course-net
Search
Close this search box.

Home >

Query Adalah: Pengertian, Manfaat, Dan Sistem Kerjanya

Tuesday, 6 February 2024 1:56 PM

query adalah

Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai query secara mendalam dan istilah-istilah turunannya. Memahami seputar query adalah hal sangat penting terutama untuk mereka yang berkutat dalam tata kelola data. Untuk mempelajari lebih lanjut seputar query, silakan simak pembahasan berikut.

Pengertian Query dan Manfaatnya

Definisi umum query sesuai bahasa Inggris maupun dalam programming yaitu permintaan informasi. Berbagai informasi tersebut sumbernya dari suatu database. Jadi bisa disimpulkan kalau kueri itu permintaan informasi atau data yang berasal dari database.

Proses permintaan ini dilakukan melalui tabel database serta memakai bahasa atau kode kueri itu sendiri. Query ditulis dengan serangkaian kode tertentu berdasarkan rules database agar dapat memahami setiap instruksi yang ada. Bahasa kueri standar atau yang paling umum yaitu SQL.

Tapi ada juga bahasa lain yang digunakan untuk query yaitu seperti DMX, AQL, dan lain sebagainya. Apakah kamu pernah mendengar seputar My SQL, SQL yang dimaksud di sini berbeda dengan MySQL. Salah satu bahasa query adalah SQL sementara software untuk penggunaan bahasa tersebut yaitu MySQL. 

Kueri itu sendiri memiliki beberapa manfaat utama. Tujuan utama penggunaan query disematkan dalam kode suatu bahasa pemrograman adalah peninjauan data melalui tabel-tabel secara sekaligus. Keberadaan kueri juga memiliki tugas filter data berdasarkan kriteria tertentu dan otomatisasi tugas pengelolaan data. 

Bagaimana Sistem Kerja Query?

Sistem kerja kueri sebenarnya cukup sederhana. Misal ada seseorang yang datang ke cafe lalu ingin memesan kopi, orang tersebut menyampaikan apa yang ingin dipesan ke pelayanan cafe. Pelayanan memahami permintaan pesanan kopi tersebut lalu menyediakan item pesanan yang orang tersebut pesan.

Kueri kurang lebih bekerja seperti itu, suatu maksud tujuan ditambahkan pada suatu kode. Sistem pun bisa tahu apa yang dibutuhkan lalu melakukan tindakan berdasarkan pesanan. Adanya bahasa kueri seperti SQL dapat menunjang pertukaran informasi antara database dengan user. 

Bahasa yang digunakan itu sendiri harus sama agar pertukaran data bisa berjalan lancar. Kegunaan database bisa menyimpan data informasi pada tabel-tabel. Seluruh tabel menyediakan atribut-atribut data tertentu. Sistem kueri menunjang pengambilan data yang berasal dari tabel, menyusun data-data tersebut lalu menampilkan berdasarkan perintah tertentu.

Tugas kueri meliputi pemilihan data serta action atau tindakan. Proses pemilihan yang dilakukan kueri berarti mengambil data dari sumbernya, sementara action berarti memanipulasi data. Lebih mendalam lagi, user bisa menerapkan perintah tugas programming seperti misalnya mengizinkan perubahan tertentu, pembuatan user, dan sebagainya. 

Cukup banyak command yang bisa digunakan pada sistem kueri. misal kata kunci untuk mengurutkan hasil query adalah Order By. Contoh command lainnya yaitu SUM untuk membuat ringkasan data, UPDATE untuk modifikasi baris tabel, dan banyak lagi command lainnya. 

Metode dalam kueri bukan hanya sekadar memanfaatkan bahasa/kode query saja, bisa juga dengan metode-metode berikut:

– Memakai plugin 

Plugin database ideal dimanfaatkan untuk para pemula. Adanya plugin ini bisa membuat user melakukan tugas-tugas database tertentu tentunya termasuk query secara praktis. Beberapa plugin tersebut sudah mempunyai optimasi tools agar bisa meningkatkan performa.

– Penggunaan parameter 

Perangkat lunak database menyediakan daftar parameter agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan user. Kehadiran parameter dapat mengelola pertukaran data antara prosedur dan fungsi user. Metode lainnya yang bisa diandalkan yaitu QBE, QBE itu sendiri adalah singkatan dari ‘Query by Example’. 

