course-net
Search
Close this search box.

Tagline Adalah : Pengertian, Fungsi, Dan Contohnya

Minet

March 19, 2024

Tagline Adalah ? Yuk Simak Penjelasan Tagline Ideas

Tagline Adalah : Pengertian, Fungsi, Dan Contohnya – Strategi marketing itu adalah hal yang sangat penting untuk bisa membuat sebuah usaha bisa menjadi lebih besar dan berkembang. Tagline menjadi salah satu strategi marketing yang saat ini semakin banyak digunakan oleh banyak perusahaan kecil sampai besar. Berikut ini kami akan jelaskan mengenai apa itu Tagline beserta fungsinya dan beberapa contoh yang cukup populer.

Tagline Adalah ? Yuk Simak Penjelasan Tagline Ideas

Pengertian Tagline

Tagline Adalah ? Yuk Simak Penjelasan Tagline Ideas

Pertama-tama kita perlu tahu dulu tagline artinya itu apa, barulah kalian akan bisa mempergunakannya dalam strategi marketing yang baik. Tagline adalah sebuah frasa yang akan mengomunikasikan pesan dari sebuah brand secara ringkas, menarik dan sudah pasti harus mudah diingat. Biasanya frasa ini akan dihadirkan bersamaan dengan logo dari brand perusahaan untuk membedakan produk perusahaan tersebut dengan perusahaan yang lainnya.

Frasa ini sangat berbeda dengan slogan, akan tetapi juga ada identitas yang khas dari produk atau dari sebuah brand tertentu. Frasa jenis ini memang sering digunakan dalam marketing, karena bisa menyampaikan keunikan produk secara efektif kepada konsumen. Banyak sekali konsumen yang lebih mudah menghafalkan frasa jenis ini, sehingga akhirnya bisa menjadi strategi marketing terbaik.

Pengertian secara sederhana itu bisa diartikan bahwa Tagline itu adalah suatu ungkapan singkat yang mudah diingat oleh para pembaca atau pendengar. Jadi perusahaan biasa mempergunakan hal tersebut untuk bisa mempromosikan produk atau juga brand dari perusahaan tersebut. Tidak jarang pada akhirnya banyak orang lebih mengenali Tagline itu dibandingkan dengan nama dari perusahaan tersebut.

Ciri-Ciri Tagline Idea Adalah

Untuk supaya kita bisa memaksimalkan frasa ini untuk mempromosikan produk, maka kalian perlu tahu seperti apa ciri-cirinya. Dengan mengetahui ciri-ciri dengan baik dan jelas, maka kita akan bisa memahami dengan baik mengenai frasa jenis ini. Berikut ini kami akan jelaskan karakteristik yang menjadi cara yang paling jelas untuk kita bisa memahaminya dengan baik.

  1. Ciri yang pertama yakni frasa menjadi salah satu perwakilan dari merek atau brand yang akan membedakan dengan brand yang lain
  2. Ciri yang kedua itu biasanya frasanya itu pendek, ringkas tapi mudah diingat. Jadi memang tujuannya itu adalah untuk menyampaikan visi dan misi dari perusahaan dalam bentuk teks.
  3. Ciri yang ketiga umumnya kata-kata dari frasa jenis ini hanya sekitar 3 sampai 8 kata saja. Jadi memang bentuknya itu sangat ringkas dan juga sangat padat informasi.
  4. Ciri yang terakhir yakni mudah diingat, jadi konsumen akan langsung mengaitkan dengan produk dari brand ketika mendengar frasa tersebut.

Baca Juga : Teknik Branding dengan Digital Marketing

Jenis-jenis

Setiap perusahaan itu bisa mempergunakan frasa ini untuk berbagai tujuan, karena dalam strategi marketing pun memiliki beberapa tujuan. Jadi frasa jenis Tagline ini pun memiliki beberapa jenis yang tentu saja akan dibedakan dengan tujuan dari dibuatnya frasa tersebut. Berikut ini kami akan jelaskan beberapa jenis tagline keren yang memang sangat penting untuk bisa kalian pergunakan bagi perusahaan.

1. Deskriptif

Jenis deskriptif ini menjadi jenis frasa yang akan memberikan penjelasan mengenai suatu produk yang menjadi keunggulan dari produk. Jadi biasanya akan menjelaskan keunikan dan juga kelebihannya. Contoh Tagline yang berjenis deskriptif ini adalah TEBS dengan jargonnya Tea With Shocking Soda.

2. Superlatif

Berikutnya jenis superlatif yang merupakan frasa yang akan menunjukkan kelebihan dengan lebih berani dan juga menantang. Ada beberapa contoh untuk jenis ini yakni Semakin Di Depan yang digunakan oleh brand Yamaha.

