course-net
Search
Close this search box.

Home >

Rate Card Adalah Hal Penting Bagi Influencer, Ini Penjelasannya

Tuesday, 19 March 2024 3:38 PM

rate card adalah

Langkah marketing yang cukup efektif saat ini adalah dengan menggunakan digital marketing, salah satunya memanfaatkan influencer sosial media. Rate card adalah satu hal yang memuat informasi penting bagi perusahaan untuk melakukan langkah digital marketing melalui influencer. Berikut ini kami akan coba jelaskan apa sih Rate Card dan juga kegunaan serta faktor penentunya.

Apa Itu Rate Card? 

Rate Card adalah dokumen yang menggambarkan valuasi pribadi dari influencer dalam melakukan langkah marketing di sosial media. Secara umum rate card adalah artinya tarif atas jasa iklan yang disediakan secara detail untuk menginformasi perusahaan yang membutuhkannya. Namun saat ini banyak digunakan influencer sebagai salah satu media digital marketing yang cukup efektif dan banyak dilakukan perusahaan.

Rate card sendiri berisi beberapa hal penting yang bisa menjadi pertimbangan perusahaan dalam menggunakan jasa influencer sosial media. Berikut ini beberapa isi dari rate card tersebut.

  1. Tarif layanan yang tentunya akan sangat berbeda-beda untuk satu influencer dengan influencer yang lainnya. Biasanya akan ada detail paket iklan yang akan didapatkan dalam satu tarif tertentu, meskipun bisa disesuaikan lagi nantinya.
  2. Demografi sosial media yang dimiliki influencer juga biasanya akan ditampilkan pada rate card seperti insight dan audiens. Mulai dari jumlah follower, insight yang dimiliki setiap posting, sampai audiens yang didapatkan berdasarkan insight. Jadi selain tarif isi rate card adalah demografi akun sosial media yang dimiliki influencer.
  3. Informasi lainnya sebagai tambahan layanan media iklan yang ditawarkan juga biasanya akan ditampilkan pada rate card ini. Jadi nantinya perusahaan tidak akan kebingungan pada saat akan menggunakan jasa mereka, karena bisa mendapat gambaran harganya.
  4. Kebijakan dari penyedia jasa pun disampaikan juga pada rate card ini, sehingga perusahaan tahu persis seperti apa layanannya. Adanya informasi kebijakan akan sangat membantu proses kerja sama dengan perusahaan lebih lancar dan lebih terang di awal.

Pada dasarnya rate card ini bukan hanya digunakan oleh para influencer saja, akan tetapi juga oleh banyak pekerja freelance. Mulai dari videografer, konten creator, sampai dengan freelance writer pun biasanya membuat dan menampilkan rate card untuk menampilkan harga jasanya.

Fungsi Rate Card

Fungsi dari rate card ini sangat banyak, sehingga sangat penting untuk dibuat oleh penyedia jasa termasuk jasa iklan dari influencer. Berikut ini kami akan jelaskan fungsi rate card bagi para influencer maupun bagi perusahaan yang ingin melakukan digital marketing influencer ini.

1. Menunjukkan Rincian Harga yang Jelas

Rate card endorse adalah dokumen informasi harga untuk endorse pada influencer yang jelas menunjukkan harga secara rinci. Biasanya harga untuk endorse akan lebih mahal dibandingkan harga untuk membuat konten iklan saja atau yang lain sebagainya. Rincian harga layanan yang tersedia akan terlihat dengan sangat jelas melalui rate card ini, jadi sangat membantu influencer maupun perusahaan.

2. Menunjukkan Insight dan Engagement

Rate card adalah dokumen yang berisi insight dan engagement, sehingga salah satu fungsinya untuk menunjukkan insight dan engagement influencer. Ini akan menunjukkan nilai dari influencer sendiri dan juga menunjukkan audiens yang dimiliki oleh influencer kepada perusahaan. Jadi perusahaan bisa menilai apakah memang insight dan engagement tersebut cocok dengan yang dibutuhkan perusahaan.

