Pengertian Digital Marketing : Strategi, Manfaat Dan Jenisnya

Pengertian Digital Marketing : Stratego, Manfaat Dan Jenisnya – Pernahkah kamu mendengan istilah Digital Marketing ? Digital Marketing merupakan platform yang diterapkan dengan memanfaatkan platform digital yang bertujuan untuk mempromosikan sebuah produk atau jasa lainnya. Dalam penerapan strategi pastinya akan mengikuti perkembangan era digital yang menuntut tim pemasaran untuk menjangkau konsumen di internet untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan target.

Dalam penerapan strategi digital marketing akan berdampak signifikan pada pemasaran produk maupun jasa. Selain itu, teknik pemasaran ini juga dinilai sangat dinamis, sehingga satu strategi tidak bisa terus menerus diimplementasikan seterusnya. Faktor jenis platform yang digunakan dan segmentasi audiens juga menjadi faktor penentu.

Pengertian Digital Marketing, Strategi Dan Jenisnya

Lalu , Apa itu Digital Marketing ? Apa saja jenis Digital Marketing ? Simak artikel yang berikut ini untuk mendapatkan pengetahuan tentang digital marketing.

Apa Itu Digital Marketing ?

Digital Marketing adalah sebuah aktivitas pemasaran yang dilakukan melalui media digital, baik melalui media sosial atau iklan digital. Meningkatnya penggunaan internet dan media sosial telah mengubah strategi pemasaran dalam mempromosikan brand, produk atau jasa konsumen lainnya.

Tujuan digital marketing adalah untuk menjangkau konsumen seluas-luasnya. Jika, melalui cara konvensional hal tersebut terbilang sangatlah sulit dan membutuhkan biaya yang sangat besar, Strategi digital marketing memberikan solusi yang membuatnya lebih efektif.

Penerapan strategi digital marketing adalah sebuah metode memanfaatkan ptensi dari banyak pengguna media digital untuk mencapai target penjualan. Manfaat digital marketing adalah dengan menjangkau para pembeli potensial karena sejumlah fitur iklan pada sosial media yang memungkinkan untuk melakukan segmentasi secara detail.

Strategi Digital Marketing

Strategi Digital Marketing

Ada beberapa hal yang diperhatikan dalam menerapkan strategi digital marketing adalah cara pendekatannya. Media Sosial dan platform digital lainnya bersifat secar dinamis. Selain itu, pengguna kurang tertarik jika pemasaran dilakukan menggunakan teknik hard-selling.

Berikut ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengimplementasikan strategi digital marketing :

1. Menentukan Buyer Persona

Buyer persona pada digital marketing merupakan profil target konsumen yang menjadi acuan untuk menyusun jenis dan strategi pemasaran. Anda perlu menentukan dan membuat buyer personal secara spesifik. Dengan demikian, iklan atau strategi pemasaran yang dilakukan dapat berjalan dengan sesuai rencana dan tepat sasaran.

2. Mengidentifikasi Tren Pada Segmen Pasar

Setelah menentukan buyer personal, hal yang harus dilakukan dalam penerapan digital marketing adalah dengan cara mengidentifikasi kebutuhan mereka. Apa saja yang mereka mau ? Apa permasalah mereka ? Dan pendekatan seperti apa yang mereka inginkan ?

Ini dapat membantu anda untuk memberikan jenis iklan atau cara pemasaran yang sesuai. Data tersebut dapat diperoleh melalui riset pasar, mengikuti forum diskusi online terkait bergabung di Twitter Spaces.

3. Menyusun Marketing Plan

Jika anda membuat strategi tanpa memikirkan rencana sama saja seperti berperang tanpa senjata. Hal ini penting sebelum eksekusi digital marketing adalah penyusun marketing plan. Riset buyer persona akan berakhir sia-sia tanpa adanya perencanaan matang dan beresiko kegagalan.

Marketing plan digital marketing adalah perencanaan strategi pemasaran untuk mencapai target dalam periode tertentu. Dengan adanya perencanaan ini, Promosi yang anda lakukan lebih fokus dan berjalan efisien.