3. Imperatif

Untuk jenis ini adalah Imperatif yang merupakan frasa yang akan mengajak pendengar atau pembaca untuk melakukan aksi yang berhubungan dengan produk. Ada beberapa contohnya seperti dari LA yang menggunakan slogan Enjoy Saja.

4. Spesifik

Berikutnya ada jenis spesifik yang memang digunakan untuk menimbulkan kesan kalau brand tersebut lebih unggul dibandingkan yang lainnya. Biasanya akan disebutkan secara jelas nama dari brand tersebut. Seperti contohnya brand teh botol Sosro dengan frasa apa pun makanannya, minumnya teh botol Sosro.

5. Provokatif

Jenis yang berikutnya yakni provokatif yang biasanya berisi kata-kata yang memiliki unsur tantangan untuk memancing logika masyarakat. Terkadang Tagline jenis provokatif ini pun akan diakhiri dengan kalimat tanya. Ada beberapa contoh seperti misalnya orang pintar minum Tolak Angin.

Fungsi Tagline Adalah

branding tagline

Banyak sekali orang yang mempergunakan frasa ini untuk membangun usaha mereka dan juga mengembangkan usaha mereka dengan baik. Ini tentu saja karena memang ada beberapa fungsi yang memang dimiliki oleh frasa ini yang sangatlah besar. Berikut ini kami akan coba jelaskan apa saja sih fungsi dari kumpulan tagline unik yang saat ini bisa kalian temukan contohnya di internet.

1. Mempresentasikan Visi dan Misi Perusahaan

Fungsi yang paling pertama itu adalah untuk bisa mempresentasikan visi dan misi perusahaan kepada masyarakat. Visi dan misi ini tidak jarang pada akhirnya membuat orang tertarik untuk mengikuti perkembangan dari perusahaan tersebut. Jadi nantinya orang akan terdorong untuk bisa membeli produk dari brand atau perusahaan tersebut.

2. Meningkatkan Identitas Suatu Bisnis

Fungsi utama yang juga membuat banyak perusahaan menggunakannya untuk mengembangkan usaha yakni meningkatkan identitas. Adanya frasa ini akan sangat membantu perusahaan untuk memperkenalkan produk dan meningkatkan branding perusahaan. Jadi perusahaan bisa meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap adanya produk atau perusahaan atau bisnis kalian yang akhirnya bisa meningkatkan penjualan.

3. Positioning Market Size

Fungsi yang ketiga yakni positioning market yang dimiliki oleh perusahaan untuk bisa memudahkan orang untuk mengingat brand dari perusahaan. Jadi nantinya konsumen akan bisa mengingat brand perusahaan ketika ingin membeli produk yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.

4. Membedakan dengan Kompetitor

Fungsi yang keempat Tagline yakni untuk bisa membedakan perusahaan atau bisnis kita dengan kompetitor dalam sebuah strategi marketing. Dengan frasa yang mudah diingat tentunya akan bisa membuat orang bisa membedakan produk kita dengan pesaing dari produk yang sama. Jadi tagline idea yang unik sudah pasti akan sangat membantu untuk membuat produk bisa lebih dikenali meski di pasar yang sama.

Tips Memilih Jenisnya

Pemilihan dari frasa untuk promosi ini memang tidak bisa sembarangan, kita harus memilih yang tepat supaya hasilnya maksimal. Berikut ini kami akan jelaskan beberapa tips yang bisa kalian pergunakan untuk memilih frasa yang tepat untuk usaha atau bisnis kita.

1. Menyesuaikan dengan Jenis Produk

Tips yang paling pertama itu adalah dengan menyesuaikan dengan jenis produk yang dimiliki oleh bisnis tersebut. Jenisnya memang beragam dan memiliki ciri khas yang berbeda, jadi kita perlu sesuaikan dengan jenis produk.

2. Memilih Sesuai dengan Tujuan

Tips yang terakhir yakni menyesuaikan dengan tujuan dari promosi, apakah untuk meningkatkan penjualan atau meningkatkan brand perusahaan. Jadi pastikan kalian memilih tagline sesuai dengan tujuan dari promosi yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Contoh Tagline

Setelah kamu mengetahui definisi dan jenis-jenis tagline, selanjutnya kamu perlu mengetahui contoh tagline perusahaan ternama di dunia dan contoh tagline menarik yang mungkin bisa kamu jadikan inspirasi untuk pada perusahaanmu.

1. CourseNet – “AccelerateYourITCareer

Akselerasikan Karir Anda sekarang juga bersama coach kelas dunia. Buat diri Anda memiliki specialisasi yang jelas, menjadi seorang web apps developermobile apps developerdata scientistnetwork specialistcyber security specialist atau digital marketer.

