course-net
Search
Close this search box.

Home >

Interface: Pengertian, Jenis, Beserta Contohnya

Friday, 2 February 2024 1:29 PM

interface

Interface mungkin tidak asing ditelinga Anda. Namun masih banyak orang yang belum memahami makna tersebut. Interface juga dapat dikatakan sebagai program yang dapat menghubungkan pengguna untuk berinteraksi dengan program tertentu. Interface artinya program yang dapat menghubungkan interaksi pengguna dengan perangkat yang dijalankan olehnya.

Secara umum interface adalah sistem yang digunakan entitas yang tidak terkait langsung untuk dapat berinteraksi. Mempunyai tujuan sebagai perantara supaya pengguna dapat berinteraksi dengan alat yang digunakan, entah itu secara langsung maupun melalui jaringan.

Tipe-tipe Interface

Tipe-tipe interface dapat dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu:

1. Natural Language Interface

Natural Language Interface (NLI) adalah kemampuan komputer dalam memahami, menafsirkan, serta memanipulasi bahasa, atau perintah manusia. Selain itu, NLI ini dapat memudahkan user agar dapat memberi input menggunakan bahasa manusia yang akan diolah sedemikian rupa oleh sistem.

Contoh paling mudah dari Natural Language yaitu ketika Anda menggunakan Google Search, sudah pasti keyword yang Anda masukan akan dicari, kemudian ditampilkan dengan bahasa alami sehari-hari.

2. Graphical User Interface

Graphical User Interface merupakan sistem operasi yang berbasis grafis, seperti ikon, tombol, menu dan juga representasi visual lainnya untuk mendukung adanya interaksi pengguna dengan sistem. Contoh dari Graphical User yaitu pada tampilan workbook Microsoft Word, di bagian tersebut terdapat beberapa elemen atau ikon yang bisa digunakan sesuai kebutuhan dan untuk setiap ikon memiliki tujuan penggunaannya masing-masing.

Sehingga ikon tersebut dapat memudahkan user dalam memahami setiap kegunaannya. User juga bisa mengarahkan kursor ke ikon yang dimaksud untuk mendapatkan penjelasan singkat mengenai ikon tersebut.

3. Command Line Interface

Command Line merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk berinteraksi dengan sistem dan Anda juga dapat memasukkan perintah yang berupa teks. Jadi pengguna harus memasukkan perintah berupa teks agar bisa berkomunikasi dengan komputer. Contoh dari Command Line adalah program Windows MS DOS dan Linux. Program Linux biasanya digunakan untuk mengelola server jaringan.

4. Menu Driven Interface

Menu Driven Intervace adalah sistem operasi interaksi berbentuk menu, yang berfungsi untuk menerima perintah dari daftar perintah yang tersedia. Sistem ini hanya mengandalkan menu-menu sebagai daftar opsi untuk menavigasi dalam program.

Contoh penggunaan Menu Driven yaitu Anda memilih menu untuk mengambil atau mentransfer uang di ATM, pastinya pertama-tama Anda akan memberikan perintah kepada mesin tersebut. Selanjutnya mesin tersebut mengarahkan Anda melalui menu-menu dan juga memasukkan nomor rekening tujuan ataupun nominalnya.

5. Conversational User Interface

Conversational User Interface adalah sistem yang dapat digunakan untuk pengguna dan komputer dengan cara memberi tahu melalui pertukaran pesan, atau suara, seperti menggunakan asisten virtual. Sistem ini juga dapat digunakan untuk memanfaatkan fitur voice recognition pada komputer Anda. Maka fitur yang menggunakan sistem ini harus memiliki kemampuan pengenalan suara.

6. Voice User Interface

Voice User Interface adalah sistem yang dapat digunakan bagi pengguna dan juga komputer untuk saling berinteraksi melalui perintah pesan suara. Singkatnya, teknologi yang digunakan manusia untuk berinteraksi dengan sistem namun menggunakan suara. Contoh penggunaan Voice yaitu Ketika Anda menggunakan fitur asisten Google.

7. Form Based Interface

Form Based Interface adalah sistem yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam program maupun aplikasi dengan pilihan terbatas. Singkatnya sistem ini merupakan bentuk cetak yang umum digunakan dalam keperluan sehari-hari. Contoh penggunaan Form Based yaitu di halaman formula bisnis di website Google untuk mengumpulkan data.

