course-net
Search
Close this search box.

Home >

Parameter Adalah: Pengertian dan Perannya dalam Statistik

Wednesday, 7 February 2024 1:54 PM

parameter adalah

Parameter dan statistik memiliki keterkaitan yang erat. Parameter itu sendiri bisa berfungsi merepresentasikan sifat kelompok tertentu dalam suatu studi. Memahami parameter adalah hal yang sangat penting dalam pengolahan data. Untuk mempelajari lebih dalam seputar parameter dan hubungannya dengan statistik, simak pembahasan kali ini.

Seputar Parameter

Parameter mengacu pada nilai numerik untuk menjelaskan karakteristik populasi tertentu, angka ini mencerminkan bagaimana kelompok elemen memiliki sifat-sifat tertentu. Contoh parameter misalnya kita ingin tahu rata-rata umur mahasiswa dari kampus tertentu. Data rata-rata umur mahasiswa tersebut yang menjadi parameter atas populasi.

Dengan adanya parameter, maka kita bisa memahami informasi penting dengan lebih mudah seputar suatu populasi. Ketika informasi memadai berhasil kita dapatkan, maka permasalahan tertentu terkait populasi yang diteliti bisa diatasi. Lebih jauh lagi, masalah yang bisa saja terjadi nantinya dapat dicegah dengan adanya parameter tersebut.

Susahnya mendapatkan parameter adalah jika populasi yang diteliti berskala besar. Besaran parameter ada kalanya harus diuji memakai data sampel. Agar data sampel bisa diolah, maka dibutuhkan penerapan statistik inferensial.

Untuk dunia IT, parameter sering diandalkan agar bisa memastikan program yang dibuat bisa berjalan optimal dan output yang didapat cukup memuaskan. Parameter bisa dimanfaatkan untuk kontrol data sistem dan pemrosesan data pada pengembangan situs web. Saat batasan nilai sudah dibuat, maka data harus sesuai dengan syarat tersebut. Jika tidak sesuai, maka tidak bisa diproses.

Jika parameter pada suatu program kurang sesuai, maka program tersebut bisa saja mengalami gangguan saat harus menjalankan fungsinya. Parameter adalah penilaian yang digunakan untuk banyak bidang, tidak hanya khusus untuk IT saja. Apa pun itu bidangnya, peran parameter sangat penting agar mempermudah pengambilan keputusan yang tepat atau memperoleh output akurat.

Apa Saja Kelebihan Parameter?

Kita sudah cukup tahu kalau parameter ini punya peran penting untuk komputasi dan bidang lain sebagainya. Agar lebih memahami seputar parameter, simak juga beberapa kelebihannya. Kelebihan parameter adalah sebagai berikut:

– Menunjang efisiensi

Memanfaatkan parameter bisa saja menunjang efisiensi suatu program karena bisa membuat kita tidak terlalu sering mengelola kode atau tidak perlu menggunakannya secara berulang.

– Lebih fleksibel

Parameter mampu menunjang fleksibilitas. Parameter bisa memungkinkan kita memodifikasi dan mengelola karakteristik program dengan lebih mudah dan terarah.

– Modularitas

Parameter juga bisa membuat kode program bersifat modular. Kode program tersebut pada akhirnya akan lebih mudah untuk dimengerti pihak-pihak terkait dan mempermudah pengelolaannya juga.

– Penggunaan kembali

Kelebihan terakhir dari parameter yaitu mengenai reusabilitas. Adanya parameter bisa memungkinkan kita menggunakan kode program kembali dengan memodifikasi parameter supaya tetap relevan. Proses pengembangan pun akan lebih cepat dengan bantuan parameter.

Kurang lebih poin-poin plus parameter adalah seperti di atas, tapi ada beberapa hal-hal yang perlu diantisipasi dari parameter. Keterbatasan pengaturan nilai dari parameter bisa saja menjadi kekurangan tersendiri untuk penggunanya. Parameter harus diterapkan dengan tepat, jika keliru, maka hasilnya adalah error pada program terkait.

Output yang didapat bisa saja tidak sesuai jika parameternya salah. Hal lain yang perlu diantisipasi yaitu jika parameternya terlalu banyak. Kode program jika memiliki terlalu banyak parameter, maka bisa saja membuat pemeliharaan semakin kompleks sehingga lebih sulit ditangani.