Memperhatikan insight dan engagement ini sangat penting sebelum mengiklan, supaya bisa mendapatkan langkah marketing yang efektif. Semakin cocok dengan audiens, maka efektivitas dari marketing influencer ini akan semakin baik untuk mendapatkan tujuan marketing.

3. Meningkatkan Branding Bagi Influencer

Adanya rate card juga sangat membantu influencer untuk meningkatkan branding dirinya, karena akan terlihat jauh lebih profesional. Perusahaan akan melihat kalau influencer memang sudah memiliki niat yang serius untuk membantu perusahaan dalam melakukan digital marketing. Selain itu dengan adanya tampilan demografi juga bisa meningkatkan valuasi influencer di mata perusahaan yang membutuhkan iklan digital.

4. Mempermudah Kerja Sama

Rate card sangat membantu proses kerja sama antara perusahaan dengan influencer baik untuk endorse maupun untuk konten lainnya. Adanya kebijakan yang tertera dengan jelas dan mungkin bagaimana tahapan dalam posting konten sangat membantu perusahaan dalam membangun kerja sama. Jadi perusahaan sudah tahu aturan yang ditetapkan sebelum kerja sama dimulai, sehingga tentunya proses kerja sama akan berjalan lebih lancar.

Fungsi rate card adalah memudahkan kerja sama, karena semua sudah jelas baik dari sisi harga, demografi sampai dengan aturan dan kebijakannya.

Faktor Penentu Rate Card

Faktor yang menentukan rate card sendiri ada beberapa, sehingga bisa jadi influencer yang satu dengan yang lainnya berbeda-beda. Berikut ini kami akan jelaskan beberapa faktor penentunya yang bisa jadi untuk platform sosial media yang berbeda pun akan berbeda pula.

1. Instagram

Faktor penentu rate card Instagram adalah jumlah follower, akan tetapi bukan hanya itu saja lho faktor yang menentukan harga dan lainnya. Terkadang yang lebih penting itu justru seberapa besar insight dan engagement yang didapatkan akun influencer dibandingkan jumlah follower. Seberapa besar persentase insight yang didapatkan dari jumlah follower yang ada akan sangat mempengaruhi harga atau tarif.

Selain itu jenis konten dan juga jumlah konten akan sangat mempengaruhi tarif untuk influencer dari Instagram ini.

2. TikTok

Faktor penentu rate card TikTok adalah jumlah penonton dari akun TikTok untuk setiap posting yang didapatkan oleh akun tersebut. Jumlah follower TikTok juga sangat menentukan tarif, karena semakin banyak follower maka akan semakin banyak orang yang melihat konten tersebut. Perpaduan follower dan jumlah penonton serta frekuensi masuk FYP itu menjadi penentu nilai atau tarif dari influencer.

Jadi untuk TikTok penentu rate card adalah jumlah follower dan engagement yang didapatkan setiap konten di setiap platform sosial media.

Baca Juga : Optimalkan FYP TikTok dengan Jadwal yang Tepat: Membangun Konsistensi dan Pertumbuhan yang Berkelanjutan

3. Youtube

Faktor penentu rate card untuk Youtube sendiri biasanya lebih kepada subscriber, karena semakin besar subscriber semakin besar akun Youtube. Selain itu juga bagaimana demografi akun Youtube seperti jumlah penonton, usia penonton, dan lain sebagainya juga menjadi penentu. Semakin besar subscriber dan insight seperti komentar dan lain sebagainya akan membuat tarif akan semakin tinggi juga.

Berbeda jenis platform sosial media memang mempengaruhi tarif juga, karena fleksibilitas dan jenis konten yang tentunya berbeda. Instagram memiliki jenis konten yang lebih beragam, sehingga faktor penentunya pun akan lebih banyak.

