course-net
Search
Close this search box.

Home >

Reels Instagram: Pengertian, Fitur-fitur, Manfaat dan Tips Menggunakannya

Friday, 9 February 2024 9:00 AM

reels instagram

Reels Instagram adalah fitur yang tersedia untuk membuat video singkat 15 detik dengan pilihan, efek, audio dan tools menarik lainnya. Fitur tersebut juga memungkinkan Anda menggabungkan hingga merekam sejumlah klip untuk bisa jadi satu video secara utuh. Apabila dilihat dari pengertiannya, reels pada Instagram hampir sama dengan TikTok.

Beberapa fitur yang dimilikinya adalah filter, teks, klip video, latar belakang, stiker dan masih banyak lagi yang lainnya. Video reels ini bisa diakses melalui ikon reels yang tersedia pada bagian bawah halaman di aplikasi Instagram. Nah, untuk melihat apa saja fitur dan manfaat reels di Instagram, bisa simak penjelasan di bawah ini.

Fitur-fitur di Reels Instagram

Ada berbagai macam fitur di reels yang bisa Anda manfaatkan sesuai dengan keinginan. Nah, di bawah ini beberapa macam fitur reels yang bisa digunakan di Instagram:

1. Audio

Fitur reels Instagram yang paling utama dan banyak digunakan oleh pengguna adalah audio yang bisa Anda gunakan untuk mencari serta memakai lagu dari daftar musik yang tersedia di Instagram. Saat Anda membagikan video reels tersebut yang disematkan oleh audio asli dan audionya akan tertulis nama Anda sebagai pembuatnya. Namun, jika Anda memakai audio milik orang lain maupun penyanyi, maka nama audionya akan tertulis pemilik audio tersebut.

2. Timer

Fitur timer reels adalah fitur untuk merekam klip secara handsfree, sehingga jadi lebih mudah saat merekam atau record video. Anda bahkan bisa melihat tulisan hitungan mundur untuk memudahkan saat memulai perekaman.

Fitur reels yang satu ini sangat bermanfaat jika Anda tidak memiliki teman atau orang lain yang bisa dimintai pertolongan saat merekam. Anda bisa memakai tripod dan merekam sendiri menggunakan fitur timer yang satu ini.

3. Efek AR

Fitur efek AR (Augmented Reality) merupakan fitur yang menyediakan sejumlah efek yang ada di galeri. Efek-efek tersebut biasanya dibuat oleh pengguna Instagram sendiri dari seluruh pengguna yang ada di dunia.

Tujuannya untuk memberikan fasilitas kepada pengguna Instagram supaya bisa merekam dengan banyak klip video dengan efek AR yang beragam. Tentunya hal ini dapat meningkatkan kreativitas bagi pengguna Instagram.

4. Reels Collab Tag

Di awal tahun 2022, Instagram telah mengeluarkan fitur barunya yang bernama collab taf untuk reels dan post. Dengan kehadiran fitur satu ini memungkinkan pengguna dapat meluncurkan reels serta postingan bersama-sama dengan creator yang lainnya.

Itulah sebabnya fitur ini dinamakan dengan collab dan melalui fitur tersebut, Anda bisa meningkatkan views dan engagement pada sebuah post atau reels.

5. Pengaturan Kecepatan

Reels Instagram juga dapat mempercepat maupun memperlambat pada bagian video atau audio yang Anda pilih. Fitur ini memungkinkan pengguna tetap dapat mengikuti irama maupun membuat video gerakan yang lama.

Di TikTok, fitur ini umumnya dipakai untuk memudahkan penggunanya untuk mengikuti tren tarian yang terlalu cepat dan begitu juga pada reels.

6. Reels Visual Replies

Ada fitur lain yang telah diperkenalkan kepada pengguna Instagram, yaitu reels visual replies. Fitur ini memungkinkan pengguna bisa membalas komentar yang dikirimkan oleh pengguna lain memakai video. Reels visual replies bisa dijadikan cara jitu supaya lebih terlibat dengan para followers mereka.

Demikian beberapa jenis fitur reels yang bisa Anda coba agar bisa mengikuti tren.

