course-net
Search
Close this search box.

Program Komputer dan Algoritma Pemrograman

Minet

February 5, 2024

program komputer

Perkembangan teknologi saat ini tidak bisa lepas dari istilah komputerisasi dan juga program komputer. Semua hal yang kita gunakan dalam kegiatan sehari-hari memanfaatkan teknologi modern yang berkembang. Kali ini kita akan membahas mengenai program komputer dan hubungannya dengan algoritma pemrograman, mari kita simak ulasannya.

Definisi Program Komputer

Program komputer adalah sebuah perencanaan terperinci atau sebuah prosedur untuk menyelesaikan permasalahan menggunakan komputer. Secara khusus bisa dipahami sebagai rangkaian instruksi basis komputer yang teratur dan tidak ambigu agar bisa mencapai solusi yang ditargetkan.

Program yang tersimpan dalam memori komputer membuat komputer mampu menjalankan berbagai macam tugas secara urut dan cepat. Dalam persiapan program komputer, perlu lebih dulu membuat rumusan tugasnya dengan menggunakan bahasa pemrograman yang sesuai dengan aplikasi yang dikerjakan.

Dalam pembuatan program, algoritma merupakan sebuah kunci yang amat. Algoritma diibaratkan sebuah resep atau rumusan untuk mencari solusi dengan cara yang logis dan sistematis. Di dunia pemrograman komputer, algoritma digunakan sebagai media untuk merancang aneka macam jenis program, baik itu program sederhana hingga program yang sangat kompleks sekalipun.

Algoritma akan memastikan bahwa program yang dihasilkan bisa berjalan dengan baik dan memberi hasil maksimal. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang algoritma, simak penjelasannya sebagai berikut.

Tentang Algoritma

Secara sederhana, algoritma adalah urutan tahapan yang teratur dan sistematis untuk menyelesaikan masalah pada komputer. Algoritma digunakan untuk melakukan pengolahan dan perhitungan data dalam komputer menggunakan perangkat lunak tertentu.

Karakteristik dari Algoritma

Menurut ahli komputer, algoritma harus mempunyai 5 karakteristik yang terkait satu sama lain. Pada pembuatan program komputer algoritma dibuat, perlu untuk memenuhi karakteristik ini, antara lain:

1. Keterbatasan

Setelah menyelesaikan tugasnya, algoritma harus menghentikan atau menyelesaikan beberapa langkah yang terbatas. Algoritma dianggap bermasalah ketika sebuah program komputer terus saja berjalan dan tak berhenti.

2. Kepastian

Hasil atau output yang dihasilkan tidak boleh ada kesalahan sedikit pun. Dengan kata lain semua perintahnya harus didefinisikan dengan tepat, jelas, dan tidak memiliki keambiguan sama sekali. Masalah akan muncul jika itu terjadi.

3. Input

Algoritma bisa dibuat dengan memberikan satu input atau lebih untuk diproses. Anda bisa memasukkan beberapa permasalahan yang ingin diselesaikan atau dicari solusinya.

4. Output

Setelah memasukkan input, kemudian Anda akan menemukan beberapa solusi atau output yang bisa digunakan. Output ini bisa berbentuk kuantitas atau pesan yang terkait dengan input yang dibuat sebelumnya.

5. Efektifitas

Semua langkah yang diambil dalam membuat algoritma harus sederhana dan memungkinkan untuk diaplikasikan pada saat yang tepat.

Pembuatan Algoritma

Program komputer dan algoritma komputer adalah dua hal yang berkaitan. Lalu, pada saat pembuatan program komputer kapankah algoritma dibuat? Dalam pembuatan sebuah program, tidak bisa lepas dari penggunaan perangkat lunak dalam komputer. Ini adalah unsur utama yang akan membentuk ide pembuatan sebuah program, tujuan pembuatan program, target pasar, penyediaan fitur dan kegunaannya, melakukan uji coba, hingga akhirnya perilisan dan proses maintenance.

Algoritma adalah solusi dari masalah yang mungkin muncul pada saat membuat perintah dalam program komputer, dan inilah yang menjadi alasan utama mengapa algoritma dibuat lebih dulu pada saat membentuk suatu program.

Ini adalah hal yang sangat penting supaya semua program bisa berjalan dengan baik tanpa masalah dan lancar. Dengan begitu, Anda tidak perlu menjalani proses pembuatan ulang program yang akan menghabiskan banyak waktu dan biaya.

