course-net
Search
Close this search box.

Scam Adalah : Jenis-Jenis dan Cara Menghindari Scam

Minet

January 22, 2024

scam adalah

Teknologi semakin berkembang pesat dan banyak aktivitas yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan platform digital, baik belajar, bekerja, bermain, hingga berbelanja. Namun dibalik semua kemudahan tersebut, scam adalah salah satu kejahatan yang wajib Anda waspadai ketika menggunakan internet.

Meskipun teknologi sudah dirancang dan dibuat seaman mungkin, namun hal tersebut tidak menutup celah bagi para penjahat untuk melancarkan aksinya. Scam adalah kejahatan digital yang sedang marak terjadi.

Lalu apa itu scam dan mengapa kejahatan tersebut sangat berbahaya? Yuk simak artikel berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut!

Scam Adalah

Apa itu scam? Scam adalah kejahatan siber yang dilakukan untuk mendapatkan uang ataupun data dari target korban dengan cara melakukan penipuan. Dengan melakukan scam, pelaku bisa mendapatkan keuntungan finansial yang besar.

Saat ini hampir semua orang menggunakan internet, yang dimana hal ini menjadi sasaran empuk bagi para penjahat siber karena target korbannya semakin banyak. 

Biasanya pelaku mengincar korban yang dinilai memiliki banyak uang. Namun ada juga pelaku memilih korban secara acak untuk ditiup dan diambil datanya. Pelaku scam disebut sebagai scammer.

Scammer merupakan seorang atau sekelompok orang yang melakukan upaya penipuan melalui internet. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan, yaitu penipuan dengan kedok menawarkan hadiah, menawarkan kerjasama, menjual produk, dan masih banyak lagi.

Korban yang tertipu dan terjebak bisa memberikan uang atau data pribadi yang bisa berakibat fatal karena bisa disalahgunakan oleh scammer.

Karena itulah, Anda wajib berhati-hati dalam menggunakan internet. Penjahat siber dapat memanfaatkan celah sekecil apapun.

Hati-hatilah dalam membagikan kegiatan atau informasi di media sosial, karena itu dapat menjadi bahan bagi scammer untuk melakukan scam atau penipuan.

Jenis-Jenis Scam

Ada beberapa jenis scam yang mungkin sering Anda temui dan sering terjadi. Berikut penjelasannya : 

1. Phising

Phising adalah salah satu jenis scam dengan cara menipu korban dengan memanfaatkan data dan informasi korban. Informasi tersebut bisa didapatkan dari email, pesan teks, telepon, ataupun tautan.

Scammer biasa mengaku sebagai suatu pihak atau instansi untuk menjebak korbannya. Contohnya dari phising yaitu Anda menerima email yang mengatasnamakan suatu instansi, dan meminta data pribadi Anda. Anda akan disuruh untuk mengklik link atau tautan palsu agar Anda mengisi data di link tersebut.

Nantinya, data tersebut akan dimanfaatkan oleh pelaku dan bisa dijual ke pihak lain untuk tindakan tidak bertanggung jawab seperti penyalahgunaan akun.

2. Penipuan Donasi (Donation Scam)

Donation Scam adalah jenis scam yang dilakukan dalam bentuk donasi. Scammer akan memanfaatkan belas kasihan seseorang untuk melakukan penipuan.

Scammer akan menghubungi korban dan mengaku sebagai keluarganya yang sedang sakit. Setelah itu, scammer akan meminta bantuan keuangan untuk biaya pengobatan atau berbagai alasan lain.

Ada juga scammer yang melakukan penipuan di berbagai situs donasi. Scammer membuat akun palsu untuk menipu orang lain dengan kedok donasi demi mendapat uang dalam jumlah besar.

3. Penipuan Lelang (Auction Fraud)

Penipuan lelang atau auction fraud banyak dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Scammer melakukan penipuan dengan menggunakan situs web lelang palsu.

