course-net
Search
Close this search box.

TCP Adalah : Pengertian, Cara Kerja & Contohnya

Minet

February 7, 2023

TCP Adalah : Pengertian, Cara Kerja & Contohnya

TCP Adalah : Pengertian, Cara Kerja & Contohnya – Jika Anda sering kali browsing, atau menjelajah di internet, mungkin sering kali mendengar istilah TCP atau IP. kedua istilah ini memang sering kali dijumpai dalam komunikasi digital, serta digunakan dalam proses tukar menukar data.

Dalam artikel kali ini, kami akan mengajarkan anda tentang pengertian dari TCP dan IP. Jika anda belajar untuk teknologi digital, serta ingin tahu belajar IT anda sudah menemukan situs yang tepat.

TCP Adalah ? Yuk Simak Penjelasannya

Pengertian Apa itu TCP dan IP Adalah

TCP Adalah : Pengertian, Cara Kerja & Contohnya

TCP itu sendiri adalah sebuah singkatan yang artinya Transmission Control Protocol, atau di artikan sebagai protokol transmisi kontrol. Protokol ini merupakan adalah proses standar untuk mengirim dan menerima suatu data. Protokol akan memberikan kemudahan dalam mengembangkan jaringan internet.

Kepanjangan dari TCP/IP adalah Transmission Control Protocol untuk TCP sedangkan Internet Protocol untuk IP. Protok ini memiliki fungsi untuk mengatur dan bertanggung jawab dalam transfer data serta mengirim data.

Sejarah Singkat dari TCP/IP

Pada mulanya baik Transmission Control Protocol dan IP atau Internet Protocol dikembangkan oleh pihak Departemen Pertahanan Amerika. Fungsi ini untuk meningkatkan kecepatan, akses, dan komunikasi real time.

Lalu Dikembangkan untuk menghubungkan komputer. Salah satu protokol pertama atau pesan pertama yang dikirim melalui protokol internet adalah “Hello”. Keberhasilan ini lalu dilanjutkan dengan banyaknya perkembangan dan inovasi berbagai teknologi internet, mulai dari Desktop PC yang terjamin, seperti memori chip, superconductor, dan masih banyak lagi.

Selain itu, bertambahnya inovasi perkembangan jaringan lainnya, seperti Jaringan Area Lokal, atau Local Area Network, serta dengan komponen IP lainnya yang disediakan. Lambat laun, perkembangan internet memungkinkan untuk akhirnya terdapat jaringan internet, sebuah jaringan global yang menghubungkan komputer di seluruh dunia.

Pengertian dan Perbedaan dari TCP IP

Pengertian dan Perbedaan dari TCP IP

TCP IP adalah dua protocol jaringan komputer terpisah, di mana IP adalah server, bagian dari alamat dalam komputer yang bertujuan untuk pengiriman dan perolehan data, sedangkan untuk Transmission CP adalah yang bertanggung jawab pada pengiriman data, sesudah IP Address itu sendiri sudah ditemukan. Kedua hal ini yang mendasari dari perbedaan kedua jenis protokol pengiriman data.

Dua buah protokol ini baik itu TC protocol, ataupun IP digunakan secara bersamaan untuk transfer pengiriman, dan penerimaan data, sehingga pada dasarnya mereka tidak bisa dipisahkan, dan sering kali digunakan secara bersamaan. Sekarang, sering kali dalam terminologi di artikan dalam model dari TCP IP layer serta dengan kedua protocol tersebut.

Di misalkan seperti ini, IP Address adalah alamat fisik dari komputer Anda, atau nomor telepon yang telah ditetapkan untuk komputer Anda, sedangkan untuk TCP adalah protokol atau teknologi yang memungkinkan untuk telepon Anda menerima pesan, dan memungkinkan untuk berdering, serta berbicara dan berkomunikasi dengan telepon lainnya. Keduanya berbeda, namun tetap saling berkaitan di antara keduanya.

Cara Kerja dari TCProtocol dan IP Adalah

Model dari kedua protocol ini menjadi metode standar untuk komunikasi data yang mendasari internet. Kedua protokol yang pada awalnya dikembangkan oleh pihak Departemen Pertahanan US ini, memungkinkan untuk kedua buah atau lebih komputer mentransmisikan data, serta menerima data dengan lebih akurat, dan secara real time.

Cara kerjanya secara simpel atau sederhana adalah memecah pesan ke paket yang lebih kecil, menghindari keharusan untuk mengirimkan seluruh pesan, dan mengirimkan ulang pesan yang dapat memakan banyak sekali waktu, serta dapat menemui banyak masalah transmisi. Paket pesan ini secara otomatis akan dipasang kembali, saat pesan mencapai alamat IP tujuan mereka.

Baca Juga : Network Engineer Adalah: Pengertian, Gaji network engineer, dan Skill yang Dibutuhkan

Kedua protokol ini membagi tugas komunikasi masing-masing dalam setiap lapisan, menjaga agar setiap proses pengiriman dan penerimaan data lebih terstandarisasi, serta tanpa dilakukan untuk penyediaan hardware, dan dapat melakukan pengelolaan sendiri. Lalu, kedua protokol ini melewati lapisan urutan terbaik, serta mengembalikan pesan seperti semula.

Sebagai contoh tentang cara kerja kedua protokol ini, ketika email dikirimkan melalui protokol, dan menggunakan server email dan memulai proses, maka protokol Transmission akan membagi pesan menjadi paket yang lebih kecil, membaginya ke dalam proses, paket, menomori, lalu meneruskannya ke dalam sebuah lapisan IP. Setelah itu, pesan akan masuk ke dalam kotak masuk dari email pengguna, sehingga transmisi pesan sukses.

Pengertian TCP/IP adalah sebuah protokol pengiriman dan penerimaan data yang tidak dapat dipisahkan dalam teknologi digital. Bisa dibayangkan , jika suatu telepon itu adalah IP anda. Sehingga IP tersebut akan berupa fisik yang bisa menerima pesan dari orang lain.

Protokol ini memiliki tugas untuk mengirimkan suatu data. Hal yang akan dilakukan yaitu membagi dan memecah data menjadi lebih kecil. Sehingga data akan dikirimkan menjadi lebih mudah.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!