Algoritma adalah pembantu bagi developer untuk menyelesaikan pembuatan program dengan cara yang lebih terstruktur dan logis, maka dari itu algoritma perlu untuk dibuat lebih dulu, dan dibuat dengan sangat teliti tanpa adanya kesalahan.

Langkah Membuat Algoritma

Penyusunan algoritma adalah hal yang sangat penting dan mendasar untuk mengembangkan program komputer. Program-program komputer disebut juga dengan istilah software. Sayangnya tidak sedikit orang yang tidak memperhatikan proses tersebut walau sangat berguna untuk memecahkan masalah. Berikut ini adalah langkah untuk menghasilkan algoritma dengan kualitas yang baik dan bekerja secara optimal.

1. Memahami Masalah

Anda bisa menemukan solusi jika Anda paham tentang masalahnya, begitu juga dalam proses pembuatan algoritma. Tentukan dulu masalah apakah yang akan Anda selesaikan dengan algoritma tersebut. Kumpulkan data dan informasi yang relevan dengan permasalahan tersebut dengan cara membuat pertanyaan-pertanyaan yang saling berhubungan.

2. Analisa Masalah yang Kompleks

Setelah Anda berhasil menemukan permasalahannya, selanjutnya perlu untuk memperhatikan kompleksitas masalahnya. Analisa ini akan membantu pemilihan algoritma yang paling tepat sebagai solusinya. Gunakan analisa jumlah data, durasi eksekusi, dan ruang untuk algoritma untuk menjalankan analisanya.

3. Pembuatan Pseudocode

Pseudocode dikenal sebagai deskripsi umum mengenai cara kerja dari algoritma, yang mana ini tidak terikat dengan bahasa pemrograman tertentu. Tujuan dari penggunaan Pseudocode adalah untuk memudahkan pembacaan proses pengembangan kode program yang dijalankan oleh sistem komputer.

4. Penerjemahan Pseudocode ke Kode Program

Langkah terakhir adalah Anda akan menerjemahkan pseudocode ke dalam kode program. Langkah ini juga termasuk penulisan kode program menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Beberapa contoh bahasa pemrograman antara lain C+. Java, dan lain sebagainya. 

Selalu perhatikan masalah kompleksitas dan struktur kode yang mudah dibaca serta komprehensif pada saat penulisan kode program. Semua proses ini akan dilakukan oleh orang yang membuat program komputer disebut dengan Programmer.

Keuntungan Algoritma

Ada banyak keuntungan yang bisa didapat ketika menggunakan algoritma dalam pembuatan program komputer. Berikut ini adalah beberapa manfaat utama yang bisa Anda rasakan:

1. Efisiensi Program

Program yang Anda buat bisa berjalan dengan lancar dan cepat apabila mampu membuat algoritma yang lebih efisien. Dan ini akan berdampak pada penggunaan sumber daya komputer yang lebih hemat. Anda juga bisa lebih efisien waktu dan sumber daya jika algoritma dibuat dengan baik, sehingga program pun bisa lebih meningkat kinerjanya.

2. Proses Pengembangan Program

Proses pengembangan dan pengujian kode program bisa dilakukan dengan lebih efektif dan efisien ketika Anda menerapkan algoritma. Algoritma yang dibuat dengan tepat dan memiliki hasil yang bagus akan mempercepat penyelesaian pengembangan program.

3. Penyelesaian Masalah Kompleks

Masalah yang terlalu rumit dan kompleks juga bisa terselesaikan dengan lebih baik dengan memanfaatkan algoritma. Anda bisa memanfaatkan jenis algoritma yang akan membantu Anda untuk menyelesaikan masalah dengan lebih mudah. Ini akan jauh lebih memudahkan programmer pada saat pembuatan program komputer algoritma dibuat.

Bagi Anda yang ingin menjadi programmer dan ingin mempelajarinya lebih dalam, mulailah untuk belajar mengenai bahasa pemrograman, dan belajar tata cara menyusun perintah untuk bisa menghasilkan algoritma yang baik dan benar. Jangan sampai Anda tidak mempelajari dasar-dasar pemrograman agar bisa menjadi programmer profesional.

Itulah ulasan menarik mengenai program komputer dan algoritma. Selalu update pengetahuan Anda dengan mengunjungi situs CourseNet yang menyediakan banyak informasi menarik terkait IT. Anda juga akan menemukan penawaran pelatihan yang akan semakin menunjang ilmu pengetahuan dan kredibilitas Anda. Semoga bisa memberikan bermanfaat.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print