Parameter & Statistik

Selanjutnya parameter dari statistik perlu juga diketahui. Parameter statistik berarti pengukuran yang dipakai agar bisa mendeskripsikan data melalui pendekatan lebih sederhana dan memudahkan. Metode ini bisa membantu ilmuwan memahami angka.

Parameter statistik bisa dimanfaatkan untuk beragam macam kebutuhan, termasuk dalam pembuatan prediksi. Contohnya misal ingin tahu jumlah snack di etalase warung setelah periode satu minggu. Parameter statistik bisa dimanfaatkan untuk memperkirakan hal tersebut. Kita bisa rata-rata snack yang ada sekarang lalu pakai deviasi standar supaya bisa tahu gambaran proyeksi rata-ratanya berubah selama periode satu minggu tersebut.

Parameter lebih ke menjelaskan seputar populasi data, sementara statistik lebih ke sampel datanya. Pengukuran parameter menggunakan metode pasti, sedangkan statistik lebih ke sampel-sampel yang didapat. Di samping itu, parameter memakai simbol-simbol matematika di dalamnya, sementara statistik bergantung pada perubahan random dari sumber sampel. 

Peran parameter sangat vital untuk statistik, fungsinya bisa menyampaikan kejelasan keseluruhan populasi. Penggunaan parameter dalam statistik bisa memastikan pernyataan yang dibuat lebih kuat lalu pada akhirnya keputusan yang didapat lebih optimal. 

Seputar Statistik Sampel dan Parameter Populasi

Masih seputar parameter, ada istilah yang biasa digunakan dalam statistik yaitu parameter populasi. Inilah karakteristik atau nilai seluruh populasi sebenarnya dalam suatu studi. Kalau kita kembali pada contoh kasus usia rata-rata mahasiswa, maka nilai usia rata-rata seluruh sekolah kampus menjadi adalah parameter populasi.

Berbeda dengan statistik sampel, inilah angka untuk memperkirakan atau menjelaskan karakteristik populasi tertentu sesuai dengan sampel-sampel yang didapat dari populasinya. Misal kalau peneliti mengambil sampel yaitu sebagian mahasiswa pada jurusan universitas tertentu, maka usia rata-rata mahasiswa dalam lingkup sampel tersebut yang menjadi statik sampel. Adanya statistik sampel itu sendiri bisa dipakai untuk proyeksi parameter populasi tertentu.

Seputar Statistika Inferensial

Ada pun istilah statistika inferensial, teknik ini penting digunakan terutama untuk membuat premis secara umum sesuai dengan data-data yang sudah didapat. Contoh kasusnya misal peneliti ingin tahu pendapat keseluruhan populasi mengenai isu politik tertentu. Maka akan susah menanyakan tiap individu yang ada dalam lingkup populasi. 

Peneliti bisa memanfaatkan metode statistika yang satu ini supaya dapat mengambil sampel sebagai wakil populasi. Kesimpulan yang didapat pun bisa tetap layak berlaku untuk keseluruhan populasi. Pendekatan metode satu ini dilakukan berdasarkan pengambilan sampel untuk mewakili seluruh populasi.

Perannya sangat penting untuk melakukan penelitian, agar lebih jelas, berikut beberapa manfaatnya:

– Menunjang pengambilan keputusan

Teknik atau metode statistika ini bisa membantu peneliti atau perusahaan dalam pengambilan keputusan sesuai dengan data yang ada. Contohnya misal perusahaan ingin menguji suatu produk. Metode statistik ini bisa digunakan untuk mencari tahu produk itu punya andil besar atau tidak terhadap penjualan.

– Mempermudah mendapatkan generalisasi

Generalisasi bisa didapatkan dengan mudah menggunakan teknik ini. Kita bisa mengambil hasil kesimpulan valid berdasarkan kaidah statistik meski untuk skala populasi besar.

– Mempermudah membuat prediksi

Manfaat lainnya seputar pembuatan perkiraan populasi sesuai data sample. Agar lebih jelasnya misal metode ini bisa dipakai untuk perkiraan hasil pemilihan caleg sesuai hasil survei terhadap pemilih-pemilih tertentu.

Itulah pembahasan kali ini seputar apa itu parameter dan statistik secara mendalam. Memahami secara mendalam seputar parameter adalah menjadi hal penting untuk statistik, olah data, dan bidang lain sebagainya. Parameter juga sering digunakan dalam dunia IT. Jika kamu ingin mendapatkan pembelajaran IT secara komprehensif sesuai dengan bidang skill yang diinginkan, bisa pertimbangkan kursus pelatihan IT dari CourseNet.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!