Tagline ini dibuat bertujuan untuk membuat sistem belajar semi cowboy, menjamin anda mendapatkan pengalaman belajar yang fun dan praktis.

2. Adidas – “Impossible is Nothing”

Pada awal kehadirannya, Adidas merupakan sebuah brand yang memproduksi pakaian olahraga untuk atlet Jerman. Sempat berganti tagline beberapa kali, akhirnya Adidas melabuhkan pilihannya untuk mengusung tagline “Impossible is Nothing” sejak tahun 2004.

Menurut Adidas, tagline ini mampu mewakili semangat para atlet yang berusaha untuk melangkah lebih jauh, melampaui batas diri, serta membuat terobosan-terobosan baru.

3. Toyota – “Moving Forward

Tagline berikutnya adalah berasal dari produk otomotif Jepang, yakni Toyota. Salah satu merek ternama itu mempunyai tagline “Moving Forward” yang berarti melangkah ke depan atau jalan terus.

Dengan tagline tersebut, Toyota ingin menciptakan gambaran perusahaan yang mempunyai visi dan misi terdepan. Toyota selalu ingin mengembangkan ide-idenya yang cemerlang dan mewujudkan perusahaannya menjadi perusahaan yang maju dan terdepan.

Tagline ini juga bisa digunakan sebagai pengingat, bahwa kita harus selalu melihat ke depan agar mencapai masa depan yang lebih baik.

4. Nike – “Just Do It

Menjadi salah satu tagline paling ikonis, tidak ada yang menyangka bahwa tagline ini terinspirasi dari kalimat terakhir yang diucapkan oleh terpidana mati yang akan dieksekusi.

Just Do It menjadi tagline yang mengandung pesan positif yaitu untuk memberi motivasi orang-orang yang ragu dalam mengambil keputusan.

Gambaran sederhana dari merek ini juga terpancar dari logo yang hanya berupa simbol centang ini. Meskipun terlihat sederhana, namun logo dan tagline ini mampu memberikan kesan yang dalam kepada konsumennya.

5. Nokia – “Connecting People

Tagline brand besar di masanya ini mampu mendeskripsikan produknya berupa handphone yang dapat kamu gunakan untuk menghubungkan satu dengan yang lainnya.

Connecting People dapat memberikan kesan bahwa sesama makhluk sosial, kita perlu sama sama menjaga hubungan baik antar sesama termasuk orang-orang terdekat kita.

Dan melalui produk Nokia, kita bisa terus menjalin hubungan tanpa terbatas wilayah, jarak, maupun waktu.

6. Honda – “The Power of Dreams

Brand perusahaan yang mempunyai tagline “The Power of Dreams” ini memiliki arti kekuatan impian. Didirikan oleh Soichiro Honda, Honda mampu menginspirasi orang-orang bahwa kekuatan dari impian ini tidak bisa dianggap sepele.

Soichiro menunjukkan bahwa tanpa pendidikan formal pun, dia tetap bisa bermimpi tinggi dan mewujudkan mimpinya tersebut. Bahkan perusahaannya kini menjadi salah satu perusahaan otomotif terbesar dunia, lho.

7. ASICS – “Anima Sana In Corpore Sano

Brand yang didirikan sejak tahun 2977 ini memiliki tagline yang mungkin tidak asing di telinga, yaitu “Anima Sana In Corpore Sano”. Tagline ini tersembunyi dan menjadi sebuah singkatan yang menjadi nama brand tersebut, yakni ASICS.

Tagline ini hadir dengan tujuan untuk dapat menciptakan gaya hidup yang sehat sekaligus menyenangkan lewat produk-produknya.

8. Apple – “Think Different

Melalui tagline “Think Different”, Apple ingin menunjukan bahwa mereka selalu berpikir kreatif dan out of the box. Dengan nilai positif yang disebarkan oleh Apple, kita bisa mengambil pelajaran bahwa saat menjalani hidup, kita perlu terus berpikir kreatif dan inovatif agar bisa bertahan serta mencapai tujuan hidup yang kita inginkan.

Brand ini berhasil membuktikan bahwa Apple dapat menjadi salah satu perusahaan penghasil produk berbeda dari yang lain.

Mau Belajar Branding ?

Ketika anda sudah mengunjungi halaman ini , Anda sudah berada di posisi yang tepat. Dimana anda butuh coach yang akan membimbing anda untuk meningkatkan brand awernes. Dengan mengikuti kursus digital marketing , Kini anda bisa mempelajari langkah – langkahnya dengan benar. Saatnya anda berubah dan meningkatkan skill anda.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!