course-net
Search
Close this search box.

Home >

Trademark: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contohnya

Wednesday, 7 February 2024 1:59 PM

trademark adalah

Trademark atau dikenal dengan merek dagang adalah suatu elemen yang sudah terdaftar secara hukum fungsinya untuk membedakan jasa atau barang satu dengan yang lainnya apabila sejenis. Merek dagang di Indonesia menganut sistem “first to file”, yang merupakan pihak yang daftar pertama kalinya akan mendapatkan hak atas merek dagang tersebut.

Merek dagang juga berfungsi sebagai pelindung identitas pada suatu bisnis. Selain itu, merek dagang juga memiliki beberapa jenis, seperti design mark, work mark, color mark dan sebagainya. Setelah Anda cukup memahami apa itu trademark, agar lebih memahami tentang merek dagang, maka simak penjelasan di bawah ini.

Fungsi Trademark

Selain berfungsi untuk memberikan perlindungan pada simbol identitas suatu bisnis, merek dagang juga memberikan banyak fungsi lainnya, seperti:

1. Memberikan Perlindungan Hukum bagi Pemilik Merek

Merek dagang memiliki fungsi untuk memberikan perlindungan dan kepastian hukum untuk pemilik merek usaha. Apabila Anda mendapatkan kasus yang berkaitan dengan sengketa datang, mempunyai merek dagang yang telah terdaftar bisa membantu masalah tersebut dengan mudah. Hal ini karena merek dagang bisa Anda manfaatkan sebagai bukti sah kepemilikan dari merek Anda.

Tidak hanya itu, merek dagang juga dapat memberikan perlindungan bagi masyarakat sebagai konsumen atau pembeli atas barang maupun jasa yang menggunakan merek dagang tertentu supaya tidak mendapatkan barang yang palsu atau serupa.

2. Memudahkan Transaksi Bisnis

Trademark juga memberikan fungsi untuk memudahkan melakukan transaksi bisnis, seperti merger atau akuisisi bisnis, perjanjian mereka hingga menjalin kerja sama dengan para investor. Hal ini karena merek dagang akan meyakinkan pihak lain jika Anda memang benar-benar memiliki hak dari merek tersebut.

Merek dagang yang telah terdaftar juga dapat meningkatkan brand value, sehingga Anda dapat menarik perhatian lebih banyak investor untuk menanamkan modal ke perusahaan Anda. Nah, bagi Anda yang ingin belajar digital marketing untuk meningkatkan traffic dan penjualan harus ikut kursus digital marketing di CourseNet.

3. Mencegah Pemalsuan Merek

Merek dagang berfungsi untuk pencegahan terjadinya pemalsuan merek yang marak terjadi. Dengan adanya merek dagang bisa melarang orang lain, meniru, membuat maupun menjiplak merek Anda yang telah terdaftar secara resmi tanpa seizin pemiliknya. Apabila ada pihak lainnya yang melakukan hal demikian, pemilik merek yang terdaftar dapat menempuh jalur hukum untuk mendapatkan haknya.

4. Meningkatkan Brand Awareness

Apabila brand indentity berhasil dibangun, konsumen mulai merasa mengenal dengan produk yang Anda miliki. Brand awareness merupakan hasil yang akan didapatkan berikutnya. Mempunyai trademark adalah salah satu keuntungan bagi pemilik bisnis sebab akan lebih mudah diinginkan serta muncul di semua marketing channel untuk membantu meningkatkan brand awareness bisnis yang Anda miliki.

Dengan memakai merek dagang secara konsisten selama melakukan promosi bisa meningkatkan visibilitas brand, jadi akan memudahkan konsumen mengingat produk yang Anda miliki.

5. Membangun Brand Identity

Merek dagang merupakan salah satu strategi promosi yang bisa jadi identitas khas brand yang Anda miliki. merek dagang berupa warna, logo, desain kemasan hingga tagline adalah satu kesatuan dari brand indentity yang berkaitan satu dengan lainnya.

Keunikan dari mereka dagang yang dipakai di semua elemen marketing, seperti kemasan, website, media sosial hingga media iklan yang bisa membangun brand identity lebih kuat.

Seperti itulah beberapa fungsi penting adanya merek dagang, sehingga bagi Anda yang ingin mendapatkan perlindungan identitas bisnisnya harus segera daftarkan mereknya.

