Dasar Belajar Digital Marketing Untuk Pemula

Dasar Belajar Digital Marketing Untuk Pemula – Marketing saat ini tidak hanya dilakukan secara konvensional saja, melainkan dengan berkembangnya teknologi terutama dalam hal internet pun membuat marketing banyak dilakukan secara online. Teknik marketing yang dilakukan secara online menggunakan teknologi digital ini disebut sebagai digital marketing.

Dewasa ini digital marketing banyak dipakai oleh berbagai perusahaan yang ada untuk memasarkan produknya.

Dasar Belajar Digital Marketing Untuk Pemula

Dasar – Dasar Belajar Digital Marketing Untuk Pemula

Digital marketing ini dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai media platform online yang ada, mulai dari social media, website, search engine dan masih banyak lagi.

Karena adanya perkembangan ini yang diikuti dengan maraknya penggunaan internet oleh kebanyakan orang maka tak heran jika digital marketing menjadi suatu strategi marketing yang banyak diterapkan saat ini.

Nah untuk itu jika anda pelaku bisnis yang baru belajar digital marketing, maka jangan khawatir karena di artikel ini anda akan mengetahui berbagai dasar – dasar digital marketing yang harus anda pelajari untuk bisa bersaing secara kompetitif di era digital ini.

Digital marketing merupakan suatu cara pemasaran yang dilakukan secara digital dengan memanfaatkan penggunaan internet. Bagi para pemula tentunya banyak yang harus dipelajari dalam digital marketing, namun tentunya untuk belajar pertama kali maka bisa belajar mengenai dasar – dasar digital marketing terlebih dahulu.

Dasar dari digital marketing ini adalah menentukan jenis pemasaran digital yang akan dipilih nantinya. Di dalam digital marketing tentu banyak terdapat berbagai jenis pemasaran digital yang bisa dipilih oleh pihak marketer itu sendiri, mulai dari social media, SEO dan masih banyak lagi.

6 Langkah Untuk Belajar Digital Marketing

Dalam mengetahui dasar belajar digital marketing anda harus menentukan langkah – langkah apa yang bisa harus dilakukan :

  1. Tentukan buyer persona

    Hal pertama yang harus anda lakukan adalah persona konsumen anda. Buyer persona dapat menentukan keberhasilan anda sebagai digital marketer. Buyer persenoa adalah profile yang akan mewakili target pasar produk anda.

    buyer persona
    Dengan menentukan buyer persona yang baik, anda akan lebih mudah dalam menyusun strategi digital marketing yang sesuai dengan sasaran.

  2. Identifikasi kebutuhan target market anda

    Setelah mengetahui buyer persona alias target pasar anda, Selanjutnya anda perlu mengidentifikasi kebutuhan mereka. Sebelum menawarkan layanan ke target pasar ataupun melakukan strategi digital marketing, Pastikan produk anda menjawab pain poin alias masalah yang sedang mereka alami. Caranya Bagaimana ?

    Silahkan cari tahu dengan terjun langsung ke lapangan dengan riset pasar, membuat Focus Group Discussion (FGD), bergabung dengan twitter spaces dan sebagainya.

  3. Membuat marketing plan yang jelas

    Setelah mengetahui pain point target pasar, bukan berarti anda bisa langsung memasarkan produk dan promosi besar besaran. Sebagus- bagusnya produk, kalau tidak dipromosikan dengan tepat akan bersiko gagal.

    Membuat marketing plan yang jelas

    Dengan menyusun marketing plan, Seluruh strategi promosi Anda akan lebih terarah dan efisien. Sebab, Anda akan mengetahui yang perlu dan tidak perlu untuk dikerjakan.

  4. memanfaatkan berbagai media digital marketing ( Google Bisnisku, Whatsapp, Website, Social Media, SEO Dan lainnya).

    Ada berabagai macam media digital marketing yang bisa Anda gunakan. Dari yang gratis hingga berbayar. Mulai channel marketing yang dapat membangun komunikasi hingga untuk memperluas bisnis anda.

    Beberapa Media Digital marketing yaitu :
    – Google Bisnisku
    – Whatsapp
    – Website
    – Landing Page
    – SEO ( Search Engine Optimization)
    – SEM ( Search Engine Marketing)
    – Content Marketing
    – Blog
    – Email Marketing
    – Video Marketing
    – Social Media Marketing
    – PPC
    – Native Advertising
    – Affiliate Marketing

    Anda bisa menggunakan media ini untuk menjadi seorang digital marketing dalam menjalankan strategy digital marketing.

  5. Terapkan strategi copywriting yang baik
    Bukan hanya sekedar membuat kata-kata, copywriting adalah teknik membujuk pembaca untuk mengikuti perintah anda. Entah itu bertransaksi, mendaftar, mendownload dan masih banyak lagi.Untuk itu, pastikan belajar copywriting agar anda mampu menyampaikan pesan bisnis dengan baik. Sehingga, target market anda mampu menyampaikan pesan bisnis dengan baik.
  6. Gunakan Tools marketing untuk bisnis anda.

