course-net
Search
Close this search box.

Tumpas Ancaman Siber dengan Ikut Training Cyber Security

Minet

September 22, 2023

Training Cyber Security

Saat ini, hampir semua orang sangat bergantung pada teknologi, baik dari segi pekerjaan maupun sehari-hari. Namun tidak bisa dipungkiri, hal ini menyebabkan adanya celah bagi penjahat siber melakukan aksi kejahatannya. Karena itulah, mulai banyak tempat kursus yang menawarkan program training cyber security untuk mencegah kejahatan siber.

Serangan siber seperti pencurian data atau informasi penting perusahaan dapat menyebabkan kerugian yang cukup fatal. Data yang dicuri dapat dijadikan blackmail atau ancaman. 

Dengan adanya cyber security, ancaman ataupun serangan terhadap sistem komputer pun dapat diminimalisir. Sebelum itu, yuk kenali dulu apa itu cyber security.

Pengertian Cyber Security

Cyber security merupakan tindakan perlindungan sistem komputer dari ancaman atau serangan dari penjahat siber. Hal ini mencakup beragam proses, praktik, dan upaya yang dirancang untuk melindungi data dan informasi sensitif dari berbagai ancaman siber.

Setiap tahun, jumlah serangan siber terus meningkat. Penjahat siber terus menciptakan metode baru untuk melakukan serangan dan menghindari deteksi. Maka dari itu cyber security sangat dibutuhkan untuk mengurangi resiko serangan, gangguan bisnis, serta kerugian finansial akibat ancaman dan rusaknya reputasi.

Organisasi dan individu harus mengambil langkah untuk melindungi diri mereka sendiri dan aset digital mereka dari ancaman siber yang terus berkembang. Para profesional yang telah mengikuti training cyber security memainkan peran penting dalam merancang dan menerapkan keamanan siber yang kuat untuk bertahan dari serangan siber.

Baca juga : ChatGPT OpenAI untuk SEO: Begini Cara Memanfaatkannya!

Jenis Ancaman Siber

Ancaman siber merupkana upaya untuk mendapatkan akses ke sistem komputer untuk melakukan serangan. Anda harus mengetahui metode ancaman yang digunakan oleh penyerang untuk dapat menerapkan cyber security yang tepat. Berikut jenis ancaman siber :

1. Malware (Malicious Softare)

Malware merupakan salah satu ancaman yang paling umum. Program berbahaya ini digunakan untuk merusak, mencuri, dan mengganggu sistem komputer. Biasanya cara yang digunakan yaitu dengan menghapus atau mengubah file, mengekstrak data sensitif, atau mengirim email berbahaya.

Terkadang, penjahat siber itu yang mengunduh malware ke sistem yang ingin diserang. Namun sering kali orang secara tidak sadar mengunduh program tersebut karena mengklik tautan berbahaya atau mengunduh lampiran yang terinfeksi.

Terdapat beberapa jenis Malware yakni virus, trojan, ransomware, adware, spyware.

2. Ransomware

Ransomware merupakan bentuk pemerasan yang menggunakan program jahat untuk mengunci data pengguna sehingga tidak dapat diakses. Penyerang biasanya akan mengancam korban untuk membayar uang tebusan jika ingin data yang dienkripsi kembali seperti semula. Atau bisa juga setelah mengekstrak data, penyerang akan mengancam korban jika tidak ingin data tersebut dipublikasikan, maka mereka harus membayar.

Korban bisa kehilangan akses permanen terhadap file yang terkena ransomware jika tidak mampu membayar uang tebusan. Yang buruknya lagi, pembayaran pun tidak menjamin bahwa file tersebut akan pulih kembali karena tidak semua kunci dekripsi dapat digunakan.

3. Phising

Phising merupakan serangan yang digunakan untuk mencuri akun atau data pribadi pengguna seperti password, nomor kartu, dan sebagainya. Hal ini juga dapat disebut dengan rekayasa sosial, karena mengelabui korban dengan pesan teks atau suara yang tampak meyakinkan. Korban pun dapat terkelabui dan memberikan informasi sensitifnya atau mengklik tautan berbahaya.

Contoh phising adalah pesan teks yang berpura-pura menjadi perusahaan resmi, dan menginstruksikan korban untuk mengklik tautan berbahaya jika ingin melihat informasinya.

4. Injeksi SQL (Structured Query Language)

Injeksi SQL merupakan serangan keamanan komputer yang dilakukan terhadap aplikasi atau situs web yang berinteraksi dengan database. Serangan ini dilakukan untuk mengontrol dan mencuri informasi sensitif di pusat data.

Serangan ini biasanya terjadi ketika aplikasi web tidak menyaring input yang diberikan oleh pengguna dengan benar sebelum menggunakannya dalam perintah SQL. Penyerang melakukan aksinya dengan menyuntikkan kode berbahaya ke dalam database melalui pernyataan SQL.

Jika aplikasi tidak memproses input ini dengan benar, perintah SQL jahat tersebut dapat dieksekusi dan dapat mengakses data pengguna yang sensitif.

5. Man-In-The-Middle Attack (MiTM)

MiTM merupakan serangan di mana penyerang menyadap dan berpotensi mengubah komunikasi anatar dua pihak tanpa sepengetahuan atau persetujuan mereka. Penyerang secara diam-diam memposisikan dirinya di antara pengirim dan penerima sehingga dapat menguping, memanipulasi, serta memasukkan konten berbahaya ke dalam komunikasi.

6. Distributed Denial of Service (DD0S)

DDoS merupakan serangan di mana penyerang membanjiri sistem atau jaringan target dengan lalu lintas atau permintaan dalam jumlah besar. Serangan ini dilakukan untuk membebani server sehingga pengguna yang sah tidak dapat mengaksese sistem.

Serangan DDoS dapat menimbulkan konsekuensi yang parah, termasuk downtime, kerugian finansial, dan rusaknya reputasi organisasi.

Baca juga : Augmented Reality: Pengertian, Contoh dan Jenisnya

Mengapa Harus Ikut Training Cyber Security

Serangan siber dapat menciptakan ancaman bagi sistem sampai end-user. Penjahat siber merupakan orang yang pada dasarnya menguasai algoritma dan pemrograman komputer sehingga bisa menciptakan kode/script untuk melakukan serangan. Meraka juga dapat menganalisa celah dalam sistem dan memasukkan virus atau sesuatu kedalam celah tersebut dan bisa melakukan serangan terhadap data.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat mengikuti training cyber security untuk menumpas kejahatan siber. Anda harus memilih tempat yang tepat, dimana Anda dapat belajar hingga menjadi seorang profesional.

Course-Net menyediakan training cyber security dengan materi yang terstruktur. Anda akan mendapatkan pelatihan dari mentor yang berpengalaman dan akan mengajari Anda hingga menjadi seorang profesional.

Tunggu apalagi, segera kunjungi website Course-Net dan dapatkan informasi lebih lanjut.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!