Apa itu Query SQL?

Singkatnya, query adalah request atau perintah dalam mengelola data dalam suatu database. Fungsinya bisa untuk menampilkan data, menunjang interaksi data, dan sebagainya. Sementara query SQL adalah suatu bahasa pemrograman untuk query dan termasuk yang paling populer dibandingkan bahasa lainnya. 

Di dalam SQL database, ada berbagai macam tipe query SQL, jenis-jenis SQL query adalah sebagai berikut:

– DML

DML merupakan singkatan ‘Data Manipulation Language’. Kegunaan dari DML yaitu khusus untuk melakukan tugas manipulasi di database dan dipakai saat DDL telah dibuat. DML ini sendiri bisa menginput data, modifikasi data, atau pun delete data di tabel.

– DDL

Kepanjangan DDL yaitu ‘Data Definition Language’, inilah query SQL yang lainnya. Kegunaan DDL dalam query adalah mendefinisikan data. Query ini membuat pengguna melakukan action-action tertentu misalnya saja mengubah index. DDL juga bisa dipakai untuk membuat tabel, termasuk memodifikasi struktur tabel tersebut.

– DCL

Selanjutnya adalah DCL yang merupakan kependekan dari ‘Data Control Language’. SQL query DCL bisa menyediakan otorisasi dalam mengakses suatu database. Kegunaan DCL untuk menerapkan action audit database, mendefinisikan space, mengalokasikan space, dan lain sebagainya. 

Bisa dibilang fungsi kueri SQL itu cukup beragam untuk kebutuhan tata kelola database. Dengan kehadiran SQL, akses database pun akan lebih mudah termasuk untuk memodifikasi data-datanya. Berbagai query action bisa dilakukan mulai dari pembuatan maupun penghapusan database. 

Bukan hanya membuat tabel saja, tapi bisa juga melihat strukturnya, input data, modifikasi data, maupun menghapus tabel dan data-datanya. 

Mengenai Query Database

Database query adalah proses pengambilan data spesifik dari sumber database tertentu. Di dalam database terdapat data-data terstruktur, data tersebut tersimpan rapi dan secara elektronik. Contoh database yang dimaksud misalnya saja data konsumen, data transaksi produk, dan sebagainya. 

Adanya database kueri membuat user bisa mengelola data-data yang ada di database baik itu mengubah, menambah, dan tindakan lain sebagainya. Manfaat query database adalah untuk membantu user lebih efisien dalam mengelola data. Dengan database kueri yang berkualitas, maka bisa menunjang user untuk mengelola data tersebut dengan akurat. 

Mengenai Query Interface & Query Engine

Istilah lain yang masih terkait dan biasa digunakan dalam pengelolaan query adalah query interface. Query interface adalah penyedia fasilitas sistem searching engine, komponen ini bisa berupa format situs, atau pun tampilan. Interface kueri merupakan kotak kosong pada web untuk user gunakan dalam mencari tahu informasi melalui input keyword relevan tertentu.

Berbeda dengan query engine yang merupakan program untuk penerjemahan request user yaitu keyword yang diketik ke bahasa lain yang dipahami sistem mesin komputer. Tugas query engine adalah mencari dokumen yang sesuai dari database bersangkutan. Itulah beberapa istilah yang terkait dengan kueri dan perlu dipahami dengan baik.

Masing-masing punya peran pentingnya untuk pengelolaan data secara optimal. Banyak pekerjaan tertentu yang membutuhkan penguasaan query terutama yang fokus pada tata kelola database. Misalnya saja data scientist, mereka bukan hanya perlu mengekstrak data saja tapi harus melakukan analisa terhadap data di database perusahaan.

Selanjutnya seorang data scientist perlu membuat laporan pola dan tren data. Memahami bidang-bidang IT termasuk seputar query adalah hal yang sangat penting sekarang ini terutama untuk menunjang modal karier. Untuk mengakselerasi kemampuan IT kamu, silakan pertimbangkan program pelatihan IT terbaik di CourseNet. Dengan begitu, kamu bisa memiliki skill spesifik tertentu sesuai dengan minat kamu.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!