4. Mengoptimalkan Media Pada Digital Marketing

Ada beberapa platform yang bisa dimanfaatkan dan dioptimalkan dalam mencapai target digital marketing. Media tersebut dapat anda gunakan untuk memperluas jangkauan bisnis. Perlu anda ketahui bahwa setiap jenis media sosial memiliki karakteristik khas. Pastikan anda menyesuaikan strategi anda berdasarkan emdia yang dipilih.

5. Menerapkan Strategi Copywriting

Meskipun beralih menggunakan media digital, penggunaan kata-kata persuasif tetap dibutuhkan dalam digital marketing. Misalnya, anda tetap harus membuat kalimat atau caption yang menarik konten Instagram. Hal ini yang kemudian disebut sebagai copywriting.

Copywritting adalah teknik menulis yang bertujuan dalam membujuk orang lain agar melakukan aksi yang diinginkan. Hal ini membutuhkan kemampuan tersendiri jika ingin menyampaikan pesan promosi secara implisit.

6. Evaluasi Dan Perbaikan

Pastikan evaluasi apapun yang sudah dilakukan. Hal ini bertujuan untuk memastikan apakah strategi digital marketing yang diterapkan berhasil mencapai target atau belum. Lakukan pengecekan apakah usaha atau modal yang dikeluarkan sebanding dengan yang diperoleh.

Untuk mempermudah proses evaluasi, akan lebih baik jika anda menyiapkan matrik. Hal ini bisa mempermudah proses identifikasi bagian mana yang perlu dipertahankan, diperbaiki dan dihapus.

Baca Juga : Media Promosi Digital Marketing Paling Efektif

Manfaat Digital Marketing

Dalam menggunakan digital marketing, terdapat beberapa manfaat yang bisa diperoleh sebuah bisnis apabila melancarkan dan memperluas jangkauan promosi mereka. Berikut beberapa diantaranya :

1. Jangkauan Luas

Manfaat utama digital marketing adalah memberi jangkauan yang lebih luas. Pengguna internet dan sosial media sudah semakin meningkat sehingga besar kemungkinan ini ada banyak pembeli potensial di area digital tersebut. Oleh karena itu, manfaat digital marketing adalah memberi kesempatan kepada sebuah bisnis untuk lebih mudah dalam menjangkau mereka.

2. Efektif Dan Efisien

Penerapan digital marketing adalah solusi untuk strategi pemasaran yang praktis, efektif, dan Efisien. Suatu bisnis tidak membutuhkan biaya sangat besar untuk melakukan iklan pada cara konvensional. Selain itu strategi ini bisa dilakukan dengan mudah dan dari mana saja, baik itu meja kantor atau dirumah.

3. Membentuk Branding

Digital marketing adalah salah satu cara untuk membangun branding dengan pendekatan yang lebih menarik. Kamu tidak perlu hanya menjual produk untuk mengenalkan nama brand pada konsumen. Pendekatan pada digital marketing pada umumnya lebih mengarah pada soft-selling.

4. Kemudahan Evaluasi

Evaluasi juga dapat dilakukan dengan mudah dan lebih terstruktur dengan diterapkan digital marketing. Salah satu manfaat digital marketing ini akan membantu tim pemasaran untuk mengecek bagian mana yang perlu ditingkatkan atau diganti.

Selain itu, platform digital banyak memberikan informasi terkati untuk mempermudah evaluasi, seperti jangkauan konten iklan, konversi, dan jumlah penonton.

Baca Juga : Dasar – Dasar Digital Marketing Untuk Pemula

Jenis – Jenisnya

digital marketing

Pada dasarnya, ada banyak jenis digital marketing yang bisa diterapkan melalui beragam pilihan platform media digital. Berikut adalah beberapa yang paling sering digunakan dalam digital marketing

  • Social Media Marketing
  • SEO ( Search Engine Optimization)
  • SEM
  • SEM ( Search Engine Marketing )
  • Native Advertising
  • Google My Business

Itulah beberapa pengertian digital marketing. Pada dasarnya, digital marketing adalah teknik pemasaran secara digital. Kamu mau belajar digital marketing ? kamu bisa mengisi form dibawah ini, Dimana kamu bisa ikut kursus digital marketing bersama Course-net.

Semoga artikel ini bisa membantu anda, serta memberikan kemudahan ada dalam belajar digital marketing

Share This Post

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Thanks for submitting your rating!
    Please give a rating.

    Thanks for submitting your comment!
    promo batik day

    Artikel Rekomendasi