Cara Membuat Rate Card

Ketika perusahaan Anda ingin bekerja sama dengan suatu komunitas, influencercontent creator, atau menggunakan pekerja lepas, Anda harus dapat membaca rate card dengan baik dan teliti. Dengan begitu, saat kerja sama akhirnya berlangsung tidak ada kesalahpahaman karena biasanya mereka sudah menjelaskan seluruh terms and conditions di dalam rate card.

Memahami cara membaca rate card juga bisa membuat Anda paham bagaimana cara menyusunnya. Sebab, tidak hanya para influencercontent creator, atau freelancer saja yang membutuhkan daftar tarif. Jika perusahaan Anda memiliki basis komunitas atau bahkan memiliki akun media sosial dengan pertumbuhan bagus, perusahaan Anda bisa mendapatkan kesempatan untuk suatu kolaborasi berbayar dengan perusahaan atau acara lain.

Berikut KitaLulus jelaskan bagaimana cara membuat rate card dan hal-hal apa saja yang harus diperhatikan.

1. Pahami Audiens yang Dimiliki

Perusahaan Anda memiliki banyak pengikut di media sosial? Nah, biasanya audiens tersebut terdiri dari berbagai kalangan, seperti perbedaan umur, kelas ekonomi, pekerjaan, jenis kelamin, hingga preferensi.

Mengapa perbedaan itu ada? Biasanya meskipun branding perusahaan Anda sudah jelas, tetapi konten yang Anda hasilkan memiliki perbedaan isi dan perspektif pemahaman. Nah, Anda bisa memanfaatkan perbedaan audiens ini untuk menentukan isi daftar tarif.

2. Tentukan Niche

Rate card adalah tentang value diri yang ditawarkan untuk suatu kerja sama. Nah, dalam penawaran tersebut terdapat satu bagian yang akan selalu diperhatikan calon klien, yaitu niche.

Sederhananya, niche adalah segmented audience yang berkaitan dengan fokus branding. Klien akan memperhatikan hal ini karena nanti berkaitan dengan efek yang akan dihasilkan seusai kerja sama terhadap pasar yang ingin mereka target.

3. Tentukan Harga Kerja Sama dengan Efektif

Penetapan harga biasanya akan menjadi suatu hal yang membingungkan. Nah, ini bisa Anda lakukan dengan riset tentang penawaran serupa dari pihak lain. Setelah itu Anda sesuaikan dengan value kerja sama yang Anda tawarkan.

4. Berikan Batasan Request dari Klien

Terkadang, ada calon klien yang akan langsung melakukan penawaran dan permintaan aneh-aneh padahal belum deal tentang kerja sama. Anda bisa dengan praktis dan tegas menerapkan batasan request di dalam daftar tarif.

Misal, dalam kerja sama yang perusahaan Anda tawarkan terdapat beberapa paket dengan perbedaan budget dan benefit. Nah, jika calon klien memiliki paket paling mahal, tegaskan tidak ada kesempatan untuk meminta revisi tambahan jika di awal sudah terdapat persetujuan antara keduanya.

5. Desain yang Menarik

Mungkin tips membuat rate card yang terakhir ini terkesan tentang penampilan saja. Namun, Anda juga harus paham bahwa penawaran kerja sama biasanya terkait kreativitas. Nah, ketika daftar tarif memiliki desain yang kreatif, tentu akan menjadi nilai plus di mata calon klien. Tidak hanya itu, desain rate card juga harus disesuaikan dengan branding.

Memahami rate card dengan baik dan mampu membuatnya menjadi hal penting yang dibutuhkan oleh seorang influencer. Membuat rate card adalah sebuah kemampuan penting yang harus dimiliki, supaya bisa membuat rate card yang baik dan menarik. CourseNet menyediakan materi mengenai rate card secara detail untuk membantu para influencer membuatnya dengan kualitas yang baik.

Tunggu apa lagi, daftar sekarang juga.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!