course-net
Search
Close this search box.

Belajar Digital Marketing Untuk Pemula

Minet

September 2, 2022

Rekomendasi Pelatihan Digital Marketing yang Efektif 

Belajar Digital Marketing Untuk Pemula  – Tahukah kamu strategi pemasaran apa yang efektif yang bagus untuk di Era 4.0. Ada baiknya kami menyarankan anda untuk melakukan strategi bisnis digital. Hanpir mayoritas bisnis kecil hingga besar sudah merubah strateginya menggunakan Digital Marketing.

Tapi masih banyak yang tidak mengerti untuk memulai belajar digital marketing dari mana. Supaya tidak salah langkah, Anda harus mempelajari beberapa hal, Disini kami sudah membuat artikel belajar digital marketing khusunya untuk pemula.

Belajar Digital Marketing Untuk Pemula

Apa Itu Digital Marketing ?

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah memahami pengertian dari Digital Marketing. Digital Marketing adalah cara untuk memasarkan produk dengan memanfaatkan media digital serta jaringan internet. Dimana kita bisa dengan mudah memanfaatkan platform yang terdapat di gawai pintar untuk melakukan pemasaran digital.

Selain itu anda juga harus mengetahui beberapa alasan kenapa harus menggunakan strategy Digital Marketing :

  • Digital Marketing Bisa Diterapkan untuk semua jenis bisnis yang ada.
  • Mampu meningkatkan jumlah pendapatan yang sangat efektif
  • Mampu menjangkau target pasar dan konsumen yang lebih sepesifik
  • Mampu membantu meningkatkan brand bisnis yang anda miliki

Macam – Macam Strategi Belajar Digital Marketing Yang Baik

Sekarang anda akan belajar digital marketing lebih jauh. Meski upaya promosi ini sama sama memanfatkan Channel Digital. Strategi ini dapat diimplementasikan dalam pemasaran digital sangatlah beragam. Untuk mencapat target yang maksimal, Pastikan terlebih dahulu  anda menentukan strategi digital marketing yang anda gunakan.

1. Google My Business (GMB)

Google My Business (GMB)

Google Bisnisku atau Google My Business adalah salah satu layanan yang berguna untuk menampilkan profil bisnis anda secara instan di halaman hasil pencarian Google. Dengan menggunakan Google My Business Konsumen bisa menemukan lokasi bisnis anda lebih mudah. Anda bisa menampilakn riview terbaik dari konsumen anda.

Google Bisnisku adalah layanan GRATIS dari Google untuk menampilkan profil bisnis . Misalnya : Alamat Perushaan , Nomor Telepon, Jam Operasional, Hingg Rating Bisnis.

Tak hanya menampilkan info, Banyak manfaat Google Bisnisku yang memudahkan calon klien untuk menemukan bisnis anda.

2. Whatsapp For Business

Whatsapp Business

Whatsapp punya basis pengguna yang besar di indonesia. Kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk digital marketing yang efektif. Anda tidak disarankan menggunakan Whatsapp Biasa. Anda harus menggunakan Whatsapp Business untuk Bisnis anda.

Kenapa Harus Whatsapp Business ?

Whatsapp Business memiliki banyak fitur untuk menampilkan profil bisnis, Katalog produk, hingga fitur statistik pesan. Dengan menggunakan Whatsapp For Business dapat membantu kamu membalas pesan calon pembeli melalui fitur automated messaging.

Baca Juga : Media Promosi Digital Marketing Paling Efektif

3. Website

Website merupakan hal yang penting untuk menampilkan identitas sebuah website secara online. Selain itu website juga menjadi tanda profesionalitas suatu bisnis. Jika tak ingin repot membangun website dari nol. Anda bisa menggunakan CMS ( Content Management System ) yang praktis seperti Wix atau Squarespace

4. Search Engine Optimization (SEO)

Strategi Digital Marketing yang satu ini masih berhubungan dengan website. Search Engine Optimization (SEO) diterapkan dengan tujuan untuk membuat website yang anda miliki agar bisa muncul di halaman pertama Google dengan kata kunci tertentu.

Didalam SEO terdapat beberapa strategi lainnya yang bisa anda terapkan. Mulai dari Riset keyword, link building, membuat konten dan lainnya.

5. Email Marketing

Kepercayaan pelanggan akan meningkat dengan bisnis anda apabila anda terlihat profesional. Membuat email bisnis sendiri menjadikan bisnis anda lebih profesional. Melalui email marketing kamu dapat mengintegrasikan database email calon pembeli ataupun pelanggan yang sudah ada di dalam website yang dimiliki.

Kamu dapat memberikan pesan promosi melalui email kepada target konsumenmu tersebut setelah mereka berlangganan konten anda.

Baca Juga : Dasar – Dasar Digital Marketing Untuk Pemula

6. Copywriting

Anda bisa menerapkan copywriting untuk mendongkrak digital marketing bisnis anda. Copywriting sendiri merupakan teknik pembuatan tulisan yang persuasif dalam penulisan yang menarik supaya orang membeli produk yang ditawarkan.

7. Social Media Marketing

Strategi terakhir adalah Social MEdia Marketing. Alasannya cukup masuk akal karena Indonesia memiliki angka 160 juta jiwa dari populasi lebih dari 270 yang menggunakan social media. Kesimpulannya bahwa media sosial adalah salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan dalam strategi pemasaran bisnis.

Langkah – Langkah Memulai Digital Marketing

Sebelum memulai menjalankan strategi digital marketing yang kamu pilih, Lakukan beberapa langkah yang bisa anda gunakan untuk menjadi panduan ketika akan memulai digital marketing.

1. Menentukan Target Pasar Dan Pilihan Produk

Memilih target pasar akan menjadi hal yang pertama. Setelah mengetahui dan mengenali target pasar yang tepat, Baru pelajari apakah produk yang anda buat menjadi solusi untuk mereka.

2. Memilih Produk Yang Menjadi Solusi

Langkah kedua yang dipelajari adalah memilih produk yang ingin ditawarkan. Kamu perlu memikirkan apakah produk  kamu adalah yang terbaik ? Pastikan bahwa anda bisa menjawab permasalahan konsumen.

3. Membangun website

Buat website segera setelah menemukan produk dan target pasar yang tepat. Marketplace memang pilihan yang bagus untuk bisnis. Namun situs itu tetap bukan milikmu sendiri. Jadi, sebaiknya bangun website milikmu sendiri.

4. Membangun media sosial

Sekarang saatnya membangun media sosial sebagai sarana promosi. Kamu bisa memilih dua di antara Instagram, Facebook, dan Twitter. Pilih yang menurutmu tepat dengan target pasar.

5. Gunakan SEO, SEM, dan Social Media Ads

Terapkan SEO, SEM, dan Social Media Ads untuk meningkatkan jangkauan digital marketing. SEO dipakai agar bisnismu tampil di laman pertama Google. SEM adalah layanan berbayar supaya bisnis kamu cepat dikenal. Social media ads juga punya fungsi sama seperti SEM.

Mau Belajar Digital Marketing ?

Buat kamu yang mau belajar Digital Marketing. Kamu bisa ikuti kursus digital marketing, Dan pastinya tersedia promo menarik untuk anda. Anda cukup mengisi form dibawah ini untuk mengikuti kursus digital marketing.

Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat untuk anda. Dapatkan informasi menarik seputar digital marketing hanya di Course-Net.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!