Jenis Trademark

Merek dagang memiliki 5 jenis sesuai dengan bentuknya, yaitu:

1. Design Mark

Design mark merupakan salah satu jenis merek dagang yang berupa desain maupun grafik yang dipakai untuk identifikasikan barang maupun jasa. Selain itu, design mark umumnya mencakup simbol, logo, wana dan elemen grafis yang lainnya. Umumnya design mark satu ini lebih sulit didaftarkan dibandingkan jenis merek dagang yang lain sebab desainnya lebih detail dan kompleks.

2. Word Mark

Word mark merupakan jenis merek dagang yang terdiri atas kata, angka, kombinasi kata atau huruf yang dipakai untuk mengidentifikasi produk maupun jasa. Biasanya work mark termasuk jenis merek dagang yang paling mudah didaftarkan serta dilindungi dari jenis merek dagang yang lainnya.

3. Color Mark

Warna juga bisa jadi sebuah alat branding yang cukup kuat, jadi pebisnis perlu memakainya sebagai identitas bisnis visualnya yang unik. Itulah alasannya, warna maupun kombinasi warna tertentu masuk ke dalam jenis trademark yang umum disebut dengan color mark.

4. Sound Mark

Sound mark juga jenis merek dagang yang tidak kalah penting untuk didaftarkan. Biasanya jenis merek dagang yang satu ini berupa suara maupun komposisi musik tertentu yang bisa jadi identitas pada suatu produk maupun jasa.

Contoh jenis merek dagang sound mark adalah raungan singa yang sangat populer dan menjadi ciri khas dari Metro Golden Mayer (MGM). Jenis merek dagang satu ini sama seperti design mark yang sulit untuk didaftarkan sebab membutuhkan bukti rekaman suara yang valid serta cukup khas agar bisa dikenali konsumen sebagai merek dagang mereka.

5. Smell Mark

Bau juga dapat dijadikan sebagai merek dagang. Bau maupun aroma pada suatu produk bisa jadi merek dagang apabila memiliki khas serta berbeda dari produk yang lainnya.

Smell mark juga umumnya didaftarkan oleh industri makanan dan minuman, bisnis parfum sampai produk rumah tangga seperti deterjen atau pembersih lantai.

Itulah beberapa jenis trademark yang paling umum didaftarkan dan perlu Anda pelajari jika memiliki bisnis dan ingin mendaftarkannya.

Contoh Trademark dari Brand Terpopuler di Indonesia

Saat menonton televisi maupun mendengarkan radio, pasti Anda pernah mengenal suatu produk dari iklan yang diputar, tanpa harus melihat atau mendengarkan penjelasannya. Hal ini membuktikan bahwa perusahaan tersebut sudah berhasil dengan merek dagang miliknya sehingga dikenal dan mudah diingat oleh masyarakat.

Nah, beberapa contoh merek dagang dari brand terpopuler dan sukses di Indonesia adalah:

1. Tolak Angin

Contoh merek dagang yang dimiliki brand tersebut adalah “ Orang pintar, minum Tolak Angin”. Begitu uniknya tagline yang telah dibuat dan cukup melekat di ingatan masyarakat Indonesia. Pastinya Anda juga mengenal dengan kalimat tersebut dan langsung bisa menebak nama produknya.

2. Indomie

Jingle pada Indomie goreng juga kerap dipakai pada usaha promosi produknya tersebut. Nadanya yang khas serta ikonik dalam membuat jingle membuat produk mie instan satu ini mudah dikenali oleh masyarakat Indonesia.

3. Aqua

Meskipun memiliki banyak kompetitor, namun Aqua tetaplah jadi brand air minum yang top-of-mind hingga sekarang. Pembuatan logo tetesan air dan nada iklan yang cukup khas sampai promosinya yang didesain menggunakan warna biru, Aqua telah berhasil membangun brand awareness dengan trademark untuk bisnis mereka.

4. Gojek

Gojek merupakan perusahaan teknologi terkemuka yang memberikan layanan ojek online dan sejumlah layanan transportasi yang lainnya. Logo dari Gojek menampilkan huruf G terbalik dan memiliki warna hijau serta kuning yang mencerminkan semangat, inovasi serta mobilitas perusahaan tersebut.

Nah, itulah penjelasan mengenai pengertian trademark, fungsi, jenis dan contoh-contohnya.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!