengguna internet di dunia. Agar lebih waspada, sangat penting untuk mengetahui apa saja bentuk tindakan cyber crime di dunia maya berikut ini.

  1. Phising

Jenis kejahatan siber yang pertama adalah phising. Phising adalah kejahatan yang dilakukan secara online dengan cara mencuri identitas pribadi. Data-data yang paling sering dicuri adalah nama, alamat, usia, akun, serta kode sandi. Biasanya, pelaku kejahatan ini mengelabui korban dengan cara mengirimkan link yang di dalamnya mengharuskan calon korban untuk mengisi data pribadi.

  1. Cracking

Cracking merupakan sebuah kejahatan digital berupa percobaan masuk ke dalam sistem komputer secara paksa dengan meretas sistem keamanan dari perangkat komputer calon korban untuk tujuan ilegal. Untuk menghindari kejahatan digital ini, sebaiknya Anda buat sistem keamanan komputer menggunakan kode yang unik ataupun dengan menggunakan VPN.

  1. Spoofing

Kejahatan digital berikutnya adalah spoofing yang mirip seperti phising. Bedanya, disini pelaku bukan hanya mencoba mencuri data-data pribadi korban saja, akan tetapi juga mengirimkan malware yang berbahaya kepada perangkat korbannya. Jenis malware yang dikirimkan juga beragam dan tentunya sangat berbahaya bagi perangkat yang menerimanya.

  1. Penipuan OTP

Jenis cyber crime yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi karena telah memakan banyak korban. Perlu diketahui bahwa OTP merupakan kode sementara yang dipakai sebagai kata sandi pada saat melakukan proses verifikasi di aplikasi tertentu pada perangkat smartphone.

Biasanya, penipuan OTP digunakan sebagai aksi kejahatan dengan tujuan untuk mengambil dana pada dompet digital atau penyalahgunaan akun. Untuk mencegah dan terhindar dari kejahatan ini, pastikan Anda menjaga keamanan data dengan tidak memberikan kode OT kepada siapa saja.

  1. Serangan Malware

Penting untuk diketahui bahwa beberapa kejahatan siber menggunakan malware untuk membantu melancarkan aksi kepada korbannya. Malicious Ware atau malware sendiri merupakan sebuah software yang berupa kode berbahaya jika masuk ke dalam jaringan, sistem komputer, atau server secara ilegal dan biasanya tidak disadari oleh korban.

Malware bisa masuk melalui email, software, instant messaging, dan aplikasi palsu, serta melalui akses ke situs website yang tidak aman. Untuk itulah, kita harus waspada jika ada mendapatkan pesan yang berisi situs atau tautan yang tidak jelas asal-usulnya. Sebaiknya, hindari link-link yang tidak jelas itu dengan cara tidak membukanya demi keamanan.

  1. Hacking

Bentuk tindakan cyber crime yang selanjutnya adalah hacking. Jenis kejahatan siber ini tentu sudah tidak asing di telinga bukan? Hacking sendiri merupakan tindakan kejahatan yang dilakukan dengan cara mengakses sistem komputer korbannya secara paksa untuk mendapatkan keuntungan material.

Orang yang melakukan kejahatan hacking ini disebut dengan hacker. Pada dasarnya, hacker melakukan aktivitas hacking dengan berbagai tujuan. Contoh cyber crime jenis ini adalah merusak sistem komputer korban, mencuri data pribadinya, maupun mengekspos data-data yang didapatkan ke publik.

  1. Pembajakan

Pembajakan juga termasuk sebagai kejahatan yang sering terjadi di dunia digital. Pembajakan sendiri merupakan aksi menggandakan sebuah karya milik orang lain demi keuntungan diri sendiri. Jenis pembajakan di dunia maya bisa berupa pembajakan aplikasi atau software berbayar serta buku elektronik. Hal seperti ini bisa membahayakan pengguna karena keamanannya tidak terjamin.

Itulah penjelasan dari beberapa bentuk tindakan kejahatan digital yang umum terjadi di tengah masyarakat. Namun, masih banyak bentuk tindakan kejahatan siber lainnya yang bisa saja terjadi dan menyerang Anda kapan saja. Mulai dari spamming, serangan DDoS, cyber bullying, penyebaran konten ilegal, carding, injeksi SQL, peretasan situs dan email, dan masih banyak lagi.

Cara Mencegah dan Menghindari Kejahatan Digital

Cara Mencegah dan Menghindari Kejahatan Digital

Setelah mengetahui apa itu kejahatan digital dan jenis-jenisnya, Anda tentu semakin sadar bahwa dampak dari kejahatan tersebut sangat merugikan. Maka dari itu, kita harus waspada agar tidak terkena serangan salah satu bentuk tindakan kejahatan siber tersebut. Nah, berikut ini adalah cara untuk mencegah dan menghindari kejahatan siber yang bisa Anda lakukan.

  1. Gunakan Layanan Hosting yang Terjamin Keamanannya

Jika menggunakan aplikasi atau memiliki website, pastikan Anda menggunakan layanan hosting dengan fitur sistem keamanan yang baik. Dengan sistem keamanan yang baik, maka layanan hosting tersebut tentu bisa memberikan jaminan proteksi keamanan terhadap aktivitas Anda di dunia maya.

  1. Lakukan Pembaruan Software Secara Rutin

Langkah berikutnya yang harus dilakukan agar terhindar dari ancaman cyber crime adalah menggunakan software versi terbaru. Untuk itu, penting melakukan pembaruan software atau aplikasi secara berkala. Hal ini akan meningkatkan keamanan perangkat dari ancaman virus, pencurian data, maupun malware.

  1. Gunakan Two Factor Authentication

Dalam rangka melindungi informasi dan data penting dalam sebuah akun, Anda harus mengaktifkan two factor authentication. Tindakan ini memungkinkan website atau perangkat smartphone melakukan verifikasi sebanyak dua kali. Verifikasi pertama berupa memasukkan password dan yang kedua berupa real time code atau OTP yang dimasukkan pada saat itu juga.

  1. Buat Kombinasi Password yang Unik

Keamanan dalam berselancar di dunia maya bisa ditingkatkan dengan menggunakan password yang unik. Kombinasikan antara huruf kapital, angka, huruf kecil, dan juga simbol agar akun yang Anda miliki tidak mudah diretas oleh hacker. Hindari penggunaan nomor telepon, nama, dan tanggal lahir.

  1. Gunakan Firewall

Firewall diibaratkan sebagai tembok api yang berguna untuk mencegah akses tidak sah ke jaringan. Sistem firewall digunakan dengan tujuan untuk meningkatkan proteksi keamanan perangkat yang terhubung ke internet. Menggunakan firewall mampu memberikan perlindungan dari serangan malware, spam, virus, dll.

Itulah pengertian cyber crime, jenis-jenisnya, dan cara mencegahnya. Setelah mengetahui bagaimana cara mengatasi kejahatan digital tersebut, diharapkan Anda bisa lebih bijak serta berhati-hati dalam menggunakan platform digital. Jangan lupa untuk mengikuti berbagai informasi digital terbaru di Course-Net agar tidak ketinggalan update informasi di dunia digital.

Mau Ikut Kursus IT ? Harga MAHAL ? Tenang, Ambil DISKON Sekarang. Saatnya Amankan SEAT Anda Sekarang

PROMO EARLY BIRD
DISKON IDR 1.000.000

Days
Hours
Minutes
Seconds

*Promo Sampai 5 Juni 2023

Share Artikel Ini

Artikel Terbaru

Gabung Newsletter Course-Net

Dapatkan tips update dan informasi terkini serta promo menarik melalui newsletter kami.