    Seperti yang sudah anda ketahui, media digital itu banyak. Tentunya, pusing kalau harus mengatur semuanya sendiri bukan. Karena itu anda bisa memanfaatkan aneka marketing tols yang sesuai dengan kebutuhan bisnis anda. To do list untuk mengatur daftar pekerjaan, aplikasi email otomatis, aplikasi manganalisa data, hingga tools untuk membantu upaya SEO.

Belajar Pemasaran Menggunakan Social Media

Teknik pemasaran yang dilakukan dengan social media berarti memasarkan suatu produk dengan mengunggah berbagai konten baik itu foto ataupun video di berbagai social media yang ada, seperti Facebook, Instagram maupun Youtube.

Disini tentunya anda diharuskan untuk kreatif dalam membuat sebuah konten baik itu foto maupun video. Ada yang namanya video konten marketing dimana video tersebut berisi tentang mempromosikan suatu produk dengan cara yang sangat menarik sehingga mampu mencuri perhatian orang – orang dan menggiring mereka untuk membeli produk tersebut.

Pemasaran dengan menggunakan social media berarti anda harus konsisten dalam meningkatkan traffic produk anda. Artinya setiap konten yang anda unggah haruslah mampu menjangkau pangsa pasar yang lebih luas lagi sehingga konsumen semakin banyak.

Hal ini dapat dilihat dari perkembangan unggahan konten anda apakah semakin banyak yang melihat atau tidak. Jika semakin banyak yang melihat pastinya akan semakin banyak orang yang mengenal produk anda.

Belajar Pemasaran Menggunakan SEO

Belajar Pemasaran Menggunakan SEO

SEO atau yang disebut dengan search engine optimazion merupakan suatu cara untuk memunculkan suatu konten dalam hal ini adalah content writing pada halaman pertama dalam search engine atau pencarian di google.

Dengan membuat content writer yang menarik dan terletak pada halaman pertama dalam mesin pencarian maka tentunya ini akan membuat website anda memiliki kemungkinan besar untuk dilihat oleh banyak orang. Dan sama seperti konsep yang sebelumnya bahwa semakin banyak yang melihat maka semakin banyak produk anda diketahui oleh banyak orang.

Baca Juga : Perbedaan SEO Dan SEM : Pengertian, Manfaat & Keuntungannya

Skill Yang Dibutuhkan Dalam Belajar Digital Marketing Untuk Pemula

Sebelum anda mahir di skill ini , Pastikan anda mempelajari terlebih dahulu dasar – dasar dari ilmu digital marketing. Ada beberapa hal yang nantinya dijelaskan tentang bagaimana cara menguasai skill ini.

Skill yang dibutuhkan dalam bidang digital marketing tentu yang pertama adalah kemauan untuk belajar. Selain itu anda juga harus konsisten terhadap apa yang sedang anda pelajari. Karena digital marketing bukanlah ilmu yang bisa dipelajari dalam waktu singkat yang mana ilmu digital marketing ini sangatlah luas.

Kemudian karena teknologi digital selalu berkembang dari masa ke masa maka anda sebagai marketer juga harus dinamis.

Artinya anda harus selalu mengikuti perkembangan tersebut agar tidak tertinggal dengan ilmu – ilmu baru. Kemudian yang paling penting, anda juga harus memiliki pemikiran yang terbuka atau istilahnya adalah open minded.

Digital marketing memiliki berbagai macam strategi yang sangat bervariasi, jadi ketika anda bertemu dengan marketer lainnya yang menggunakan strategi digital lain dari yang kamu gunakan maka seharusnya anda tidak boleh memiliki pola pikir bahwa strategi milik marketer tersebut salah. Jadi anda bisa bertukar pikiran dan saling berbagi pengetahuan agar strategi marketing anda menjadi lebih berkembang lagi kedepannya.

Yuk Ikut Kursus Digital Marketing Di Course-Net

Setelah mempelajari teknik digital marketing, Anda bisa mempelajari tambahan skill ini dengan cara mengikuti suatu pelatihan ataupun kursus online. Dalam dunia digital marketing anda dituntut untuk mengupgrade ilmu anda.

Salah satu tempat kursus digital marketing adalah Course-Net. Di Course-net ini sendiri memiliki berbagai macam kursus IT yang disediakan, Salah satunya adalah Kurus Digital Marketing. Untuk dapat mengikuti kursus digital marketing anda bisa mengisi form dibawah ini :

Beberapa keuntungan yang bisa di miliki setelah mengikuti kelas belajar digital marketing Course-Net. Anda bisa memiliki E-Book Summary, Free Akses video tutorial tentang digital marketing. Pastinya free Re-Coaching juga konsultasi.

Nah oleh sebab itu kursus di Course-Net ini akan sangat membantu bagi para pemula untuk belajar dasar – dasar digital marketing. Jadi bagi anda para pemula yang ingin belajar digital marketing langsung saja segera kunjungi website https://www.Course-Net.com untuk informasi lebih detailnya.

Share This Post

Related Posts

promo end of year

Artikel Rekomendasi