Modusnya yaitu pelaku akan berpura-pura menjual barang dengan harga yang sangat murah dan menjualnya di suatu website. Barang tersebut biasanya barang yang sedang banyak dicari seperti tiket konser, gadget, merchandise, dan lain sebagainya.

Korban yang ikut lelang tersebut akan diminta untuk mentransfer sejumlah uang. Padahal nantinya barang tersebut tidak akan dikirimkan. Penipuan ini banyak terjadi ketika menjelang acara konser dengan modus melakukan lelang tiket konser.

Karena itu, Anda harus berhati-hati dan tidak gampang tergiur hanya karena FOMO atau fear of missing out. Bahkan penjual yang terlihat meyakinkan pun bisa merupakan seorang scammer.

4. Catfishing

Catfishing adalah jenis scam yang sering dilakukan dengan menyalahgunakan identitas atau informasi seseorang dan menggunakannya untuk melakukan penipuan kepada orang lain.

Contoh umum dari catfishing adalah akun media sosial palsu. Scammer membuat akun media sosial yang menggunakan foto dan informasi seseorang. Setelah itu scammer akan melakukan penipuan terhadap kerabat dari seseorang tersebut. Setelah mendapatkan kepercayaan korban, scammer akan memanfaatkannya dengan meminta sejumlah uang.

Terkadang, identitas orang tersebut sangat meyakinkan dan mirip dengan aslinya. Karena itulah Anda harus selalu waspada agar tidak terkena catfish dan menjagaidentitas Anda agar tidak disalahgunakan oleh scammer.

Cara Menghindari Scam

Scam adalah kejahatan yang harus Anda hindari. Menghindarinya bukanlah hal yang sulit, Anda bisa memulainya dari mengedukasi diri sendiri untuk waspada terhadap penipuan yang mungkin terjadi dalam berbagai situasi.

Berikut beberapa cara agar tidak terkena scam : 

Memastikan Keamanan Website yang Digunakan

Sebelum mengakses sebuah website, Anda perlu memastikan website tersebut memiliki tingkat keamnaan yang tinggi. Sebaiknya Anda menghindari website yang belum memiliki SSL atau Sertifikat Secure Sockets Layer. SSL berguna untuk mengenkripsi semua data yang Anda kirimkan. 

Jangan pernah memasukkan data di website yang tidak memiliki SSL. Nantinya, scammer dapat membaca dan mencuri informasi yang Anda kirim karena data tersebut  tidak terenkripsi.

Hindari Memberi Informasi Pribadi

Ketika menggunakan media sosial, sebaiknya hindari memberikan informasi yang bersifat pribadi. Jangan memberikan informasi seperti tanda pengenal, alamat, nomor kartu ATM atau kartu kredit, nomor telepon, hingga kode OTP (One Time Password)

Informasi tersebut nantinya bisa dicuri dan disalahgunakan oleh scammer. Bisa-bisa Anda mengalami kerugian finansial yang besar.

Jangan Mudah Percaya Orang Lain

Hal yang paling utama dalam menghindari scam adalah jangan pernah gampang percaya dengan orang lain di internet. Apalagi, jika Anda mengenal dan berkomunikasi dengan orang tersebut melalui internet.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan scammer, salah satunya yaitu berpura-pura menjadi orang lain untuk melakukan penipuan. Jangan terlalu percaya dengan perilaku dan kata-kata orang yang ingin menipu kita. 

Karena itulah, penting untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan dalam mengidentifikasi scam agar dapat terhindar dari kejahatan tersebut.

Kesimpulan

Scam adalah penipuan yang dilakukan untuk mencuri uang, barang, atau data pribadi target korban. Mudahnya akses dunia digital semakin memberikan peluang bagi para scammer untuk melancarkan aksinya.

Karena itulah, penting untuk selalu waspada terhadap tindak penipuan atau scam. Pahami dengan betul jenis-jenis scam sehingga Anda bisa mengidentifikasi dan menghindarinya.

Jika Anda tertarik untuk mempalajari keamanan siber, yuk ikut kursus Cyber Security di Course-Net!

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!