Manfaat Reels Instagram Bagi Marketing Produk

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan memakai fitur yang disediakan oleh Instagram untuk marketing. Media sosial akan memudahkan pengguna mempromosikan dan menjual produknya secara online. Nah, ini dia beberapa manfaat reels untuk marketing produk:

1. Menghemat Banyak Waktu saat Membuat Konten

Saat memakai fitur reels di Instagram, tanpa disadari bisa menghemat banyak waktu saat membuat konten video. Itulah sebabnya banyak pengguna Instagram yang menggunakan fitur ini untuk memudahkan pembuatan konten. Konten di feed Instagram biasanya akan memerlukan banyak waktu untuk mendesain gambar maupun infografiknya.

Beda dengan fitur reels, di mana Anda bisa membuat video secara langsung dari aplikasi Instagram. Itulah sebabnya waktu yang Anda butuhkan lebih singkat dalam membuat konten video.

2. Meningkatkan Audiens Lebih Banyak

Reels di Instagram ternyata bisa meningkatkan banyak audiens maupun engagement. Hal ini bisa terjadi karena fitur tersebut masih cukup baru, jadi apapun video yang dipromosikan melalui fitur baru tersebut kemungkinan besar didorong oleh Instagram agar masuk ke dalam menu explore Instagram. 

Bagi Anda yang memiliki bisnis dan ingin melakukan pemasaran yang berbasis digital melalui Instagram dan platform lainnya perlu mengikuti kursus digital marketing di CourseNet.

3. Memasarkan Produk Baru

Sejumlah brand bisa memanfaatkan fitur ini untuk mempromosikan produk maupun layanan baru yang dimiliki. Tipsnya adalah memadukan video dengan teks maupun efek menarik yang tersedia di Instagram. Dilihat dari segi kontennya, Anda dapat membahas kelebihan, kegunaan, cara kerja sampai cara memakai produk yang Anda miliki kepada pengguna Instagram.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dan sebaiknya digunakan dengan baik.

Tips Memanfaatkan Instagram Reels

Bagi Anda yang ingin menggunakan fitur Instagram reels perlu memperhatikan beberapa contoh reels Instagram yang bagus dan menarik:

1. Jangan Ragu Menunjukkan Produkmu

Bagi para marketer yang sedang berjualan melalui platform Instagram sebaiknya jangan ragu untuk menunjukkan produk yang Anda miliki melalui fitur reels. Hal ini bisa memberikan keuntungan karena pengguna Instagram yang tidak mem-follow akun Anda jadi bisa melihat reels yang Anda buat.

Dengan demikian, adanya fitur reels bisa dijadikan sebagai cara promosi produkmu supaya dilihat oleh banyak orang. Agar membantu algoritma bisa memahami konten Anda di reels, sebaiknya sajikan target audiens yang sesuai. Anda bisa memanfaatkan caption dan hastag.

2. Meluncurkan Konten yang Informatif dan Orisinil 

Membuat konten yang informatif dan orisinil merupakan hal penting yang perlu Anda perhatikan saat memakai fitur reels Instagram. Hal ini karena sebagian besar audiens sekarang mengutamakan konten yang bersifat informatif. Tidak hanya itu saja, konten yang orisinil juga dapat Anda manfaatkan dalam memperkuat kredibilitas dan identitas akun Instagram Anda.

3. Menyertakan Konteks dan Captions 

Cara memanfaatkan fitur Instagram satu ini adalah menyertakan konteks serta captions di konten. Hal ini penting diterapkan untuk menarik lebih banyak viewers di reels Anda. Caption juga bisa memberikan pengalaman video lebih menarik serta berkontribusi kepada kewajiban sosial secara inklusif supaya video Anda bisa diakses semua orang di Instagram.

4. Mengikuti Tren Reels 

Cobalah ikuti tren reels di Instagram yang sedang populer atau banyak digunakan saat ini. Konten-konten yang sedeng nge-tren biasanya bisa dilihat oleh banyak pengguna Instagram. Itulah sebabnya Anda harus memantau apa tren reels yang sedang populer saat ini.

Seperti itulah penjelasan lengkap tentang pengertian reels Instagram, fitur-fiturnya, manfaat dan tips menggunakannya yang perlu Anda ketahui.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!