8. Question and Answer

Question and Answer adalah sistem yang digunakan oleh pengguna untuk menanyakan pertanyaan kepada komputer. Kemudian komputer akan memberikan jawaban sesuai dengan pertanyaan Anda berdasarkan data dan informasi yang sudah diatur sebelumnya. Contoh penggunaan Question and Answer adanya sistem berbasis FAQ (Frequently Asked Questions) yang ada di dalam mesin pencarian.

User Interface

User interface adalah bagian terpenting sekaligus strategi yang tepat dalam mempresentasikan bentuk web atau aplikasi terbaik sehingga user experience (UX) akan lebih optimal, atau dapat disebut juga dengan tampilan visual dari sebuah produk yang menghubungkan sistem dengan penggunanya. Sama dengan halnya yang dapat mempertemukan dua zat atau dua benda bertemu.

Faktor terpenting dalam pembuatan UI yaitu adanya elemen visual seperti, palet warna, animasi, tipografi, layout beserta komposisinya, gambar, ikon dan juga elemen material user lainnya. Ada juga faktor penting yang sangat mempengaruh pembuatan user yaitu, kesesuaian tampilan layout sistem dengan ukuran perangkat yang digunakan.

Contoh dari User Interface

Berikut merupakan contoh user interface yang ternyata sering kita gunakan di kehidupan sehari-hari, yaitu:

1. Mouse

Mouse merupakan perangkat kerja masukan atau alat untuk menginput yang harus ada ketika ingin mengoperasikan komputer. Fungsi utama yang dimiliki adalah sebagai alat penunjuk atau pointing device. Singkatnya di dalam mouse ada program dari interface yang digunakan untuk menggerakkan kursor dalam komputer, di mana kita hanya tahu kursor berpindah tanpa harus tahu proses yang ada di belakangnya.

2. Click Wheel pada iPod

Dulu nama iPod merupakan salah satu serangkaian perangkat digital yang dirancang dan juga dijual oleh pihak Apple. Sebagian besar iPod memberikan rangkaian user interface dengan menggunakan desain dalam bentuk roda putar. iPod juga bisa digunakan untuk hard drive eksternal dila disambungkan ke komputer.

3. ATM

Interface yang terjadi pada mesin ATM memudahkan pengguna untuk menarik maupun menyetorkan uang. Pengguna cukup memasukkan kartu ATM dan kemudian akan diarahkan ke berbagai tombol sesuai opsinya masing-masing, yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. Navigation Satelit dan GPS

Dengan teknologi yang semakin canggih, maka akan lahirlah inovasi-inovasi terbaru. Contohnya terciptanya GPS yang dapat Anda manfaatkan sebagai petunjuk jalan yang dapat Anda gunakan, ketika tidak atau belum mengerti arah jalannya. Ada beberapa ikon GPS yang memiliki fungsi masing-masing misalnya, ikon untuk tanda penunjuk lokasi berupa pin merah.

5. Speedometer

Hampir semua kendaraan entah itu roda empat maupun roda dua pasti memiliki speedometer, yang digunakan untuk mengukur laju kendaraan. Cara kerja speedometer sesuai dengan user interface tipe Graphical UI, karena speedometer mampu memberikan reaksi langsung ketika berinteraksi dengan perangkat.

Interface yang dapat dikatakan baik untuk speedometer sepeda motor khususnya matic yaitu dengan mempertimbangkan tata letak dan rancangan grafiknya.

6. Network Interface Card (NIC)

Network Interface Card adalah perangkat keras jaringan komputer yang dipasang pada komputer agar dapat menghubungkan perangkat dengan jaringan. Perangkat ini memiliki fungsi untuk tempat transmisi data ke seluruh jaringan komputer. Perangkat ini juga dapat mengirimkan sinyal pada lapisan komputer dan mengirimkan paket data pada lapisan jaringan server. 

Demikian ulasan mengenai program interface. Jadi kesimpulannya, program tersebut adalah program yang dirancang khusus untuk memberikan pengalam yang intuitif dan mudah untuk dipahami oleh pengguna.

Apabila Anda tertarik untuk mempelajari lebih dalam dan lebih luas lagi mengenai user, Anda sangat tepat jika menjadikan CourseNet sebagai tempat pelatihan IT untuk mendalaminya. Bersama dengan para coach kelas dunia yang profesional, CourseNet akan siap membimbing Anda untuk mencapai puncak kesuksesan.+

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!